Manfaat ZMOT (Zero Moment of Truth) dalam Strategi Marketing Beserta Contohnya

Manfaat ZMOT (Zero Moment of Truth) dalam Strategi Marketing Beserta Contohnya

Seiring dengan perkembangan tren perilaku pelanggan selama perjalanan pembelian produk atau layanan tertentu (customer journey), pengusaha modern saat ini berupaya menyesuaikan strategi pemasaran bisnisnya untuk mendukung segala proses pengambilan keputusan pembelian oleh pelanggannya. Terlebih, Google mengenalkan ZMOT atau Zero Moment of Truth pada tahun 2011 silam sebagai jawaban tantangan tersebut sekaligus kunci kesuksesan bisnis di era transformasi digital seperti sekarang.

Google meyakini bahwa konsep ini akan memengaruhi segala keputusan dan pengalaman belanja produk atau layanan oleh pelanggan (customer experience) secara online dalam strategi pencarian produk. Apalagi menurut survei pada 2019, 60% orang akan meriset terlebih dahulu barang atau layanan yang akan dibeli, baik secara online atau offline (tradisional).

Selain itu, 79% orang meyakini ulasan atau review orang lain (customer feedback) yang mereka baca di internet (Oberlo, 2021). Dengan demikian, pemilik bisnis berkesempatan merencanakan segala strategi bisnis (business plan) untuk meraih profitabilitas yang maksimal.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk Anda memahami lebih dalam apa itu Zero Moment of Truth. Serta menelusuri manfaatnya bagi pertumbuhan (business growth) dan pengelolaan proses bisnis (business process management).

Pengertian ZMOT (Zero Moment of Truth)

Zero Moment of Truth yang biasa disingkat ZMOT adalah segala proses pelanggan dalam mempelajari brand (brand awareness) dan mengambil keputusan pembelian produk dengan membandingkan ulasan-ulasan dari pembeli sebelumnya dan keberadaan product knowledge sebagai bagian dari customer journey.

Selain cara tersebut, ZMOT dapat diperoleh dari strategi paid ads, word of mouth, program afiliasi, promosi-promosi yang dilakukan sales force dan customer service, serta event marketing melalui saluran pemasaran offline (TV, radio, koran, majalah, brosur, dan poster).

Dengan kata lain, ZMOT akan bekerja ketika suatu produk mendapatkan testimoni dari pelanggan sebagai feedback setelah menggunakan produk atau layanan tersebut. Baik itu feedback positif (puas dengan produk atau customer satisfaction) atau feedback negatif.

Baca Juga:

digital marketing agency

Tujuan akhir dari proses tersebut adalah mengonversi pelanggan leads menjadi sales lead (lead conversion) yang aware dengan kualitas produk.

Di mana secara tak langsung hal tersebut memengaruhi keminatan (customer touchpoint) dan loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan produk brand. Serta peningkatan penjualan dan nilai kompetitif perusahaan besar atau bisnis UKM/UMKM dari berbagai niche industri sekalipun.

Manfaat ZMOT (Zero Moment of Truth)

Manfaat ZMOT (Zero Moment of Truth)

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa peran Zero Moment of Truth bermanfaat dalam:

1. Menjembatani Pelanggan dengan Brand

Di era digitalisasi bisnis seperti sekarang telah banyak mendukung upaya perusahaan dalam penerapan strategi ZMOT yang efektif dan mudah.

Sebab, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness hingga strategi marketing tanpa harus bertemu tatap muka dan berdialog langsung dengan calon pelanggan prospek (conversational marketing). Cukup dengan memanfaatkan konten blog atau micro content (content marketing), social media branding, hingga kampanye iklan yang menghasilkan klik atau konversi (PPC dan CPC).

Alhasil, brand perusahaan dapat dengan mudah menjalin komunikasi (brand communication) atau hubungan dengan calon pelanggan (relationship marketing) serta menganalisis apa yang calon pelanggan butuhkan (demand planning).

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan dengan Brand dan Produk

Melalui pemanfaatan berbagai strategi pada poin pertama di atas, interaksi antara brand dengan calon pelanggan akan terbentuk (customer engagement). Hal tersebut secara tak langsung dapat memengaruhi kredibilitas brand dan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan (brand authority).

Oleh sebab itu, bagi perusahaan yang memiliki tujuan dan target untuk mengembangkan bisnis yang lebih sukses, mereka harus aktif mengkampanyekan bisnis di media digital (digital marketing). Misalnya, melalui media sosial (paid media, earned media, owned media), social messaging, atau bahkan website (landing page).

Semakin familiar produk dan brand di telinga calon pelanggan, maka semakin besar kesempatan perusahaan untuk mengakuisisi mereka menjadi pelanggan (customer acquisition). Dengan begitu, brand awareness semakin kuat di segmen pasar target.

Baca Juga:

3. Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan

Manfaat lain yang tak kalah penting dari penerapan ZMOT adalah dapat membangun hubungan atau ikatan emosional yang kuat dengan pelanggan (brand engagement). Sehingga perusahaan dapat menciptakan brand loyalty yang maksimal dan mampu mempertahankan pelanggan dalam waktu yang lama.

Apalagi jika perusahaan konsisten memberikan informasi produk yang relevan dan bermanfaat dalam menyelesaikan masalah yang pelanggan hadapi (customer pain point). Brand juga akan lebih mampu meningkatkan daya saing bisnisnya di depan para kompetitornya.

Tips Mengoptimalkan ZMOT (Zero Moment of Truth)

Walaupun bermanfaat dalam berbagai hal, ZMOT cukup tricky untuk dilakukan. Untuk itu, Anda sebagai pemilik bisnis dapat mencoba tips-tips berikut ini agar dapat mengoptimalkan penjualan dan mempertahankan pelanggan di momen FMOT (First Moment of Truth) dan SMOT (Second Moment of Truth).

1. Terapkan Strategi SEO dan Iklan Berbayar

Pertama-tama, Anda perlu mengoptimasi toko online berbasis website dengan strategi SEO atau Search Engine Optimization. Berkat SEO, brand atau produk Anda akan tayang dan memiliki ranking yang tinggi di SERP (search engine result page), seperti Google. Sehingga, pelanggan akan mudah menemukan brand Anda yang mana mendorong peningkatan traffic website.

Ketika organic traffic pada website sudah cukup tinggi, maka iklan berbayar di media sosial dan mesin pencari adalah strategi selanjutnya yang juga efektif untuk menargetkan pelanggan terbaik. Cara ini cukup berpengaruh dalam meningkatkan visibilitas dan ROI bisnis.

Itulah mengapa Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki website bisnis yang SEO friendly. Buatlah konten dan iklan online sesuai tingkatan customer journey melalui penyusunan brand identity yang menarik untuk meningkatkan brand experience pada pelanggan.

2. Gunakan Newsletter dan Marketing Automation

Anda bisa membangun brand loyalty dengan mudah melalui penyebaran newsletter dan penggunaan tools marketing automation untuk menjangkau target pelanggan. Misalnya, buat newsletter yang berisikan informasi potongan harga khusus atau peluncuran produk yang sesuai dengan persona pelanggan.

Di sisi lain, banyak juga brand yang memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan promosi atau iklan produk, terutama produk flagship. Seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, YouTube Ads, dan bahkan LinkedIn Ads.

3. Optimalkan User Generated Content (UGC)

Ulasan atau testimoni pelanggan tidak hanya didapatkan melalui laman feedback pada website atau media sosial. Melainkan juga dari user generated content (UGC), yaitu konten seperti foto, video, teks, dan ulasan yang pelanggan buat dan posting di media sosial pribadinya.

Oleh sebab itu, Anda harus perhatikan aspek layanan pelanggan pasca penjualan produk agar pelanggan dapat membuat konten ulasan yang bagus.

4. Lakukan Remarketing

Tips terakhir yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan ZMOT adalah mempertimbangkan remarketing atau pemasaran ulang. Cara ini menjadi langkah terakhir sekaligus awal dalam mengakuisisi pelanggan yang efektif dan mudah.

Dengan remarketing, Anda dapat menargetkan orang-orang yang telah menunjukkan minat pada produk Anda tetapi belum melakukan pembelian. Bisa jadi karena mereka telah melupakan brand atau penawaran Anda dalam upaya mencari harga dan penawaran yang lebih baik di internet.

Itulah sekilas informasi penting yang perlu Anda ketahui dari ZMOT. Bagi Anda yang memutuskan untuk melakukan remarketing, Anda bisa terapkan beberapa strategi pemasaran terbaik di era digitalisasi seperti sekarang.

Mulai dari inbound marketing, growth hack marketing, 360 degree digital marketing, dan data-driven marketing. Bila Anda merasa kesulitan, Anda bisa manfaatkan layanan inMarketing sebagai salah satu digital marketing agency terbaik di Indonesia.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.