6 Contoh Marketing Campaign Terbaik di Dunia

marketing campaign adalah

Artikel kali ini kami akan memberikan 6 contoh marketing campaign terbaik di dunia yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat kampanye iklan.

Apakah kamu sedang bingung bagaimana cara menerapkan marketing campaign yang efektif? Disini Kami kami akan menjelaskan tentang 6 contoh marketing campaign terbaik di dunia dengan menguraikan cara kerjanya. Sehingga nantinya kamu dapat menerapkan pelajaran tersebut untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih baik.

Apa Itu Experiential Marketing Campaign?

Experiential marketing campaign, juga disebut engagement marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang mengajak audiens berinteraksi dengan bisnis secara langsung. Dengan menggunakan materi branding yang partisipatif, langsung, dan nyata.

Bisnis dapat menunjukkan kepada pelanggannya bukan hanya penawaran pada perusahaan saja, tetapi juga merasakan pengalaman penggunaannya. Experiential marketing campaign juga dikenal dengan sebutan xm marketing, event marketing, engagement marketing, live marketing, participation marketing atau on the ground marketing.

Jadi inti dari Experiential marketing adalah perusahan melakukan lebih banyak untuk interaksi antara merek dan pelanggan pada sebuah acara seperti konser, konferensi, festival atau lainnya.

Baca Juga :

Mengapa Experiential Marketing Campaign Penting?

Menurut Forbes, Experiential marketing campaign dapat meningkatkan hubungan yang langgeng antara pelanggan dan bisnis.Dengan teknik ini, kamu bisa mengumpulkan data tentang konsumen yang telah ikut berpartisipasi dan kemudian data ini digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran bisnismu.

Tujuan utama dari kampanye ini adalah agar konsumen merasakan produk atau layanan secara langsung, tetapi juga tetap menggunakan interaksi secara online.Jika Kamu mempertimbangkan bahwa 49% orang akan merekam video pada sebuah acara bergengsi. Maka akan ada 39% video di antaranya dibagikan di media sosial. Ini juga merupakan strategi yang tepat untuk untuk memasukkan elemen digital marketing di dalamnya.

Ditambah lagi ketika mereka membagikannya dengan menambahkan hashtag merek bisnismu. Sehingga hal ini dapat membuat orang berbicara tentang pengalaman pelanggan akan produk atau layanan yang kamu jual.

6 Contoh Marketing Campaign Terbaik di Dunia

contoh marketing campaign

1. Refinery29: 29Rooms

Contoh Marketing Campaign pertama ada dari Refinery29. Sudah sekitar tiga tahun, brand lifestyle Refinery29 telah menyelenggarakan sebuah acara bernama 29Rooms. Seperti namanya, Dalam acara ini terdapat 29 kamar yang didesain sesuai dengan karakteristik mitra yang bekerjasama dan dihuni oleh 1 peserta. Di dalam kamar ini peserta dapat merasakan sesuatu yang berbeda di masing-masing kamar.

Kamar-kamarnya memiliki desain sesuai dengan Brand mitra dari acara ini, mulai dari kamar seorang artis dan musisi, hingga kamar perusahaan bisnis seperti Dyson, Cadillac dan Dunkin’ Donuts.

Hal yang bisa kita ambil dari Marketing Campaign acara Refinery29: 29Rooms ini adalah bagaimana bisa membuat brand atau sebuah bisnis untuk mudah teringat oleh pemirsanya melalui sebuah konsep untuk menikmati sebuah pengalaman penggunaan suatu produk/layanan.

2. Red Bull: Stratos

Jika Kamu online Youtube pada 14 Oktober 2012, kamu mungkin menemukan live streaming langsung the “Stratos” jump. Acara dari red bull ini menampilkan seorang atlet terjun payung bernama Felix Baumgartner yang bekerjasama dengan Red Bull. Untuk sebuah acara dalam memecahkan rekor dunia dalam kategori terjun payung tertinggi di dunia.

Rekor tersebut adalah 128.000 kaki, sekitar 24 mil di atas permukaan bumi dan video ini di youtube telah mendapatkan di lebih dari 8 juta pemirsa.Dengan menjadi sponsor tunggal dari acara ini, membuat banyak audiens atau penonton akan menyaksikan sesuatu baru yang menegangkan dan penasaran akan aksinya. Secara tidak langsung  juga akan selalu melihat dan mengingat sponsor dari acara tersebut.

Baca Juga :

3. Nike: Just Do It

Contoh Marketing Campaign selanjutnya adalah dari Brand Nike. Tahukah Kamu bahwa dulu, produk Nike kebanyakan hanya untuk pelari maraton? Lalu ada muncul kegemaran orang menggunakan pakaian olahraga dan pemasaran Nike tahu bahwa perlu tindakan untuk mendahului pesaing utamanya, yaitu Reebok. (Pada saat itu, penjualan Reebok berkali-kali lipat lebih tinggi daripada Nike.

Dan kemudian, di akhir tahun 80-an, Nike meluncurkan kampanye yang pasti dikenal banyak orang dengan Just Do It. Itu menciptakan sensasi yang luar biasa untuk penjualan Nike.

Pada tahun 1988, Nike menjual $800 juta; Sepuluh tahun kemudian, penjualannya 10 kali lebih tinggi menjadi $9,2 miliar. Slogan Just Do It, sebuah kalimat singkat, namun penuh dengan maka dan selalu teringat di otak kita kata-kata Just Do It adalah Nike.

Jadi, ketika Kamu bertanya-tanya bagaimana cara mewakili merek bisnismu, tanyakan pada diri kamu sendiri : Masalah apa yang bisnismu bisa selesaikan untuk pelanggan mu? Solusi apa yang diberikan oleh produk atau layanan bisnis mu? Ketika Kamu bisa menjawab dengan lengkap dan jelas masalah utama tersebut, Kamu akan menemukan cara untuk terhubung dengan pelanggan dengan lebih mudah.

4. Absolut Vodka: The Absolut Bottle

Meski sampai saat ini Absolut Vodka botolnya tidak dalam bentuk yang berbeda-beda, namun dari desain botol yang tidak berubah ini menjadikan botol mereka sebagai botol wine yang paling terkenal di seluruh dunia.

Kampanye Iklan dari perusahaan ini adalah dengan mengaitkan gambar kehidupan nyata dengan bentuk botol anggur, sangat sukses sehingga tidak berhenti berjalan selama 25 tahun. Ini adalah kampanye terpanjang dalam sejarah dengan lebih dari 1500 iklan yang berbeda.

Ketika kampanye ini mulai, Absolut memiliki pangsa pasar 2,5% di pasar vodka. Pada akhir tahun 2000-an, Absolut menjual lebih dari 4,5 juta kotak per tahun, setengah dari total volume vodka impor dari Amerika Serikat.

Jadi apa pelajaran pemasaran di sini? Tidak peduli seberapa membosankan produk Kamu, itu tidak berarti Kamu tidak dapat menceritakan kisahnya dengan cara yang paling menarik.

5. Volkswagen: Think Small

Banyak pakar pemasaran dan periklanan telah menilai kampanye Think Small Volkswagen sebagai contoh marketing campaign terbaik di dunia. Dibangun pada tahun 1960 oleh grup periklanan legendaris Doyle Dane & Bernbach (DDB), dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana hal itu mengubah persepsi semua orang tentang produk?

Lihat, orang Amerika selalu memiliki kebiasaan memiliki mobil yang sangat besar dan spektakuler, dan bahkan setelah 15 tahun ketika perang dunia kedua berakhir, kebanyakan orang Amerika tidak membeli mobil.

Jadi apa yang dilakukan Volkswagen pada iklan yang dikampanyekan tersebut? Sesuai slogannya Think Small. Volkswagen tidak pernah coba jadi sesuatu yang bukan karakter kepribadian perusahan mereka.

Itulah hal terpenting yang dapat kita pelajari dari kampanye pemasaran Volkswagen. Jangan mencoba melebih-lebihkan, atau lebih buruk lagi, berbohong tentang produk dan layanan kamu sajikan dalam periklanan. Karena konsumen selalu menghargai sebuah kejujuran.

6. Apple: Get a Mac

Meskipun ada banyak kampanye Apple yang sukses, menurut saya, ini adalah contoh marketing campaign terbaik Apple. Dengan gagasan Mac VS PC Komputer, kampanye tersebut adalah salah satu yang terbaik dari Apple, dan mereka langsung meningkatkan pangsa pasar mereka menjadi lebih dari 42% di tahun pertama saja.Kampanye ini menunjukkan kepada pemirsa segala sesuatu tentang Mac dengan cara yang paling mengesankan dan cerdas.

Baca Juga :

Apa yang kita pelajari? Jangan hanya karena produk kamu memiliki beberapa hal keren, kamu akan menggunakan fitur tersebut untuk menarik perhatian ke kepala pelanggan. Sebaliknya, jelaskan juga manfaat produk dalam hal bagaimana mereka membayangkan konteks di mana mereka saat menggunakannya