Langkah-Langkah Membuat IGTV untuk Marketing

IGTV untuk marketing

Apakah kamu penasaran apakah bisa IGTV untuk marketing?

Saat ini, digital marketing tengah menjadi primadona untuk perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya. Baik berupa peningkatan branding bisnis maupun meningkatkan income perusahaan. Contoh digital marketing adalah pemasaran melalui media sosial.

Berbagai jenis strategi pemasaran dalam digital marketing juga beragam, dan salah satu yang recommended untuk dicoba adalah menggunakan fitur IGTV untuk marketing pada aplikasi Instagram. Penasaran seperti apa? Berikut penjelasannya.

Tentang IGTV untuk Marketing

Untuk lebih memahami IGTV untuk marketing, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian dan seberapa pentingnya fitur ini dalam pengembangan bisnis. Berikut penjelasannya.

1. Pengertian  IGTV

IGTV merupakan salah satu fitur yang diluncurkan Instagram pada tahun 2018. Pada fitur ini, pengguna instagram dapat membuat video secara mandiri kemudian di upload pada akun instagram, dengan durasi yang panjang.

Umumnya, pada fitur unggah video biasa, instagram hanya bisa mengunggah video dengan panjang durasi 1 sampai 15 menit. Namun, melalui IGTV panjang durasi konten bisa mencapai 1 jam.

Fitur ini dapat dimanfaatkan membuat konten marketing yang menarik.

2. Pentingnya IGTV untuk Marketing

Fitur ini sangat bermanfaat untuk membangun citra dan meningkatkan pendapatan.

Hal tersebut karena fitur ini memiliki durasi yang lebih panjang dari fitur biasanya, yaitu 1 menit hingga satu jam.

Dengan durasi video yang lebih panjang di Instagram. Perusahaan dapat membuat konten yang lebih detail.

Langkah-Langkah Membuat IGTV untuk Marketing

Bagi perusahaan yang ingin mulai menggunakan IGTV untuk marketing, perlu mengetahui langkah-langkah membuatnya. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

1. Upgrade Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis

upgrade akun instagram menjadi akun bisnis

Langkah pertama adalah memastikan akun instagram kamu sudah di upgrade ke akun bisnis. Upgrade akun ini penting dilakukan bagi yang memiliki usaha khusus untuk kepentingan bisnis.

Kelebihan dari akun bisnis adalah pengguna akan mendapat insight kunjungan profile yang di update dalam periode harian, mingguan dan bulanan. Sehingga pengguna dapat memanfaatkannya untuk melihat efektivitas dari penggunaan fitur IGTV.

Baca Juga :

2. Buat Konten Iklan

Buat Konten iklan

Langkah kedua adalah membuat konten. Buatlah konten video iklan yang menarik.

Di dalamnya bisa berisi memperkenalkan produk dengan detail. Konten iklan dapat berdurasi 1 sampai 1 jam. Usahakan video tersebut membuat audiens tertarik mengunjungi profil.

3. Upload Konten

upload konten

Langkah berikutnya adalah upload konten iklan ke fitur IGTV, yaitu dengan cara :

  • Pertama masuk IG bisnis Anda, dan pilih tanda (+) pada bagian bawah
  • Selanjutnya pilih satu video yang akan di upload pada perangkat yang digunakan. Lalu pilih tanda panah berwarna biru pada sebelah kanan atas
  • Pilih opsi Long Video dan Klik Continue
  • Pilih Cover Video dengan memilih foto pada perangkat yang digunakan dan klik next
  • Terakhir, berikan judul dan deskripsi, kemudian pilih publikasikan.

4.  Pantau Insight Pengunjung

Pantau insight pengunjung

Jika akun sudah di upgrade menjadi akun bisnis, maka Anda dapat memantau insight pengunjung pada profile instagram maupun pada konten yang di upload, termasuk konten IGTV

Untuk menganalisa interaksi pengunjung (engagement), maka kamu harus rutin memantau insight dari konten IGTV.

Engagement rate adalah metrik yang bisa mengukur interaksi antara audiens dengan konten. Dengan menganalisanya, perusahaan bisa mengevaluasi apakah konten tersebut efektif atau tidak.

