Manfaat Strategi Proactive Customer Service

strategi proactive customer service

Istilah Strategi Proactive Customer Service pasti sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Strategi ini harus Kita lakukan jika ingin meningkatkan level kepuasan para pelanggan atau customer satisfaction score.

Strategi layanan pelanggan yang proaktif terbukti mampu membuat pelanggan lebih merasa puas dan nyaman. Tak heran, banyak perusahaan yang berinisiatif untuk meningkatkan layanan customer service mereka.

Definisi Strategi Proactive Customer Service

Strategi Proactive Customer Service adalah strategi untuk memberikan pendekatan terlebih dahulu kepada pelanggan sebelum mereka meminta bantuan. Artinya, perusahaan harus bertindak secara proaktif untuk memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah setiap pelanggan.

Dengan strategi proaktif ini, perusahaan bisa menawarkan produk yang sedang diminati oleh pelanggan, mengidentifikasi masalah yang sering terjadi, atau juga bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Dengan bertindak proaktif, perusahaan bisa menyediakan customer experience yang efektif, yakni pengalaman yang mengesankan untuk para pelanggan.

Selain itu, perusahaan juga bisa mengambil langkah antisipasi untuk masalah yang sering dialami oleh pelanggan. Pelaku usaha harus mampu menawarkan solusi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Hal utama yang harus Anda pegang teguh sebagai pelaku usaha adalah memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan. Salah satu strategi untuk mewujudkannya adalah melalui Proactive Customer Service.

Strategi ini bisa menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan sehingga mereka akan bertambah loyal. Oleh karena itu, perusahaan harus siap untuk memberikan semua layanan terbaiknya agar konsumen tidak berpaling.

digital marketing agency

Cara Menerapkan Strategi Proactive Customer Service

Meskipun customer service yang proaktif bukanlah strategi yang mudah untuk dilakukan, namun setiap perusahaan harus berupaya untuk mewujudkannya. Strategi ini memang membutuhkan banyak tenaga kerja dan juga biaya yang besar.

Namun, ada banyak perusahaan yang berhasil menyediakan layanan pelanggan yang proaktif. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengimplementasikan Strategi Proactive Customer Service.

Melakukan Survei

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk menjalankan Proactive Customer Service adalah dengan cara melakukan survey pelanggan. Perusahaan bisa mengirimkan survey ke setiap pelanggan.

Sebab, kita tidak bisa mengetahui keinginan pelanggan dengan asumsi saja. Oleh karena itu, Kita perlu mengadakan sebuah survey kepada pelanggan. Tujuannya untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan.

Survei ini juga berguna untuk menjaring informasi yang akurat dari pelanggan dan mengelola customer data tersebut untuk mempersiapkan strategi business development.

Misalnya, perusahaan bisa memberikan survey dengan pertanyaan “Aspek apa yang harus kami tingkatkan untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih baik?”

Baca Juga :

Mengirim newsletter

Cara kedua yang bisa Kita lakukan untuk menjalankan strategi customer service yang proaktif adalah dengan mengirimkan email berupa newsletter.

Email newsletter ini bisa berisi berita terbaru tentang perusahaan, event marketing yang akan diadakan, pengenalan produk baru, rencana product launch, promo atau diskon produk, dll.

Melalui newsletter ini, perusahaan bisa memberikan penawaran serta solusi bagi kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang membaca newsletter tersebut kemungkinan besar akan tertarik dengan strategi promosi atau acara yang ditawarkan.

Memantau aktivitas pelanggan di medsos

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan social media monitoring. Perusahaan harus bisa memantau aktivitas pelanggan di media sosial. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak kehilangan peluang untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan.

Cara untuk melakukan riset pasar di media sosial adalah dengan menganalisa hashtag dan keyword yang berhubungan dengan perusahaan. Melalui langkah ini, bukan hal yang mustahil apabila nantinya Anda juga akan mendapatkan user generated content (UGC) yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan branding bisnis.

Manfaat Strategi Proactive Customer Service

manfaat strategi proactive customer service

Layanan pelanggan yang proaktif memiliki manfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Lantas, adakah manfaat lain dari strategi layanan pelanggan ini? Berikut adalah uraian lengkap tentang manfaat Strategi Proactive Customer Service.

Menjalin koneksi dengan pelanggan

Suatu website biasanya dilengkapi dengan pesan pop up yang berisi kotak chat customer service untuk membantu pengunjung website tersebut. Ini merupakan salah satu contoh dari strategi layanan pelanggan yang proaktif.

Manfaat dari pesan pop-up tersebut adalah untuk menjalin koneksi di awal dengan leads. Nantinya, leads yang mungkin mengalami kesulitan dalam mengakses dan menavigasi website anda pasti akan merasa sangat terbantu.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan yang bisa menjadi pelanggan potensial.

Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Kepercayaan pelanggan adalah hal yang harus kita pertahankan dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menunjukkan kredibilitasnya.

Dengan begitu, pelanggan akan setia dengan kualitas produk atau jasa yang anda tawarkan. Mereka tidak akan beralih ke kompetitor bisnis anda. Hal ini disebut juga sebagai brand loyalty.

Semua pelanggan pasti menginginkan layanan yang mudah, cepat, dan memuaskan. Mereka pasti akan merasa jengkel jika tidak segera mendapatkan tanggapan dari perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus berupaya untuk menawarkan layanan pelanggan yang proaktif.

Mengumpulkan data

Manfaat lain dari Strategi Proactive Customer Service adalah perusahaan mampu mengumpulkan data dengan efektif. Data yang telah terkumpul bisa dianalisis untuk mengetahui minat pelanggan.

Hal ini tentu sangat berguna untuk menentukan target pasar dan berpengaruh pada kemajuan perusahaan.

Baca Juga :

Meningkatkan Loyalitas

Inilah tujuan utama dari strategi layanan pelanggan yang proaktif. Perusahaan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Saat pelanggan percaya dengan perusahaan anda, mereka pasti akan kembali disaat mereka membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Mereka akan menjadi pelanggan setia yang bersedia untuk membeli apapun yang anda tawarkan (customer loyalty).

Mengurangi permintaan dukungan pelanggan

Ketika Anda menerapkan strategi customer service yang proaktif, maka permintaan dukungan pelanggan akan jauh berkurang. Hal ini karena pelanggan telah mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Pelanggan tidak perlu lagi bertanya atau mengeluhkan masalah mereka ke customer service. Dengan pelanggan yang merasa puas dan tidak komplain, ini pun bisa menjadi salah satu indikator keberhasilan customer service.

Langkah untuk Memberi Layanan Proaktif

Setelah memahami apa itu proactive customer service dan juga manfaatnya. Anda perlu melakukan langkah nyata untuk memberikan layanan proaktif bagi pelanggan anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menerapkan strategi customer service yang proaktif. Lakukan langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah setiap pelanggan. Inilah langkah mudah untuk menerapkan layanan proaktif.

Perkuat basis pengetahuan 

Pastikan anda bisa menguasai semua aspek dalam perusahaan. Sehingga jika ada pelanggan yang bertanya, anda mampu memberikan penjelasan yang memuaskan.

Langkah mudah untuk menerapkan strategi ini adalah dengan membuat konten FAQ di blog perusahaan anda. Sehingga pelanggan akan dengan mudah menemukan informasi yang ingin mereka tanyakan.

Saat informasi yang dibutuhkan bisa diakses dengan mudah, mereka tidak perlu lagi menghubungi customer service.

Umumkan Kesalahan atau Masalah dengan cepat

Saat terjadi suatu masalah di sistem, pastikan anda segera mengumumkannya. Anda tidak perlu menunggu adanya komplain dari pelanggan.

Pastikan anda bereaksi pertama kali saat masalah terjadi. Dan jangan lupa untuk segera menemukan solusi dari masalah tersebut sebelum pelanggan merasa kecewa, atau Anda justru akan menghadapi client yang marah.

Anda bisa memanfaatkan situs web maupun akun media sosial perusahaan untuk mengumumkan terjadinya gangguan atau masalah. Hal ini juga efektif untuk mempertahankan kredibilitas perusahaan.

Itulah ulasan lengkap mengenai Strategi Proactive Customer Service. Anda bisa meninggalkan strategi reactive customer service dan beralih menjadi proaktif. Hal ini terbukti mampu meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan anda.

Selain menerapkan strategi ini, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.