Cara Menerapkan Instagram Konten Marketing Yang Efektif

instagram konten marketing adalah

Ketika kita memilih berbisnis online atau membuat toko online, menggunakan Instagram Konten Marketing sangat bermanfaat meningkatkan penjualan. Lalu apa yang dimaksud dengan Instagram Konten Marketing? Dan bagaimana menerapkannya?

Instagram merupakan salah platform digital yang bermanfaat untuk mempromosikan produk dan menjangkau pelanggan melalui gambar dan video. Instagram juga memberikan kesempatan kepada perusahaan dan merek dagang untuk memperkenalkan produk secara cepat, unik, dan kreatif untuk mendapatkan pelanggan.

Menurut statistik pada awal tahun 2020, ada lebih dari 1 miliar akun Instagram aktif setiap bulan dan 80% akun mengikuti akun bisnis di Instagram. Itu menunjukkan bahwa ini benar-benar platform yang menguntungkan untuk suatu bisnis.

Karena bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra merek/branding, menemukan dan mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis Anda. Jadi tahukah Anda apa itu Instagram Konten Marketing? Dan bagaimana cara memasarkan suatu bisnis di Instagram agar efektif? Mari cari tahu rahasia tentang pemasaran di jejaring sosial ini dengan membaca tips dari kami di bawah ini!

Baca Juga :

Pengertian Instagram Konten Marketing

Pengertian Instagram Konten Marketing

Instagram Konten Marketing adalah bentuk periklanan yang memanfaatkan kekuatan platform Instagram untuk membantu bisnis menjangkau audiens target mereka untuk menciptakan kesadaran merek, dan berbagi informasi produk dengan pelanggan.

Jenis-Jenis Instagram Konten Marketing

Berikut ini ada beberapa jenis Instagram Konten Marketing yang bisa kamu manfaatkan di aplikasi Instagram untuk dibuat sebagai media promosi.

1. Gambar/Foto

Pengguna dapat mengambil, berbagi, dan mengedit foto untuk dibagikan dengan pengikut mereka. Setiap posting dapat menyertakan teks dan tagar. Pengguna juga dapat menerapkan filter bawaan ke gambar/foto yang diupload mereka.

2. Video

Instagram menambahkan berbagi video pada tahun 2013. Awalnya, video dibatasi hingga 15 detik tetapi sekarang ditingkatkan menjadi 60 detik.

Instagram telah menambahkan fitur untuk mengupload video berdurasi panjang yang disebut IGTV . Di sini, video bisa berdurasi hingga 60 menit. Fitur ini sangat bermanfaat untuk akun bisnis dan influencer. Karena mendukung posting video dalam tata letak vertikal. Dan banyak pengguna suka melihat layar penuh tanpa memutar ponsel secara horizontal.

3. IG Story (Cerita)

Instagram juga memungkinkan pengguna untuk memposting story. Ini adalah bentuk konten pendek yang muncul di bagian atas halaman berita dan berlangsung selama 24 jam.

4. Live IG

Anda dapat membagikan video live streaming untuk terhubung dengan pengikut secara realtime hingga satu jam. Setelah siaran langsung berakhir, Anda membagikan tayangan ulang video tersebut ke IGTV atau membagikannya dari History Live .

5. Mengirim Pesan

Anda dapat mengirim pesan langsung ke satu atau lebih orang. Konten dapat mencakup postingan, foto, video, cerita, dan tagar. Selain itu, fitur ini dapat mendukung obrolan video grup hingga 8 orang.

6. IG Reels

Instagram Reels merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit video multi-klip 15 detik dengan audio, efek AR, dan alat kreatif baru. Idenya adalah untuk melayani orang-orang yang mengekspresikan diri mereka dalam hiburan lain, seperti menari. Singkatnya, ide Reels diambil dari konsep aplikasi TikTok.

7. IG Shopping

Instagram Shopping adalah serangkaian fitur yang memungkinkan bisnis menjual produk langsung ke pelanggan langsung di dalam aplikasi.

Mengapa Bisnis Perlu Memanfaatkan Instagram Content Marketing?

Memanfaatkan Instagram Content Marketing

Menurut statistik, platform Instagram menarik 32% pengguna berusia 25-34 tahun, 18% berusia 35-44 tahun dan 11% berusia 45-54 tahun. Selain itu ada beberapa alasan mengapa suatu bisnis perlu memanfaatkan instagram untuk pemasaran. Karena instagram memiliki beberapa keunggulan yang luar biasa, seperti :

  • Konten Visual : Instagram tidak berfokus pada penyampaian konten tertulis, Instagram berfokus pada visual. Sehingga platform ini adalah tempat yang tepat bagi pemasaran untuk menghidupkan konten bisnis melalui berbagai bentuk konten visual seperti feed, story, IG TV dan IG Reel yang menarik bagi pelanggan.
  • Jangkauan: Dengan lebih dari 1 miliar akun aktif per bulan, Instagram memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan dalam jumlah tak terbatas dan membantu suatu bisnis memperluas jangkauan pemasaran secara signifikan.
    Keterlibatan Komunitas: Instagram juga memberi pengguna umum dan akun bisnis untuk membentuk suatu komunitas. Sehingga dengan adanya komunitas ini dapat membantu bisnis dan pelanggan berinteraksi satu sama lain dengan lebih baik.
  • Menganalisis Persaingan : Dengan menggunakan instagram, kamu masih dapat mengetahui dan menganalisis tingkat persaingan bisnis yang Anda jalankan dengan mudah. Caranya dengan memantau akun pesaing dari jumlah follower, jumlah like dan interaksi dengan pelanggannya.

Baca Juga :

Cara Menerapkan Instagram Konten Marketing Untuk Bisnis Online

Instagram Konten Marketing Untuk Bisnis

Kamu dapat membuat konten marketing instagram dengan berbagai jenis konten yang kami sebutkan diatas. Tapi agar pemasaran konten tersebut lebih efektif, maka kamu harus menerapkan beberapa hal berikut :

1. Waktu Posting

Pertama untuk menerapkan strategi Instagram Konten Marketing yang efektif kamu harus memperhatikan waktu posting. Karena dengan memposting konten di waktu yang tepat, ini dapat mempengaruhi postingan agar mendapatkan engagement dengan lebih cepat dan mendapatkan kesempatan bagus untuk masuk ke explore instagram dengan mudah.

Jadi kamu harus benar-benar memperhatikan waktu yang tepat untuk memposting konten di Instagram. Cara termudah untuk mengetahui waktu terbaik memposting akun instagram adalah dengan melihat statistik di Insight akun instagram.

2. Buat Audience Betah Berlama-Lama di Akun IG Bisnis Anda

Kamu harus memanfaatkan fitur dari instagram seperti Carousel post untuk membuat audience betah berlama-lama untuk melihat konten gambar yang dibagikan di IG bisnismu. Selain fitur Carousel post, Anda juga tidak boleh melewatkan penggunaan fitur IG TV. Anda bisa menyuruh tim kreatif untuk membuat berbagai video yang berdurasi panjang yang kreatif dan unik. Sehingga ketika pengguna IG melihat video IG TV dari akun bisnismu, mereka mau meluangkan waktu lama untuk menonton video tersebut.

3. Viralkan

Anda dan tim harus bisa membuat setiap konten yang diupload di akun Instagram bisnis menjadi viral. Untuk membuat postingan tersebut menjadi viral kamu harus membuat postingan tersebut memiliki banyak yang like, komen dan share.

Agar postingan tersebut diminati banyak orang, pastinya kamu harus membuat postingan yang memiliki banyak manfaat untuk orang yang melihatnya. Contohnya membuat konten tutorial, konten tips dan trik, konten pengetahuan atau lainnya. Atau kamu juga bisa membuat konten giveaway untuk menarik perhatian banyak pengguna instagram.

4. Konsisten Upload Instagram Konten Marketing

Tim kreatif dan marketing bisnis harus konsisten dalam membangun brand melalui Instagram. Seperti rutin memposting konten, merapikan feed, mau menerima kritik dan saran dari follower.

Dengan mau berkonsisten dalam pembuatan konten di instagram. Bisnis kamu tidak hanya akan disukai banyak pengguna tetapi juga disukai oleh algoritma Instagram.

Jadi dapat disimpulkan, sama seperti di platform media lainnya. Dengan menerapkan teknik Instagram Konten Marketing dapat membantu pelanggan meningkatkan kesadaran tentang bisnis, produk, aplikasi, atau layanan Anda. Melalui Instagram Konten Marketing, Anda akan meningkatkan jangkauan dan mempromosikan merek Anda ke lebih banyak orang.

Selain itu, menurut penilaian komunitas pemasaran saat ini, Instagram Konten Marketing memiliki jangkauan yang lebih baik daripada Facebook. Tidak hanya itu, ini juga merupakan cara untuk menarik calon pelanggan untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan layanan bisnis Anda serta meningkatkan penjualan.