5 Ide Konten Instagram yang Menarik dan Efektif Tingkatkan Engagement

ide konten instagram

Memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk digital marketing memang menjadi salah satu strategi pemasaran paling jitu. Tak terkecuali Instagram. Sebab dengan jumlah pengguna Instagram yang kian meningkat secara signifikan, Anda pun berkesempatan untuk mendapatkan target pasar dengan jangkauan yang jauh lebih luas. Untuk memaksimalkan strategi marketing ini, maka Anda perlu menciptakan ide konten Instagram yang menarik.

Seperti yang kita tahu, konten marketing adalah salah satu faktor terpenting dalam social media marketing, termasuk Instagram. Sebab dengan konten yang menarik, Anda pun akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan perhatian sales lead atau prospek. Tak hanya itu saja. Bak efek domino, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah bisa menyebarkan brand awareness atau kesadaran merek dengan lebih cepat, meningkatkan engagement rate Instagram, hingga meningkatkan peluang konversi dan sales growth.

Sebab dengan konten yang menarik, audiens akan lebih tertarik untuk berinteraksi (engagement) dengan brand Anda. Sebaliknya, konten yang kurang menarik akan membuat audiens merasa bosan, bahkan tak segan enggan mengikuti brand Anda.

Melansir dari Brandwatch, engagement audiens di Instagram tercatat 10 kali lebih tinggi dari Facebook, 54 kali lebih tinggi dari Pinterest, serta 84 kali lebih tinggi dari Twitter. Dengan hasil tersebut, Instagram tentunya menjadi platform jitu untuk mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan branding. Oleh sebab itu, Anda pun perlu memikirkan konten yang menarik untuk memaksimalkannya.

Sayangnya, saat ini masih banyak marketer yang belum bisa membuat konten menarik untuk audiens. Bahkan, survei menunjukkan bahwa Instagram konten marketing yang kurang menarik turut menjadi salah satu penyebab customer churn rate.

Lantas, bagaimana cara membuat ide konten Instagram yang menarik untuk audiens?

Ide Konten Instagram yang Menarik

Sejatinya, ada banyak sekali jenis strategi pemasaran menggunakan Instagram yang bisa Anda gunakan untuk mendukung strategi bisnis. Mulai dari beriklan di Instagram (Instagram Ads), hingga memanfaatkan berbagai fitur yang telah disiapkan oleh platform tersebut. Misalnya Instagram Bisnis hingga Instagram Shopping. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur reels, IGTV, hingga carousel untuk mendukung strategi marketing campaign yang Anda lakukan.

Kendati demikian, kunci paling penting dari penggunaan Instagram sebagai platform pemasaran dan social media branding terletak pada ide kontennya. Seperti pemaparan sebelumnya, konten yang menarik akan jauh lebih mudah menyita perhatian lead ketimbang konten yang “biasa-biasa saja” dan “apa adanya”.

digital marketing agency

Umumnya, pengguna Instagram menyukai konten berbeda berdasarkan demografi masing-masing. Namun, survei menunjukkan bahwa pengguna Instagram cenderung menyukai konten yang bersifat menghibur, edukatif atau educational, memberikan informasi (informatif), dapat memancing emosional dan empati, serta insightful atau menginspirasi.

Tentunya Anda tidak bisa menyamaratakan semua target pasar Anda dengan jenis konten-konten seperti ini. Anda perlu melakukan riset market, riset pasar di media sosial, dan segmentasi terlebih dahulu untuk mengenali audiens Anda. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk melakukan trial atau uji coba dengan ide konten Instagram yang beragam.

Lakukan analisis terhadap jenis konten mana yang sekiranya mendapatkan engagement metrics paling tinggi (engagement rate, SoV, hingga reach dan impression). Dengan demikian, Anda akan mengetahui jenis konten mana yang harus Anda maksimalkan.

Sementara bagi Anda yang masih bingung untuk melakukan riset dan menentukan target pasar, beberapa ide konten Instagram yang menarik berikut ini bisa Anda coba. Selain mampu menaikkan engagement, jenis-jenis konten di bawah ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan conversion rate:

Baca Juga :

1. Giveaway

ide konten instagram giveaway

Bagi Anda pengguna media sosial, tentunya jenis konten yang satu ini sudah sangat familiar. Giveaway merupakan salah satu bentuk marketing campaign, yakni contest marketing campaign.

