Panduan Membuat Copywriting Untuk Perusahaan

membuat copywriting

Panduan membuat copywriting untuk perusahaan adalah hal penting yang harus perusahaan ketahui, karena dengan mengetahui teknik pembuatan copywriting yang baik produk atau layanan yang perusahaan jual bisa lebih mudah.

Banyak perusahaan mungkin akan melokasikan anggaran pemasaran untuk beriklan baik secara konvensional maupun modern. Tetapi, dengan teknik pemasaran tersebut tidak menjamin keberhasilan suatu iklan untuk mendapatkan banyak penjualan. Apalagi jika teknik promosi pemasaran yang dilakukan asal-asalan. Yang membuat calon konsumen tidak tertarik dengan iklan produk atau layanan yang diiklankan.

Untuk mengurangi kegagalan dalam pemasaran produk, cara termudah dan termurah yang bisa perusahaan pelajari adalah dengan mempelajari teknik copywriting yang baik dan benar. Apa itu yang dimaksud dengan copywriting? Semua tentang copywriting perusahaan, akan kami ulas secara lengkap disini. Sehingga nantinya perusahaan akan lebih berhemat dalam mengalokasikan anggaran iklan dengan menggantinya menggunakan teknik copywriting.

Sebelum membahas tentang panduan membuat copywriting untuk perusahaan secara lengkap, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu copywriting.

Apa Yang Dimaksud Copywriting?

Copywriting merupakan sebuah teknik untuk mengajak pembaca mengikuti segala perintah yang Anda buat. Perintah ini memiliki tujuan dengan menghasilkan konversi untuk membeli, mendaftar, berlangganan atau lainnya.

Dulunya copywriting ini sering digunakan dalam pembuatan advertorial, billboard, sales letter dan media pemasaran dalam bentuk tulisan lainnya. Karena itulah teknik pemasaran satu ini diberi nama copywriting.

Dijaman multimedia yang serba canggih dan modern, copywriting masih dianggap penting. Selain itu teknik copywriting saat ini juga banyak diterapkan diberbagai naskah podcast ataupun naskah video.

Penggunaan copywriting dalam media pemasaran umumnya digunakan pada :

  • Artikel sebuah blog
  • Website landing page
  • Postingan di media sosial
  • Newsletter email
  • Headline dan meta deskripsi pencarian google
  • Judul dan deskripsi video di Youtube
  • Iklan berbayar
  • Mengapa Perusahaan Membutuhkan Copywriting?

Perusahaan membutuhkan teknik copywriting yang baik dan benar, karena dalam penulisan copywriting kita tidak bisa sembarang menulis. Untuk membuat copywriting yang menarik sebagai media promosi, dibutuhkan teknik penulisan yang tepat agar calon konsumen tertarik dengan produk atau layanan bisnis Anda miliki.

  • Jika kamu tidak memahami copywriting dengan baik, maka akan ada beberapa kemungkinan yang terjadi, seperti :
  • Traffic website tidak mengalami kenaikan
  • Tingkat konversi pelanggan yang rendah
  • Postingan di sosial media sedikit respon
  • Artikel sebuah blog jarang dibaca dan dibagikan oleh orang yang membacanya
  • Tidak tertarik mengunduh ebook yang dibagikan
  • Email list jarang ada yang mau mendaftar
  • Pemasaran afiliasi tidak ada peminatnya
  • Dan masalah lainnya.

Dan jika masalah-masalah yang disebutkan diatas perusahaan Anda sedang alami, maka mengetahui teknik copywriting yang baik dan benar wajib Anda ketahui. Sehingga apa yang bisnis Anda tuliskan akan lebih menjual.

Termasuk untuk website juga memerlukan artikel SEO friendly yang harus di rencakan secara khusus, tidak bisa hanya sekedar menulis bisa, namun harus memenuhi kaidah kaidah dan strategi struktur SEO yang benar.

Baca Juga :

panduan membuat copywriting

Panduan Membuat Copywriting Untuk Perusahaan

Disini kami akan memberikan panduan membuat copywriting untuk perusahaan dengan beberapa tahapan yang harus dilalui. Langkah untuk membuat copywriting untuk perusahaan lebih menarik, langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Mempelajari Produk Atau Layanan Perusahaan

Jika kamu tidak bisa mengenali produk, layanan atau konten yang ditawarkan dapat dipastikan kamu tidak akan bisa memasarkan produk atau layanan tersebut dengan baik. Kita harus menuliskan informasi lengkap dalam bentuk deskripsi. Dalam membuat deskripsi produk kamu harus memperhatikan 3 hal berikut :

  • Apa yang unik dan kelebihan dari produk tersebut?
  • Apa saja fitur yang dimiliki produk tersebut?
  • Apakah ada manfaat yang didapatkan konsumen dari fitur produk tersebut?
  • Setelah menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa mendeskripsikan dalam bentuk tulisan dari jawaban pertanyaan tersebut.

2. Memahami Kebutuhan Audiens Anda

Mengenali siapa audiens dari produk yang akan kita jual tidak kalah penting. Karena tidak mungkin kamu akan menawarkan sample produk pertanian kepada orang-orang kantoran. Pastinya orang tersebut tidak akan tertarik sama sekali dengan produk yang ditawarkan bukan?

Selain itu dengan memahami siapa audiens Anda, kamu akan dapat dengan mudah menuliskan sebuah teks pemasaran dengan lebih personal dan tepat sasaran. Untuk mempelajari audiens kamu bisa memberikan survei kepada konsumen bisnis Anda yang sudah ada saat ini.

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki daftar email konsumen, kamu bisa memberikan beberapa survei yang didalamnya berisi beberapa pertanyaan seperti :

  • Apakah yang membuat Anda tertarik dengan produk yang kami tawarkan?
  • Apakah Anda pernah menggunakan produk serupa dengan produk yang kami jual?
  • Bagaimana pengalaman Anda saat menggunakan produk yang kami jual?
  • Apa produk kami jual dapat membantu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari Anda?

Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, kita bisa mengetahui gambaran tentang target audiens dengan lebih personal. Dan ini bisa dijadikan referensi dalam membuat copywriting yang baik di pemasaran selanjutnya.

3. Menentukan Headline yang Memikat

Buatlah sebuah judul atau headline yang membuat orang tertarik untuk membaca atau mengetahui tentang apa yang kita tawarkan. Kita harus lebih kreatif dalam membuat sebuah headline agar terlihat menarik dimata pelanggan, kita juga bisa membuat dengan metode clickbait namun harus dengan perhatian khusus. Untuk membuat judul lebih terlihat menarik, kamu bisa menggunakan trik berikut :

  • Menjelaskan manfaat yang bisnis Anda tawarkan. Contoh : Dengan menggunakan Alat ini, membersihkan rumah bisa selesai dalam waktu 1 jam saja!
  • Membuat pembaca ingin segera membeli produk yang ditawarkan. Contoh : Kesempatan Terbatas Diskon 75% Hanya Untuk 3 Hari!
  • Masukkanlah persentase dalam judul penawaran. Contoh : Menggunakan Software ini, Produktivitas Kerja Karyawan Meningkat 55%!

Baca Juga :

4. Mendukung Headline dengan Lead yang Menarik

Setelah orang tertarik dengan judul atau headline dari copywriting yang kita tulis, setelah itu pastinya audiens akan membaca apa isi dari artikel, landing page atau newsletter tersebut. Untuk mendukung headline yang sudah terlihat menarik, kita juga harus membuat lead yang susah ditolak oleh pembaca dengan cara :

  1. Menunjukan Empati

Cara menunjukan empati audiens kamu bisa gunakan kata kata seperti :

“Pernahkah Anda mengalami hal ini?”
“Anda pastinya mengetahui bahwa masalah ini sangat merepotkan, maka solusi terbaik adalah menggunakan produk ABC.”
“Kita tahu bahwa melakukan hal tersebut adalah merepotkan, maka kami memberikan inovasi terbaru dengan adanya produk ABC untuk mempermudah pekerjaanmu.”

  1. Buatlah Tulisan Memulainya Dengan Sebuah Fakta

Untuk membuat audiens lebih percaya dengan apa yang kita tulis kita bisa mencantumkan beberapa sumber terpercaya untuk digunakan dalam konten utama agar audiens lebih tertarik. Misalnya :

“Riset dilakukan oleh Peneliti di Universitas ABC menunjukan bahwa”
“Berdasarkan fakta di masyarakat, bahwa sebesar 30% orang menggunakan alat konvensional.”
“Telah terbukti selama beberapa tahun bahwa penggunaan Alat ABC dapat mempermudah.”

  1. Membuat Audiens Menjadi Penasaran

Untuk membuat audiens ingin terus membaca teks copywriting yang kita buat sampai selesai, kita bisa menambahkan beberapa kata-kata seperti :

“Penasaran dengan bagaimana fakta ini di lapangan? Simak artikel ini sampai selesai!”

5. Menuliskan Copy yang Berkualitas

Bagian penting dari sebuah copywriting adalah bagian copy. Dalam menuliskan teks di bagian ini kita harus membuat copy yang berkualitas dengan formula :

  1. Tuliskan kata-kata atau sebuah kalimat yang sederhana
  2. Menuliskan untuk satu orang saja tulisan tersebut
  3. Buatlah penjelasan tentang manfaat dan fitur produk bagi audiens
  4. Gunakanlah subheading dalam penulisan teks

PelajariPanduan Membuat Artikel SEO Friendly

6. Mengakhiri dengan Persuasi

Tujuan akhir dari sebuah teks copywriting adalah mengajak audiens untuk melakukan sebuah aksi seperti membeli produk, berlangganan, mendaftar newsletter atau tindakan lainnya. Di bagian akhir ini kamu harus bisa membuat call to action atau CTA. Kamu bisa masukan sebuah tombol, banner atau sebuah formulir untuk diisi oleh audiens. Bentuk dari action ini bisa dalam bentuk tombol Daftar Sekarang, Mulai Sekarang, Mulai berlangganan.

Untuk membuat ajakan ini menarik oleh audiens, kita bisa mengajak audiens untuk melakukan uji coba gratis terlebih dahulu sebelum memilih paket berbayar. Selain itu kamu juga harus membuat fitur dimana mereka dapat berhenti berlangganan kapan saja yang mereka inginkan.

Baca Juga :

Kita juga bisa mengajak audiens untuk melakukan CTA dengan berlangganan sekarang, cukup memasukan nama dan alamat email dan nantinya mereka akan diberikan konten-konten yang menarik melalui email.