Apa Itu Marketing Qualified Lead dan Manfaatnya

marketing qualified lead adalah

Kamu saat ini adalah seorang marketing, kamu harus mengetahui makna dan penerapan dari Marketing Qualified Lead. Apa itu Marketing Qualified Lead? Dan bagaimana menentukan Marketing Qualified Lead? Semua hal tersebut telah kami jelaskan secara lengkap di bawah ini.

Ketika kita menjadi seorang marketing, Kita perlu memfilter informasi untuk mendapatkan data pelanggan yang memiliki tingkat konversi tinggi agar bisa menghasilkan pendapatan yang tinggi juga. Hasil dari filtrasi data pelanggan ini dikenal dengan nama Lead. Jadi, apa itu Lead? Bagaimana cara mendapatkan Marketing Qualified Lead yang berkualitas?

Yuk simak penjelasan lengkap dari kami di bawah ini tentang Lead dan Marketing Qualified Lead.

Apa Itu Lead Dalam Dunia Marketing?

Lead adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan bisnis setelah membaca sebuah kampanye pemasaran. Lead ini bisa menjadi pelanggan potensial dan berpotensi untuk membeli produk atau layanan.

Menarik pelanggan potensial (Lead) untuk suatu bisnis relatif mudah. Tetapi untuk memastikan bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan, keinginan dan mampu membayar.

Kita perlu menggunakan teknik penyaringan lead agar menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi (Teknik ini disebut juga sebagai Qualified Lead). Pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu penelitian dan pengembangan untuk mengubah Qualified Lead dalam Pemasaran menjadi Penjualan.

Baca Juga :

Apa itu Qualified Lead?

Tidak semua lead memiliki nilai yang sama. Ada lead yang meningkatkan penjualan secara instan, ada lead yang hanya bernilai di masa depan, dan ada juga lead yang tidak menghasilkan konversi sama sekali.

digital marketing agency

Selain itu, bahkan lead yang berkonversi secara instan memiliki perbedaan manfaat: ada orang yang hanya tertarik pada produk termurah, ada orang yang tertarik dengan produk/layanan mainstream, dan ada orang terus menjadi pelanggan bisnis selama bertahun-tahun!

Lead yang memenuhi syarat sebagai pelanggan potensial dengan peluang konversi tinggi dan dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Marketing Qualified Lead (MQL) : Lead yang diperoleh dari aktivitas pemasaran dan memiliki kemampuan konversi yang lebih tinggi daripada yang lain, tetapi masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengurusnya sebelum mereka siap untuk membeli produk.
  • Sales Qualified Lead (SQL) : Ini adalah Lead yang siap untuk pindah ke tahap berikutnya di saluran penjualan lainnya. Biasanya lead ini membutuhkan bantuan seles untuk segera melakukan closing penjualan.

Ini adalah pengelompokan berdasarkan kemungkinan konversi instan dari Lead. Untuk membagi SQL dan MQL menjadi kelompok yang lebih kecil sesuai dengan nilai ekonomi di masa depan, sebuah bisnis membutuhkan dukungan perangkat lunak dan sistem untuk mempermudah pengelompokannya!

Bagaimana Cara Mengevaluasi Qualified Lead?

Dalam sistem pelacakan dan analisis data, kamu harus melihat lead dari perspektif :

Lead = jenis konversi + sumber pemasaran

Tetapi jika kamu melihat lebih luas dengan kombinasi banyak faktor di bawah ini, bisnis dapat sepenuhnya menilai tingkat potensi Qualified Lead dengan lebih baik!

Lead = jenis konversi + siapa mereka + apa yang mereka cari + perilaku mereka + sumber pemasaran

Kedengarannya sederhana, tetapi sebagian besar bisnis, bahkan biro iklan, tidak memiliki kemampuan untuk menghubungkan data di atas untuk membuat gambaran besar tentang audiens yang akan menjadi lead potensial.

Penyebabnya adalah karena mereka tidak memiliki sistem/perangkat lunak untuk membantu semua data yang tersebar di seluruh platform periklanan, antara departemen dan karyawan!

Untuk mengatasi masalah ini kamu membutuhkan sistem bernama CRM. Ini adalah sistem pengumpulan data multi-saluran dan perangkat lunak manajemen pada satu antarmuka dengan alat otomatis untuk meminimalkan sumber daya dan memaksimalkan konversi efisiensi.

