7 Marketing Technology Tools Terbaik Untuk Strategi Marketing 2022

Macam-Macam Marketing Technology Tools Terbaik

Pilihan marketing technology tools saat ini sudah semakin banyak di pasaran sehingga tak jarang membuat perusahaan kebingungan memilih martech tools mana yang terbaik untuk mereka gunakan.

Pasalnya, memilih tools marketing technology stack tidaklah mudah karena Anda harus mengetahui fungsi dan fitur martech stack dengan baik sebelum menggunakannya. Jika Anda salah membeli tools martech stack, maka akan membuat anggaran pengeluaran bisnis terbuang sia-sia.

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda untuk menemukan tools martech stack terbaik yang memiliki kinerja dan pilihan fitur terbaik. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan marketing dengan lebih baik dan lebih mudah.

Apa Itu Marketing Technology Stacks?

Marketing technology stack atau lebih dikenal dengan martech stack adalah kumpulan teknologi yang digunakan dalam digital marketing untuk mengoptimalkan dan melakukan aktivitas pemasaran dan branding dengan lebih efisien di berbagai channel pemasaran.

Perusahaan dan tim marketing memanfaatkan tools ini untuk menganalisis data pelanggan, memperbaiki kinerja ad campaign, meringkas pekerjaan internal perusahaan dan meningkatkan komunikasi dengan audience.

Tidak ada ukuran yang tepat untuk menentukan martech stack terbaik. Sebab, setiap bisnis memiliki ukuran perusahaan dan prioritas yang berbeda-beda.

Macam-Macam Marketing Technology Tools Terbaik

Berikut ini adalah beberapa jenis marketing technology tools terbaik yang bisa Anda pilih untuk membantu tim pemasaran agar lebih mudah menjalankan pekerjaannya.

1. Encharge – CMS & Email Journey

Encharge merupakan salah satu tools martech stack yang kami rekomendasikan pertama karena dapat mempermudah pekerjaan tim marketing Anda untuk hasil analisis marketing dengan optimal. Sebab, Encharge merupakan tools yang dapat membantu Anda untuk mengelola data pelanggan dari aplikasi bisnis yang Anda miliki.

digital marketing agency

Dengan menggunakan Encharge, Anda mampu membuat personalized email journey berfungsi dengan lebih baik. Tools ini dapat membantu Anda menentukan segmentasi berdasarkan perilaku dan data deskriptis. Untuk mendapatkan tools Encharge, Anda bisa berlangganan salah satu paketnya mulai dari $49 atau sekitar Rp 700 ribu per bulan.

Baca Juga:

2. Elementor– Platform Marketing & Pembuatan Web All-in-One

Elementor merupakan tools website builder yang siapa pun bisa menggunakannya untuk membuat situs WordPress tanpa perlu mempelajari dan membuat coding secara manual. Tools Elementor sangat cocok untuk Anda yang masih pemula di dunia website tetapi ingin membuat website dinamis dengan mudah tanpa perlu mengetahui konsep dasar pengkodingan website.

Dengan bantuan Elementor, Anda bisa membuat jenis website apapun yang Anda inginkan, misalnya website toko online berbasis WordPress, website landing page atau website lainnya untuk mendapatkan leads dan mendapatkan transaksi penjualan. Supaya Anda bisa menggunakan tools web builder berbasis WordPress yang sangat mudah melalui Elementor, Anda harus mengeluarkan uang untuk berlangganan Elementor sebesar $49 atau sekitar Rp 700 ribu per tahun.

3. Webflow – Desain Web NoCode, CMS & Hosting

Jika kamu tidak menyukai CMS WordPress, maka Anda bisa menggunakan Webflow untuk membuat sebuah website yang lebih fleksibel, aman dan efisien. Yang menjadi kelebihan dari Webflow adalah tools desain webnya.

Tidak seperti platform serupa lainnya, tools desain Webflow menawarkan fleksibilitas pengkodean front-end tanpa mengharuskan Anda benar-benar membuat sourcecode. Jadi, dengan Webflow, Anda bisa membuat website dan halaman landing page dengan mudah. Seolah-olah Anda sudah mahir dalam membuat coding.

Yang membuat Webflow lebih unggul dari website builder lainnya adalah karena Webflow mengintegrasikan CMS dengan tools designer langsung di dalamnya. Jadi, website yang Anda buat bisa Anda custom sesuai jenis konten yang Anda inginkan.

Untuk bisa menggunakan tools martech stack Webflow, Anda harus memiliki dan membuat akun dengan harga mulai dari $16 atau sekitar Rp 230 ribu per bulan.

4. Airtable – Solusi Pembuatan Spreadsheet-Database

Airtable merupakan salah satu tools terbaik untuk membuat spreadsheet dan database serta menggabungkannya dalam satu layanan berbasis cloud yang luar biasa. Software Airtable dapat menyimpan informasi dalam format spreadsheet yang menarik dan penggunaanya yang mudah.

Software Airtable juga dapat Anda gunakan sebagai database pada sebuah CRM, task management, perencanaan proyek, pelacakan inventaris, dan lainnya. Berbeda dengan tools spreadsheet biasa, Anda dapat menambahkan checkbox, foto, star rating, membuat hubungan antar tabel yang berbeda, melihat informasi dari tabel lain, dan bahkan dapat membuat aplikasi Anda sendiri tanpa coding.

Jika Anda tertarik menggunakan Airtable untuk membuat spreadsheet dan database, Anda harus berlangganan mulai dari $10 atau sekitar Rp 143 ribu per bulan.

Baca Juga:

5. SEMrush – Marketing Technology Tools Untuk SEO

Apakah target bisnis online Anda di tahun 2022 adalah meningkatkan posisi website di halaman SERP? Atau apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness dan membuat lebih banyak penjualan tanpa perlu membayar iklan?

Maka Anda memerlukan tools yang sangat powerful untuk meningkatkan kinerja SEO website bisnis Anda melalui SEMrush. SEMrush merupakan salah satu tools SEO yang bermanfaat untuk memantau kinerja website, analisis kompetitor, dan analisis kinerja website.

Selain itu, SEMrush juga memiliki fitur unggulan yang tidak boleh Anda abaikan seperti fitur riset keyword, riset topik, saran tempat konten berdasarkan kompetitor, dan asisten penulisan yang memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan semua tulisan pada website.

Untuk mendapatkan tools SEMrush untuk SEO, Anda harus bersedia mengeluarkan anggaran pembelian martech tools SEMrush sebesar $99,95 atau sekitar Rp 1,4 juta per bulan.

6. SkedSocial – Social Media Marketing

Hingga saat ini, sudah ada sangat banyak social media marketing (SMM) yang bisa Anda pilih. Tetapi ada satu tools SMM terbaik yang tidak boleh Anda abaikan, yaitu SkedSocial.

SkedSocial merupakan social media marketing (SMM) yang sangat berharga bagi bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya. Dengan menggunakan tools SkedSocial, Anda dapat menjadwalkan posting Story dan Feed Instagram.

Selain berfokus pada Instagram, tools ini juga dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan dan memantau media sosial lainnya, seperti Twitter, Facebook, Linkedin dan lainnya. Tetapi, masih ada banyak fitur SkedSocial yang bisa Anda gunakan untuk Instagram, seperti:

  • Membuat posting terjadwal
  • Auto posting gambar, video, carousel dan story Instagram
  • Menjadwalkan IGTV dengan pengingat
  • Penjadwalan Reels Instagram dengan reminder
  • Hashtags di komentar pertama dan auto posting
  • Melakukan penandaan lokasi dan pengguna
  • Melakukan penandaan tag produk yang dapat pelanggan beli
  • Tautan di bio instagram

Untuk mendapatkan semua fitur SkedSocial tersebut, Anda harus membayar mulai dari $25 atau sekitar Rp 357 ribu per bulan.

7. Salesforce – Marketing Technology Tools Untuk CRM

Berhasil mengelola hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci sukses untuk mengembangkan bisnis. Apalagi sekarang, pengalaman pelanggan memiliki nilai sangat penting bagi perkembangan bisnis.

Saat ini, biaya dan kualitas produk tidak lagi menjadi alasan utama konsumen bertahan untuk membeli produk dari suatu brand (customer loyalty). Sebab, pelanggan lebih menyukai bisnis yang menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik.

Karena itu, aplikasi CRM Salesforce saat ini sangat penting digunakan untuk mengelola hubungan bisnis dan pelanggan yang lebih baik. Salesforce adalah salah satu CRM yang paling populer dan baik digunakan saat ini.

Perangkat lunak ini dapat membantu bisnis untuk melakukan otomatisasi pemasaran, manajemen leads, data penjualan, dan fitur partner managemen. Jika Anda tertarik menggunakan CRM Salesforce, Anda bisa mulai berlangganan Salesforce dengan harga mulai dari $25 atau sekitar Rp 357 ribu per bulan.

Selain jenis-jenis marketing technology tools di atas, masih ada tools lainnya yang dapat Anda gunakan, seperti:

  • Landbot – Aplikasi Chatbot
  • Clearbit
  • Crazy Egg
  • Demandbase – Ad Tech
  • ClickUp – Task Management
  • Mixpanel – Analytics
  • Zoom – Video Conferencing & Streaming
  • Voluum – Affiliate Marketing
  • Segment – Customer Data Infrastructure
  • Wistia – Video Hosting & Marketing
  • Aircall – Cloud Calling
  • Uberflip – Content Marketing & Management
  • Trackr – Influencer Marketing
  • Prisync – Product Pricing
  • Fomo – Social Proof for your Website

Itulah beberapa jenis marketing technology tools terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk Anda gunakan pada proses marketing bisnis. Sebelum Anda memutuskan membeli atau berlangganan  paket tertentu, sebaiknya Anda harus benar-benar mempertimbangkannya. Apakah martech tools tersebut benar-benar perusahaan Anda butuhkan atau tidak.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.