Jenis, Manfaat, dan Contoh Strategi Guerilla Marketing Terbaik

strategi guerilla marketing

Pada dasarnya, perusahaan membutuhkan jenis strategi pemasaran yang sesuai dengan budget. Sebab, sejumlah strategi marketing memang terkadang lebih menguras kantong dan menghabiskan alokasi biaya dalam proses penerapannya. Nah, bagi Anda yang tidak mempunyai budget berlebih namun ingin melakukan strategi pemasaran secara maksimal, maka strategi guerilla marketing bisa menjadi solusi terbaik.

Guerilla marketing menjadi pilihan tepat bagi perusahaan yang sedang membutuhkan strategi pemasaran dengan biaya yang murah. Kendati hanya membutuhkan budget yang tergolong sedikit, namun strategi ini bisa memberikan hasil yang efektif, bahkan berperan aktif dalam meningkatkan brand awareness dan branding.

Lantas, bagaimana cara menerapkan strategi ini dan apa saja manfaatnya untuk perusahaan?

Apa Itu Strategi Guerilla Marketing?

Melansir dari Investopedia, pemasaran gerilya atau strategi guerilla marketing adalah taktik pemasaran di mana perusahaan menggunakan kejutan dan interaksi nonkonvensional sebagai strategi promosi.

Sesuai dengan namanya, strategi ini mengambil konsep “gerilya”, yakni suatu gerakan secara diam-diam, mengejutkan, dan menarik perhatian. Teknik pemasaran ini pertama kali diciptakan oleh Jay Conrad Levinson pada tahun 1984.

Pemasaran gerilya sangat bergantung pada interaksi perusahaan dan target pasar, kelompok promotor yang bertanggung jawab menyebarkan informasi produk secara langsung (direct) di lokasi tertentu, serta hanya mengeluarkan anggaran yang minim. Kendati demikian, strategi ini berbeda dari tradisional marketing.

Pasalnya, metode pemasaran ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi dan tren marketing. Dengan pemanfaatan teknologi, perusahaan pun bisa memaksimalkan strategi ini untuk memperkuat pesan dan fokus pada target pasar.

Biasanya, perusahaan yang menerapkan guerilla marketing mengandalkan pemasaran pada promosi melalui viral marketing atau word of mouth untuk menjangkau lebih banyak lead. Teknik pemasaran ini pun cenderung sangat efektif untuk mempromosikan produk yang nonkonvensional dan unik (memiliki unique selling point). Sehingga biasanya perusahaan cenderung menargetkan konsumen yang memberikan respon positif pada produk unik atau tidak umum tersebut.

digital marketing agency

Dalam penerapannya, pemasaran gerilya biasanya mengambil lokasi di tempat umum dengan banyak audiens. Misalnya dalam sebuah event marketing, bazar atau festival, konser, di pusat perbelanjaan, atau bahkan di jalan. Namun, perlu Anda ingat bahwa kunci menerapkan strategi ini adalah mencari momen yang tepat untuk melakukan kampanye pemasaran atau marketing campaign. Anda juga harus mengetahui target pasar setelah melakukan riset market dan market orientation terlebih dahulu agar tepat sasaran.

Jenis-Jenis Strategi Guerilla Marketing

jenis strategi guerilla marketing

Seperti pemaparan di atas, strategi ini membutuhkan kreativitas tinggi dari promotor atau marketer agar dapat mengejutkan konsumen. Tujuannya adalah agar konsumen tertarik sehingga memberikan dampak yang cukup besar pada brand awareness, bahkan tingkat penjualan (sales growth) dan conversion rate.

Namun, guerilla marketing sendiri terdiri dari beberapa jenis yang perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa jenis strategi guerilla marketing yang perlu Anda ketahui antara lain:

Baca Juga :

1. Ambient Marketing

Jenis yang pertama adalah ambient marketing. Berdasarkan namanya, sudah tentu strategi ini begitu memerhatikan suasana atau lingkungan yang menjadi lokasi promosi. Strategi ini memanfaatkan lingkungan dan lokasi tertentu secara efektif untuk memperoleh keterlibatan yang tepat.

Biasanya, marketer akan menggunakan masing-masing elemen pada area sebagai alat untuk membantu marketing campaign strategy.

2. Ambush Marketing

Ini merupakan jenis strategi guerilla marketing yang lebih sering digunakan oleh perusahaan besar. Melansir dari Dontpaniclondon, ambush marketing merupakan strategi awal yang dapat memperkuat guerilla marketing.

