Manfaat Segmentasi Firmographics dan Faktor Penentunya

firmographic adalah

Ketika bisnis menjalankan B2B ( business to business) pastinya akan mengenal istilah Firmographics. Dengan menggunakan data ini, kamu dapat mengetahui perusahaan yang ingin diajak kerjasama dengan lebih mendalam.

Jika kamu penasaran apa itu Firmographics, dan apa manfaat Firmographics untuk bisnis. Maka kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Firmographics

Menurut TechTarget, Firmographics merupakan informasi sebuah data perusahaan yang digunakan untuk mengkategorikan perusahaan tersebut.

Kategori perusahaan tersebut nantinya dibagi menjadi perusahaan non profit atau for profit, perusahaan negeri atau swasta dan lainnya.

Jadi kita akan mengetahui data perusahaan ini dengan lengkap baik dari jumlah karyawan, wilayah cangkupan bisnisnya, industri yang dijalankan, dan data lainnya.

Tapi Firmographics di dalamnya tidak berisi data yang sensitif. Seperti nama karyawan, alamat rumah karyawan, nomor telepon karyawan atau informasi pribadi karyawan lainnya.

Jadi kamu dapat mengetahui berapa orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Bukan mengetahui data pribadi dari karyawan perusahaan. Karena itu, saat kamu ingin menggunakan penyedia jasa Firmographics, pastikan kamu hanya dapat mengakses data yang valid dan diperlukan saja.

Sudah paham tentang apa itu Firmographics?

Mengapa Data Firmographics Penting?

Bukannya data Firmographics hanya tentang perusahaan lain? Mengapa data ini penting untuk kita ketahui?

Data Firmographics merupakan sebuah gerbang untuk membuka jalan ke berbagai macam kemungkinan. Dengan menggunakan data ini, memungkinkan kita mengetahui user yang memiliki kemungkinan membeli, mengetahui perusahaan mana yang kondisinya tidak stabil, perusahaan mana yang sedang tahap berkembang dan lainnya.

Inti dari mengetahui data ini adalah meningkatkan pendapatan bisnis. Karena data yang diambil dari Firmographics. Kita bisa lebih memfokuskan waktu dan tenaga hanya pada perusahaan atau pelanggan yang paling potensial membeli produk bisnis kita jual.

Dengan menggunakan Firmographics dapat mengoptimalkan usaha sales dan marketing bisnis. Terutama dalam meningkatkan ROI marketing, peningkatan kecepatan penjualan dan penimbangan resiko.

1 Meningkatkan ROI Marketing

Karena bisnis sudah memiliki target pelanggan yang jelas. Maka Return on Investment marketing akan meningkat.

Karena kamu bisa mengirimkan pesan personal ke target yang spesifik untuk daerah tertentu saja.

Baca Juga :

2. Kecepatan Penjualan Meningkat

Dengan menggunakan data yang didapatkan dari firmographics, kamu jadi mengetahui siapa yang tepat dan tertarik pada produk bisnismu.

Sehingga ketika kamu melakukan pendekatan melalui email atau melalui telepon tidak akan sia-sia.

Karena kamu sudah memiliki target yang jelas dan proses menjadikan mereka sebagai pelanggan juga lebih cepat.

3. Risk Assessment ( Penimbangan Risiko)

Kelebihan menggunakan firmographics adalah bisa melakukan risk assessment lebih menyeluruh.

Contohnya adalah mempersempit ruang lingkup kerjasama perusahaan dengan beberapa industri saja.

Setelah itu dipertimbangkan keuntungan dan risikonya. Terakhir cari tahu mana yang cocok dengan kebutuhan bisnismu.

Manfaat Segmentasi Firmographics

manfaat firmographics

Manfaat utama dari penggunaan data Firmographics adalah untuk membantu perusahaan mengelompokan calon pelanggan B2B. Sehingga membantu mengurangi jarak antara tindakan dan observasi.

Jadi perusahaan yang sudah memiliki data segmentasi Firmographics akan dengan mudah mengklasifikasi calon client berdasarkan faktor seperti pendapatan, lokasi, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan saat ini.

Sehingga perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengambil keputusan. Perusahaan harus mengurutkan calon pelanggan berdasarkan kategori yang paling relevan dengan target bisnis.

Selain manfaat tersebut ada beberapa manfaat segmentasi Firmographics untuk bisnis sebagai berikut :

1. Membantu Meningkatkan Penargetan Pasar

Dengan lebih mengetahui pangsa pasar pelanggan B2B potensial dapat meningkatkan penargetan penjualan dengan signifikan. Karena bisnis kecil, bisnis menengah dan bisnis besar akan memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda.

Walaupun semua jenis perusahaan tersebut memiliki potensi menjadi client, tetapi perjalanan pelanggan dari awal sampai terjadi konversi akan sangat berbeda.

