Tips dan Manfaat Marketing Insight sebagai Kunci Kesuksesan Proses Pemasaran

marketing inisght

Tentunya tak bisa kita pungkiri bahwa proses pemasaran (marketing operations) menjadi salah satu hal terpenting untuk mencapai kesuksesan bisnis. Maka dari itu, marketer perlu menyusun marketing strategy dan marketing plan dengan teliti. Tak terkecuali dengan mengumpulkan marketing insight.

Sama halnya dengan product insights yang sangat berguna dalam proses product development, dalam kegiatan pemasaran pun seorang marketer perlu mengumpulkan wawasan sebanyak-banyaknya untuk mendukung proses marketing dan penjualan. Wawasan ini bisa berupa informasi seputar kondisi pasar maupun target pasar atau sales lead yang Anda incar.

Untuk mendapatkan insight tersebut, Anda bisa melakukan market research atau riset pasar. Misalnya dengan melakukan analisis pasar (market analysis) untuk mendapatkan pemahaman terkait market segmentation hingga market pricing, menganalisis kompetitor (competitive analysis) untuk meninjau peluang persaingan, hingga segmentasi pelanggan.

Wawasan terkait hal-hal tersebut lah yang nantinya akan sangat berguna dalam proses marketing perusahaan. Lantas, bagaimana tips untuk mendapatkan marketing insight yang efektif?

Apa Itu Marketing Insight?

Melansir dari Thisbeacon, wawasan pemasaran atau marketing insight adalah penemuan informasi tentang kondisi pasar yang relevan sebagai panduan untuk melakukan inovasi dalam strategi marketing.

Wawasan pemasaran ini merupakan salah satu hal terpenting dalam kegiatan pemasaran yang akan turut menentukan seberapa baik performa perusahaan. Sebab dengan wawasan pemasaran yang baik, maka perusahaan bisa merencanakan strategi marketing campaign (kampanye pemasaran) yang efektif pula.

Hasilnya, tujuan dan target pemasaran seperti meningkatkan brand awareness, branding, menarik lead baru sebanyak-banyaknya, hingga meningkatkan conversion rate pun bisa terwujud.

Untuk mendapatkan wawasan pemasaran, marketer perlu melakukan riset pasar secara menyeluruh guna mengumpulkan data dan informasi. Biasanya, data-data riset tersebut berupa jumlah revenue, kemungkinan rasio profitabilitas, market share, product positioning, customer pain point, market orientation, serta data pesaing.

digital marketing agency

Dalam proses mendapatkan insight ini, marketer bisa melakukannya secara manual atau tradisional. Contohnya adalah melakukan segmentasi pelanggan, segmentasi pasar, atau RFM analysis. Namun, guna mempermudah prosesnya, sejumlah perusahaan biasanya menggunakan data science marketing untuk membantu marketer mendapatkan insight.

Dengan memanfaatkan data science untuk marketing, marketer bisa mendapatkan hasil analisis tentang kondisi pasar maupun audiens secara otomatis. Sehingga, marketer dapat menghemat waktu dan tenaga.

Baca Juga :

Manfaat Marketing Insight untuk Bisnis

Seperti pemaparan di atas, wawasan pemasaran merupakan hal yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan bisnis dari segi marketing. Dengan mengetahui peluang inovasi yang tepat, maka proses penjualan pun akan semakin optimal.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan penerapan marketing insight untuk bisnis :

Tips Mendapatkan Marketing Insight

Setelah mengetahui banyaknya manfaat marketing insight untuk bisnis, lantas bagaimana cara mendapatkannya?

1. Kenali Target Pasar

Langkah pertama adalah mengenali siapa target pasar Anda. Caranya adalah dengan melakukan riset, seperti memberikan survei atau menganalisis sentimen dan kebiasaan pelanggan (consumer behavior), kemudian melakukan segmentasi, dan lain sebagainya.

Semakin spesifik target pasar Anda, maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk dapat mengklasifikasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hasilnya, strategi marketing akan berjalan dengan lebih optimal.

2. Manfaatkan Media Sosial

Di era digital seperti saat ini, tentunya Anda harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu saluran pemasaran yang paling efektif. Sebab, hampir semua orang dari berbagai latar belakang telah menggunakan media sosial sebagai sarana hiburan maupun mendapatkan informasi.

Anda pun bisa melakukan riset pasar di media sosial, misalnya dengan melakukan social listening untuk mengetahui tren yang sedang berkembang dan mendapatkan insights. Kelebihan dari strategi ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, namun cukup efisien untuk memantau perilaku konsumen.

Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan social media marketing (SMM) dengan membuat berbagai jenis konten marketing. Kemudian lakukan analisis untuk mengetahui jenis konten mana yang mendapatkan engagement rate tertinggi. Jika sudah mengetahuinya, maka Anda bisa memaksimalkan konten tersebut untuk mendapatkan lebih banyak audiens.

Baca Juga :

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Tips berikutnya adalah menjalin hubungan baik (relationship) dengan konsumen. Sebab, mendapatkan basis konsumen yang loyal (customer loyalty) merupakan salah satu aset berharga bagi business continuity. Dengan mendapatkan customer yang setia terhadap brand, maka Anda akan mendapatkan profit atau keuntungan dari pembelian berulang (repurchase) yang mereka lakukan.

Bukan hanya itu saja, mempertahankan pelanggan lama (customer retention) juga akan memberikan banyak manfaat lainnya bagi perusahaan. Misalnya meningkatkan peluang referral atau advocacy, hingga mendapatkan feedback atau ulasan yang akan sangat berguna untuk menemukan insights baru.

Melalui feedback tersebut, perusahaan dapat mengevaluasi setiap tahapan pemasaran yang kurang maksimal. Dengan feedback ini pula lah, perusahaan bisa menciptakan customer experience yang lebih efektif dalam customer journey.

4. Melakukan Crowdsourcing Marketing

Tips keempat adalah dengan melakukan crowdsourcing marketing. Sebagaimana kita tahu, crowdsourcing marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengumpulan informasi dari publik.

Sehingga, strategi ini memungkinkan target pasar untuk berinteraksi secara langsung dan menyumbangkan ide-ide mereka untuk perusahaan. Umumnya, perusahaan akan menerapkan strategi ini untuk mengumpulkan feedback dari audiens.

Dengan begitu, mereka akan memberikan tanggapan terkait produk tersebut secara jujur dan apa adanya. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai insights untuk melakukan evaluasi sebelum meluncurkan produk ke pasar (go to market). Sehingga, perusahaan dapat memanajemen risiko gagal produk, sekaligus menciptakan product value yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Itulah ulasan mengenai marketing insights sebagai kunci utama kesuksesan marketing. Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.