Cara Membangun Brand Authority

membangun brand authority

Terjun ke dunia marketing, kita harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk dapat mencapai target penjualan produk atau jasa. Salah satunya dengan memperhitungkan brand authority yang mungkin masih terdengar asing  bagi sebagian marketer. Sebenarnya, bagaimana cara membangun brand authority yang baik dan benar?

Bagi yang ingin terjun ke dunia marketing, sebaiknya jangan mengabaikan brand authority. Membangun Brand Authority penting, karena ini akan meningkatkan kepercayaan klien terhadap bisnis kita miliki.

Pengertian Brand Authority

Meningkatkan digital marketing campaign tidak bisa lepas dari aspek-aspek yang mendorongnya. Salah satunya adalah brand authority yang ternyata juga bisa meningkatkan ROI. Maka tak heran jika membangun brand authority kerap kali menjadi prioritas bagi pelaku marketing.

ROI atau return on investment adalah rasio yang menunjukkan ukuran tentang efisiensi manajemen. Dengan begitu, bisa diketahui dengan jelas tingkat profitabilitas dari suatu investasi.

Ketika kita memiliki perusahaan, memikirkan jenis strategi marketing yang baik perlu kita lakukan. Sebelum mengetahui mengenai cara melakukan brand authority yang bagus, sebaiknya pahami dulu deskripsinya. 

Jadi, brand authority adalah kemampuan suatu perusahaan untuk mempengaruhi industri yang berkembang. Pada dasarnya, istilah dalam dunia marketing tersebut berfokus pada dampak yang dihasilkan brand kepada konsumen dan kompetitornya. 

Mengapa Brand Authority Sangat Penting untuk Bisnis?

Ketika kita memiliki bisnis, Brand Authority sangat penting. Karena Brand authority biasanya dihubungkan dengan reputasi yang diraih brand karena beberapa faktor. Misalnya pemahaman brand mengenai industri, kemampuan menepati janji kepada pelanggan, serta efektivitas produk atau layanan brand.

Brand authority juga berarti bentuk kepercayaan dari konsumen kepada brand dan sejauh mana mereka menganggap brand tersebut sebagai solusi terbaik. 

Akhir-akhir ini, membangun brand authority dan brand awareness secara online bisa meningkatkan keuntungan bisnis secara cepat. Jika kedua hal tersebut berjalan beriringan, maka bisa menarik klien potensial secara online. 

Hal ini pula yang akan memperkuat efek dari usaha Anda memasarkan produk atau jasa secara online. Pada dasarnya, semakin banyak pelanggan yang berusaha mempercayai bisnis Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk menyebarluaskannya.

Baca Juga :

Cara Membangun Brand Authority yang Baik dan Benar

Kita dapat membangun brand authority dengan meningkatkan visibilitas bisnis. Tidak hanya secara online, melainkan dengan meningkatkan content marketing dan SEO. Namun, langkah berikutnya memang menjadi opsi tersendiri bagi pelaku bisnis. 

Namun yang pasti, Anda harus mengetahui cara membangu brand authority yang baik dan benar. Anda dapat menerapkan cara membangun Brand Authority untuk bisnis dengan metode berikut.

1. Gunakan Konten On Site Berkualitas

Berdasarkan riset dari Yokel Local, salah satu strategi jitu untuk meningkatkan brand authority adalah memanfaatkan konten on site. Trik ini salah satu yang paling populer dan memang terbukti efisien untuk dicoba. 

Kita tahu bahwa konten website yang baik dapat meningkatkan kredibilitas brand. Namun, menciptakan konten untuk website tidak boleh sembarangan. 

Anda harus membuat konten yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda miliki. Agar website Anda miliki memiliki kualitas yang baik, sehingga leads merasa nyaman dan dengan mudah melakukan pembelian, berlangganan atau mendapatkan informasi dari konten yang bermanfaat.

Leads adalah sekumpulan pelanggan yang menanggapi atau menunjukkan minat pada produk atau layanan. Lead ini bisa menjadi pelanggan potensial.

2. Memposting Konten secara Rutin

Jika ingin meningkatkan kredibilitas brand, salah satunya dengan menghadirkan situs perusahaan. Perlahan tapi pasti, upaya ini bisa meningkatkan brand authority secara signifikan.

Apalagi jika konten kita update secara rutin dan konsisten. Hal ini ternyata dapat meningkatkan customer loyalty.

