Menentukan Target Pasar Untuk UKM dan UMKM

menentukan target pasar yang tepat

Banyak usaha UKM ataupun UMKM yang masih merasa kesulitan dalam menentukan target pasar untuk UKM yang tepat. Target pasar ini merupakan pengelompokkan masyarakat yang berdasarkan segmentasi mereka. Melalui segmentasi ini kita bisa menemukan segmen yang cocok.

Menentukan target pasar untuk UKM tersebut bermaksud untuk mengarahkan pemasaran kepada kelompok konsumen agar pemasaran tersebut sesuai dengan karakternya.

Pengertian Target Pasar

Sebelum kita membahas mengenai cara menentukan target pasar untuk UKM, kita bisa pelajari terlebih dahulu pengertian target pasar. Target pasar merupakan sekelompok orang yang dijadikan sebagai target penjualan bagi produk Anda. Pada umumnya target pasar ini mempunyai karakteristik yang sama baik dilihat dari sisi kebiasaan, demografi maupun lainnya.

Dengan mengetahui target pasar ini maka kita bisa melakukan upaya lebih untuk menjangkau konsumen dengan baik sehingga akhirnya konsumen membeli produk yang kita tawarkan.

Strategi pasar yang baik maka bisa dimulai dalam mementingkan target pasar yang potensial. Sehingga kita bisa menerapkan strategi pasar yang efektif bagi pengembangan produk.

5 Cara Menentukan Target Pasar Efektif Bagi Bisnis UKM dan UMKM

Dibawah ini kami berikan ulasan mengenai cara yang efektif untuk menentukan target pasar untuk UKM dengan tepat.

1. Menentukan Siapa konsumen Anda

Apabila anda sudah memiliki ide produk yang akan ditawarkan maka selanjutnya yaitu menentukan siapa konsumen sasarannya.
Kita juga bisa menentukan target pasar berdasarkan segementasi berikut ini :

Geografi

Yang pertama yaitu segmentasi berdasarkan geografi. Ini merupakan segmentasi yang dilakukan berdasarkan dengan pengelompokkan lokasi atau wilayah tertentu.

Segmentasi ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara target pasar dengan kebutuhan bahwa setiap wilayah tersebut memiliki kebutuhan berbeda.

Sehingga kita juga bisa mencocokkan bagi karakteristik yang ada pada produk atau brand yang kita miliki. Contohnya adalah penjualan pupuk yang ada di wilayah perkebunan.

Untuk segmentasi geografi ini menyangkut lingkungan, kodepos, kode area, kota, kemudian provinsi serta wilayah.

Demographic

Selanjutnya yaitu segmentasi demografi. Segmentasi ini adalah hal yang paling mendasar serta penting ketika kita akan menentukan target pasar.
Segmentasi ini juga bertujuan agar kita bisa mengetahui apakah produk ataupun brand yang kita pasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut.

Contohnya yaitu apabila kita akan memasarkan produk kosmetik untuk penuaan dini. Disini kita tentu tidak akan memasarkan produk tersebut kepada remaja yang berusia 12-17 tahun. Namun kita akan memasarkannya pada wanita yang berusia 30 tahun keatas.

Psikologi

Berikutnya segmentasi psikologi. Dalam menentukan segmentasi ini kita akan membaginya berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya

Kemudian untuk klasifikasi gaya hidup akan melibatkan nilai kepercayaan, minat dan lain-lain.

2. Cara Menentukan Target Pasar UKM dengan Mengetahui Kebutuhan Target Pasar

Apabila kita sudah mengetahui konsumennya maka kita juga harus mencari tahu mengenai kebutuhan konsumen tersebut. Kita bisa melakukannya dengan cara tes produk.

Melalui tes produk tersebut maka kita bisa mengetahui mengenai kebutuhan pasar atas produk yang kita tawarkan. Kita juga bisa mencobanya dengan mengikuti bazar untuk bisa melakukan tes produk. Didalam kegiatan bazar tersebut merupakan salah satu media agar produk kita bisa dikenal.

Maksimalkan kegiatan tersebut untuk mencari informasi yang banyak mengenai kebutuhan target pasar kita.

3. Cara Menentukan Target Pasar UKM Dengan Cara Evaluasi Target Pasar

Kemudian cara yang tepat dalam menentukan target pasar ini yaitu dengan mengevaluasi lagi mengenai kebutuhan dan ketertarikan target pasar yang kita tuju.

Untuk UKM-UKM yang ada di Indonesia ini perlu melakukan hal demikian, tujuannya untuk mengetahui ketertarikan konsumen.

Sehingga jangan sampai terjadi saat kita akan memulai bisnis namun target pasar yang kita tuju salah. Ini akan berakibat bisnis yang kita jalankan akan berhenti.

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Apabila evaluasi target pasar sudah dilakukan maka kita juga bisa menentukan strategi yang tepat untuk pemasaran produknya.

Hal ini dikarenakan setiap target pasar tentunya mempunyai gaya berbeda dalam menentukan strategi pemasarannya.

Contohnya yaitu target pasar kita adalah remaja yang berusia 17-20 tahun. Jika demikian maka target pemasarannya harus dilakukan melalui media sosial. Tentunya usia seperti itu sangat dekat dengan yang namanya media sosial.

5. Evaluasi Respon Pasar

Selanjutnya ada cara yang terakhir dalam menentukan target pasar yaitu dengan mengevaluasi respon pasar. Melalui respon tersebut membuat kita bisa mengetahui mengenai strategi yang diterapkan tersebut apakah berjalan atau tidak.

Apabila tidak efektif maka kita juga bisa melakukan perubahan pada strategi pemasaran produknya. Untuk evaluasi tersebut kita bisa melakukanya secara berjangka, misalnya dengan waktu satu bulan sekali agar menjadi lebih efektif.

manfaat riset pasar ukm umkm

Manfaat Target Pasar

Target pasar ini secara umum dilakukan agar kita bisa mengtahui bahwa pemasaran yang kita lakukan tepat sasaran. Tentu saja ini penting bagi peningkatan jualan Anda.

Dibawah ini adalah manfaat mengetahui target pasar :

1. Akan meningkatkan penjualan

Fokus pada target pasar ini akan membuat produk menjadi lebih cepat serta memasarkan lebih dulu dibandingkan dengan kompetitor. Tentunya ini akan menghasilkan penjualan produk menjadi lebih meningkat.

Selain itu kita juga bisa lebih mudah dalam mengembangkan produk. Karena kita memiliki semua data target pasar sehingga kita bisa menentukan produk yang disukai pelanggan. Beberapa metode marketing seperti inbound marketing terbukti mampu menargetkan pasar yang lebih tepat selama kita bisa mengelola dengan tepat.

2. Mengetahui Budget yang dibutuhkan

Seperti kita tahu bahwa kegiatan pemasaran ini akan membutuhkan banyak biaya. Sehingga jika kita tidak menetapkan target pasar dari awal maka kita pasti akan menyasar semua orang sehingga biaya yang dibutuhkan banyak.

Meskipun kita pada akhirnya terjadi penjualan yang banyak namun keuntungannya relatif kecil karena biaya pemasarannya yang besar. Di beberapa implementasi strategi marketing, Data-driven marketing adalah salah satu metode yang bisa dilakukan untuk melakukan optimalisasi biaya periklanan terutama untuk Digital Ads.

3. Mengantisipasi persaingan dengan baik

Setiap bisnis memiliki kompetitor. Dan sebaiknya kita juga jangan terlalu khawatir. Tetapi harus tahu target pasar dari kompetitor tersebut lalu ciptakan keunggulan produk kita. Sehingga akan jadi tampil beda.

4. Memudahkan dalam menyiapkan konten promosi

Pemasaran yang baik dan berhasil akan dipengaruhi oleh konten promosi. Jadi buat konten promosi kita sesuai dengan target pasar sehingga akan makin menarik perhatian, sehingga penjualan bisa digenjot maksimal.

Target pasar yang sudah kita tentukan juga bisa membuat kita menjadi lebih mengerti dan menentukan media untuk promosinya, apakah lewat sosial media, surat kabar, majalah dan lain-lain. Anda bisa gunakan SEM (Search Engine Marketing), Facebook Ads MarketingInstagram Ads Marketing atau 360 Digital Marketing untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dan cepat

5. Membangun komunikasi dengan pelanggan

Dengan mengetahui target pasar yang kita miliki maka kita akan berkomunikasi lebih mudah dengan pelanggan. Sehingga kita juga bisa memahami kebutuhan pelanggan.

6. Membuka investasi bagi usaha kecil menengah

Branding yaitu salah satu faktor yang digunakan target pasar dengan menggunakan segmentasi geografis.

Contohnya adalah sambal Bu Rudy yang sudah sangat terkenal itu. Kita bisa menjual sambal ini ke seluruh wilayah Indonesia. Akan tetapi jika kita memiliki bisnis laundry tentunya target pasar kita juga akan terbatas pada wilayah tertentu saja.

Pentingkah Menentukan Target Pasar Untuk UKM?

Menentukan target pasar untuk UKM sangatlah penting, karena dengan menentukan target pasar para pelaku UKM bisa mengetahui siapa konsumennya, dapat memenuhi kebutuhan pasar, bisa mengevaluasi target pasar dengan baik, bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dan bisa mengevaluasi respon pasar terhadap produk yang dijual serta bisa merencakan growth hack marketing yang tepat untuk menciptakan momentum akselerasi bisnis.

Selain itu dengan menentukan target pasar bagi pelaku UKM, mereka juga bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sudah kami sebutkan satu per satu di atas. Terutama tentunya adalah untuk meningkatkan penjualan.