Panduan Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Perusahaan Atau Startup

membuat artikel seo friendly

Membuat artikel SEO friendly tidaklah semudah yang kita menuliskan artikel pada umumnya, karena selain disuguhkan untuk pembaca artikel tersebut juga harus ramah dengan mesin pencari. Sehingga membuat artikel yang kita buat di sebuah halaman website akan dengan mudah ditemukan di mesin pencari dan mendapatkan banyak pengunjung.

Bagaimana cara membuat artikel yang dicari banyak orang? Pertama-tama Anda perlu membuat konten berkualitas yang memberikan nilai bermanfaat, membantu pembaca menemukan jawaban, atau membantu mereka memecahkan masalah. Mengidentifikasi dan memahami apa yang banyak orang cari adalah langkah pertama untuk membuat artikel berkualitas dan bermanfaat. Pelajari : SEO Untuk Branding Sebuah Perusahaan

Mengapa Kita Perlu Membuat Artikel SEO Friendly?

Membuat artikel SEO Friendly adalah salah satu faktor penting ketika mesin pencari memindai situs web Anda untuk menentukan relevansi konten dan frasa kata kunci. Jika Anda menggabungkan konten artikel dan SEO dengan benar dengan teknik pengoptimalan situs web yang ramah mesin pencari, kemungkinan halaman website Anda akan memiliki posisi tinggi di halaman pertama pencarian.

Baca Juga :

Manfaat Artikel SEO Friendly

  • Mengidentifikasi kata kunci pada sebuah artikel agar mudah dicari di mesin pencari seperti Google.
  • Memudahkan Google untuk memahami konten artikel suatu website agar dapat diidentifikasi untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.
  • Peningkatan kualitas dan relevansi antara konten dan kata kunci, yang dinilai lebih tinggi dalam skor kualitas.
  • Melatih keterampilan menulis yang lebih baik.
  • Meningkatkan lalu lintas untuk sebuah website sehingga akan memiliki lebih banyak pelanggan potensial dari mesin pencari, meningkatkan efisiensi penjualan dan meningkatkan pendapatan.
  • Membuat artikel SEO Friendly juga dapat membantu Anda menghasilkan uang dari Blog atau untuk kepentingan komersialisasi perusahaan.

Bagaimana Cara Menulis Artikel Yang Ramah Untuk Pengguna Dan Mesin Pencari?

Dalam membuat artikel SEO Friendly harus memastikan faktor-faktor berikut:

  • Buatlah tulisan yang menarik membawa informasi berharga yang berguna bagi pembaca
  • Tawarkan sudut pandang baru atau unik pada topik yang dibahas
  • Berikan informasi berguna di awal artikel yang membuat pembaca ingin terus membacanya
  • Membuat judul yang menarik untuk setiap artikel yang dibuat
  • Bagi artikel menjadi paragraf pendek tidak lebih dari 4 baris
  • Gunakan sub-judul untuk menyusun artikel
  • Gunakan kata kunci dan frasa terpenting dalam artikel di paragraf pertama
  • Kepadatan kata kunci yang disarankan adalah dari 0,5 – 1,5% . Jangan terlalu sering menggunakan kata kunci atau keyword. Tambahkan kata kunci secara alami di seluruh artikel mengikuti alur dalam sebuah artikel.
  • Sertakan kata kunci dan frasa kunci terpenting di Heading <H1>, dan subheading <H2>, <H3>
  • Sorot konten penting yang mengandung kata kunci dalam huruf tebal atau miring
  • Pastikan tata bahasa benar dan bebas dari kesalahan ejaan
  • Mirip dengan kalimat pertama, kata kunci juga perlu berada di kalimat terakhir untuk lebih menekankan kata kunci.
  • Membuat konten artikel berkualitas yang ingin dibaca orang dan di-indeks oleh mesin pencari. Jangan terlalu berlebihan dalam mengoptimasi artikel untuk dibaca mesin pencari.

Anda bisa bermitra digital marketing agency untuk merancang strategi SEO untuk website perusahaan atau startup anda, hal akan membantu lebih baik untuk perusahaan anda.

