Memahami Fitur Analisis Data Dengan Microsoft Power BI

microsoft power bi

Analisis data dengan Power BI menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menjadikan sebuah data menjadi hal yang berguna. Software Microsoft Power BI menjadi alternatif bagi anda yang tidak terlalu mahir dengan langkah teknis dalam melakukan analisis data perusahaan.

Aplikasi Power BI merupakan tools yang lengkap untuk memvisualkan data bisnis. Jadi sebagai pebisnis, tidak boleh melewatkan tools satu ini.

Apa itu Microsoft Power BI

Perusahaan saat ini tidak boleh melewatkan fungsi data di era informasi. Sumber informasi ini tidak hanya sebatas untuk menilai kinerja saja. Tapi memiliki fungsi untuk menyusun strategi bisnis. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya dengan lebih baik.

Namun, tidak semua orang mampu memahami langkah teknis dalam mengolah data. Kita tidak bisa langsung menggunakan data mentah atau raw data. Kita akan sulit membaca dan menarik kesimpulan dari data mentah.

Microsoft power BI menjadi salah satu alternatif bagi permasalahan tersebut. Software ini berfungsi dalam menggabungkan, menganalisis, memvisualisasikan, hingga membagikan data siap saji tersebut. Fitur-fitur tersebut menggunakan tampilan yang intuitif.

Software microsoft power BI ini juga terintegrasi dengan produk-produk Microsoft lainnya seperti Excel dan Azure. Terintegrasinya produk Microsoft akan memudahkan dalam proses pengolahan data.
Anda dapat menggunakan Microsoft Power BI dengan versi seperti :

  • Power BI Desktop. Versi ini berupa aplikasi Windows
  • Power BI Service. Versi ini berupa layanan software-as-a-service yang berbentuk online
  • Aplikasi HP Power BI. Versi ini untuk iOS dan Android
  • Power BI Report Builder dan Power BI Report Server. Versi ini berupa tool-tool khusus untuk pembuatan laporan.

Baca Juga:

Jenis Fitur Pada Microsoft BI

Sebelum melakukan Analisis Data Dengan Power BI. Kita harus memahami fitur pada microsoft power BI, sebagai berikut:

1. Beragam Visualisasi

Visualisasi menjadi hal yang sangat penting untuk memudahkan pengguna dalam membaca data.
Kita akan menjadi mudah membaca data ketika angka pada data mentah diubah ke bentuk pola atau trend tertentu.

Microsoft Power BI menjadi software yang tepat bagi visualisasi data. Aplikasi ini menyajikan berbagai pilihan grafik data yang mudah untuk dibaca. Kita jadi bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan atau selera.

2. Laporan menjadi lebih responsive dan interaktif

Kita sering memiliki kendala karena ukuran dan jenis font yang tidak sesuai. Terutama saat kita menampilkan data tersebut di perangkat berbeda. Ukuran dan jenis font menjadi tidak bisa terbaca oleh perangkat berbeda.

Sebagai contoh, ketika menggunakan laptop, anda merasa sudah menggunakan ukuran dan jenis font yang tepat dan nyaman. Ketika kita menampilkannya di smartphone. Hasilnya menjadi tidak nyaman untuk dibaca. Berbeda dengan yang ditampilkan di laptop.

Masalah ini dapat kita atasi ketika menggunakan Microsoft Power BI. Aplikasi ini membantu kita membuat laporan yang responsif dan interaktif. Pembaca jadi lebih mudah membaca dengan nyaman. Karena tampilannya dapat menyesuaikan gadget yang digunakan.

3. Memprediksi trend data

Microsoft Power BI juga mempunyai fitur yang dapat melakukan kegiatan data forecasting. Data forecasting atau memprediksi data menjadi hal yang penting ada, apabila anda ingin melihat kecenderungan kondisi kedepan dengan data yang ada.

4. Membuat analisis yang real-time

Perubahan data yang terus terjadi setiap waktu menyebabkan analisis yang juga ikut berubah.
Dengan fitur analisis real-time, kita bisa menampilkan laporan dengan lebih akurat. Analisis yang kita buat akan lebih efektif juga karena menggunakan data terbaru.

Data terbatu sangat penting bagi sebuah bisnis. Karena data lama memiliki kondisi variabel yang berbeda dengan kondisi terbaru saat ini.

Pebisnis sekarang harus mengikuti perkembangan zaman yang serba capat. Sehingga kebutuhan akan analisis real time menjadi sangat penting.

Software Power BI memiliki fitur yang dapat melakukan proses tersebut. Kita bisa menerapkan pengaturan data realtime. Sehingga tim analisis data perusahaan memiliki informasi yang terbaru setiap saat.

Ketika perusahaan sudah membuat analisis dengan maksimal. Langkah selanjutnya adalah mengetahui cara menarik kesimpulan. Dan mengetahui cara membaca hasil dari analisis.

Sehingga Perusahaan akan mendapatkan kesimpulan dan hasil analisis. Kemudian hasilnya akan digunakan untuk menghasilkan keputusan bisnis yang berkualitas.

Untuk menghasilkan kesimpulan yang tepat, anda harus memiliki skill berpikir kritis dalam melihat dan juga memecahkan suatu permasalahan. Kemampuan tersebut harus diasah terus menerus melalui berbagai cara, seperti banyak membaca dan menyimpulkan buku.

Microsoft Power BI

Kita dapat mengunduh dan menggunakan software Microsoft Power BI secara gratis. Tetapi Microsoft Power BI versi gratis fiturnya terbatas. Sehingga tidak semua fitur analisis data dapat kita gunakan.
Untuk bisa mendapatkan dan menggunakan secara lengkap semua fitur yang ada pada Microsoft Power BI anda harus membayar. Tersedia pilihan yang bisa anda ambil sesuai dengan kebutuhan, berikut merupakan pilihan tersebut:

1. Power BI Pro

Harga yang ditawarkan untuk jenis ini sebesar 9.99 dollar AS untuk setiap pengguna per bulan. Tetapi paket ini tersedia gratis bagi anda yang telah menjadi pelanggan Microsoft 365 E5.
Fitur dari Power BI Pro diantaranya:

2. Power BI Premium

Power BI Premium menawarkan 2 jenis harga yang dapat anda pilih, yaitu:

  • Berdasarkan jumlah pengguna. Pilihan ini mematok harga sebesar 20 dollar AS untuk setiap pengguna per bulan nya.
  • Berdasarkan kapasitas penggunaan. Pilihan ini mematok harga sebesar 4.995 per dollar AS untuk kapasitas tertentu per bulan-nya.

Fitur yang ditawarkan oleh Power BI Premium diantaranya:

  • Semua fitur yang terdapat pada Power BI Pro
  • Advanced AI
  • Self-service data prep untuk big data

Tampilan Utama Pada Power BI

microsoft power bi

Terdapat tiga area kerja utama pada tampilan di Power BI. Pertama adalah tampilan Laporan, kemudian tampilan Data, dan terakhir tampilan Relasi. Selain itu, terdapat tampilan Editor Kueri pada jendela yang terpisah.

Tampilan Laporan memiliki lima area utama, yaitu Pita, tampilan laporan, area tab halaman, panel visualisasi, dan panel bidang berisikan elemen kueri dan filter yang dapat diseret ke tampilan laporan.

Tampilan Data memiliki tiga area utama yaitu Pita yang berisi tab pemodelan, Panel Pusat yang menampilkan data untuk tabel yang dipilih, dan panel bidang yang berfungsi sebagai pengontrol bidang yang akan ditampilkan.

Pada Editor Kueri berfungsi untuk membuat kueri dan mengubah data, untuk dimuat pada model data yang disempurnakan ke Power BI Desktop. Empat area umum pada Editor Kueri yaitu pita, panel kiri, panel pusat, dan jendela pengaturan kueri.

Langkah Memproses Data Power BI

Pertama adalah dengan mengintegrasikan data ke dalam power BI Desktop. Hal ini termasuk membersihkan data dengan menghapus kolom yang tidak diperlukan.

Kedua adalah meningkatkan model data. Langkah ini menjadi proses yang cukup memakan waktu. Tetapi hasil dari proses ini akan menunjukkan beberapa hal menarik dari data yang dimiliki.

Ketiga adalah membuat visualisasi laporan. Langkah ini yang sering disebut sebagai analisis data, karena mencakup menemukan pola dalam data kita. Empat macam visualisasi yang akan dibuat adalah diagram kolom yang menunjukkan proyek hari versus actual proyek, diagram kolom yang menunjukkan varians setiap proyek, kartu yang menampilkan proyek yang telah ditunda terlama, dan tabel yang menunjukkan waktu antara persetujuan proyek dan proyeksi tanggal mulai.
Demikian pembahasan mengenai analisis data dengan Power BI. Semoga bermanfaat.

Untuk menerapkan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: