Perusahaan harus mempunyai perkiraan yang matang dalam mempersiapkan masa depan bisnis melalui Forecast Bisnis. Tanpa perkiraan matang, bisa saja perusahaan tidak bisa survive dengan perkembangan bisnis yang begitu pesat.
Dalam dunia bisnis, perkiraan biasa disebut dengan istilah forecast bisnis. Strategi ini hadir untuk membuat bisnis lebih siap dalam menghadapi masa depan, serta menganalisis history data di masa lalu.
Tentang Forecast Bisnis
Bagi sebagian orang, istilah forecast bisnis mungkin kurang familiar. Untuk itu, berikut akan dijelaskan pengertian forecast bisnis dan apa pentingnya melakukan forecast dalam bisnis.
Pengertian Forecast Bisnis
Forecast Bisnis merupakan teknik untuk menentukan masa depan bisnis. Teknik ini bermanfaat untuk membuat prediksi yang bersifat prediktif. Karena menggunakan data historis sebelumnya.
Strategi ini umumnya berkaitan dengan proyeksi terhadap permintaan dan penawaran suatu produk.
Teknik ini cukup banyak digunakan dalam dunia bisnis. Karena tanpa perkiraan, masa depan bisnis tidak bisa berjalan dengan maksimal.
Baca Juga:
- Ketahui Osborne Effect, Kesalahan Strategi Marketing yang Bisa Membuat Bisnis Bangkrut
- Social Media Scoring untuk Mengukur Kesuksesan Strategi Marketing di MedSos
Pentingnya Forecast Bisnis
Strategi bisnis ini merupakan alat meramal masa depan perusahaan. Hasil dari forecasting bisa digunakan perusahaan dalam membuat pola perencanaan dan pola pengembangan bisnisnya.
Selain itu strategi bisnis ini juga penting untuk melakukan perencanaan:
- Anggaran
- Pemasaran
- Perencanaan Produksi
- Persediaan
- Proses distribusi
Metode dalam Forecast Bisnis
Membuat forecast bisnis tentunya harus menggunakan metode ilmiah. Ada 2 metode yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Berikut pembahasannya.
Metode Kualitatif
Metode kualitatif berfungsi menganalisa trend bisnis di masa depan. Kamu dapat menggunakan beberapa metode berikut:
- Pendapat dari Para Eksekutif
Meminta pendapat dari eksekutif perusahaan pertama bisa kamu terapkan. Pendapat ini bisa berasal dari manager produksi, pemasaran dan keuangan. Setelah itu, semua pendapat digabung dan dibuat menjadi model statistik. - Survei Pasar
Kedua adalah dengan melalui survei pasar. Cara melakukan survei pasar adalah dengan melakukan wawancara ke beberapa konsumen. Hasil wawancara digabung dan dilakukan uji statistik. Hasilnya kita gunakan untuk dasar mengambil keputusan. - Opini dari Tenaga Penjualan
Metode berikutnya adalah dengan melakukan penelitian dengan menggabungkan opini beberapa tenaga penjualan. Opini tersebut kemudian digabungkan menjadi himpunan data yang diolah dan sebagai dasar untuk melakukan peramalan.
Metode Kuantitatif
Metode kuantitatif memang erat kaitannya dengan angka. Beberapa metode kuantitatif adalah sebagai berikut:
Metode Time Series
Jenis metode yang pertama adalah time series. Metode ini meramalkan dengan cara menghimpun data dari beberapa tahun sebelumnya. Untuk mengetahui keterkaitan antar variabel.
Data time series adalah data yang berupa deret waktu seperti data harian, mingguan, bulanan atau tahunan. Biasanya untuk melakukan peramalan data time series, digunakan alat analisis regresi, proyeksi trend atau metode smoothing.
Metode Kasual
Metode berikutnya adalah metode kausal atau sering disebut metode sebab akibat.
Untuk melihat keterkaitan antar variabel biasanya menggunakan metode ini. Data pada metode ini tidak dalam bentuk waktu.
Manfaat Forecast Bisnis
Manfaat dari strategi ini sangat banyak untuk perusahaan. Pada pembahasan berikut dijelaskan manfaat forecast bisnis.
Melakukan Perencanaan yang Efektif
Proses strategi ini menghasilkan trend data yang bermanfaat dalam proses perencanaan.
Tentu saja proses tersebut dapat menjadikan proses perencanaan bisnis lebih akurat dan efektif.
Dengan menerapkan perencanaan bisnis yang akurat. Maka perusahaan dapat menghadapi tantangan baru dalam bisnis. Oleh karena itu, perencanaan yang efektif sangat dibutuhkan.
Meningkatkan Keberhasilan Usaha Baru
Bagi pemilik bisnis baru, Strategi ini sangat berperan dalam keberlangsungan hidup bisnis. Dari proses forecast, perusahaan dapat menganalisis pesaing, dan trend permintaan dan penawaran produk pesaing.
Meningkatkan Keberhasilan Bisnis yang Telah Berjalan
Keberhasilan bisnis bisa terjadi apabila perusahaan dapat mengelola sumber daya dengan efektif dan kegiatan penawaran serta permintaan yang berjalan lancar.
Efektivitas ini dapat terjadi ketika bisnis memiliki perencanaan yang baik. Melalui strategi ini perusahaan akan menghasilkan data-data sangat berguna. Seperti data yang bermanfaat dalam pengelolaan sumber daya dan strategi dalam permintaan dan penawaran.
Membantu dalam Pengambilan Keputusan
Setiap pengambilan keputusan yang baik memang harus berdasarkan data yang akurat. Hal tersebut membuat strategi ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan perusahaan.
Hasil dari forecast bisa berupa trend penjualan di masa depan, variabel yang mempengaruhi permintaan dan sebagainya. Dari data-data tersebut, perusahaan dapat mengambil keputusan dengan mudah dalam mengembangkan bisnisnya.
Baca Juga:
- Manfaat dan Contoh Big Data untuk Bisnis
- Menggunakan Media Buying untuk Branding Bisnis dan Tingkatkan ROI
Langkah Melakukan Forecast Bisnis
Untuk menerapkan strategi bisnis ini memerlukan beberapa langkah. Langkah-langkah melakukan strategi forecast bisnis adalah sebagai berikut:
Menentukan Tujuan Forecast Bisnis
Perusahaan wajib merumuskan tujuan terlebih dahulu. Sebelum menerapkan strategi ini.
Apakah untuk menganalisis pesaing atau untuk menganalisa trend penjualan di masa depan.
Menentukan tujuan forecast penting.
Hal ini karena jika tidak mengetahui tujuan, maka perusahaan akan kesulitan menerapkan metode yang sesuai. Selain itu, hasil forecast juga akan menjadi biasa.
Menganalisis Data yang Sesuai
Setelah menentukan tujuan forecast, berikutnya adalah menganalisis data yang sesuai dan juga melihat ketersediaan data.
Perusahaan akan menjadikan data tersebut sebagai bahan untuk melakukan forecast.
Selain itu, data juga digunakan sebagai dasar untuk menentukan metode apa yang tepat untuk digunakan.
Data bisa berasal dari histori perusahaan dari beberapa tahun sebelumnya. Maupun data yang langsung berasal dari wawancara.
Mengolah data
Setelah menghimpun data yang sesuai, kemudian data tersebut di olah menggunakan metode dan alat analisis yang sesuai. Alat analisis menyesuaikan dengan jenis data yang dihasilkan.
Hasil pengolahan data berbentuk:
- Grafik peramalan trend penjualan
- Kesimpulan dari gabungan opini para narasumber
- Langkah-langkah untuk pengembangan bisnis di masa depan
Mengevaluasi Proses Forecast Bisnis
Setelah menghasilkan sebuah data, data tersebut kemudian menjadi panduan dalam menjalankan kegiatan bisnis. Selain itu, data tersebut juga perlu dievaluasi dengan keadaan sebenarnya.
Kegiatan evaluasi bisa dilakukan dalam periode bulanan, triwulan, semester, tahunan atau periode lainnya sesuai dengan kebijakan perusahaan. Hasil evaluasi digunakan untuk menilai keakuratan proses forecast bisnis.
Demikian pembahasan singkat tentang forecast bisnis. Teknik ini sangat cocok untuk perusahaan pada sektor apapun. Melakukan perkiraan dengan baik, akan menjadikan bisnis berkembang dengan efektif.
Untuk menerapkan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.
Baca Juga:
- Cost Per Click (CPC) untuk Optimalkan Strategi Marketing
- Tips Mempersiapkan Strategi Business Development
inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.