Ambush marketing melibatkan kampanye pemasaran yang tampil pada acara peluncuran sebuah produk (product launch) yang tidak memiliki afiliasi langsung dengan perusahaan. Hal yang perlu Anda garis bawahi dari strategi ini adalah ambush marketing memberikan kesan bahwa produk yang Anda tawarkan bekerja sama dengan brand yang tampil pada acara tersebut. Meskipun kenyataannya kedua perusahaan tidak saling terikat kerja sama atau kemitraan bisnis.

3. Outdoor Guerilla Marketing

Melansir dari Hubspot, umumnya outdoor guerilla marketing akan memanfaatkan ruang publik yang terbuka. Di mana nantinya marketer akan menempatkan iklan produk di sekitar area tersebut. Misalnya adalah meletakkan spanduk pada sebuah patung, atau menempatkan karya seni di trotoar dan taman umum.

4. Indoor Guerilla Marketing

Berkebalikan dengan jenis sebelumnya, indoor guerilla marketing memanfaatkan ruang publik yang tertutup. Contoh tempat terbaik untuk menempatkan iklan ini adalah di dalam mall, di stasiun kereta, atau di gedung universitas.

5. Viral Marketing

Jenis strategi yang satu ini dianggap paling efektif dalam pemasaran gerilya. Viral marketing adalah salah satu teknik promosi agar sebuah iklan bisa menjadi viral atau trending. Ketika sebuah iklan menjadi viral, maka iklan tersebut akan mudah menyebar dalam waktu singkat.

Biasanya, marketer akan menggunakan objek dan tagline yang dapat menciptakan sebuah ledakan bagi popularitas produk atau layanan. Viral marketing akan mengandalkan audiens untuk menjadikan promotor. Audiens akan dengan senang hati menyebarkannya ke teman, kerabat, keluarga atau orang lain.

Baca Juga :

6. Astroturfing

Jenis yang terakhir adalah astroturfing, yang mana kerap dikaitkan dengan influencer marketing. Sebab dalam strategi ini, marketer akan fokus untuk meluncurkan kampanye pemasaran melalui social media dengan beberapa promotor yang mereka pilih. Secara gamblang, promotor tersebut merupakan bagian dari partnership marketing.

Namun bedanya, astroturfing memberikan hype di sekitar produk tertentu yang sedang melakukan pemasaran melalui ulasan atau dukungan berbayar. Sehingga pada intinya, strategi ini membuat produk perusahaan “menumpang” pada produk lain yang sedang meledak

Manfaat Strategi Guerilla Marketing

manfaat strategi guerilla marketing

Strategi guerilla marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang efektif untuk Anda terapkan saat ini. Sebab di tengah tingkat persaingan pangsa pasar yang kian tinggi, metode ini mampu memengaruhi empati, emosional, dan minat pelanggan dalam waktu yang singkat.

Selain itu, teknik pemasaran gerilya ini juga dapat memberikan sejumlah manfaat lainnya yang tentunya akan menguntungkan perusahaan. Antara lain :

Contoh Penerapan Strategi Guerilla Marketing yang Efektif

Strategi guerilla marketing sendiri biasanya akan digunakan oleh perusahaan dengan budget minim untuk melakukan pemasaran. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa perusahaan besar tidak menerapkannya. Sebab, meskipun minim biaya, strategi ini terbukti ampuh untuk menarik minat lead dan memudahkan dalam proses lead nurturing.

Contoh penerapan strategi guerilla marketing yang efektif adalah dari 3M Security Glass. Perusahaan tersebut memproduksi kaca untuk penyimpanan uang di Kanada. Mereka membuat sebuah kotak kaca besar yang berisi uang 1 juta dolar AS di sebuah halte bus.

Kemudian dijelaskan bahwa siapa pun yang dapat memecahkan kaca tersebut boleh mengambil seluruh uang di dalamnya. Banyak orang yang tertarik untuk mencobanya, bahkan kampanye ini pun menjadi viral hanya dalam waktu singkat karena pemasaran dari mulut ke mulut.

Namun menariknya, selama kampanye pemasaran ini, tidak ada satu orang pun yang dapat memecahkan kaca tersebut. Ini menunjukkan bahwa secara tak langsung 3M Security Glass berhasil memproduksi produk berkualitas dengan keamanan tingkat tinggi. Selain itu, ini menunjukkan bahwa 3M Security Glass berhasil menerapkan contoh guerilla marketing terbaik yang efektif menarik minat pelanggan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menerapkan strategi ini? Jika iya, Anda bisa mulai membuat tim sales dengan kreativitas tinggi untuk menerapkan pemasaran gerilya dengan efektif dan memberikan hasil yang terbaik.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.