Memahami Manfaat Penerapan Data Science untuk Bisnis di Era Marketing 5.0

manfaat data science

Bertambahnya zaman berbanding lurus dengan kecanggihan perkembangan teknologi di berbagai sektor industri maupun niche bisnis. Terbukti, saat ini mayoritas perusahaan telah menggunakan data science sebagai elemen penting dalam pengambilan keputusan (decision making). Sebab, manfaat data science dalam membantu dan memudahkan proses bisnis memang sangatlah beragam.

Hal ini karena di era marketing 5.0 seperti sekarang, mayoritas perusahaan telah melakukan transformasi digital (digitalisasi bisnis). Artinya, perusahaan-perusahaan tersebut menjadikan analisis data sebagai acuan dalam proses pengambilan keputusan. Semakin lama, data yang mereka miliki pun akan semakin bertambah besar atau sering kita sebut sebagai big data.

Pengolahan data dalam jumlah besar inilah yang membuat perusahaan memerlukan data science guna membantu memudahkan komputasinya. Karena data science menggabungkan Artificial Intelligence (AI) dan machine learning dalam prosesnya, sehingga bisa menghasilkan analisis big data yang lebih cepat dan akurat.

Dengan hasil data analytics yang lebih akurat, maka hal tersebut akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan target bisnis. Yakni mendapatkan revenue dan rasio keuntungan (profit) sebanyak-banyaknya, meminimalisir risiko (risk management), serta mengalami pertumbuhan bisnis yang pesat untuk mendukung kelangsungan bisnis (business continuity) di masa depan.

Hal ini karena data science akan sangat bermanfaat dalam mendukung pengambilan keputusan bisnis yang tepat berdasarkan data. Sehingga setiap aspek dalam business process pun akan semakin terarah dan terstruktur. Misalnya marketing operation yang lebih efektif, sales process yang maksimal, product development yang lebih optimal, pelayanan pelanggan dan CSR yang lebih baik, hingga tercapainya TQM (Total Quality Management) dalam perusahaan.

Manfaat Data Science untuk Bisnis

Perkembangan marketing technology di era Marketing 5.0 ini memang mau tak mau membuat perusahaan harus bisa beradaptasi. Sebagaimana konsep awalnya, Marketing 5.0 sendiri memang bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi dan SDM agar tercipta kesetaraan. Artinya, manusia harus mampu mengoperasikan teknologi secara tepat guna mendukung kesuksesan bisnis.

Inilah sebabnya, perusahaan juga memerlukan data science untuk memaksimalkan kinerja dan performa bisnis.

Data science berguna untuk melakukan pengolahan, penyimpanan, memproses data, menganalisisnya, hingga memvisualisasikannya (data visualization) sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan data science pula, perusahaan tidak perlu membuang banyak waktu untuk menganalisis big data.

digital marketing agency

Hasil data science ini akan memberikan pengaruh besar pada keputusan bisnis yang akan perusahaan jalankan selanjutnya. Misalnya untuk menentukan strategi marketing campaign dan strategi promosi yang lebih efektif, memprediksi (melakukan forecast bisnis) berdasarkan data yang perusahaan miliki, hingga menentukan strategi business development terbaik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat penerapan data science dalam bisnis yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga:

1. Hasil Analisis Lebih Akurat

Manfaat dari pengolahan data tentunya adalah untuk dapat menghasilkan analisis yang lebih akurat dan berguna untuk perusahaan. Apabila memanfaatkan hasil analisis data tersebut dengan benar, maka perusahaan bisa menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan market orientation.

Namun, mengolah data dalam jumlah yang besar tentunya bukanlah perkara sederhana. Maka dari itu, butuh adanya kemampuan komputasi dan analisis untuk mengatasinya. Di sinilah data science berperan untuk memudahkan proses data management dan menentukan seberapa akurat hasil analisis dari data tersebut guna membantu pengambilan keputusan.

2. Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Manfaat data science yang satu ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Di mana, penerapannya dapat membantu perusahaan untuk lebih menghemat waktu dalam proses pengolahan big data. Dengan begitu, efisiensi business process management pun juga akan tercapai.

Bukan hanya dari segi waktu saja. Perusahaan juga bisa menghasilkan efisiensi dalam sistem dan proses produksi, kinerja karyawan, hingga meminimalisir total biaya produksi (cost of goods) dan sumber daya. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk meningkatkan penjualan (sales growth) dan keuntungan perusahaan.

3. Membantu Memahami Customer dengan Lebih Baik

manfaat data science untuk bisnis

Penerapan data science juga akan sangat membantu perusahaan untuk memahami segmen pasar dan customer dengan lebih baik. Sebab perusahaan bisa mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan target pasar berdasarkan customer data yang mereka miliki.

Dari informasi-informasi tersebut, perusahaan akan mendapatkan insights atau pengetahuan tentang kebutuhan pelanggan, customer pain point, consumer behavior (perilaku pelanggan), sentimen, dan lain sebagainya yang berguna untuk menentukan market temperature. Selain itu, informasi ini juga dapat menjadi modal penting agar perusahaan bisa menciptakan customer experience maupun user experience yang lebih efektif.

Sehingga secara sederhana, melalui pemanfaatan data science ini maka perusahaan bisa melakukan market analysis yang lebih akurat untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan tepat sasaran.

Baca Juga:

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)

Dengan pemahaman yang baik, maka tentunya Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction), bukan?

Poin yang satu ini berkaitan dengan manfaat data science sebelumnya. Apabila benar-benar memahami permintaan (demand) dan kebutuhan pelanggan, maka perusahaan pun juga bisa menciptakan kualitas produk atau layanan sesuai keinginan mereka. Hasilnya, pelanggan pun akan merasa puas dengan produk/layanan dari perusahaan.

Perlu Anda ketahui bahwa kepuasan pelanggan menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan bisnis. Sebab pelanggan yang merasa puas dengan kualitas suatu brand (brand value), cenderung tak akan segan untuk melakukan repurchase (repeat purchase). Hasilnya, brand loyalty dan customer loyalty akan terbentuk secara organik.

Dengan terbentuknya loyalitas inilah, maka peluang perusahaan untuk meningkatkan angka retensi (customer retention), hingga lead conversion akan turut naik secara signifikan. Efeknya, perusahaan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan mengakuisisi lebih banyak pelanggan maupun sales lead.

5. Meminimalisir Risiko

Tidak ada perusahaan yang ingin mengalami risiko kerugian (pure risk) saat menjalankan bisnisnya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan data science untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut.

Sebab data science dapat mengidentifikasi data, mengolah, dan menganalisisnya berdasarkan pola tertentu. Apabila data tidak sesuai, maka data scientist bisa mengeliminasi atau mengevaluasinya. Contohnya adalah dalam sektor keuangan atau financial perusahaan, di mana sering ditemukan adanya kecurangan dan manipulasi data (data manipulation) yang menyebabkan kerugian.

6. Menciptakan Produk Berkualitas dan Relevan

Manfaat lain dari data science adalah perusahaan dapat menciptakan atau mengembangkan produk yang berkualitas dan relevan. Melalui data dari market research, perusahaan bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Contohnya adalah dengan memahami tren pasar, perusahaan bisa mengembangkan produk yang sedang viral dan digemari banyak orang. Misalnya produksi hand sanitizer yang meningkat drastis saat pandemi melanda.

Selain itu, data science juga dapat membantu perusahaan untuk menganalisis product positioning dengan melakukan analisis kompetitor (competitive analysis). Sehingga, perusahaan bisa mengetahui kelemahan dan keunggulan dari produk milik pesaing. Dengan hal ini pula, perusahaan akan lebih waspada dalam menghadapi ancaman pendatang baru di pasar.

Itulah ulasan mengenai berbagai macam manfaat data science dalam dunia bisnis. Tentunya penerapan data science akan sangat membantu perusahaan untuk lebih berkembang dan maju di era pertumbuhan teknologi seperti saat ini. Hal ini terbukti dengan melonjaknya kebutuhan profesi data analyst maupun data scientist untuk membantu proses pengolahan data perusahaan.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.