Menggunakan Media Buying untuk Branding Bisnis dan Tingkatkan ROI

media buying adalah

Dewasa ini, jenis strategi pemasaran dengan media digital atau digital marketing menjadi sangat populer seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Contoh digital marketing yang paling sering dimanfaatkan oleh perusahaan adalah media buying.

Maka tak heran apabila media buying sendiri kini menjadi bidang yang sedang berkembang pesat. Bahkan, menurut Business Wire, bidang ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan revenue, dari $54,78 miliar menjadi $59,56 miliar pada tahun 2021.

Lantas, apa itu media buying dan bagaimana cara mengoptimalkannya untuk strategi pemasaran?

Apa Itu Media Buying?

Melansir dari Hubspotmedia buying adalah salah satu paid marketing dengan melakukan pembelian iklan dari perusahaan media seperti stasiun televisi, surat kabar, majalah, blog, atau situs web.

Tujuan dari strategi ini adalah untuk menemukan dan membeli ruang iklan di platform yang relevan dengan kebutuhan target audiens suatu bisnis. Metode ini memerlukan negosiasi untuk menentukan harga dan penempatan iklan, serta riset lokasi terbaik dalam hal penempatan iklan.

Proses media buying sendiri dapat dilakukan melalui media digital dan tradisional marketing. Maka dari itu, perusahaan perlu mencari ruang iklan secara bersamaan di TV dan radio, serta YouTube atau situs web ternama lainnya.

Ketika perusahaan menerapkannya secara efektif, metode ini bisa memberikan eksposur yang baik untuk meningkatkan branding bisnis di mata target audiens. Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi dari perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand.

Hal ini karena media buying secara langsung akan mendorong brand agar bisa terlihat dengan mudah oleh para target audiens. Bukan cuma itu, metode pemasaran ini juga ternyata efektif untuk menghasilkan angka ROI dengan tren nilai yang positif.

ROI atau return on investment adalah rasio yang menunjukkan hasil dari jumlah aktiva yang digunakan dalam perusahaan atau suatu ukuran tentang efisiensi manajemen. Sehingga perusahaan bisa mengetahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

Baca Juga :

Manfaat Media Buying

Kunci kampanye pemasaran yang sukses adalah lebih dari sekadar penggunaan slogan yang mampu menarik perhatian target audiens secara berulang. Untuk membangun kampanye yang bisa mendorong ROI pemasaran, marketer harus memiliki pesan yang kuat, sehingga dapat menjangkau audiens pada waktu dan harga yang tepat.

Menurut Advendio, berikut adalah manfaat media buying untuk perusahaan:

  • Penghematan biaya. Strategi ini memiliki salah satu ROI tertinggi dalam digital marketing campaign.
  • Perusahaan bisa terhubung dengan leads terbaik. Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan bisnis setelah membaca sebuah kampanye pemasaran. Leads ini bisa menjadi pelanggan potensial dan berpotensi untuk membeli produk atau layanan.
  • Dapat memonitor proses kerja dengan lebih mudah.
  • Integrasi menyeluruh untuk campaign atau kampanye pemasaran. Campaign adalah strategi dalam mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis.
  • Meningkatkan brand awareness dengan cepat.
  • Meningkatkan reach. Reach adalah jumlah orang yang melihat konten atau iklan Anda.

Jenis-Jenis Media Buying

jenis media buying

Menurut Marketing91, strategi pemasaran ini terbagi lagi menjadi 2 kategori yang berbeda. Hal ini supaya perusahaan dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut adalah jenis media buying yang perlu Anda ketahui :

1. Direct Media Buy

Jenis yang pertama yang adalah direct media buy.

Dengan metode ini, media buyer harus mengembangkan hubungan dengan penerbit untuk menegosiasikan inventaris iklan. Sebagai contoh, mereka harus berkomunikasi dengan pemilik majalah untuk memasang iklan produk di edisi mendatang.

Jenis media buying satu ini sebenarnya sudah cukup jarang, khususnya sejak kalah populer daripada digital marketing seperti Blog Marketing, Email Marketing, atau pun pemasaran melalui media sosial (Instagram Marketing, Facebook Marketing, Twitter Marketing).

Namun, perusahaan besar masih menggunakannya untuk memperluas jangkauan mereka terhadap target pasar.

2. Programmatic media buy

Jenis selanjutnya adalah programmatic media buy. Dengan metode ini, para media buyer menyalurkan pembelian menggunakan teknologi yang sudah ter-otomatisasi.

Metode ini adalah salah satu langkah integral dari pembelian media dalam iklan yang terprogram. Perusahaan yang ingin membeli ruang iklan pada platform-platform digital biasanya lebih memilih menggunakan metode yang satu ini.

Baca Juga :

Tahap Kerja Media Buying

Meskipun terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda, tetapi tahap kerja dalam media buying sebenarnya tetaplah sama. Proses pelaksanaannya terdiri atas 3 tahapan yang saling berhubungan.

Marketer pun harus menyelesaikan semua tahap kerjanya apabila ingin mendapatkan ruang iklan yang optimal. Melansir dari Smarty Ads, berikut adalah tiga tahap tersebut:

  • Pre-launching: Yaitu tahap persiapan dan analisis terkait ruang iklan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan serta minat target audiens.
  • Campaign launch: Tahap pemilihan media dan penerbitan iklan. Marketer perlu melihat hasil yang yang akan mereka dapatkan dari iklan tersebut.
  • Post launch reflections: Tahap akhir di mana marketer menganalisis semua kekurangan dan kelebihan iklan yang mereka luncurkan.

Itulah ulasan mengenai media buying. Metode ini adalah proses negosiasi dan pembelian ruang iklan pada platform tradisional dan modern. Metode ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan reach dan menaikkan awareness, serta menghasilkan angka ROI yang tinggi.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya apabila Anda mencoba metode pemasaran ini sebagai salah satu strategi business development agar perusahaan semakin berkembang.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :