Memahami Strategi Marketing Public Relations (Push, Pull, Pass) Beserta Tujuan dan Fungsinya

marketing public relations

Terdapat berbagai macam jenis strategi marketing yang bisa perusahaan terapkan untuk memaksimalkan kampanye pemasaran. Entah itu untuk meningkatkan brand awareness maupun untuk menghasilkan lebih banyak prospek (lead generation campaign). Di antara berbagai macam strategi pemasaran tersebut, satu yang bisa Anda maksimalkan adalah marketing public relations.

Ini merupakan strategi penting bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnis, terutama dalam kegiatan pemasaran, promosi, hingga evaluasi proses penjualan. Dalam penerapannya, terdapat tiga strategi utama yang bisa bisnis manfaatkan untuk memaksimalkan proses pemasaran. Mulai dari pull strategy, push strategy, hingga pass strategy.

Perusahaan pun harus cerdas dalam memilih strategi mana yang sesuai untuk proses bisnis dan kebutuhan (operasional). Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Marketing Public Relations?

Dalam keseharian, mungkin kita sering mendengar istilah marketing dan public relations. Marketing sendiri merupakan suatu upaya atau tindakan untuk mempromosikan maupun menjual suatu produk/jasa, mulai dari proses research hingga beriklan.

Sedangkan public relations (PR) adalah strategi untuk membangun citra brand yang positif dan menciptakan hubungan timbal balik antara bisnis dengan audiens target.

Sehingga, marketing public relations adalah suatu tindakan untuk mengidentifikasi, menciptakan, dan mengomunikasikan nilai (value) serta menjalin hubungan dengan konsumen untuk memaksimalkan keuntungan bisnis, melansir dari HRZone. Jadi, PR marketing merupakan strategi yang menggabungkan pemasaran produk dan pembangunan hubungan dengan konsumen.

PR marketing merupakan kegiatan terencana yang berfokus untuk menciptakan reputasi brand yang positif melalui promosi dan strategi kampanye pemasaran (marketing campaign), serta menjalin hubungan dengan konsumen. Contohnya mulai dari membuat marketing plan, membangun brand awareness dan product knowledge di masyarakat, melakukan brand marketing, dan menciptakan branding image serta brand identity yang positif.

PR marketing ini berkembang seiring dengan meningkatnya kejenuhan pasar dan banyaknya kesulitan dalam menjangkau target pasar. Sebab, bentuk pemasaran tradisional menghasilkan return yang semakin rendah, sehingga mengharuskan perusahaan untuk menggunakan metode yang lebih inovatif untuk menjangkau pelanggan potensial.

digital marketing agency

Baca Juga :

Fungsi Marketing Public Relations

PR marketing memiliki fungsi pokok untuk menyampaikan informasi yang terpercaya, menjalin hubungan (relationship) dengan konsumen, serta menyediakan event yang relevan dengan produk. Secara umum, fungsi marketing public relations adalah sebagai berikut :

Tujuan Marketing Public Relations

strategi marketing public relations

Sesuai dengan definisinya, PR marketing merupakan suatu strategi yang bertujuan untuk memberi atau menyampaikan informasi kepada publik untuk meningkatkan pengetahuan mereka terhadap suatu produk/brand. Proses penyampaian informasi ini menggunakan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau lebih banyak target konsumen.

Secara umum, tujuan marketing public relations adalah sebagai berikut :

Baca Juga :

Strategi Marketing Public Relations

Dalam prosesnya, PR marketing memiliki beberapa pendekatan yang berguna untuk mempromosikan sekaligus membangun brand recognition dan brand image. Strategi marketing public relations terbagi atas tiga jenis, yaitu :

1. Strategi push

Push strategy adalah strategi yang menggunakan sarana tertentu sebagai media promosi. Misalnya,produsen akan merencanakan (planning) dan membagikan bahan promosi kepada wholesaler. Kemudian wholesaler akan mempromosikannya kepada retailers (pengecer), hingga strategi promosi tersebut sampai ke tangan konsumen.

2. Strategi pull

Berikutnya adalah pull strategy. Ini merupakan strategi yang berguna untuk membangun permintaan konsumen atau demand generation. Jenis marketing strategy yang satu ini biasanya membutuhkan biaya yang besar. Ini karena perusahaan harus membuat advertising campaign untuk mempromosikan produk kepada konsumen.

3. Strategi pass

Yang terakhir adalah pass strategy. Strategi ini berguna untuk memengaruhi dan menciptakan opini publik. Ini merupakan upaya yang dapat dilakukan ketika produk perusahaan telah menjangkau pangsa pasar yang luas, atau bahkan menguasai segmen pasar tertentu. Sehingga opini yang terbentuk dari konsumen ataupun masyarakat umum dapat mendukung penjualan produk secara luas.

Itulah penjelasan singkat tentang strategi marketing public relations beserta fungsi dan tujuannya. Strategi ini cukup menarik dan efektif, sebab mampu membangun citra positif pada brand, memengaruhi sentimen dan opini publik, meningkatkan customer experience, memengaruhi keputusan pembelian (consumer decision making), serta memberikan insight mengenai product value secara luas.

Sebab pada dasarnya, strategi ini dapat Anda terapkan melalui komunikasi dua arah. Dengan demikian, target konsumen dapat memberikan kesan positif terhadap perusahaan maupun produk.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu pertumbuhan bisnis. Beberapa strategi yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.