Jenis Analisis Data Yang Sedang Trend

jenis analisis data

Seorang data analyst bertugas mengolah dan menganalisis data. Tujuannya adalah untuk dijadikan bahan pertimbangan pengambilan kebijakan. Oleh sebab tugas penting tersebut, mereka harus paham mengenai macam-macam jenis analisis data.

Secara ringkas pengertian analisis data merupakan kegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi. Perusahaan mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Perusahaan kemudian mengolahnya untuk mendapatkan hasil. Setelah itu, perusahaan menjadikan hasil sebagai bahan pertimbangan. Terutama dalam pengambilan keputusan dalam menentukan strategi business development.

Jenis-Jenis Analisis Data

Terdapat empat jenis analisis data, berikut adalah pembahasan lebih lanjutnya:

1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif merupakan jenis pengolahan data yang bertujuan guna mendapatkan informasi mengenai kondisi lapangan, pasar, dan konsumen saat ini.

Dengan metode ini, seorang data analyst akan mengumpulkan data berupa informasi perilaku konsumen, jumlah konsumen lama dan konsumen baru setiap bulan, hingga banyaknya volume transaksi yang terjadi.

Analisis deskriptif termasuk dalam metode awal sebelum seorang data analyst akan melanjutkan proses pengolahan menuju tahap yang lebih rumit.

2. Analisis Diagnosis

Berbeda dengan analisis deskriptif, jenis analisis diagnosis ini bersifat sedikit lebih dalam untuk menggali informasi akar masalah serta latar belakang dari suatu permasalahan.

Metode analisis diagnosis mengumpulkan informasi yang telah lampau. Ada beberapa informasi yang didapatkan dari jenis analisis ini seperti :

  • Permasalahan apa yang sedang terjadi
  • Pola pada permasalahan
  • Hubungan sebab akibat dari permasalahan

Pada analisis diagnosis biasanya menggunakan fungsi regresi dan juga jenis data time series dalam melakukan proses analisisnya.

3. Analisis Prediktif

Analisis diagnosis berfokus pada alasan atau penyebab. Maka jenis analisis prediktif memiliki fokus pada tujuan forecasting bisnis. Artinya analisis ini meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan. Perusahaan dapat meramalkan berdasarkan data yang dimiliki.

Tujuan dari analisis prediktif adalah untuk menghasilkan ramalan prediksi trend. Yaitu pola yang akan terjadi di masa mendatang. Digunakan untuk keperluan seperti :

  • Memprediksi potensi peluang bisnis baru
  • Memperkirakan produksi tambahan

Jenis analisis ini seringkali membutuhkan software sebagai aplikasi alat analisis agar mendapatkan hasil prediksi yang valid.

Baca Juga :

4. Analisis perspektif

Jenis analisis selanjutnya adalah analisis perspektif. Setelah seorang data analyst memiliki prediksi atau gambaran masa depan guna memprediksi peluang, maka langkah selanjutnya adalah merancang model baru untuk produk milik perusahaan dan bisnis plan ke depannya. 

Perusahaan dapat menggunakan analisis perspektif di terakhir. Karena analisis ini membutuhkan data dari data deskriptif, diagnosis dan prediktif.

Jika pemodelan sudah sukses diaplikasikan. Perusahaan dapat mengulang analisis dari tahap pertama sampai terakhir. Tujuannya adalah untuk memperbaharui model yang ada saat ini. Sehingga hasilnya akan menjadi lebih efektif. Selain itu bahan pertimbangan pengambilan kebijakan akan lebih berkualitas.

Jenis Analisis Data Modern yang Sedang Tren

Selain 4 Jenis analisis data di atas masih ada jenis lainnya. Berikut adalah beberapa jenis analisis update yang perlu untuk kita pelajari:

1. Artificial Neural Networks (AAN)

Metode jaringan syaraf tiruan adalah arti dari AAN. Teknik analisis ini menggunakan cara kerja otak dan saraf di dalam mengolah data.

Metode ini cara kerjanya sama dengan sistem saraf manusia. Karena memiliki sel yang beragam. Pada setiap sel ini digunakan untuk mengolah informasi yang berbeda-beda. Proses dalam mengolah informasi menghasilkan respon yang konsisten.

Kelebihan dari metode ini adalah apabila terjadi suatu masalah yang sama, maka seorang data analyst tidak perlu melakukan pengolahan data dari awal kembali. Seorang data analyst hanya perlu mengaktifkan respons dari hasil kerja sebelumnya.

