Marketing technology atau dikenal dengan sebutan martech saat ini sangatlah penting untuk membuat strategi pemasaran menjadi lebih mudah. Jadi pada kesempatan kali ini kami akan mengajak para marketer untuk mengetahui 5 jenis marketing technology paling efektif 2022. Apa saja?
Apa Itu Marketing Technology?
Marketing technology merupakan teknologi yang dapat membantu pekerjaan marketer untuk menjadi lebih mudah dan praktis. Teknologi ini umumnya digunakan di bidang digital marketing dan optimasi saluran marketing offline.
Jadi jika perusahaan atau bisnis Anda jalankan saat ini belum memanfaatkan marketing technology, maka Anda harus mempertimbangkannya. Karena ada sangat banyak manfaat marketing technology yang bisa bisnis Anda dapatkan jika menerapkannya dengan benar.
Manfaat Menggunakan Marketing Technology
Marketing technology akan membuat setiap bisnis dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Ada beberapa manfaat menggunakan marketing technology, antara lain :
1. Mengotomatisasi Tugas Marketing
Tugas marketer yang melelahkan akan lebih mudah dengan marketing technology. Dengan adanya teknologi pemasaran, marketer dapat mengurangi jam kerja untuk menerapkan berbagai jenis strategi pemasaran bisnis.
Hal ini karena semua tahap pemasaran dapat dilakukan oleh marketer secara otomatis menggunakan sebuah teknologi. Sehingga tim marketing akan lebih sedikit bekerja tetapi akan mendapatkan lebih banyak hasil pemasaran sesuai target pasar.
2. Meningkatkan Wawasan ROI
Dengan menerapkan teknologi marketing, tim marketing dapat meningkatkan pengetahuan tentang ROI atau return on investment dari pemasaran yang telah dilakukan. ROI adalah rasio yang menunjukkan tingkat profitabilitas dari suatu investasi.
Setelah tim marketing dapat mengidentifikasi ROI maka marketer akan meningkatkan atau menurunkan berbagai inisiatif untuk memaksimalkan biaya akuisisi.
3. Akuisisi dan Retensi Pelanggan Lebih Efektif
Tim marketer saat menggunakan teknologi pemasaran akan terbantu untuk meningkatkan retensi pelanggan dan akuisisi.
Contohnya dengan menggunakan iklan LinkedIn bisnis dapat menargetkan jabatan tertentu. Marketer dapat menyesuaikan pesan pemasaran dengan persona tertentu.
Baca Juga :
- 10 Tren Marketing 2022 yang Wajib Anda Tahu, Ada Metaverse Hingga NFT
- Mengenal Era Marketing 5.0, Kombinasi Antara Teknologi dan Humanity
4. Bangun strategi dengan data dan analisis yang berharga
Dengan menggunakan marketing technology, maka marketer dapat memiliki informasi yang akurat tentang jumlah orang yang mengunjungi situs website bisnis secara realtime.
Dengan bantuan Google Analytic, marketer dapat melacak statistik dan informasi tentang situs web, seperti :
- Jumlah pengunjung dan lokasi pengunjung, jenis kelamin, minat, dan usia.
- Mengetahui lamanya waktu yang pengguna habiskan saat mengunjungi website bisnis
- Mengetahui sumber lalu lintas atau traffic website bisnis, mengetahui waktu akses pengunjung dan mengetahui bounce rate website.
Dengan mengetahui semua informasi analytics di atas, marketer dapat mengetahui saluran pemasaran (maketing funnel) mana yang harus diprioritaskan untuk ditambahkan anggarannya. Sehingga marketer dapat mengetahui kampanye pemasaran atau marketing campaign mana yang paling efektif.
5. Mengukur Kualitas Konten
Marketer bertugas membuat konten dan mempromosikan produk dan layanan di berbagai media. Dengan cara ini, marketer dapat mengukur jumlah orang yang melihat iklan, informasi kontak dan lainnya.
Sehingga dengan menerapkan teknologi pemasaran, marketer dapat dengan lebih mudah untuk mengukur kualitas konten marketing. Apakah pelanggan tertarik dengan konten iklan yang dijalankan atau tidak.
6. Menghasilkan Prospek
Dengan menggunakan teknologi pemasaran, marketer dapat membangun kesadaran merek atau brand awareness, sekaligus mempertahankan pelanggan. Dengan cara ini marketer dapat menghasilkan leads yang lebih baik, sehingga marketer dapat mempromosikan pelanggan dengan lebih tepat sasaran.
Leads adalah sekumpulan calon pelanggan yang menunjukkan ketertarikan atau minat pada bisnis Anda.
7. Menentukan Segmentasi Pelanggan
Menentukan target audiens merupakan salah satu persyaratan penting dalam kampanye pemasaran. Teknologi pemasaran dapat membantu proses kampanye pemasaran untuk dapat menargetkan dan menjangkau audiens dengan lebih efektif.
Semua saluran pemasaran seperti media sosial dan mesin pencari telah memberikan informasi lengkap tentang demografi audiens seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, pekerjaan, lokasi geografis, minat, preferensi, kebiasaan belanja, hingga perilaku konsumen atau behavioral segmentation.
8. Meningkatkan Konversi
Untuk dapat meningkatkan konversi penjualan, maka perusahaan harus bisa membuat strategi marketing yang menarik. Dengan menargetkan pelanggan prospek, maka marketer dapat memberikan peluang besar untuk meningkatkan konversi penjualan bisnis.
9. Lebih Hemat Biaya
Dengan menggunakan teknologi pemasaran maka perusahaan akan lebih menghemat biaya periklanan. Karena dengan teknologi pemasaran kita bisa lebih mudah untuk menyesuaikan biaya iklan.
Jika kita bandingkan melakukan traditional marketing atau pemasaran tradisional seperti di televisi, radio atau media lainnya maka biaya iklan akan lebih mahal. Dengan bantuan teknologi marketing, marketer bisa lebih menghemat biaya iklan, karena iklan bisa ditargetkan hanya untuk pelanggan tertentu saja.
Baca Juga :
- Paid Marketing sebagai Strategi Paling Efektif untuk Branding
- Perbedaan Paid, Owned dan Earned Media
5 Jenis Marketing Technology Paling Efektif 2022
Jika Anda telah mengetahui manfaat menggunakan marketing technology. Sekarang Anda harus mengetahui tentang jenis marketing teknologi yang paling efektif di tahun 2022.
1. Advertising
Teknologi Advertising menyediakan berbagai cara untuk kita gunakan dalam menjangkau calon pelanggan baru. Untuk menggunakan teknologi marketing Advertising kita bisa memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, dan mencari pekerjaan menggunakan LinkedIn.
2. Analytics
Teknologi analitik akan menjadi teknologi pemasaran yang bisa menjadi landasan dalam menjalankan pemasaran online. Alat analytic yang paling populer saat ini adalah Amplitude Analytics atau menggunakan Google Analytics. Atau Anda juga bisa menggunakan tools lain seperti Bynder untuk menganalisis ROI pada DAM bisnis.
3. Content Management
Kunci untuk menjalankan teknologi pemasaran yang sukses saat ini adalah menggunakan manajemen konten. Marketer membutuhkan konten untuk menjual produk atau layanan bisnis.
Jika bisnis tidak dapat menemukan dan mendistribusikan materi pemasaran dengan baik maka peluang mendapatkan pelanggan bisnis akan sia-sia. Jadi penggunaan content management saat ini sangat penting dalam dunia digital marketing.
4. CRM
Menerapkan sistem CRM yang efektif pada perusahaan atau bisnis adalah aspek penting bagi pemasaran yang efektif. Dengan mengaktifkan retensi pelanggan, CRM dapat membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak data pelanggan prospek, sehingga data ini dapat meningkatkan ROI dan upaya akuisisi pelanggan bisnis.
5. Sosial Media
Beberapa contoh sistem CRM yang populer adalah Hubspot, Marketo, Intercom dan Salesforce. Anda bisa menyesuaikan untuk menggunakan salah satu dari sistem populer tersebut yang disesuaikan dengan basis pelanggan bisnis Anda, sesuai dengan skala pemasaran bisnis dan apakah bisnis Anda jalankan adalah B2P, B2B, atau B2C.
5. Media Sosial
Ada banyak cara yang berbeda untuk mengoptimalkan teknologi pemasaran menggunakan media sosial. Untuk Anda yang menggunakan media sosial Twitter untuk marketing, guna mempermudah proses pemasaran Anda bisa menggunakan TweetDeck. Dengan menggunakan TweetDeck Anda bisa mengelola banyak akun twitter sekaligus untuk mempermudah mengelola dasbor.
Jika Anda membutuhkan tools untuk mengubah ukuran gambar untuk akun media sosial, maka tool Bynder dapat membantu Anda untuk mengubah gambar secara otomatis yang bisa Anda bagikan ke berbagai platform media sosial dengan mudah.
Itulah ulasan tentang manfaat serta jenis marketing technology paling efektif 2022 yang bisa Anda terapkan untuk mempermudah bisnis dalam menganalisis dan menjalankan pemasaran dengan lebih efektif dan efisien.
Selain memanfaatkan marketing technology, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.
Baca Juga :
- Pengertian Inbound Marketing dan Perbedaannya Dengan Outbound Marketing
- Data Driven Marketing Dan Penerapan Untuk Perusahaan
inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.