Manfaat IGTV untuk Marketing dan Pengembangan Bisnis

Manfaat IGTV untuk Pengembangan-bisnis

Setelah mengetahui pengertian dan langkah-langkah membuatnya. Saatnya untuk mengetahui beberapa manfaat IGTV untuk marketing. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Penjualan

Tentu saja tujuan dari proses marketing adalah untuk meningkatkan penjualan. Sama halnya yang kita lakukan di IGTV, tujuannya adalah meningkatkan penjualan.

Dengan konten video yang lebih panjang dapat memungkinkan audiens memahami secara detail produk yang ditawarkan. Sehingga akan mempermudah mereka untuk mengambil keputusan pembelian.

2. Membangun Komunitas Pelanggan

Melalui IGTV, Anda dapat menjaring banyak audiens, sehingga dapat menjalin hubungan baik (relationship marketing) dengan pelanggan. Para audiens yang loyal, diharapkan dapat membentuk suatu komunitas.

Selain itu, fitur ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan pada brand (brand authority) sehingga dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang.

3. Meningkatkan Engagement

Melalui fitur IGTV, tidak hanya berfungsi untuk membagikan konten iklan saja.

DI IGTV kita dapat membuat konten seperti :

Dengan konten tersebut, memungkinkan audiens saling berinteraksi. Sehingga akan menciptakan komunikasi dua arah yang baik.

Baca Juga :

4. Dapat Dilakukan untuk Cross Promotion

Saat ini, antara media sosial yang satu dengan lainnya dapat terhubung dengan mudah. Konten pada satu media sosial dapat dibagikan dengan mudah ke yang lain.

Sehingga apabila Anda mengupload konten di IGTV, juga dapat dilakukan Cross Promotion, dengan cara membagikannya juga ke YouTube, Facebook, WhatsApp dan sebagainya dengan sekali klik.

Tips IGTV Untuk Marketing Agar Efektif

Tips membuat IGTV agar efektif

Agar suatu kegiatan berjalan efektif, maka perlu diketahui strategi ataupun tips yang dapat dilakukan. Berikut adalah tips membuat IGTV untuk marketing agar berjalan efektif.

1. Buat Cover dan Judul yang Menarik

Dalam melihat suatu konten, umumnya audiens akan melihat dahulu bagaimana cover dan judul konten tersebut. Disini, cover berfungsi sebagai thumbnail, yaitu bagian pertama yang akan audience lihat.

Cover yang menarik merupakan bagian dari strategi promosi dan bisa berupa gambaran besar apa yang ingin dipromosikan. Sedangkan judul yang menarik adalah judul yang singkat, padat dan jelas.

2. Gunakan Hashtag Pada Caption

Hashtag berfungsi untuk mengelompokkan konten-konten yang sejenis. Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan hashtag untuk strategi marketing.

Hal ini karena hashtag juga dapat menunjukkan tingkat popularitas topik yang dicari pengguna.

Tak hanya itu. Menggunakan minimal satu hashtag dapat meningkatkan insight hingga 12,6%. Coba bayangkan jika suatu konten menggunakan berbagai macam hashtag, akan semakin banyak meningkatkan insight, bukan?

3. Balas Semua Komentar yang Masuk

Untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan, sudah seharusnya sebagai penjual, rajin-rajin melakukan pengecekan pada komentar yang masuk. Tanggapi dengan sebaik mungkin komentar-komentar tersebut.

Membalas semua komentar juga akan meningkatkan kepercayaan, keloyalan, dan hubungan yang baik dengan pelanggan.

4. Konsisten dalam Mengupload Iklan

Saat melakukan kegiatan apapun, konsistensi adalah kunci. Begitu pula dalam melakukan promosi produk melalui IGTV. Buatlah jadwal upload konten secara teratur. Dan taati jadwal yang telah dibuat tersebut.

Inkonsistensi dalam mengupload konten pada instagram, dapat membuat insight pada profile semakin berkurang sehingga dapat mengakibatkan pelanggan juga lupa bahkan tidak mau membeli produk perusahaan.

Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa IGTV dalam marketing merupakan ilmu yang wajib dikuasai baik bagi pebisnis baru maupun pebisnis profesional sekalipun.

Melalui IGTV perusahaan dapat menaikan citra, menaikan penjualan dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Di sisi lain, kamu juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :