Mengetahui Kesalahan Telemarketing Yang Wajib Dihindari

kesalahan telemarketing

Dalam dunia pemasaran saat ini banyak perusahaan sudah memanfaatkan teknologi untuk digunakan sebagai media promosi. Tetapi masih ada perusahaan yang mengandalkan strategi telemarketing sebagai media pemasarannya. Lalu apa itu telemarketing? Apa saja kesalahan telemarketing yang harus dihindari? Bagaimana agar telemarketing sukses?

Berbagai macam alat pemasaran sekarang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk bisnis agar bisa meningkatkan penjualan seperti Facebook Marketing, SEM (Search Engine Marketing), Instagram Marketing dan lainnya. Salah satu alat pemasaran yang bisa digunakan adalah telepon. Tapi saat ini pemasaran menggunakan telepon sudah semakin sedikit digunakan dan tidak terlalu populer.
Dikarenakan dengan kemudahan teknologi, melalui sosial media dan internet perusahaan bisa langsung terhubung ke konsumen dengan mudah dan murah.

Apa Itu Telemarketing?

Telemarketing merupakan salah satu cara untuk melakukan promosi suatu produk atau jasa dengan menggunakan media telepon. Telemarketing adalah istilah yang populer di tahun 1970, yang dimana pada saat ini cara ini adalah cara promosi yang paling efektif untuk menawarkan suatu produk kepada calon konsumen.

Dahulu telemarketing umumnya dilakukan oleh tim marketing perempuan, karena pada zaman tersebut wanita masih digaji dengan upah yang rendah. Selain itu wanita juga memiliki suara yang lembut dan sopan ketika bertelepon.

Baca Juga :

Mengapa Pemasaran Telemarketing Masih Cukup Baik Untuk Digunakan?

Banyak perusahaan menganggap bahwa pemasaran produk menggunakan media telepon sudah kurang efektif dan mengganggu kenyamanan konsumen. Tetapi sampai saat ini, pastinya kita pernah tiba-tiba ditelpon oleh nomor tidak dikenal yang ternyata itu adalah sebuah promosi produk atau layanan dari suatu perusahaan.

Apakah ini artinya pemasaran telemarketing masih efektif untuk digunakan? Alasan dari beberapa perusahaan atau bisnis masih menggunakan telemarketing sebagai media pemasarannya adalah karena telepon merupakan media komunikasi 2 arah.

Yang dimana dalam komunikasi 2 arah ini, perusahaan bisa mengetahui timbal balik secara langsung dari calon konsumen tentang produk yang ditawarkan.

Kesalahan Telemarketing Yang Wajib Diketahui

Jika perusahaan yang Anda jalankan ingin mencoba menggunakan model pemasaran telemarketing. Anda harus mengetahui kesalahan telemarketing yang wajib dihindari. Agar calon konsumen tidak merasa terganggu dan mau merespon apa yang tim marketing tawarkan ke calon konsumen.

1. Tidak Memperhatikan Waktu

Pertama kamu harus memperhatikan waktu menghubungi calon konsumen. Karena kesalahan waktu menghubungi calon konsumen akan membuat mereka tidak nyaman dan mengabaikan telepon. Setiap calon konsumen memiliki waktu sibuk yang berbeda-beda, sehingga Anda harus benar-benar memahami waktu yang tepat untuk menelpon calon konsumen. Sehingga calon konsumen lebih berinteraktif dan promosi yang dilakukan lebih efektif.

2. Kesalahan Telemarketing Tidak Mengsortir Database Calon Konsumen

Kesalahan telemarketing selanjutnya adalah perusahaan tidak menyortir database calon konsumennya. Database calon konsumen yang tidak tepak akan merugikan biaya telepon untuk perusahaan.

Karena akan percuma saja jika calon konsumen yang kamu hubungi bukanlah calon pelanggan potensial. Apalagi aktivitas atau kebutuhan mereka tidak berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Proses pemasaran telemarketing yang dijalankan akan sia-sia.

3. Komunikasi Hanya Satu Arah

Pasti dalam prakteknya ketika tim telemarketing menelpon calon konsumen mereka akan merasa terganggu ketika tim hanya melakukan komunikasi satu arah. Tim telemarketing harus membiarkan calon konsumen untuk menanggapi atau membalas pembicaraan saat melakukan penawaran produk.
Jadi tim telemarketing harus kamu ajarkan bagaimana cara untuk menjalin komunikasi 2 arah agar calon konsumen merespon apa yang telah dijelaskan tentang produk yang ditawarkan. Dengan melakukan komunikasi 2 arah ini, akan terjalin hubungan yang baik antara konsumen dan produsen.

4. Menyepelekan Privasi

Pada prakteknya, telemarketer sering melakukan pemaksaan kepada calon konsumennya di telepon misalnya meminta nomor telepon orang lain yang bisa dihubungi. Hal ini dapat membuat calon konsumen merasa tidak nyaman dan ini juga melanggar privasi konsumen. Tugas dari telemarketer hanya menawarkan produk saja, jika calon konsumen tidak tertarik tidak boleh memaksanya.

5. Tidak Menentukan Terlebih Dahulu Target Calon Konsumen Potensial

Ketika kita ingin menjalankan strategi pemasaran telemarketing yang efektif. Sebaiknya kita lakukan pertama adalah menentukan target calon konsumen potensial terlebih dahulu. Bukan langsung menelpon satu per satu nomor telepon ajak yang belum tentu calon konsumen tersebut tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Untuk mendapatkan nomor telepon calon pelanggan potensial, kita bias dapatkan melalu beberapa metode berikut.

Cara Menemukan Pelanggan Potensial Telemarketing Secara Efektif

Telemarketing adalah

Berikut ini adalah cara menemukan pelanggan potensial untuk menjalankan proses telemarketing yang efektif :

1 Perencanaan

Tergantung pada bidang yang Anda geluti, Anda tidak boleh melewatkan langkah perencanaan untuk menemukan klien yang paling potensial. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk membantu Anda menentukan siapa yang kemungkinan menjadi audiens Anda dan siapa yang bersedia mengeluarkan uang untuk produk yang Anda tawarkan.

Kemudian temukan cara tercepat bagi pelanggan untuk menemukan produk atau layanan Anda tawarkan. Agar proses telemarketing berhasil, pastikan tim telemarketer Anda benar-benar memahami produk perusahaan dan kebijakan preferensial sebelum menghubungi calon pelanggan.

Baca Juga :

2. Mencari pelanggan melalui Facebook

Statistik di Indonesia menunjukkan bahwa setiap bulan, ada 175,3 juta pengguna Facebook, di mana 70-80 persen pengguna tersebut aktif menggunakan Facebook. Jadi, menjangkau calon pelanggan melalui jejaring sosial adalah cara yang sangat efektif.

Anda hanya perlu mencari grup yang tertarik dengan produk atau bidang yang Anda jalankan saat ini untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat seperti antusias calon konsumen dan nomor telepon yang tertera di grup tersebut. Lebih baik gunakan jasa digital marketing agency untuk mengatur strategi serta memastikan Leads yang valid bagi perusahaan bisa dapatkan dengan baik.

3 Berpartisipasi Dalam Pameran dan Expo

Di pameran dan expo adalah kesempatan untuk membantu Anda mempromosikan produk Anda ke calon pelanggan. Keuntungan terbesar dari metode ini adalah bahwa tim marketing akan melakukan kontak langsung dengan calon pelanggan yang mulai tertarik dengan produk bisnis Anda.

Disini tim marketing yang ada di lapangan, bisa meminta nomor telepon para calon pelanggan yang mulai tertarik dengan produk yang dipamerkan di pameran atau expo tersebut. Sehingga ketika telemarketer menghubungi orang tersebut dikemudian hari, peluang orang tersebut membeli produk lebih besar.

4. Bergabung di Grup Telegram

Salah satu aplikasi messenger yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan database telepon calon pelanggan potensial adalah telegram. Di aplikasi telegram kita bisa bergabung di grup telegram yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan.

Setelah kamu masuk ke grup tersebut, secara otomatis kamu dapat melihat nomor kontak telepon dari orang-orang yang memiliki antusias tinggi terhadap produk yang akan ditawarkan. Simpan kontak yang ada di grup telegram tersebut untuk menjalankan strategi telemarketing menjadi lebih efektif.

Sekarang Anda sudah mengetahui kesalahan telemarketing dan cara mendapatkan calon pelanggan potensial untuk menerapkan strategi telemarketing yang efektif. Semoga dengan adanya tips ini, proses pemasaran yang dilakukan bisa menjadi lebih efektif dan penjualan perusahaan menjadi meningkat.