Menerapkan Generative Artificial Intelligence sebagai Strategi Marketing Paling Efisien

generative artificial intelligence adalah

Bagi Anda pemilik bisnis, menerapkan Generative Artificial Intelligence untuk strategi marketing sangatlah penting. Karena bisnis Anda akan bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien dengan adanya bantuan marketing technology yang satu ini.

Anda mungkin saat ini tidak menyadari bahwa Artificial Intelligence (AI) sudah ada di sekitar kita dan bahkan Anda telah menggunakannya setiap hari. Sebab, saat ini AI bisa Anda terapkan untuk mengotomatisasi proses bisnis, menjadikan asisten suara, berfungsi pada proses editing foto, dan lainnya. Tapi pernahkah Anda mendengar Generative AI?

Apa Itu Generative Artificial Intelligence?

Generative Artificial Intelligence merupakan teknologi yang dapat membantu menganalisis kumpulan big data, seperti file audio, gambar dan teks.

Generative AI sangat menjanjikan dalam segala hal, terutama dalam digital marketing technology. Saat ini dunia digital marketing telah banyak berubah. Termasuk penerapan Generative AI dalam sebagai strategi pemasaran. Dengan menggunakan analisis ini, maka Anda dapat dengan mudah menciptakan konten marketing yang baru dan unik.

Dalam proses analisis data, algoritma pada Generative AI akan melatih diri mereka untuk menghasilkan konten yang lebih akurat dan sesuai dengan customer data yang dimiliki perusahaan. Beberapa perusahaan besar di dunia yang telah menggunakan Generative AI pada produknya contohnya adalah Siemens, Microsoft, dan BMW.

Cara Menerapkan Generative Artificial Intelligence untuk Strategi Marketing

Ada beberapa cara menerapkan generative artificial intelligence untuk strategi marketing, seperti :

Text Generation

Dengan menggunakan teknologi AI, Anda dapat menghasilkan konten tertentu, menjadwalkan waktu membuat konten, menghasilkan ide membuat konten, serta mendapatkan insight tentang topik yang sedang tren dan populer.

Saat ini sudah ada tools marketing technology yang dapat melakukan banyak hal secara otomatis, seperti menghasilkan iklan baris yang unik, dan membuat deskripsi produk. Yang perlu Anda lakukan hanya memasukan kata kunci pada tools tersebut, secara otomatis AI akan membuat teks dalam waktu singkat untuk siap Anda gunakan.

digital marketing agency

Baca Juga :

Image Generation

Generative artificial intelligence dapat membantu Anda jika berprofesi sebagai fotografer atau desainer grafis untuk lebih menghemat waktu. Jika biasanya kita membutuhkan waktu yang lama untuk memilih, mengedit, dan memproses gambar, maka AI dapat melakukannya hanya dalam hitungan detik saja.

Contohnya adalah sebuah toko online. Jika Anda memiliki sebuah toko online, maka Anda akan membutuhkan banyak sumber daya dan pekerja untuk melakukan pemotretan ataupun mencari gambar untuk kebutuhan marketing campaign (kampanye pemasaran) bisnis Anda.

Jika Anda mencari gambar sendiri di internet, tentunya tidak mudah karena ada undang-undang hak cipta. Bagaimana jika menggunakan teknologi AI untuk mendapatkan gambar? Sebab, saat ini ada teknologi AI yang bermanfaat untuk menghasilkan gambar untuk tujuan komersial dan bebas dari hak cipta.

Dengan memanfaatkan AI, tugas Anda pun hanya memilih gambar yang sesuai dengan kriteria spesifik untuk toko online ataupun untuk kampanye iklan.

Contohnya, SAP yang merupakan pengembang software dan aplikasi terkenal. Mereka menggunakan gambar yang dihasilkan oleh AI sebagai avatar dalam versi uji coba gratis dari produk software yang mereka buat.

Video Script Generation 

cara menerapkan generative artificial intelligence

Anda mungkin bisa membedakan sebuah konten video yang baik dan yang buruk. Namun, AI dapat melakukannya dengan lebih baik daripada Anda. Dengan membuat video cerita sukses (storytelling) dan menggabungkan beberapa moment, hal tersebut dapat membantu bisnis untuk mendorong keterlibatan audiensnya.

Memang saat ini teknologi AI masih belum bisa membuat film dengan durasi yang panjang dan alur cerita yang rapi. Bahkan, proses pembuatan karakternya juga cenderung sangat terbatas. Tetapi Generative AI dapat berguna untuk membuat video pelatihan pelanggan dengan suara yang menggunakan synthetic voice.

Banyak pakar berpendapat bahwa masa depan teknologi AI bisa mengerahkan tim produksi ke pembuatan alur cerita dan dialog yang lebih baik. Sehingga audiens tidak akan mengalihkan pandangan dari layar saat menonton video iklan yang dihasilkan oleh AI, sekaligus membantu meningkatkan customer experience.

Deepfake

Merupakan video dari teknologi AI yang terlihat nyata dan dapat bermanfaat untuk strategi promosi, pendidikan dan pelatihan perusahaan.

Kelebihan utama dari Deepfake yaitu proses produksinya yang relatif cepat dan murah. Orang yang berada di dalam video dapat saling menyapa satu sama lain dengan nama dan bahasa mereka masing-masing berkat teknologi Generative AI.

Untuk memahami cara kerja Deepfake, Anda bisa melihat proyek PepsiCo yang memungkinkan penggemar mengirim video yang dipersonalisasi ke teman mereka. Di dalam video tersebut ada Lionel Messi, yang menyapa pemirsa dengan nama dan dalam 8 bahasa berbeda-beda.

Baca Juga :

Dialogues for Сhatbots 

Dapat memberikan jawaban otomatis yang unik kepada pelanggan tentunya akan membuat komunikasi pelanggan dan bisnis berjalan dengan lebih baik. Dengan komunikasi yang baik, maka hubungan jangka panjang (customer retention) pun bisa terbentuk dan meningkatkan jumlah customer loyalty.

Kini, Anda bisa memberikan jawaban secara otomasi kepada pelanggan menggunakan teknologi dialogues of chatbots. Pada umumnya pembuatan chatbots menggunakan sebuah skrip yang telah diinputkan terlebih dahulu dan memanfaatkan pembelajaran sistem.

Chat dengan menggunakan AI dan Bot kepada pelanggan menggunakan basis data eksternal ini mampu menghasilkan diskusi yang lebih interaktif. Chatbots dapat menanggapi pertanyaan pelanggan dengan lebih kompleks dan bisa melebihi cara komunikasi yang dijalankan oleh manusia.

Ada beberapa perusahaan yang sudah menggunakan teknologi Dialogues for Сhatbots. Contohnya adalah Bank of America yang menggunakan asisten virtual yang sudah di support oleh Generative AI yang dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui teks, perintah suara dan menggunakan bahasa layaknya manusia.

Manfaat Menerapkan Generative Artificial Intelligence untuk Strategi Marketing

manfaat generative artificial intelligence

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari menerapkan Generative Artificial Intelligence untuk strategi marketing, di antaranya adalah:

1. Memiliki Konten yang Berkualitas

Karena semua tindakan disupport oleh sebuah data, maka peluang  untuk menjangkau target pasar sebuah bisnis akan lebih besar.

Selain itu dengan menggunakan data, Generative Artificial Intelligence dapat menghasilkan konten yang lebih unik dan menarik.

Generative Artificial Intelligence juga dapat memoles konten yang sudah jadi, agar menghasilkan konten yang lebih menarik sehingga membuat lebih banyak interaksi dan lebih banyak rasio klik (CTR).

2. Efisiensi Waktu dan Anggaran

AI dapat mengurangi jumlah beban kerja mental pekerja terutama tim marketing. Karena dengan menggunakan Generative Artificial Intelligence, maka Anda bisa mendapatkan data pemasaran yang lebih dipersonalisasi di setiap pelanggan dan setiap platform, serta dapat menggabungkan SEO dan big data milik perusahaan.

Karena ada banyak pekerjaan marketing yang memakan waktu, maka dengan adanya Generative Artificial Intelligence ini tim marketing akan lebih menghemat waktu dalam beberapa pekerjaan.

Selain itu, tools Generative AI juga dapat membuat gambaran yang realistis untuk digital marketing campaign. Sehingga proses membuat gambar, proses pemotretan dan mencari materi konten iklan menjadi lebih hemat anggaran.

Baca Juga :

3. Pengoptimalan Peluang

Manfaat Generative Artificial Intelligence lainnya adalah dapat mengoptimalkan peluang. Tugas apapun seperti optimasi SEO dan optimasi platform tertentu dapat menggunakan AI dengan mudah dan cepat.

4. Mempermudah Personalisasi Pelanggan

Saat ini pelanggan mengharapkan perhatian khusus dan pendekatan yang bersifat individual. Karena itu, tanpa Generative Artificial Intelligence, tingkat personalisasi pelanggan akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Dengan bantuan Generative Artificial Intelligence, Anda dapat melacak, menganalisis, dna menafsirkan perilaku konsumen sekaligus menganalisis sentimen konsumen dengan lebih tepat di berbagai saluran dengan bantuan basis data yang ada.

Dengan memiliki semua informasi ini maka dapat membuat perjalanan pelanggan (customer journey) yang dipersonalisasi bisa sesuai dengan kebutuhan spesifik yang pelanggan inginkan.

5. Mengotomatisasi Berbagai Pekerjaan

Aktivitas digital marketing membutuhkan banyak tugas berulang untuk Anda selesaikan. Contohnya seperti mengupdate konten, membuka dan membaca email, memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan dan pekerjaan lainnya.

Semua pekerjaan ini dapat Anda lakukan dengan cepat dan tepat, ketika Anda menggunakan Generative Artificial Intelligence. Karena AI Generatif dapat membuat semua pekerjaan menjadi otomatis.

Itulah ulasan mengenai Generative AI sebagai salah satu tren marketing yang sayang untuk Anda lewatkan. Pemanfaatan Generative AI sebagai strategi pemasaran akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, terutama jika Anda menginginkan segala aspek berjalan secara otomatis, mudah, cepat, dan akurat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.