Salah satu perangkat inti CRM adalah sistem lead scoring. Yaitu sistem yang mengevaluasi lead untuk dikonversi menjadi penjualan secara real time berdasarkan skala 100 poin.

Baca Juga :

Apa itu Marketing Qualified Lead (MQL)?

Marketing Qualified Leads adalah seseorang yang lebih cenderung menjadi pelanggan daripada pelanggan potensial berdasarkan informasi dan perilaku yang dianalisis dengan proses pembelian.

Atau pengertian lain dari MQL adalah lead yang diprediksi oleh tim marketing bisa menjadi pelanggan daripada lead yang lainnya. Penentuan ini berdasarkan pada kriteria seperti: CTA di klik, penawaran konten diunduh, halaman web dikunjungi, dan interaksi dengan postingan di sosial media.

Ada beberapa cara untuk mengevaluasi prospek pelanggan secara langsung dengan formulir manual atau bantuan tools :

  • Secara manual: Dengan cara ini, Kamu menggunakan data prospek untuk membuat daftar audiens target yang cenderung ingin tahu lebih banyak tentang produk atau layanan bisnismu. Biasanya, ini adalah pendekatan lebih dalam dan betujuan untuk pemasaran B2B yang mencari perwakilan merek menggunakan data tertentu.
  • Menggunakan Tools : Kamu bisa mengarahkan Qualified Lead untuk mengunjungi halaman landing page bisnismu melalui iklan, inbound marketing atau cara lain. Dengan cara ini pelanggan akan memberikan umpan balik dengan memberi kamu Email mereka saat mendaftar untuk sesuatu di halaman landing page. Atau bahkan Mereka secara aktif meminta untuk berinteraksi dengan bisnismu jika kamu dapat menciptakan kepercayaan yang cukup baik bagi pelanggan.

Tujuan dari kedua bentuk ini adalah untuk mengetahui siapa yang benar-benar peduli dengan barang dagangan bisnismu.

Ada dua tipe dasar pelanggan potensial yang dapat Kamu temui melalui saluran apa pun. Pertama kelompok Prospek: Mereka yang kemungkinan membeli setelah mempelajari informasi yang Anda tawarkan. Dan kelompok Meragukan dari orang-orang yang tidak memiliki minat untuk membeli. Semua audiens ini akan bergabung dengan kelompok terpisah dengan tujuan yang berbeda:

  • Tim Prospek: Akan menganalisa sebuah produk mana yang sesuai dengan yang mereka benar-benar butuhkan.
  • Tim Meragukan : Pengunjung acak akan mengunjungi saluran pemasaran bisnis mu, dan tidak berniat membeli produk apa pun.

Tugas Kamu hanya berfokus pada membedakan antara kedua pelanggan tersebut agar kamu dapat lebih fokus kepada pelanggan prospek.

Mengapa Marketing Qualified Lead Penting?

Manfaat utama Marketing Qualified Lead adalah bisa meningkatkan customer experience dua kali lipat. Mengidentifikasi karakteristik umum dan perilaku prospek yang memenuhi syarat, akan meningkatkan value berikut :

  • Meningkatkan nilai pendapatan yang luar biasa untuk sebuah bisnis
  • Meningkatkan hubungan jangka panjang dengan produk/layanan suatu bisnis
  • Membuat perusahaan memiliki anggaran pendapatan yang besar untuk membiayai menghasilkan produk/jasa dengan kualitas yang sesuai dengan keinginan pelanggan

Jika Kamu dapat memfokuskan sumber daya bisnis untuk menarik dan merawat subjek pelanggan ini, semua usaha yang kamu lakukan akan membuahkan hasil yang terbaik untuk perusahaan.

Itulah tadi tentang pengertian Marketing Qualified Lead dan manfaat yang Anda dapatkan dari Marketing Qualified Lead. Semoga dengan pengetahui ini, bisnis kamu jalankan bisa berkembang dengan lebih baik terutama pendapatan bisnis terus meningkat.

Untuk mengevaluasi Marketing Qualified Lead yang paling potensial, perusahaan bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mencapai tujuan tersebut.

Beberapa strategi marketing yang bisa Anda implementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing perusahaan untuk meningkatkan Marketing Qualified Lead.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.