Google Analytics Sebagai Strategi Digital Marketing Bisnis Anda

google analytics untuk bisnis

Sudah jutaan website yang terhubung dengan Google Analytics. Sebagaimana perkembangan teknologi saat ini tentu pasti akan bermunculan lebih banyak website yang juga akan semakin banyak terhubung pada Google Analytics.

Tool ini sangat bermanfaat untuk menganalisis kinerja website seperti melacak, melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung. Tak hanya itu saja, Google Analytics juga memiliki berbagai fitur lain yang bermanfaat untuk website Anda. Analisis dari Google Analytics ini yang nantinya menjadi acuan untuk merencanakan serta membuat konten yang lebih baik untuk pelanggan.

Fungsi-Fungsi Google Analytics Untuk Digital Marketing

Fungsi utama Google Analytics adalah mendapatkan informasi terkait dengan pengunjung atau aktivitas pengunjung pada sebuah halaman website. Tool ini juga memiliki fungsi untuk mengamati/mengumpulkan data mengenai kinerja Search Engine Optimization website pada mesin pencarian Google.

Contoh saja, informasi yang ada di Google Analytics seperti kata kunci apa saja yang banyak menarik pengunjung, bagaimana tingkah laku pengunjung website, jenis perangkat apa untuk mengakses dan lain sebagainya. Dengan mengerti fungsi tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat laporan dan memprosesnya cepat dengan tampilan yang mudah digunakan.

Manfaat-Manfaat Google Analytics Untuk Bisnis

Terdapat banyak fitur di Google Analytics yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Fitur-fitur tersebut tentu cukup membantu Anda agar lebih mudah mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan kinerja website dan dapat merancang strategi digital marketing Anda lebih baik lagi. Berikut ini terdapat beberapa fitur-fitur yang bisa Anda manfaatkan.

Fitur-Fitur Google Analytics

Analytics Intelligence

Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan data-data yang Anda butuhkan. Data-data tersebut memuat beberapa informasi terkait dengan kinerja website atau bisnis yang sedang Anda kembangkan. Tak hanya itu, Anda juga mendapat manfaat dengan kemampuan pemodelan informasi canggih yang akan membantu Anda memahami data akhir. Google Analytics akan selalu memberikan data-data terbaru, tren, dan peluang lain yang penting untuk perkembangan website atau bisnis Anda.

Reporting

Memanfaatkan Google Analytics akan mendapatkan berbagai macam laporan termasuk bagaimana pelanggan berinteraksi dengan website. Laporan ini tentu saja akan mudah dibagikan dengan rekan kerja ke berbagai macam aplikasi laporan sehingga lebih efisien dan cepat dalam mengevaluasinya. Adapun beberapa laporan yang bisa didapatkan adalah seperti laporan pengunjung, iklan, tingkah laku pengunjung, akuisisi, konversi, laporan langsung, hingga diagram alur pengunjung. Anda akan dengan mudah mendapatkan seluruh informasi tersebut hanya dengan Google Analytics.

Baca Juga:

Data Analysis and Visualization

Google Analytics akan membantu Anda dalam memvisualisasikan berbagai data, mengaksesnya, dan mengatur sesuai kebutuhan bisnis Anda. Hal tersebut akan bermanfaat agar data yang dibaca menjadi lebih terlihat dan memudahkan dalam menganalisis bagian mana yang perlu dievaluasi atau dikembangkan.

Selain itu, tool ini sangat mudah diakses. Anda bisa mengakses dimana pun berada di berbagai perangkat lunak yang tersedia Android maupun iOS, notifikasi email, dan berbagai macam produk google.

Data Collection and Management

Google Analytics mendukung penggunaan library JavaScript, aplikasi SDK, dan Open Measurement (OM) protocol. Protokol OM memungkinkan Anda mengimpor data dari berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang terhubung internet lalu mengkombinasikannya dengan data yang telah dikumpulkan dari Google Analytics agar mendapatkan informasi lebih lengkap.

Membaca Laporan Google Analytics

google analytics adalah

Tool ini dapat membantu untuk merumuskan strategi digital marketing pada bisnis Anda terlebih lagi bisnis Anda menggunakan website sebagai sarana marketing. Google Analytic membantu menyuguhkan data-data akurat terkait kinerja website Anda. Data-data tersebut dibuat dengan laporan-laporan yang dapat menjadi bahan analisis, evaluasi, dan lebih mengoptimalkan kinerja website Anda.

Namun, beberapa orang terkadang masih bingung dalam menggunakan atau membaca laporan yang ada. Di sini data-data yang dari Google Analytics tak hanya berupa bentuk angka saja tapi juga dalam bentuk grafik dan chart. Hal ini menjadi salah satu yang memudahkan untuk membaca laporan. Berikut ini sedikit ulasan mengenai cara membaca laporan Google Analytics

Perbandingan dengan Kompetitor

Anda dapat menuju Tap Benchmarks. Tab Benchmark > Channel. Di sini Anda dapat melihat trend website di Industri sejenis yang Anda jalankan. Data tersebut muncul pada tabel dan menunjukkan seberapa baik website Anda berkompetisi dengan kompetitor di industri yang sama pada setiap channel-nya. Meskipun tak menunjukkan secara lengkap dan sama persis dengan aslinya tentu ini lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Perbandingan ini juga akan memberikan perspektif umum bagaimana website Anda bekerja.

Menemukan Kata Kunci Populer

Anda bisa menemukan kata kunci populer yang paling sering dicari pengunjung. Pengecekan dapat dilakukan melalui menu Acquisition > Search Console > Landing Pages di sini Anda dapat melihat informasi artikel mana saja yang sering diakses. Fitur ini akan membantu Anda untuk memanfaatkan halaman dengan trafik tinggi dan mengoptimalkan penggunaannya.

Baca Juga

Mengetahui Lokasi Pengunjung

Mengetahui lokasi pengunjung bisa Anda gunakan untuk menentukan konten apa yang menjadi pembahasan. Pada bagian ini Anda bisa melihat lokasi pengguna, bounce rate, sessions, dan lainnya sesuai dengan lokasi.

Mengetahui Pengunjung Meninggalkan Website

Anda dapat melihat pengunjung atau pengguna website menutup website Anda. Anda dapat mengamati halaman mana yang membuat mereka berhenti saat menelusuri website Anda. Dengan mengetahui ini, Anda dapat membuat halaman lebih dan menjadi evaluasi tersendiri akan lebih mengoptimalkan website Anda. Salah satu perbaikan yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan beberapa link, membuat isi yang berbeda dari yang sebelumnya dan memahami apa yang tidak menjadi minat pengunjung ketika masuk pada website Anda,

Kompatibilitas dengan Browser

Dengan Google Analytics Anda dapat mengetahui perangkat dari pengunjung. Melalui data ini Anda akan memastikan browser apa yang sedang mereka gunakan. Anda pun bisa memastikan website dapat berjalan dengan baik dengan kebanyakan perangkat pengunjung.

Waktu Tepat Mengirim Email

Email marketing bisa menjadi strategi marketing saat ini. Namun, terkadang waktu pengiriman email tidak memperhatikan jam dan harinya. Cara ini membuat penggunaan email untuk marketing menjadi tidak maksimal. Padahal sesungguhnya terdapat waktu-waktu ideal untuk mengirimkan email.

Anda dapat mengunjungi menu ‘When Do You Users Visit” . Melalui halaman ini Anda dapat melihat informasi terkait dengan hari dan jam padat pengunjung. Pada menu “Home” kemudian scroll ke bawah, maka Anda akan menemukan beberapa informasi mengenai waktu pengguna mengunjungi halaman website.

Baca Juga:

Itulah beberapa manfaat Google Analytics untuk strategi digital marketing Anda. Agar mengoptimalkan strategi digital marketing bisnis, Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk merumuskan berbagai strategi melalui laporan-laporan yang disajikan Google Analytics. Anda juga tak perlu repot membaca berbagai data yang ada di tool ini.

Beberapa strategi marketing lain yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.