Manfaat dan Tahapan Analisis Kompetitor

analisis kompetitor

Penting bagi pemilik bisnis untuk selalu belajar menemukan cara Analisis kompetitor guna mempertahankan atau meningkatkan posisi anda di dalam pasar.

Analisis kompetitor memungkinkan pemilik bisnis untuk melihat siapa yang menjadi kompetitor anda, serta membantu anda untuk menyusun strategi yang efektif sehingga mampu meningkatkan posisi bisnis anda di pasar.

Mengenal Lebih Dekat Analisis Kompetitor

Analisis Kompetitor adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari. Sebelum memahami lebih lanjut mengenai langkah-langkah bagaimana melakukannya, penting untuk mengetahui konsep dasar dari analisis kompetitor itu sendiri.

Pengertian Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor memiliki acuan tentang bagaimana kita menilai keunggulan dari pesaing bisnis.
Analisis jenis ini akan membantu menentukan bagaimana bisnis milik pesaing anda dibandingkan dengan bisnis milik anda sendiri.

Jadi kita harus memperoleh informasi lebih dalam tentang pesaing bisnis. Sehingga perusahaan bisa meningkatkan perkembangan bisnis dengan lebih baik dari pesaing. Sumber informasi menjadi salah satu kunci utama keberhasilan analisis kompetitor.

Tujuan Analisis Kompetitor

Tujuan utama dari analisis kompetitor adalah meningkatkan nilai perusahaan milik anda, dengan menjadikannya lebih unggul dari perusahaan milik kompetitor. Untuk mencapai hal tersebut, anda dituntut berhasil mengidentifikasi pesaing terkuat anda sendiri.

Membaca strategi perusahaan pesaing menjadi penting. Ketika strategi perusahaan kompetitor diketahui, maka antisipasi terhadap strategi tersebut menjadi penting. Lebih jauh, harus dilakukan antisipasi reaksi mereka terhadap apa yang akan kita lakukan.

Baca Juga:

Waktu Terbaik Menggunakan Analisis Kompetitor

analisis kompetitor
Analisis kompetitor dapat dilakukan kapan saja, ketika anda sudah memiliki bisnis, ataupun anda baru sekedar melakukan penjajakan bisnis yang ingin anda pilih kedepannya. Tetapi ada 3 waktu terbaik melakukan analisis kompetitor, yaitu:

1. Saat Akan atau Baru Memulai Bisnis

Analisis kompetitor dapat anda lakukan sebagai pertimbangan jenis bisnis yang ingin anda kerjakan. Dengan melakukan Analisis Kompetitor akan terlihat bagaimana peluang keberhasilan yang masih tersisa, melihat dari kualitas dan kuantitas kompetitor.

Ketika sudah anda putuskan suatu bisnis yang anda ingin kerjakan, analisis kompetitor tetap menjadi penting dilakukan. Hal tersebut agar anda memiliki bekal ilmu, bagaimana mengisi celah-celah atau merebut sebagian pasar yang belum dikuasai kompetitor anda.

2. Saat Perusahaan Menemui Hambatan

Penurunan nilai perusahaan salah satunya dapat terjadi karena meningkatnya kualitas dan kuantitas perusahaan kompetitor. Ketika perusahaan anda mulai menemui hambatan, seperti penjualan yang turun, maka analisis kompetitor menjadi penting.

Apabila terbukti bahwa penurunan kinerja perusahaan anda diakibatkan oleh larinya konsumen anda terhadap merek milik kompetitor, maka analisis kompetitor harus dilakukan guna mengidentifikasi kelemahan diri dan segera memperbaikinya.

3. Ketika Ingin Melakukan Peningkatan Kinerja Perusahaan

Ketika anda merasa bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi peningkatan kinerja perusahaan anda, maka analisis kompetitor dapat membantu anda. Peningkatan kualitas dibanding perusahaan kompetitor sangat penting dilakukan.

Pengetahuan mengenai kelemahan dan kelebihan dari perusahaan sendiri dan juga perusahaan kompetitor, lalu merancang strategi untuk bisa unggul dari perusahaan kompetitor akan membuat anda menjadi pemimpin di pasar.

Manfaat Analisis Kompetitor

Berikut adalah manfaat yang akan anda dapatkan dengan melakukan analisis kompetitor bagi perusahaan anda.

1. Memiliki Strategi Pemasaran yang Lebih Baik

Ketika berhasil memahami siapa pesaing anda di produk yang sama dan sejauh mana kekuatan mereka, anda lebih siap menggunakan informasi untuk keuntungan. Analisis menyeluruh membantu anda membangun strategi pemasaran bisnis secara lebih efektif.

Strategi pemasaran yang solid akan mampu meningkatkan keuntungan dan membantu perusahaan mencapai tujuan keuangan atau kinerja yang diharapkan.

2. Memanfaatkan Kelemahan Kompetitor

Ketika berhasil memahami kelemahan pesaing, anda dapat menggunakannya sebagai keuntungan.
Misalnya mereka tidak memiliki sumber daya tertentu dan bisnis Anda memilikinya. Maka bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Membantu Mengambil Keputusan yang Tepat

Baik anda yang saat ini sedang merencanakan masa depan atau membuat keputusan untuk kondisi saat ini, menggunakan analisis kompetitor dapat membantu dalam membuat keputusan dan investasi yang lebih strategis sehingga menguntungkan bisnis.