Merancang artikel SEO fiendly bisa dilakukan untuk mengembangkan metode Inbound Marketing, dimana produk atau bisnis anda bisa menjadi magnet perhatian dari pengguna. Kekuatan SEO akan di manfaatkan untuk melakukan nurturing dari Leads Customers yang masuk. Hal ini sangat efektif agar anda bisa tetap menjangkau pelanggan di setiap fase. Pelajari : Pengertian Inbound Marketing

Langkah Membuat Artikel SEO Friendly

Langkah-Langkah Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru 2021

Berikut ini kami akan berikan langkah-langkah membuat artikel SEO Friendly terbaru melalui 5 langkah:

1. Menentukan Topik dan Kata Kunci

Tentukan Topik

Langkah pertama dalam membuat artikel SEO friendly adalah menentukan topik dan kata kunci yang tepat. Anda perlu mengidentifikasi topik utama dan kemudian meneliti topik untuk mengeksplorasi dan memperluas cakupan topik, langkah riset ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak ide untuk membuat artikel yang bagus.

Ketika meneliti suatu topik Anda harus menempatkan diri Anda sebagai pembaca, sehingga Anda akan benar-benar ingin menggali lebih dalam tentang topik tersebut, mengetahui masalah yang dihadapi, mengetahui pertanyaan yang dicari jawabannya, dll.

Riset Kata Kunci

Untuk mempermudah pencarian topik ini dalam teknik SEO, kita harus menggunakan Kata kunci atau disebut juga dengan keyword. Dengan melakukan riset kata kunci dengan volume pencarian besar, ini menandakan kata kunci tersebut banyak dicari oleh pengguna di internet.

Jadi ketika kamu menuliskan artikel dengan kata kunci tersebut, potensi artikel tersebut memiliki banyak pembaca lebih besar. Mendapatkan kata kunci yang tepat akan membantu Growth Hack Marketing semakin lebih cepat. Pelajari: Mengenal Growth Hacking Marketing

Selain itu dalam menentukan kata kunci dalam SEO, carilah kata kunci dengan persaingan kecil sehingga memudahkan artikel yang dibuat nantinya akan menempati posisi teratas di mesin pencari dengan mudah. Apalagi jika kata kunci tersebut masih belum banyak yang menulisnya dan kompetitornya bukanlah website-website besar.

Selain itu, ketika kamu ingin menentukan kata kunci dalam membuat artikel, pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan niche blog yang ingin kita miliki. Sehingga konten yang dibuat akan relevan dengan website yang kita miliki. Misal kamu memiliki website pet shop, maka kata kunci yang berhubungan misalnya cara merawat kucing, pakan kucing terbaik dan lainnya.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, kamu memerlukan alat riset keyword atau kata kunci. Ada banyak tools riset kata kunci gratis yang bisa kita gunakan seperti keywordtool.io, Google Keyword Planner, Ubersuggest dan lainnya.

Baca Juga :

Contoh Riset Kata Kunci

Menentukan Topik dan Kata Kunci

 

Disini kita coba melakukan riset kata kunci “Tips Perawatan Kucing” di Ubersuggest. Disini menghasilkan volume pencarian 171 yang sedikit, tetapi memiliki tingkat kesulitan 19 yang artinya persaingannya sangat rendah ketika kita membuat artikel dengan kata kunci tersebut. Jika ingin membuat artikel dengan persaingan rendah carilah kata kunci dengan tingkat kesulitan kurang dari 50.

2. Mengidentifikasi Niat Audiens (INTENT)

Ketika kita membuat artikel SEO Friendly kita perlu mengidentifikasi niat audiens (INTENT) dan membuat konten yang memenuhinya. Dalam membuat konten artikel yang baik perlu memahami kebutuhan dan tujuan pembaca, membantu mereka mendapatkan jawaban, dan mendapatkan solusi untuk memecahkan masalah.

Jadi ketika pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan di website yang kita miliki dan berlama-lama membaca artikel tersebut. Ini membuat google beranggapan bahwa artikel yang kita buat sangat bermanfaat dan bisa mendapatkan rangking tinggi.

Untuk mengetahui intent dari pengguna internet sekarang sangat mudah, cukup mengintip artikel dari kompetitor kita di hasil pencarian google. Kita kasih contoh memasukan kata kunci ” makanan anjing terbaik ” di google.

Mengidentifikasi Niat Audiens (INTENT)

Di halaman pencarian google (SERP) tersebut kita bisa melihat beberapa artikel yang dibuat oleh kompetitor. Tugas kamu adalah membuat artikel yang lebih banyak pembahasan di dalamnya dan tuliskan artikel-artikel yang berhubungan dengan kata kunci tersebut agar kamu bisa menang dari kompetitor.

3. Buat Artikel Yang Unik

Artinya kamu harus menuliskan artikel yang berbeda dengan yang disajikan oleh kompetitor. Kamu harus bisa menuliskan artikel yang memiliki kelebihan di dalamnya dibandingkan artikel yang sudah ada di Internet.

Sehingga dengan konten yang unik dan original ini akan membuat artikel Anda buat disukai oleh Google dan mendapatkan peluang untuk memperoleh ranking tinggi di mesin pencari. Artinya artikel yang kamu buat tidak boleh asal copy paste.

4. Memperhatikan Struktur Artikel

Dalam membuat artikel SEO Friendly struktur artikel juga memainkan peran penting. Umumnya artikel terdiri dari 3 bagian yaitu prolog atau pembuka, isi dan epilog atau kesimpulan. Jadi saat membuat artikel SEO usahakan memiliki 3 bagian ini secara utuh. Dan usahakan setiap kalimat ditulis ringkas dan mengandung garis besar dari topik utama yang kamu bahas dan saling berhubungan.

  • Perhatikan Paragraf Pembuka
    Dalam artikel SEO, paragraf pembuka adalah bagian penting yang tidak boleh terlewatkan agar artikel ramah bagi pembaca dan mesin pencari. Di paragraf pembuka ini kita harus menambahkan kata kunci dengan kata-kata yang juga menjawab inent dari pembaca. Contoh paragraf pembuka :
    Apakah kucing peliharaan tidak nafsu makan? Mungkin kamu membutuhkan salah satu dari 10 Rekomendasi makanan kucing terbaik yang bergizi dan bisa menambah nafsu makan yang akan kami jelaskan disini.
  • Tulis Artikel Secara Ringkas
    Agar membuat pembaca nyaman, dalam menuliskan artikel usahakan setiap paragraf di dalamnya tuliskan secara ringkas dengan menuliskan maksimal 3 sampai 4 baris saja.
  • Artikel Berfokus Pada 1 Topik
    Selain itu dalam menuliskan satu artikel yang bermanfaat, usahakan kamu juga hanya berfokus pada 1 topik pembahasan. Jangan membuat konten yang tidak berhubungan dengan topik utama yang dibahas.
  • Tidak Berlebihan Memasukan Kata Kunci
    Walaupun Artikel SEO yang bagus harus memasukan kata kunci di dalam artikel, tetapi kita tidak boleh berlebihan dalam memasukan kata kunci. Ketika kamu membuat artikel 500 kata, kamu cukup memasukan 3 sampai 5 kata kunci yang tersebar merata di paragraf awal, isi dan penutup.
  • Masukan Internal Link dan External Link
    Agar artikel lebih bermanfaat dan memiliki keterkaitan antar artikel satu dengan lainnya. Kamu bisa menambahkan internal link ke halaman lain dari website yang kamu miliki. Dengan memasukan internal link ini sangat bermanfaat untuk membantu Google mengindeks website Anda dengan lebih baik.

5. Tambahkan Gambar

Dalam artikel penambahan gambar atau konten visual akan membuat artikel lebih SEO Friendly dan lebih disukai pembaca. Pastinya dari kita akan lebih tertarik dengan sebuah artikel yang menyajikan banyak konten visual seperti ilustrasi atau infografis untuk memahami suatu artikel dengan lebih cepat.

Selain itu menambahkan gambar dalam suatu artikel yang diberi alt text juga akan memudahkan google untuk mengindeks gambar tersebut agar bisa masuk ke pencarian google image. Dari penelusuran google image ini kita juga bisa mendapatkan pengunjung.

Baca Juga :

6. Memanfaatkan Heading

Dalam menuliskan artikel SEO, kita juga harus memanfaatkan heading dengan lebih baik. Heading 1 sampai Heading 6 adalah heading yang bisa kita gunakan dalam 1 artikel. Umumnya heading 2 digunakan sebagai judul utama sebuah artikel, untuk heading 3 atau H3 digunakan untuk menjelaskan bagian dari H2. Dalam prakteknya penggunaan heading paling umum digunakan adalah H1, H2 dan H3 saja.

7. Optimalkan Panjang Artikel

Jika kamu ingin bersaing dengan kompetitor, untuk membuat artikel SEO Friendly terbaik adalah menuliskan artikel dengan panjang artikel yang lebih panjang dari kompetitor. Untuk artikel SEO saat ini memiliki kriteria panjang artikel rata-rata 1000 kata sampai 2500 kata.

Jadi mulai hari ini sebelum membuat artikel untuk blog atau website, kamu harus mengikuti panduan lengkap membuat artikel SEO friendly terbaru di atas. Sehingga konten yang kita buat nantinya akan mendapatkan peringkat SEO yang baik di mata mesin pencari, sehingga peluang menempati posisi teratas menjadi lebih besar.