2. Dapat Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manfaat lain dari segmentasi firmographics adalah meningkatkan layanan pelanggan. Karena dengan mengetahui data firmographics perusahaan dapat dengan mudah mengetahui likasi perusahaan dan bagaimana karyawan mereka tersebar secara geografis.

Perusahaan manufaktur yang berlokasi di suatu negara, pasti akan memprioritaskan client yang dapat memberikan layanan dalam jangkauan lokal.

Sedangkan perusahaan multinasional akan memilih layanan digital yang telah terdistribusi sesuai dengan permintaan.

Baca Juga :

3. Mendapatkan Potensi Pembelian Jangka Panjang Yang Baik

Dengan menerapkan segmentasi Firmographics, perusahaan dapat menawarkan produk kepada klien B2B yang sedang bergerak naik di pasar. Sehingga perusahaan dapat menikmati peningkatan volume konversi dari waktu ke waktu dengan lebih baik.

Untuk target pelanggan B2B yang sedang berkembang juga memiliki potensi penjualan yang baik. Walaupun cara pendekatan dengan klien ini berbeda. Karena perusahaan sedang berkembang akan berbelanja dengan lebih menghemat biaya dalam jangka pendek.

Tetapi seiring waktu client B2B yang sedang berkembang tersebut, suatu saat mungkin akan menjadi perusahaan besar. Ini dapat meningkatkan pendapatan jangka panjang perusahaan seiring berjalannya waktu.

7 Faktor Segmentasi Data Firmographics

faktor firmographics

Menurut Huree ada 7 faktor yang menjadi segmentasi utama Data Firmographics, berikut faktor-faktor yang mempengaruhinya.

1. Industri

Dalam firmographics, menggunakan label industri digunakan untuk memberikan tanda kategori sebuah perusahaan. Umumnya dilihat dari jasa atau produk yang ditawarkan.

Dengan pengkategorian ini dapat membantu kita menentukan apakah perusahaan tersebut tepat untuk dijadikan mitra kerjasama atau tidak.

2. Lokasi

Dalam strategi marketing B2B kita harus bisa menganalisis lokasi sebuah bisnis. Sehingga dapat memprediksi lokasi mana yang menguntungkan bagi bisnis. Di dalam analisis lokasi juga terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

3. Ukuran Perusahaan

Untuk menentukan ukuran sebuah perusahaan dapat dilihat dari jumlah karyawan dan annual revenue (pendapatan tahunan).

Dengan mengetahui pendapatan tahunan sebuah perusahaan, akan sangat membantu kita mengetahui apakah perusahaan tersebut mampu membeli produk yang kita tawarkan atau tidak.

Jadi pentingnya melakukan riset terlebih dulu agar tidak salah target.

Banyak orang menganggap jumlah karyawan tidak ada relevansinya dan tidak penting.

Padahal jumlah karyawan dapat dengan jelas menunjukan apakah perusahaan tersebut adalah bisnis besar atau kecil.

Data-data ini dapat digunakan dalam strategi promosi nantinya. Misalnya ketika kamu ingin menawarkan produk harga tinggi dan berkualitas. Tentunya kamu akan mencari perusahaan besar, bukan?

4. Status

Status atau struktur organisasi mengacu pada hubungan satu organisasi dengan organisasi lainnya, atau status hukum suatu organisasi, termasuk salah satu dari berikut ini:

  • Anak perusahaan dari organisasi yang lebih besar
  • Entitas yang berdiri sendiri
  • Perusahaan individu
  • Kemitraan
  • Perseroan Terbatas (LLC)
  • Perusahaan swasta
  • Perusahaan milik publik

Mengetahui organisasi mana yang menemukan nilai paling tinggi dari produk dan layanan bisnis Kamu.  Secara signifikan bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas strategi periklanan, penjualan, dan pemasaran.

Baca Juga :

5. Performa

Faktor yang mempengaruhi firmographics lainnya adalah performa. Contohnya adalah peningkatan atau penurunan pendapatan perusahaan, keuntungan dan kerugian perusahaan dan perkembangan karyawan.

Sebagian besar perusahaan jika performanya buruk tentunya mereka tidak akan membutuhkan produk baru.

6. Gelar Eksekutif

Dengan mengetahui gelar eksekutif dari calon client akan membuat kamu hemat waktu. Karena jika kamu sudah menerapkan pitching dan menjelaskan detail. Ada kemungkinan ternyata orang tersebut bukanlah seseorang yang mengambil keputusan akhir di perusahaan tersebut.

7. Seles Cycle Stages

Data firmographics terakhir yang menjadi faktor penting dibutuhkan adalah siklus penjualan.

Kita harus mengetahui apakah mereka baru masuk tahap awareness saja atau sudah mempertimbangkan produk yang dijual.

Jadi kesimpulannya firmographics merupakan pengkategorian data client atau perusahaan lain. Dengan data ini kita dapat menggunakannya agar penjualan produk B2B lebih efektif.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.