4. Membantu Identifikasi Peluang yang Tersedia

Analisis kompetitor akan mengidentifikasi produk atau layanan yang diinginkan pelanggan tetapi belum tersedia. Ketika mengambil peluang yang belum terlayani, akan memberi kesempatan anda menemukan solusi dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan menemukan peluang baru di pasar, maka anda akan menjadi yang pertama dan orisinil. Hal tersebut memungkinkan anda mendapat banyak pelanggan dan keuntungan untuk didapatkan.

Baca Juga:

Tahapan Analisis Kompetitor

analisis kompetitor
Dalam melakukan analisis pesaing yang menyeluruh, anda dituntut untuk lebih siap meningkatkan bisnis. Untuk membuat analisis yang menyeluruh sehingga mendapat manfaat yang maksimal, sertakan informasi berikut:

1. Identifikasi Kompetitor

Anda membutuhkan profil kompetitor di bisnis yang sama. Setelah itu mencatat seluruh perusahaan yang menawarkan produk/layanan yang sama dengan bisnis Anda.

Seleksi perusahaan mana yang menjadi pesaing terberat bisnis Anda. Seleksi juga pesaing potensial dan perusahaan rintisan yang ada di pasar dengan bisnis yang sama.

Anda bisa melakukannya dengan riset langsung di pasar, bertanya pada pelanggan anda, menjelajahi internet dengan kata kunci produk barang atau jasa yang sama.

2. Informasi Pesaing

Setelah berhasil menetapkan siapa saja yang menjadi pesaing, mengumpulkan informasi mereka menjadi langkah penting berikutnya. Pastikan hal-hal berikut ini anda catat dan kumpulkan:

Produk dan layanan

Lakukan identifikasi produk dan layanan yang ditawarkan oleh masing-masing pesaing anda di pasar. Lihat lebih mendalam kelebihan dan kekurangan dari produk mereka. Keduanya membantu anda menciptakan produk lebih baik.

Harga

Kumpulkan informasi banyak biaya produk dan layanan pesaing anda. Jika anda mampu menawarkan harga yang lebih murah untuk produk anda, meskipun mendapat margin keuntungan kecil, tetapi meningkatkan volume penjualan secara drastic.

Keuangan

Informasi mengenai laporan pendapatan mereka menjadi penting untuk diketahui. Hal ini akan memberi anda informasi mengenai kekuatan finansial kompetitor anda dalam bertahan di pasar dengan harga murah dan menyewa iklan contohnya.

Hak milik intelektual

Cari informasi lengkap tentang hak paten, hak cipta atau merek dagang dari pesaing. Ini merupakan informasi penting, yang digunakan untuk antisipasi produk di masa depan. Terutama untuk produk yang belum mereka akui hak intelektual secara resmi.

Usaha pemasaran

Mengenali lebih dalam kegiatan promosi dan iklan dari pesaing, baik di sosial media, maupun secara fisik, akan memberi anda pengetahuan lebih untuk menentukan apakah akan meniru cara tersebut apabila efektif, atau tidak.

Kesadaran merek

Mencari tahu lebih dalam, seberapa besar dan dalam target pasar anda mengenal merek produk pesaing daripada produk anda sendiri. Ciptakan strategi untuk meningkatkan kesadaran merek anda terhadap target pasar anda sendiri.

Lokasi dan distribusi

Memetakan wilayah yang menjadi target pasar pesaing menjadi penting. Fokuskan produk anda terhadap wilayah yang masih sepi dari produk pesaing anda, sehingga persentase keberhasilan menguasai pasar tinggi.

Tujuan

Lakukan identifikasi tujuan pesaing anda guna memprediksi tindakan-tindakan mereka di masa mendatang. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan anda untuk melakukan langkah-langkah antisipasi kedepannya.

Struktur Organisasi

Berfungsi untuk melihat pesaing menentukan fungsi manakah yang paling mereka utamakan. Misal apabila lebih menghargai kepala divisi IT dibanding kepala cabang, artinya mereka menyiapkan sistem digital lebih baik kedepannya.

Sumber daya dan kemampuan

Berkaitan dengan apa yang pesaing anda mampu lakukan dalam merespon secara efektif. Misal cadangan kas mereka rendah, artinya kita tahu bahwa mereka tidak dapat meniru promo secara besar yang mungkin anda lakukan.

Evaluasi Strategi

Terakhir adalah penilaian menyeluruh dari strategi pesaing anda. Identifikasi kelebihan, dan kelemahan mereka yang mampu menjadi ancaman atau peluang bagi anda. Identifikasi juga mengenai pola perilaku mereka selama ini.

Demikian pembahasan mengenai Analisis Kompetitor. Strategi ini sangat berguna untuk mengetahui posisi anda di pasar, dan bagaimana meningkatkan posisi tersebut. Tertarik mencoba strategi tersebut?

Untuk menerapkan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: