Panduan Google Tag Manager (GTM) Untuk Pemula

panduan google tag manager

Kemungkinan Anda pernah mendengar tentang Google Tag Manager yang sangat bermanfaat untuk membuat kampanye iklan bisnis menjadi lebih efektif. Dan sekarang Anda sedang mencari panduan Google Tag Manager (GTM) untuk pemula, maka Anda tidak boleh melewatkan artikel kali ini!

Google Ads membawa banyak manfaat bagi bisnis seperti meningkatkan pendapatan, meningkatkan kesadaran merek, dll. Untuk mengiklankan Google secara efektif seperti yang diinginkan, Anda perlu memiliki strategi dan menggunakan alat yang tepat. Google Tag Manager (GTM) adalah alat yang sangat berguna bagi pengiklan. Karena tools ini akan memudahkan Kita untuk mengelola kampanye iklan Google dengan lebih efektif.

Melalui artikel panduan Google Tag Manager (GTM) untuk pemula ini, Anda akan lebih memahami tentang tools yang sangat bermanfaat untuk pemasaran saat ini.

Apa itu Google Tag Manager (GTM)?

Panduan Google Tag Manager (GTM) pertama adalah mengenal terlebih dahulu tentang pengertiannya. Google Tag Manager atau dikenal dengan singkatan GTM adalah tag yang disiapkan untuk memecahkan masalah bisnis lintas departemen, melacak kampanye pemasaran, mengelola tag JavaScript dan HTML, memperbarui situs web secara proaktif.

Tag dalam arti umum adalah potongan kode yang Anda sematkan di halaman website Anda berupa javascript atau HTML untuk mengekstrak informasi tertentu.
Untuk pemasar dan pengiklan, informasi tag penting karena berfungsi untuk melacak informasi seperti : berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk mengunjungi halaman di website bisnis Anda, mengirimkan formulir, bagaimana mereka menemukan website Anda, tautan yang mereka klik, atau bahkan produk yang telah mereka hapus dari keranjang.

Anda dapat menginstal kode Facebook Pixel, Google Analytics, Google Ads, dll secara manual ke dalam source code Website. Namun, jika Website harus memuat banyak JS, kecepatan pemuatan halaman akan berkurang dan mempengaruhi pengalaman pengguna.

Jika Anda memasang semua tag di Google Pengelola Tag, Anda akan menghindari risiko website dibuat dengan lambat. Alat ini sangat cocok dan mendukung banyak untuk pengguna non-programmer yang tidak mengerti banyak tentang coding website.

Baca Juga:

Manfaat Google Tag Manager

Memanfaatkan fitur Google Tag Manager dengan baik akan membawa banyak manfaat bagi sebuah bisnis. Manfaat penting untuk sebuah bisnis termasuk yang berikut:
Membantu bisnis Anda memperbarui dan mengelola tag yang ditambahkan ke Situs Web secara efisien.

  • Dengan GTM, Bisnis Anda dapat mengukur konversi Situs Web dengan mudah.
  • GTM mendukung implementasi A/B Testing.
  • Bisnis dapat dengan mudah melacak perilaku pelanggan saat menggunakan GTM.
  • Secara khusus, Google Tag Manager membuat iklan Google lebih efektif .
  • GTM memiliki banyak fungsi kecil lainnya untuk membantu bisnis membangun strategi marketing yang lebih baik.

Panduan Google Tag Manager (GTM)

panduan google tag manager untuk bisnis

Panduan Google Tag Manager (GTM) adalah cara untuk membuat akun dengan mudah dan gratis dan cara menerapkannya. Akun GTM terpisah dari akun Gmail atau Google Analytics lainnya, sehingga Anda harus mengikuti langkah-langkah khusus di bawah ini:

1. Daftarkan Akun Google Tag Manager (GTM)

Pertama, buka Google Tag Manager lalu klik tombol Buat Akun berwarna biru. Di halaman pendaftaran akun akan meminta Anda untuk memasukkan data seperti nama akun Anda atau nama perusahaan, masukan negara dan URL website, serta di mana Anda ingin menggunakan Google Tag (iOS, android, website, atau AMP).

Setelah selesai, klik tombol buat (berwarna biru). Dan jangan lupa centang perjanjian persyaratan layanan dan klik tombol Ya.

2. Ikuti Instruksi Pengkodean

Setelah Anda mendapatkan kode dari petunjuk untuk membuat kode di atas, Anda meletakkan kode tersebut di antaradenganpada halaman website Anda dan yang lainnya setelah tag.
Anda dapat melakukannya sekarang atau menerapkan kode ke website Anda nanti (untuk pengguna wordpress meletakan kode tersebut di Appearance-Theme Editor-Header.php dan). Setelah selesai, klik tombol OK.

Baca Juga:

3. Membuat Tag dan Trigger

Setelah Anda selesai membuat akun Google Tag Manager, langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah cara menyiapkan tag. Anda bisa membuat banyak tag disini tanpa batas yang sangat bermanfaat untuk membuat sebuah laporan tentang perilaku pengguna dengan lebih jelas dan sesuai kategori yang Anda inginkan.

Untuk mempermudah memberikan nama tag, google memberikan rekomendasi pemberian nama dengan struktur berikut : Jenis tag, nama aplikasi analitik dan detail. Misalnya, konversi AdWords – iOS – kampanye 2020-10 atau, Google Analytics – CTA – Halaman Landing Page.

Dengan memberikan penamaan ini akan menjadi lebih akurat dalam mengumpulkan data dan mengidentifikasi halaman tertentu atau kampanye iklan.

Misalnya, Anda ingin membuat tag, Google Analitik – CTA – Halaman Landing Page, memberitahu Anda seberapa baik tombol ajakan bertindak di Halaman Landing Page bekerja.

Berikut ini adalah cara membuat tag baru di GTM:

  • Langkah 1 Buat Tag baru
    Pertama Anda masuk ke halaman dasboard GTM, setelah itu untuk membuat tag baru cari dan klik Tambahkan Tag Baru.
  • Langkah 2 Beri Nama
    Di header tag Anda beri name Google Analytics – CTA – Halaman Landing Page, klik “Konfigurasi Tag”, untuk memilih jenis tag.
  • Langkah 3 pilih jenis tag
    Ada banyak sekali jenis tag (semuanya tidak ditampilkan di sini dan Anda dapat menyesuaikannya juga sesuai kebutuhan) dan Anda dapat memilih Google Analytics Google klasik.
  • Langkah 4 Tautkan tag Anda ke pelacakan Google Analytics
    Apabila Anda ingin melacak laporan dari Google Analitik, maka Anda harus memasukan ID properti web yang terdapat di Google analitik yang Anda miliki. Setelah itu Anda memilih jenis pelacakan, di jenis pelacakan Anda bisa memiliki banyak pilihan yang tersedia contohnya adalah Page View.
  • Langkah 5 Pilih pemicu untuk menentukan kapan tag direkam
    Lanjutkan dengan memilih pemicu. Saya telah memilih “Semua Halaman” untuk menerima informasi terperinci setiap kali seseorang mengunjungi situs website, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada tujuan yang Anda inginkan.
  • Langkah 6 Simpan Tag
    Setelah Anda puas dengan bagian ‘Konfigurasi Tag’ dan kotak ‘Pemicu’, klik tombol hijau untuk ‘Simpan’.
  • Langkah 7 Aktifkan Tag
    Kemudian Anda mengklik tombol berwarna biru dengan bertuliskan Kirim. Maka Anda akan diarahkan ke halaman Konfigurasi Pengiriman untuk menerapkan beberapa pengeturan.
    Ada dua opsi Buat Versi atau Publikasikan dan Buat Versi. Anda bisa mencoba memiliki Publikasikan dan Buat Versi, terakhir klik tombol Terbitkan yang berada di pojok kanan atas.
  • Langkah 8 Tambahkan nama dan deskripsi ke tag
    Terakhir, Anda akan disajikan dengan bagian Deskripsi Versi Penampung Agar tag Anda tetap teratur, tambahkan nama dan deskripsi untuk memahami apa yang Anda rekam dengan tag ini.
  • Langkah 9 Pastikan Tag yang Anda buat muncul di laporan Ringkasan Versi
    Jika selesai membuat tag dan trigger maka munculnya adalah seperti gambar di bawah ini.

Digital Marketing Agency

Untuk menerapakan Google Tag Manager Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk mengembangkan bisnis Anda. Beberapa strategi marketing lain yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.

Baca Juga: