Pentingnya Apa Itu Marketing Automation Untuk Pemasaran Bisnis

Pentingnya Apa Itu Marketing Automation Untuk Pemasaran Bisnis

Kemajuan teknologi sejak tahun 1980-an tidak hanya membawa banyak perubahan di lini industri digital yang menggantungkan prosesnya dengan keterlibatan teknologi. Tapi juga berdampak pada marketing technology yang kian hari kian menguntungkan pelaku bisnis. Hal ini terbukti dengan kemunculan konsep marketing automation yang menjadi aspek penting dalam pelaksanaan strategi marketing apa pun.

Peran marketing automation erat kaitannya dengan kondisi pasar yang saat ini berkembang dengan sangat cepat. Para marketer modern menuntut fungsionalitas pemasaran yang terintegrasi dengan cepat sehingga dapat meningkatkan produktivitas pemasaran dan menambah kualitas leads. Alhasil, peningkatan pendapatan perusahaan (revenue) tercapai dan perusahaan mampu mengakuisisi pelanggan sebanyak-banyaknya dalam waktu yang relatif cepat.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari lebih mendalam apa itu marketing automation beserta manfaat dan tugasnya dalam keberlangsungan proses marketing perusahaan.

Apa Itu Marketing Automation?

Marketing automation adalah penggunaan perangkat lunak dan layanan berbasis web untuk menjalankan, mengelola, dan mengotomatiskan tugas dan proses pemasaran berulang (repetitive marketing). Konsep ini bermanfaat dalam proses memasarkan bisnis secara lebih efektif melalui berbagai channel marketing seperti email, berbasis mobile, media sosial, dan website.

Marketing automation berfokus pada definisi, penjadwalan, segmentasi, dan pelacakan marketing campaign. Sehingga memungkinkan bagian pemasaran dan penjualan untuk memelihara prospek (lead nurturing) dengan personalized content yang bertujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan (customer retention).

Sebagian besar solusi marketing automation menyediakan alat untuk pengembangan dan eksekusi email campaign (termasuk landing page). Platform otomatisasi ini juga biasanya menyediakan big data terkait pemasaran terpusat dan tingkat dasar pelaporan tentang web traffic, consumer behavior, dan hasil contoh marketing campaign.

Apa Pentingnya Marketing Automation?

Marketer di perusahaan-perusahaan dari semua ukuran dapat memperoleh manfaat dari platform marketing automation, seperti:

1. Peningkatan Efisiensi Pemasaran

Peningkatan Efisiensi Pemasaran

Konsep otomatisasi marketing ini dapat mengotomatiskan tugas manual pada setiap penciptaan content marketing serta otomatisasi manajemen dan personalisasi perusahaan.

digital marketing agency

Selain itu, tools ini berguna dalam penjadwalan dan eksekusi campaign iklan, mendukung data hygiene seperti mendeteksi duplikat atau data yang tidak konsisten.

Di samping itu, tools otomatisasi dalam menghubungkan komunikasi dengan penjualan secara mendalam dan lead nurturing akan menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas proses bisnis perusahaan.

Baca Juga:

2. Mampu Menghasilkan Lebih Banyak Leads Berkualitas

Marketing automation dapat menggabungkan beberapa kriteria, seperti data demografis, data firmographic dan data behavioral (misalnya halaman yang dikunjungi, unduhan, dan pengisian formulir) dengan lead scoring system untuk menghasilkan dan mengidentifikasi lead yang memenuhi syarat penjualan (marketing qualified lead).

3. Tampilan Multichannel Dari Perilaku Pelanggan Prospek

Platform digital marketing automation saat ini telah mengintegrasikan beberapa channel dan perangkat. Contohnya media sosial dan aplikasi mobile yang berguna untuk menciptakan profil prospek yang lebih komprehensif dan pandangan holistik tentang perilaku prospek.

4. Penyelarasan Tujuan Penjualan dan Pemasaran yang Lebih Baik

Perangkat lunak otomasi pemasaran dapat membantu menyelaraskan upaya penjualan dan operasi pemasaran untuk memastikan bahwa sales force bekerja dengan prospek yang siap melaksanakan tahapan penjualan.

Dengan bekerja secara kooperatif untuk mengatur parameter penilaian dan mendefinisikan lead yang berkualifikasi, penjualan dan pemasaran menjadi satu tim.

Marketing akan bekerja pada membangun hubungan tahap awal dengan leads (relationship marketing) untuk memungkinkan penjualan dapat memfokuskan upaya mereka pada prospek yang paling berkualitas.

5. Peningkatan Lead Conversion dan ROI

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa menggunakan sistem marketing automation dapat meningkatkan konversi. Forrester menemukan bahwa marketer B2B yang menerapkan otomasi pemasaran mengalami peningkatan kontribusi pada sales pipeline mereka. Tools otomatisasi pemasaran dapat menghasilkan peningkatan produktivitas penjualan sebesar 15% serta penurunan sebesar 12% selama marketing overhead pemasaran.

Manfaat Marketing Automation Untuk Pelanggan

Manfaat Marketing Automation Untuk Pelanggan

Marketing automation bukan hanya tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Konsep ini juga berguna bagi pelanggan Anda dengan menyelesaikan pain point pelanggan yang muncul di era omnichannel support seperti sekarang.

Pasalnya, pelanggan Anda cenderung kewalahan dengan banyaknya informasi di internet yang membuat mereka kesulitan untuk menemukan jawaban yang mereka butuhkan.

Marketing automation dapat mengurangi permasalahan tersebut dengan menghubungkan tim, mengumpulkan data dalam format yang mudah digunakan, dan memprioritaskan tugas-tugas di belakang layar.

1. Tampilkan Konten Bisnis yang Lebih Relevan

Dengan marketing automation, Anda dapat lebih spesifik tentang apa yang akan pelanggan lihat. Dari advertising (periklanan) hingga email marketing, gunakan buyer persona Anda bersama dengan penargetan perilaku hanya untuk mengirimkan informasi yang dibutuhkan setiap prospek atau pelanggan.

Terlebih pelanggan memiliki waktu yang singkat setiap kali terhubung dengan channel marketing Anda. Jadi automation akan membantu mengefektifkan bisnis dengan menggunakan data yang sudah Anda kumpulkan untuk menyoroti konten yang paling relevan pada waktu yang tepat.

Baca Juga:

2. Memberikan Jawaban yang Lebih Baik dan Lebih Cepat

Marketing automation membantu bisnis memprioritaskan tugas dan mengelola leads sehingga pertanyaan yang masuk bisa dijawab dengan cepat. Plus, dengan behavioral data yang tersimpan di CRM Anda, customer service harus memberikan bantuan yang lebih relevan tanpa perlu menggali informasi terlebih dahulu. Pahami riwayat pelanggan Anda dan otomatisasi tanggapan berdasarkan pembelian sebelumnya, tindakan dalam produk, atau customer lifetime value-nya.

3. Tawarkan Pengalaman Omnichannel yang Mulus

Tidak ada pelanggan yang suka mengulangi prosedur yang sama. Dan itulah sebabnya marketing automation sangat bagus untuk pelanggan Anda manfaatkan.

Data mereka akan otomatis terkumpul, tersimpan, dan digunakan dalam perangkat lunak pemasaran Anda sehingga Anda dapat menawarkan pelanggan Anda pengalaman yang dipersonalisasi seperti pre-filled forms, targeted email yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, dan layanan customer service yang terasa akrab dengan toko offline. Dengan otomatisasi, pelanggan mendapatkan pengalaman yang sama tidak peduli channel apa yang mereka gunakan untuk menghubungi Anda.

Akankah CDP Menggantikan Platform Marketing Automation?

Platform data pelanggan yang harus dimiliki dan paling naik daun, customer data platform (CDP), tampaknya berusaha menarik perhatian marketer B2B dengan iming-iming bahwa mereka dapat menangani sejumlah besar data untuk memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) yang sangat personal.

Bahkan, CDP Real-Time dari Adobe mengumumkan fitur-fitur baru yang ditujukan untuk brand B2B pada November 2020 lalu. CDP Adobe mencakup pre-built connector ke platform otomatisasi pemasaran B2B.

Meskipun customer data platform masih relatif baru, banyak perusahaan terkemuka telah mengadopsi platform tersebut. Sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan ancaman bagi platform otomatisasi pemasaran karena mereka menyediakan beberapa tools dan fungsi yang sama dengan CDP.

Kategori Marketing Automation yang Baik

kategori marketing yang baik

Otomatisasi pemasaran tradisional sering mengacu pada email trigger berdasarkan waktu delay atau tindakan seperti email click. Tetapi apakah email click saja cukup sebagai data untuk menjalankan strategi lead nurturing yang dipersonalisasi?

Strategi marketing automation yang menawarkan data terbatas kepada marketer sering kali menghasilkan otomatisasi pemasaran yang buruk. Anda memerlukan konteks tentang siapa yang memimpin dan apa yang mereka minati untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan prospek.

Marketing automation yang didukung oleh strategi inbound marketing berpusat di sekitar prospek. Inbound marketing automation menggunakan semua informasi yang perusahaan Anda ketahui tentang seseorang untuk menginformasikan strategi otomatisasi. Jadi Anda akan memberikan informasi yang perusahaan butuhkan untuk melakukan pembelian, tepat saat mereka membutuhkan informasi itu, di tempat yang mereka cari.

Marketing automation yang baik akan memperhitungkan kebutuhan yang berkembang dari pelanggan prospek Anda serta perilaku dan interaksi yang mereka miliki dengan Anda di semua channel marketing Anda. Bukan hanya email, menggunakan input perilaku dari beberapa channel seperti media sosial atau konten website tertentu memberi marketer gambaran yang mereka butuhkan untuk sepenuhnya memahami tantangan utama bisnisnya.

Otomasi pemasaran yang paling efektif juga menggunakan berbagai saluran untuk berkomunikasi. Itu berarti keberhasilan kampanye Anda lebih sedikit mengandalkan email, dan sepenuhnya memanfaatkan berbagai saluran (multichannel) yang mempengaruhi keputusan pembeli.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang marketing automation. Lebih dari itu, Anda harus memperhatikan penerapan strategi marketing terbaik sesuai kebutuhan bisnis Anda. Baik itu search engine marketing, social media marketing, growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing. Jika Anda belum terlalu paham dengan penerapan teknik marketing di atas, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency terbaik di Indonesia.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.