Anda juga harus membuat konten yang relevan. Agar setiap konten yang diupdate lebih disukai pelanggan.

Jadi dengan Anda memposting konten secara rutin. Hal ini dapat membuat konsumen kembali untuk melihat konten yang Anda buat.

3. Memilih Brand Voice untuk Bisnis

brand voice untuk brand authority

Cara meningkatkan brand authority berikutnya adalah dengan mencari brand voice. Kita dapat menggunakan Brand voice untuk meningkatkan minat konsumen.

Adapun pembentukkan brand voice sendiri perlu memperhatikan beberapa elemen. Mulai dari kondisi bidang industri itu sendiri, audiens, niche bisnis, dan jenis otoritas yang sesuai keinginan brand. 

Contohnya ketika sebuah perusahaan makanan ringan, sebaiknya menentukan brand voice yang ramah dan informal. 

Dengan demikian, konten dan interaksi yang ditampilkan secara online bisa dipahami dengan baik. 

Anda dapat membuat percakapan dengan teman untuk membahas makanan ringan tersebut. Sehingga proses kita memperkenalkan produk akan mudah tersampaikan. Dan cara ini juga sangat baik, jika kita mencari target pasar para milenial.

Baca Juga :

4. Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran

Saat ini, sebagian besar orang memang tidak bisa lepas dari media sosial. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk bermain media sosial setiap harinya. Pada dasarnya, hal ini merupakan peluang yang bagus bagi pemilik bisnis. 

Perusahaan bisa terhubung dengan konsumen dan partner bisnis yang potensial. Dengan menggunakan media sosial untuk pemasaran, Anda lebih mudah membagikan konten dan informasi mengenai produk atau jasa. 

Apalagi jika Anda menyajikan konten yang menarik dan berkualitas. Dengan cara ini kita dapat membuat brand lebih dikenal khalayak luas. Apalagi sudah banyak platform media sosial yang mendukung digital marketing, misalnya Instagram marketing dan Facebook marketing

Platform media sosial saat ini memang sangat mendukung penjualan produk atau jasa bagi penggunanya. Banyak pelanggan yang mengetahui suatu produk melalui media sosial. Hal ini membuktikan bahwa media sosial menjadi jalan baru untuk mencapai kesuksesan dalam usaha.

Menggunakan strategi seperti ini akan membantu pemilik bisnis untuk membangun kepercayaan pelanggan. Artinya, secara tidak langsung brand authority Anda juga akan meningkat pesat. 

5. Membangun Kepercayaan Pelanggan secara Konsisten

Rasanya berbagai upaya membangun brand authority tidak akan berhasil lama jika tanpa konsistensi. Karena itu Anda harus menyebarkan pesan secara konsisten.

Brand consistency menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan jika ingin bertahan dalam dunia usaha.

Pada dasarnya, konsisten memberikan konten berkualitas untuk pelanggan bisa membangun harapan dan kepercayaan. Adapun arti menjadi konsisten sendiri berarti bisa diandalkan. Oleh karena itu, brand tidak boleh mengabaikan konten dan produk yang terpercaya. 

Manfaat Penggunaan Brand Authority

Kita tahu bahwa brand authority penting bagi pelaku bisnis. Karena brand authority memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Brand Anda akan jauh lebih unggul di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, jika menerapkan strategi ini.

Berikut ini beberapa manfaat membangun brand authority untuk suatu bisnis atau perusahaan.

  • Menambah kepercayaan pelanggan
  • Mempertahankan customer yang loyal
  • Menarik minat investor dan influencer
  • Membantu bisnis mengumpulkan backlink secara alami
  • Tingkat pengunjung situs (traffic website) menjadi pelanggan lebih tinggi
  • Merupakan strategi yang ampuh untuk mengembangkan content marketing
  • Mempermudah filter kebutuhan pelanggan brand

Membangun brand authority menjadi salah satu strategi sukses yang bisa dilakukan pebisnis. Berbagai keuntungan bisa dengan mudah didapatkan dengan brand authority yang baik. Tentunya, hal ini tidak bisa lepas dari konten dan informasi yang dibuat. 

Selain itu, konsistensi juga harus dikedepankan bagi pemilik badan usaha. Tanpa konsistensi, posisi brand mungkin saja tergeser dengan kompetitor lain. Tidak hanya itu, brand authority bisa meningkatkan penjualan lebih signifikan. Terlebih jika Anda bisa memanfaatkan media online secara maksimal. 

Baca Juga :