Manfaat Youtube Shorts Untuk Marketing

manfaat youtube shorts

Youtube Shorts secara resmi diluncurkan di seluruh dunia pada bulan Juli. Banyak bisnis pasti sudah menyadari potensi fitur ini untuk pemasaran sebuah bisnis. Banyak orang mengira Youtube Shorts akan menjadi pesaing berat bagi Instagram Reels dan TikTok. Lalu apakah kita bisa memanfaatkan Youtube Shorts untuk marketing dengan lebih efektif daripada Instagram Reels dan TikTok?

Apa itu Youtube Shorts?

Jika Anda sudah familiar dengan aplikasi TikTok atau Instagram Reels. Secara sederhana bahwa Youtube Shorts adalah versi duplikat dari keduanya yang bisa kita gunakan di Youtube.

Tetapi jika definisi Youtube Shorts lebih jelas adalah video pendek berdurasi hingga 60 detik yang publish di platform Youtube, dan video ini memiliki nilai menghibur dan memberikan konten menarik lainya kepada pemirsa Youtube.

Youtube Shorts juga telah diprediksi oleh banyak orang akan menjadi pesaing berat dari aplikasi TikTok. Jadi jika Anda menggunakan fitur baru Youtube ini. Video yang muncul pada fitur ini terkadang tidak berasal dari channel yang Anda langgani. Jadi bisa kita bayangkan bahwa algoritma Youtube Shorts mencoba merekomendasikan video sesuai dengan minat pengguna.

Catatan: Saat ini hashtag #shorts menjadi hashtag utama untuk mencari video-video tersebut. Jika Anda seorang pembuat konten atau ingin menerapkan youtube short untuk marketing. Pastikan untuk menggunakan hashtag ini untuk video shorts yang diupload.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Membuat Video Youtube Shorts?

Pertama, ketika fitur Youtube Shorts ditambahkan oleh Youtube, Anda dapat melihat di bagian pembuatan Video ketika Anda menekan icon + pada bagian beranda aplikasi Youtube di ponsel bahwa ada fitur baru telah ditambahkan bernama Buat Video Shorts.

Dan kemudian setelah Anda menekan Buat Video Shorts aplikasi akan membawa Anda langsung ke Kamera ponsel. Sekarang Anda secara opsional dapat menggunakan Kamera Depan atau Belakang dengan mudah untuk membuat video shorts.

Dan ketika Anda menekan tombol rekam, aplikasi akan melakukan perekaman video selama 15 detik untuk Anda. Atau Anda dapat menggunakan fitur “Timer” untuk mengubah durasi waktu perekaman video dari sebelum video mulai merekam. Selain itu, fitur “Kecepatan” perekaman video juga dapat disesuaikan. Setelah selesai, Anda dapat menyesuaikan Filter untuk membuat warna video menjadi lebih baik dan menarik.

Dan yang paling penting, fitur Music. Inilah yang menentukan apakah video Anda akan menarik perhatian orang di Youtube atau tidak. Pastinya TikTokers dan atau Instagram Reels biasa sudah tidak asing lagi dengan fitur penambah music satu ini.

Setelah Anda melakukan semua yang Anda butuhkan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dengan menambahkan teks dan warna untuk mengedit video agar sesuai dengan yang Anda inginkan. Di sini Anda juga dapat menyesuaikan teks Anda untuk muncul pada interval yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan Musik dan Filter jika Anda tidak puas.

Setelah Anda selesai, langkah selanjutnya adalah:

  • Masukkan Judul Video dan Deskripsi Video Shorts Youtube Anda
  • Atur Apakah opsi Video untuk anak-anak?
  • Apakah Anda ingin video ditampilkan ke publik?
  • Semua di atas adalah pengetahuan dasar tentang cara membuat Youtube Shorts.

Manfaat Youtube Short Untuk Marketing

manfaat youtube shorts

Bahkan jika Anda tidak memanfaatkan Youtube untuk menghasilkan uang dari YouTube. Anda bisa memanfaatkannya untuk marketing produk atau layanan bisnis.

1. Ciptakan kesadaran merek Bisnis Anda

Tentu saja, setiap kampanye pemasaran ingin membawa kesadaran merek, dan begitu juga Youtube Shorts. Youtube Creators telah merilis metrik yang menunjukkan bahwa 6,5 ​​juta orang telah menonton Shorts di Youtube setiap hari sejak peluncuran globalnya.

Shorts berjanji untuk memberi Anda lebih banyak subscriber channel dan pasti meningkatkan kesadaran merek Anda di platform ini. Era video pendek menjadi raja menjadi sangat menarik sekarang. Youtube Shorts adalah platform yang harus Anda kembangkan secara paralel dengan TikTok, dan Instagram Reels.

Anda dapat memanfaatkan Shorts untuk memamerkan sampel produk Anda yang paling unik. Dan arahkan ke tautan video pengenalan produk berdurasi lebih panjang atau ke video marketing utama produk/layanan bisnis Anda.

Baca Juga:

2. Meningkatkan Total Tampilan Video Channel Youtube

Pertama dengan menggunakan Youtube short dapat meningkatkan tampilan video di Channel Youtube bisnis yang Anda miliki. Algoritma pencarian YouTube akan melihat jumlah video di sebuah Channel untuk menampilkannya di hasil pencarian dan beranda pengguna yang memiliki minat yang sama dengan video yang Anda upload.

Jadi semakin banyak video yang Anda miliki di Channel Youtube, semakin tinggi prioritas tampil di hasil pencarian dan halaman beranda youtube shorts berdasarkan minat dari penonton youtube.

Ketika kamu ingin menggunakan fitur youtube short sebagai media marketing yang baik, usahakan judul video shorts yang Anda buat mengandung kata kunci yang relevan dengan video dan terdapat kata kunci yang ingin Anda targetkan untuk marketing.

3. Meningkatkan Frekuensi Upload Video Baru

Kedua, dapat bermanfaat untuk meningkatkan frekuensi upload video baru. Saat Anda membuat video berdurasi panjang, biasanya butuh waktu 4 hari hingga 1 minggu untuk mengupload video baru tersebut karena proses pembuatan video dan editing yang membutuhkan waktu cukup lama.

Sehingga pastinya ada banyak sekali penonton yang bosan menunggu channel youtube Anda yang tidak upload video baru. Sebelum Anda dapat mengunggah video utama yang berdurasi panjang, Anda dapat mengunggah terlebih dahulu video pendek melalui Youtube short.

4. Untuk Melakukan Eksperimen

Dengan adanya konten video berdurasi pendek, Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan sebuah eksperimen konten marketing di Youtube. Jadi sebelum Anda membuat video berdurasi panjang, kamu bisa mengetestnya terlebih dahulu menggunakan video pendek shorts di youtube.

Apakah minat dari penonton dari video konten durasi pendek tersebut banyak atau tidak. Jika dari video pendek di shorts menarik minat penonton untuk melihat video selanjutnya, barulah Anda memproduksi video berdurasi panjangnya.

Jadi kesimpulanya dengan video shorts Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi apakah konten tersebut tepat sasaran atau tidak.

5. Memanfaatkan kembali Video TikTok dan Video Pendek Lainnya

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Youtube Shorts lahir untuk membantu Anda mendiversifikasi saluran komunikasi bisnis Anda. Jika Anda pernah memanfaatkan aplikasi video pendek seperti TikTok untuk membuat konten marketing, Anda dapat menggunakan kembali video tersebut di Shorts Youtube. Dengan hanya beberapa langkah pengeditan, video yang pernah publish ke TikTok bisa kompatibel dengan Shorts Youtube.

Namun, perlu diingat untuk menghapus watermark pada video yang diambil dari TikTok. Tidak ada platform yang ingin melihat pengguna memposting video dengan watermark dari platform pesaing. Jadi ingatlah untuk menyimpan video asli agar mudah digunakan kembali saat dibutuhkan.

Apakah Youtube Shorts Cocok Untuk Dijadikan Media Marketing?

Setelah kamu membaca tentang apa itu Youtube shorts dan manfaat youtube short untuk marketing. Untuk menjawab pertanyaan apakah youtube shorts cocok digunakan sebagai media marketing digital. Jawabannya Iya.

Seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa manfaat yang sangat jelas ketika kita memanfaatkan youtube short sebagai media marketing sebuah produk atau layanan. Apalagi jika dilihat dari perkembangan fitur shorts di Youtube ini semakin hari semakin menunjukan tren yang positif dari pengguna youtube.

Kita juga bisa melihat bagaimana aplikasi tiktok bisa sukses dengan aplikasi video pendeknya dan sekarang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan atau bisnis untuk dijadikan sebagai media marketing digital yang efektif.

Baca Juga:

Tentunya hal ini juga bisa terjadi di Youtube short, dengan respon positif dari pengguna Youtube. Saat ini tampilan harian dari fitur short ini sudah mencapai angka 6,5 milyar tampilan di Australia saat masa uji coba fitur ini berlangsung.

Jika Anda masih bimbang dalam mengoptimalkan merancang strategi marketing ini, Anda membutuhkan layanan digital agency yang dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan channel ini.

Beberapa strategi marketing lain yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.