Apa Itu Guerilla Marketing dan Seperti Apa Contohnya

Guerilla Marketing adalah

Dalam dunia pemasaran kita harus mengenal strategi bernama guerilla marketing. Apa itu guerilla marketing? Jika kita artikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah Pemasaran Gerilya. Jika kita mengingat arti dari kata gerilya, pastinya kita akan teringat akan sebuah peperangan atau pertempuran. Apakah ini artinya melakukan pemasaran dengan sebuah peperangan antar strategi pemasaran dengan pesaing?

Sebenarnya dalam prakteknya guerilla marketing, bukanlah sebuah strategi pemasaran dalam bentuk yang agresif. Ini hanya sebuah strategi pemasaran yang tidak konvensional untuk meningkatkan kesadaran merek kepada audiens tanpa mengganggu mereka.

Apa itu Guerilla Marketing?

Guerilla Marketing adalah istilah yang diciptakan di awal tahun 80 an oleh Jay Conrad Levinson yang merupakan seorang penulis strategi bisnis. Ia menuliskan beberapa buku tentang strategi gerilya dalam beberapa bidang profesional, termasuk pemasaran.

Strategi pemasaran gerilya akan mendorong publisitas yang menghasilkan kesadaran merek dengan cara promosi yang tidak konvensional yang memberikan kejutan dan hal tidak biasa kepada audiens.

Ketika kita mendengar istilah pemasaran gerilya, sulit untuk tidak berpikir tentang perang gerilya. Tapi tidak masalah karena istilah pemasaran ini berasal dari strategi tersebut. Dalam situasi peperangan, strategi perang gerilya akan memberikan efek kejutan, seperti penyergapan, penggerebekan dan sabotase menurut Creative Guerrilla Marketing.

Tapi bagaimana istilah ini digunakan dalam pemasaran, karena strategi gerilya yang memainkan unsur kejutan. Berarti kamu harus membuat sebuah kampanye iklan yang sangat tidak konvensional yang memikat perhatian audiens secara tidak terduga dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Baca Juga :

Kelebihan Guerilla Marketing Dalam Strategi Pemasaran

Ketika Kamu menerapkan Guerilla Marketing dalam pemasaran apa kelebihannya dibandingkan strategi pemasaran lainnya? Kelebihan strategi pemasaran gerilya ini cukup murah. Karena disini kamu harus memiliki tingkat kreatif dan intelektual tinggi untuk mengimplementasikannya.

Jadi dibandingkan dengan mengeluarkan uang yang lebih banyak, teknik marketing ini lebih membutuhkan banyak waktu untuk merubah sebuah konten marketing sesuai dengan data laporan yang didapatkan sebelumnya agar sesuai dengan target audiens yang tepat.

Jenis Guerilla Marketing

Perusahaan ALT TERRAIN menjelaskan bahwa Guerilla Marketing memiliki beberapa jenis umum yang bisa diterapkan dalam pemasaran seperti :

1. Outdoor Guerrilla Marketing

Adalah cara mempromosikan suatu produk dengan meletakan sebuah karya seni atau patung di jalanan atau trotoar dalam waktu tertentu di kota yang memiliki aktivitas yang ramai setiap harinya.

2. Indoor Guerilla Marketing

Ini mirip dengan jenis outdoor guerrilla marketing yang membedakannya adalah kita menempatkan iklan untuk promosi produk di dalam sebuah ruangan tertutup. Contoh tempat terbaik untuk menempatkan iklan ini adalah di dalam mall, di stasiun kereta, atau di gedung kampus.

3. Event Ambush Guerilla Marketing

Seperti namanya, penempatan iklan promosi ini kita lakukan di dalam sebuah even, acara, sebuah konser ataupun pertandingan olahraga dengan cara yang menarik perhatian dan umumnya cara promosi ini ekstrim karena tanpa izin dari sponsor acara tersebut.

4. Experiential Guerilla Marketing

Untuk jenis terakhir ini adalah dengan menerapkan semua jenis teknik marketing gerilya dan harus ada interaksi antara audiens dan produk atau bisnis.

Kami tahu tanpa sebuah contoh, penerapan pemasaran gerilya bisa sedikit membingungkan bagi banyak orang, jadi mari kita lihat bagaimana strategi ini dijalankan oleh beberapa merek lain.

Contoh Menerapkan Guerilla Marketing

Untuk mempermudah kamu memahami cara menerapkan Guerilla Marketing, kamu bisa melihat beberapa contoh teknik pemasaran berikut ini :

Contoh Penerapan Guerilla Marketing Es Loli Raksasa

1. Es Loli Raksasa Bounty

Dengan memasang es loli raksasa di sepanjang jalan-jalan di New York. Perusahaan Bounty menemukan cara unik untuk mengiklankan produknya dan solusi yang diberikannya, dengan menambahkan kata-kata ringkas.

Kamu mungkin bertanya, Bukankah iklan papan reklame yang ringkas akan menghasilkan hal yang sama?. Tidak juga, karena secara budaya, kita akan memilih untuk tidak mau melihat sebuah iklan dalam kehidupan kita bukan?

Itulah mengapa kami menyukai pilihan bebas iklan pada layanan streaming seperti YouTube atau TikTok. Kampanye iklan seperti ini, tidak seperti iklan, pasti kita akan tertarik untuk melihatnya. Lagi pula, jika Kamu menemukan es loli yang meleleh seukuran kasur dalam perjalanan ke tempat kerja, apakah Kamu akan berhenti dan melihat? Pasti kamu akan berhenti dan melihatnya.

Kesimpulan dari contoh penerapan strategi pemasaran gerilya ini adalah kita harus bisa mengidentifikasi masalah terbesar dalam bisnis kita jalankan. Kemudian, temukan cara yang tidak biasa untuk menyiarkannya ke publik dan sebaiknya tanpa menggunakan kata-kata.

Baca Juga :

Contoh Penerapan Guerilla Marketing Iklan Lantai Interaktif Frontline

2. Iklan Lantai Interaktif Frontline

Ketika pertama kamu melihat iklan ini dari lantai atas mall pastinya kamu membayangkan bahwa ada anjing yang sedang di gerumuti kutu atau serangga.

Ini adalah iklan dari perusahaan Frontline, pembuat produk pencegah kutu dan serangga untuk anjing. Mereka membuat iklan yang memenuhi seluruh lantai dasar mall yang besar seperti gambar di atas.

Merek tahu bahwa banyak orang akan berjalan melintasi lantai tersebut setiap hari, dan akan ada banyak orang juga akan melihatnya dari lantai atas mall. Sehingga menciptakan ilusi bahwa ada anjing dan serangga/kutu. Pastinya banyak orang yang akan tertarik melihat iklan tersebut.

Sekali lagi, kampanye ini berbeda dari pemasaran tradisional pada umumnya karena tidak hanya menampilkan satu iklan di suatu tempat yang mungkin diabaikan untuk dilihat. Ini menciptakan bentuk interaksi manusia yang tidak disengaja yang mengingatkan audiens tentang apa yang bisa dilakukan oleh produk tersebut.

Kesimpulan dari teknik pemasaran gerilya ini adalah kita harus mencari tahu bagaimana seseorang secara tidak sengaja berinteraksi dengan konten marketing yang kita buat. Meskipun produk atau layanan Kamu mungkin tidak mengatasi masalah semua orang, tapi mereka yang melihatnya akan teringat bahwa ketika membutuhkan pembasmi kutu dan serangga pada Anjing maka menggunakan produk dari Frontline.

Contoh Penerapan Guerilla Marketing Celana Raksasa GoldToe

3. Celana Raksasa GoldToe

Bagaimana perusahaan pakaian dalam yang mencari cara yang tidak biasa untuk memasarkan produk mereka? Cobalah memakaikan celana dalam berukuran besar pada patung banteng ikonik di Kota New York. Sungguh, hal ini benar-benar terjadi dan dilakukan oleh perusahaan GoldToe.

Ini sangat konyol, sehingga terdengar seperti tidak masuk akal. Tetapi ketika perusahaan GoldToe menggunakan ingin menarik perhatian banyak orang dan mempromosikan peluncuran pakaian dalam barunya. Mereka dengan santai memakaikan pakaian dalam pada patung di seluruh New York.

Kesimpulan penerapan strategi Guerilla Marketing adalah jangan terlalu memikirkan hal-hal yang kaku. Terkadang ide yang paling konyol mungkin adalah cara yang terbaik untuk menerapkan strategi pemasaran yang baik.

Mudah-mudahan Kamu akan terinspirasi oleh contoh-contoh penerapan iklan pemasaran Guerilla Marketing di atas. Jika Kamu ingin mempromosikan merek yang belum terkenal. Jangan takut untuk melakukan crowdsource konten untuk membuat sebuah kampanye iklan pemasaran.

Dengan melakukan pendekatan kreatif pada teknik pemasaran akan sangat membantu perusahaan lebih hemat anggaran pengeluaran untuk mempromosikan produk. Yang perlu kamu ingat, carilah tempat yang dimana banyak orang berinteraksi atau beraktivitas, dan masukkan promosi iklan dengan teknik Guerilla Marketing di sana.

Baca Juga :

Jadi bagaimana tertarik dengan menerapkan Guerilla Marketing? Sekarang mulailah buat tim pemasaran yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi agar bisa menerapkan pemasaran gerilya dengan efektif dan memberikan hasil yang terbaik.