2. Decision tree

Teknik ini memiliki tujuan guna memudahkan seseorang untuk mengambil sebuah keputusan. Seorang data analyst akan membuat pohon yang bercabang. Setiap cabang di pohon mengarahkan kepada suatu keputusan yang berbeda. 

Kelebihan dari teknik ini adalah proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan sederhana.

3. Logika fuzzy

Ringkasnya logika fuzzy bertujuan menganalisis jenis data yang sulit untuk diolah. Terutama yang tidak biasa diolah secara matematis. Kelebihan dari teknik ini adalah mampu memberikan respons yang sifatnya kualitatif dan tidak ambigu.

Baca Juga :

Langkah-Langkah Dalam Melakukan Analisis Data

langkah-langkah analisis data

Berikut merupakan beberapa langkah secara garis besar dalam melakukan analisis data:

1. Pengumpulan Data

Tahap pertama dalam analisis data adalah pengumpulan data. Tahap ini merupakan kegiatan untuk mendapatkan informasi untuk diolah.

2. Tahap Penyuntingan

Penyuntingan data meliputi proses pengecekan mengenai kejelasan dan kelengkapan terkait dengan pengisian instrumen pengumpulan data.

3. Tahap Pengkodean

Selanjutnya masuk ke tahap pengkodean. Tahap pengkodean ini terdiri dari proses identifikasi. Dan klasifikasi terhadap pernyataan pada instrumen variabel yang sedang dipelajari.

4. Tahap Pengujian

Lanjut ke tahap keempat, yaitu tahap pengujian. Tahap ini memiliki tujuan menguji kualitas data. Proses pengujian dari segi reliabilitas dan validitas.

5. Tahap Mendeskripsikan Data

Tahap ini merupakan proses menggambarkan data dengan cara menyajikan dalam bentuk tabel frekuensi atau diagram (data visualization).

6. Tahap Pengujian Hipotesis

Terakhir masuk ke tahap pengujian hipotesis. Fungsi tahap ini adalah menguji proposisi dan menguji hipotesis memiliki makna atau tidak. Di tahapan ini juga keputusan dan kesimpulan akan digunakan.

Fungsi Analisis Data

Berbagai jenis analisis data diatas memiliki berbagai fungsi, di antaranya adalah:

  • Berfungsi sebagai bahan evaluasi keadaan saat ini
  • Menanggapi sebuah permasalahan tertentu untuk dikaji secara mendalam 
  • Memecahkan sebuah permasalahan dan menentukan keputusan yang akan diambil
  • Data akhir yang diperoleh dari hasil analisis dapat digunakan sebagai acuan dalam kegiatan yang diperlukan
  • Data akhir tersebut juga dapat digunakan dalam sebuah kegiatan sebagai suatu perencanaan

Berbagai fungsi diatas menjadikan analisis data memudahkan penelitian yang sedang dikerjakan oleh seseorang, maupun apabila ingin mendapatkan informasi kesimpulan sebuah data. 

Kesimpulan

Saat ini persaingan bisnis menuntut keunggulan dan keuntungan yang mereka tawarkan untuk tetap dapat survive di pasaran. Keunggulan dan keuntungan ini menuntut mereka untuk dapat memahami apa yang diinginkan konsumen.

Zaman teknologi dan informasi saat ini, dimana segala hal bergerak dengan cepat, termasuk dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada pola perilaku konsumen, menuntut bisnis lebih peka dalam menyesuaikan keadaan.

Apabila sebuah bisnis gagal dalam memahami pola perilaku konsumen yang berubah, maka kemunduran bisnis adalah suatu kepastian kedepannya, tetapi sebaliknya, peluang bisnis terbuka lebar bagi mereka yang inovatif memahami konsumen.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memahami konsumen di zaman dengan perubahan serba cepat saat ini?. Jawabannya adalah dengan mengumpulkan sebanyak mungkin data customer yang informasi terbaru yang relevan.

Dengan informasi yang bersifat real-time, atau setidaknya mendekati real-time, maka seorang analis data akan lebih mampu dalam memahami pola perilaku konsumen, dan kecenderungan perubahan polanya. 

Informasi yang terkumpul menjadi sebuah data kemudian perlu diolah dengan analisis data, agar menghasilkan data akhir yang mudah dibaca dan diartikan oleh semua kalangan. 

Data inilah yang kemudian akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan arah perencanaan bisnis kedepannya.

Demikian pembahasan mengenai jenis analisis data. Jenis analisis yang tepat akan menghasilkan data akhir berkualitas yang sangat berharga kedepannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :