Panduan Optimasi Local SEO untuk Optimalkan Bisnis

local-seo

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, tentunya local SEO menjadi salah satu istilah yang tidak asing lagi di telinga. Sebab, ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan bisnis dengan memaksimalkan search engine optimization (SEO). Tujuannya adalah agar bisnis lebih mudah ditemukan, terutama di area sekitar atau lokal.

Namun, sayangnya tidak semua pelaku bisnis mengoptimalkan trik yang satu ini untuk memaksimalkan strategi pemasaran. Padahal, optimasi local SEO terbukti dapat mendorong proses branding bisnis, bahkan secara tak langsung menjadi salah satu marketing campaign (kampanye pemasaran) yang cukup efektif.

Terutama di era transformasi digital atau digitalisasi bisnis seperti sekarang. Di mana mayoritas pelaku bisnis memanfaatkan internet maupun media sosial sebagai saluran pemasaran/promosi guna menarik lebih banyak lead atau calon pelanggan. Begitu pula dengan mayoritas pelanggan yang lebih suka mencari informasi seputar produk atau jasa yang mereka butuhkan melalui internet.

Maka dari itu, mengoptimasi local SEO menjadi langkah jitu untuk meningkatkan brand awareness dan visibilitas bisnis Anda di mata prospek. Terutama di area sekitar. Hasilnya, peluang untuk mengakuisisi pelanggan di area lokal bahkan mendapatkan pelanggan setia pun akan semakin terbuka lebar. Lantas, bagaimana cara mengoptimasinya?

Melalui artikel inMarketing berikut ini, simak panduan lengkap optimasi local SEO untuk mengoptimalkan bisnis Anda dan menjaring lebih banyak lead di area sekitar!

Apa Itu Local SEO?

Melansir dari Semrushlocal SEO adalah upaya optimasi search engine optimization (SEO) untuk bisnis, sehingga bisnis bisa mendapatkan peringkat tertinggi dalam pencarian lokal di SERP (search engine result page).

Selayaknya fungsi struktur SEO website, pencarian SEO lokal ini juga bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di kalangan lead atau calon pelanggan. Sebab sebagai user, seseorang cenderung lebih suka untuk mencari sesuatu di Google, baik itu produk maupun jasa.

Misalnya, seorang user ingin mencari restoran terdekat melalui Google. Maka Google pun secara otomatis akan menampilkan restoran apa saja yang lokasinya berada di dekat user tersebut. Inilah sebabnya, Anda perlu memaksimalkan SEO lokal sebagai lead magnet untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan.

digital marketing agency

Begitu pula dengan pencarian jasa yang terkadang membutuhkan lokasi spesifik. Misalnya, seorang user sedang mencari jasa reparasi tas di area Surabaya. Maka, bisa jadi ia akan memasukkan kata kunci atau keyword “Jasa reparasi tas Surabaya”. Dengan demikian, trik optimasi SEO lokal ini akan sangat efektif untuk memaksimalkan bisnis Anda di internet.

Baca Juga :

Kenapa Harus Mengoptimasi Local SEO?

Sebagaimana pemaparan di atas, optimasi SEO lokal menjadi salah satu strategi bisnis yang akan sangat menguntungkan. Terutama untuk menjaring pelanggan di area sekitar. Bahkan, menurut data dari Search Engine Journal, 50% orang melakukan penelusuran lokal untuk mencari alamat bisnis terdekat.

Bukan hanya itu saja. Sekitar 78% pencarian lokal terbukti memengaruhi keputusan pembelian atau consumer decision making secara offline. Artinya, secara tak langsung optimasi SEO lokal ini menjadi salah satu faktor kunci yang akan mendorong pengembangan bisnis Anda di area sekitar.

Bayangkan saja. Apabila Anda tidak memaksimalkan SEO lokal, maka user tentunya akan kesulitan untuk menemukan bisnis Anda. Akibatnya, pertumbuhan bisnis pun akan terhambat.

Selain itu, manfaat lain yang akan bisnis dapatkan dengan mengoptimasi SEO lokal antara lain :

Panduan Optimasi Local SEO

panduan local seo

Setelah mengetahui pentingnya optimasi local SEO untuk bisnis, lantas bagaimana cara penerapannya? Simak panduannya di bawah ini:

1. Mengoptimalkan Google My Business

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengoptimalkan Google My Business atau Google Business Profile. Sebab, jika ingin bisnis Anda “terlihat” secara online, maka pastikan Anda mendaftarkannya di Google My Business. Dengan begitu, bisnis Anda dapat terdeteksi oleh halaman pencarian dan Google Maps.

Untuk mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, bukan Google My Business lalu daftarkan bisnis Anda. Kemudian lengkapi profil bisnis dengan mengisi sejumlah informasi seperti nama, kategori, produk, logo, dan lain sebagainya.

Profil inilah yang nantinya akan Google tampilkan ketika user mencarinya. Agar lebih optimal, cantumkan website Anda di Google My Business.

Baca Juga :

2. Pastikan Website Anda Mobile-Friendly

Tak bisa kita pungkiri bahwa dewasa ini mayoritas orang lebih senang menggunakan perangkat seluler untuk melakukan pencarian. Maka dari itu, pastikan website Anda mobile friendly atau ramah digunakan oleh pengguna seluler.

Melansir dari thenextscoop, ada lebih dari 3,8 miliar pengguna perangkat seluler di seluruh dunia pada tahun 2021. Dari jumlah tersebut, 61% orang lebih suka mencari bisnis dan produk melalui perangkat seluler.

Selain itu, ada lebih dari 85% orang yang berekspektasi bahwa situs website mobile perusahaan harus sebagus situs website desktop. Data tersebut tentu menunjukkan betapa pentingnya website yang mobile friendly.

Untuk mengecek apakah website Anda sudah ramah digunakan oleh pengguna perangkat seluler atau belum, Anda bisa menggunakan tool seperti Google Mobile-Friendly. Melalui tool tersebut, Anda akan mendapatkan insights tentang apa saja yang perlu diperbaiki jika website Anda belum ramah untuk pengguna perangkat seluler.

3. Membuat Konten Lokal

Content marketing memang menjadi salah satu jenis strategi pemasaran yang memberikan dampak signifikan bagi bisnis. Termasuk konten lokal yang turut memberikan pengaruh besar untuk optimasi local SEO. Konten lokal sendiri adalah konten-konten konten seputar kota atau area di mana Anda menjalankan bisnis saat ini.

Contohnya Anda memiliki niche bisnis di bidang travelling yang beroperasi di Surabaya. Maka Anda bisa membuat konten lokal mengenai kota tersebut, misalnya rekomendasi makanan-makanan enak di Surabaya, lokasi wisata yang menarik dan terkenal, dan lain sebagainya. Hubspot menyebut bahwa kontel lokal ini akan membantu memudahkan proses segmentasi pelanggan. Terutama yang berada di area lokal.

Demikian adalah panduan optimasi local SEO yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan bisnis. Pada intinya, ini adalah jenis SEO yang akan sangat berpengaruh untuk mengembangkan bisnis. Terutama di era digital sebagaimana sekarang.

Selain mengoptimalkan SEO lokal, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

 

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.