Sesuai dengan namanya, jenis konten ini dikemas dalam bentuk kontes berhadiah yang menarik minat audiens untuk ikut berpartisipasi. Ide konten Instagram ini memang sangat efektif untuk menjerat lead atau calon pelanggan, bahkan bagi first timer (orang yang pertama kali berinteraksi dengan brand Anda). Sebab, giveaway memanfaatkan emosional audiens dengan iming-iming hadiah menarik.

Tentunya hampir semua orang ingin mendapatkan hadiah gratis dengan cara yang mudah, bukan?

Nah, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai ide konten yang menarik. Anda pun bisa memberikan sejumlah persyaratan bagi audiens yang ingin mengikuti giveaway. Misalnya harus mengikuti akun Instagram brand, memention pengguna lain, memberikan likes dan komentar, membagikan postingan melalui feed atau Instagram Story, hingga menggunakan hashtag tertentu.

Dengan taktik ini, engagement rate Instagram Anda pun akan meningkat dengan drastis.

2. Konten Pertanyaan

Melansir dari Hootsuite, konten pertanyaan adalah salah satu yang paling mendapatkan perhatian. Maksudnya, Anda bisa membuat konten yang berisi pertanyaan kepada audiens. Konten-konten seperti ini akan membantu mereka untuk membagikan wawasannya.

Selain itu, ide konten Instagram yang satu ini juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan product insights dalam proses pengembangan produk kedepannya. Sehingga, secara tak langsung Anda akan mendapatkan feedback dari audiens yang berguna untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

3. Konten Perbandingan

Ide selanjutnya adalah konten perbandingan. Ini merupakan konten di mana Anda membandingkan beberapa produk (minimal dua produk) dalam satu postingan. Misalnya, bagi Anda yang memiliki niche bisnis di bidang otomotif, Anda membuat konten perbandingan antara mobil produksi Jepang vs mobil produksi Korea.

Jenis konten ini akan membantu pengguna Instagram untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Sehingga mereka dapat memutuskan untuk memilih mana yang terbaik di antara produk tersebut.

Baca Juga :

4. Konten Viral

ide konten instagram viral

Maksud dari ide yang satu ini adalah Anda bisa membuat konten yang mengikuti perkembangan tren atau sedang viral saat ini. Sebab seperti yang kita tahu, kebanyakan pengguna media sosial adalah orang-orang yang ingin selalu up to date pada isu-isu terkini, bahkan memiliki kecenderungan FOMO (fear of missing out). Sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai ide konten Instagram.

Konten seperti ini pasti akan menarik perhatian audiens. Kendati demikian, Anda harus tetap berhati-hati saat mengikuti tren. Sebab Anda harus bisa menemukan relevansi atau hubungan antara tren yang terjadi dengan produk Anda.

5. Konten Interview

Jenis konten yang satu ini akan sangat efektif apabila Anda melakukan afiliasi (kemitraan bisnis), alias menggunakan jasa influencer atau brand ambassador produk Anda. Sebab, biasanya orang-orang akan tertarik mengajukan pertanyaan pada tokoh terkemuka seputar bidang yang mereka geluti.

Misalnya, Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang makanan. Maka Anda bisa melakukan partnership marketing dengan mengajak seorang food blogger sebagai influencer untuk brand Anda. Nantinya, Anda bisa mengajak food blogger tersebut untuk melakukan interview dengan pertanyaan yang audiens ajukan melalui kolom komentar atau dm. Dengan demikian, akan ada semakin banyak audiens yang tertarik untuk berinteraksi dan mengajukan pertanyaan pada akun Instagram Anda.

Itulah lima ide konten Instagram menarik yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan engagement dari audiens. Sebab sebagai marketer, Anda harus cerdas dan kreatif dalam membuat content marketing. Baik itu di Instagram maupun platform media sosial yang lainnya seperti Facebook, TikTok, Twitter, hingga YouTube.

Selain menerapkan ide konten di atas, Anda bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.