Mengenal Twitter Spaces, Fitur Baru Twitter yang Sedang Hits

Maraknya pengguna aplikasi percakapan maupun audio sosial, seperti Spotify Podcast dan Clubhouse, rupanya direspon dengan baik oleh Twitter. Kini fitur terbarunya yang bernama Twitter Spaces, yang memfasilitasi percakapan audio langsung di platform, disambut hangat oleh pengguna.

Dalam postingan ini, Anda akan mengetahui lebih dekat tentang Twitter Spaces. Apa dan bagaimana menggunakannya, akan dijelaskan lebih detail di sini.

Apa itu Twitter Spaces?

Twitter Spaces adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan streaming percakapan audio langsung di platform tersebut. Pengguna dapat menyelenggarakan event marketing atau sebuah topik percakapan, di ruang obrolan audio yang disebut “Space” dan mengundang pengguna lain untuk berpartisipasi.

Jika seseorang yang Anda ikuti meng-hosting Space atau menjadi Speaker di suatu Spaces, maka akan muncul gelembung ungu yang bergerak-gerak di bagian atas timeline Anda selama percakapan berlangsung.

Fitur ini baru saja diluncurkan pada bulan Mei lalu, dan bagi Anda pengguna aktif Twitter pasti tahu bahwa seketika ada banyak Space yang dibuat oleh para tokoh atau Twitter Influencer.

Mengapa baru mereka, orang-orang yang berpengaruh saja bisa menjadi Twitter Spaces Host? Sebab hanya yang memiliki 600 followers atau lebih saja yang dapat meng-hosting Space di Twitter. Fitur ini tersedia untuk individu dan bisnis, serta memungkinkan mereka membangun lebih banyak koneksi pribadi dengan audiens mereka.

Lalu bagaimana Twitter Spaces vs Clubhouse? Selain merupakan aplikasi yang harus diinstal di iOS, hanya orang yang diundang saja yang bisa menjadi “pendengar” di Clubhouse. Sementara, Twitter Spaces terbuka untuk umum.

Ini berarti siapa saja dapat bergabung sebagai Pendengar. Bahkan, hingga 13 orang dapat berbicara di Space, termasuk Host dan dua Co-Host.

Baca Juga :

Bagaimana Memulai Twitter Spaces?

Saat ini, Anda hanya dapat memulai Twitter Space dari aplikasi Android atau iOS. Versi web sepertinya belum dikembangkan, namun Anda masih tetap bisa bergabung sebagai Pendengar saja.

Sebagai “Host”, ada dua cara untuk memulai Space di Twitter:

  1. Tekan dan Tahan tombol “Tulis” Lalu Pilih Ikon “New Spaces”

Selanjutnya akan muncul beberapa lingkaran dalam bentuk berlian.Dari timeline Anda, ketuk gambar profil Anda di bagian atas. Kemudian gulir ke kanan dan ketuk opsi untuk memulai Space baru.

  1. Beri Nama Ruang Anda

Sebelum mulai ditayangkan, persiapkan Space Anda. Beri nama Space yang relevan dengan percakapan yang akan datang. Atau buat hashtag sebagai nama untuk Space sebagai cara obrolan mengenai Space Anda tetap berjalan, bahkan setelah acara berakhir.

Atau Anda dapat mengumpulkan pertanyaan pengikut dengan memaksimalkan hashtag sebelum acara dan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung selama Space. Saat pertama kali mulai menggunakan Spaces, Twitter akan meminta izin untuk menyetujui agar pidato Anda diberi teks secara real time.

Adanya transkripsi seperti ini merupakan suatu keunggulan, karena membuat Space Anda lebih mudah diakses oleh pengguna tunarungu atau gangguan pendengaran. Twitter bahkan juga berencana membuat Spaces dapat diakses oleh pembaca layar di masa mendatang.

  1. Undang pembicara

Setelah membuat Space Anda sebagai Host ada beberapa cara untuk membuat orang bergabung dalam percakapan, baik sebagai Speaker atau Listener.

Di sudut kanan bawah, Anda akan menemukan beberapa opsi berbeda, salah satunya adalah “membuat lebih banyak orang bergabung”. Ini terlihat seperti panah kecil yang mengarah ke atas. Ketuk tombol ini kemudian Anda memilih beberapa opsi berikut:

– Undang Pembicara melalui DM

– Bagikan Ruang Anda melalui Tweet agar pengikut Anda dapat bergabung

– Salin tautan ke Space Anda untuk membagikannya di tempat lain

Selain Host, Twitter memungkinkan Anda untuk menambahkan hingga 12 Speaker lagi di Spaces Anda, yaitu dua Co-Host dan 10 Pembicara. Meskipun siapa pun dapat mengirim permintaan untuk berbicara di Space Anda, Anda juga dapat menambahkan batasan tentang siapa yang dapat berbicara.

Sebagai Host, Anda bisa memberi kesempatan pada semua orang untuk berbicara. Ini berarti siapa pun dapat mengirim permintaan untuk berbicara, meskipun tidak bisa berbicara sekaligus. Anda juga bisa mengizinkan hanya orang yang Anda ikuti untuk berbicara, atau hanya orang yang Anda undang yang berbicara.

Fitur Tambahan Twitter Spaces

Sebagai Host atau Speaker, Anda juga bisa melakukan hal berikut:

  • Mengelola Speaker Anda.

Misalnya membisukannya, menghapusnya dari Space, atau memblokirnya sepenuhnya. Ini adalah fitur yang bermanfaat, terutama ketika ada seseorang yang cukup mengganggu atau menyinggung.

  • Pin Tweet Spaces.

Ini adalah fitur yang berguna untuk menyoroti subjek diskusi Anda.

  • Mengaktifkan Teks Saat Berbicara.

Teks akan membuat pendengar Anda yang mungkin mengalami gangguan pendengaran, bisa mengakses Space Anda lebih mudah.

Sebagai Listener atau Pendengar, Anda bisa melakukan hal berikut:

– Bereaksi terhadap apa yang Anda dengar dengan emoji

– Melihat Pinned Tweet (tweet yang tersemat)

– Mengikuti percakapan lewat teks (atau matikan saja jika tidak memerlukan)

– Mengirim cuitan atau pesan pribadi ke peserta lain

– Permintaan untuk berbicara (hanya jika Host memberikan akses semua orang untuk berbicara)

– Memblokir pengguna atau Spaces lain

Baca Juga:

Bagaimana Manfaat Twitter Spaces Untuk Bisnis?

Untuk bisnis yang selama ini sudah menggunakan Twitter untuk menumbuhkan brand community, Spaces bisa membantu memperkuat upaya tersebut. Berikut beberapa manfaat Twitter Spaces untuk bisnis Anda:

  1. Membagikan Update Terbaru

Anda bisa menggunakan Spaces untuk berbagi informasi tentang update suatu produk, perubahan kebijakan, calon produk baru atau yang akan datang, pembaruan fitur, dan sebagainya. Ini adalah cara yang efektif untuk menjaga followers Anda tetap terhubung dan terlibat dengan perusahaan atau brand Anda.

  1. Menyelenggarakan Diskusi Mengenai Topik Terkini

Anda bisa memanfaatkan ini untuk mengadakan diskusi panel tentang topik yang sedang tren. Anda bisa berbagi komentar, prediksi masa depan, serta tips yang terkait dengan topik.

Untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas untuk Space Anda, Anda bisa mengundang Influencer sebagai Speaker ke acara Anda. Twitter bahkan telah membuat kebijakan untuk bisa mengundang hingga dua Co-host di Space Anda, sehingga Anda dapat menambahkan Influencer tersebut sebagai Co-host.

  1. Mendapatkan Feedback

Twitter Spaces memberi Anda forum yang sempurna untuk berinteraksi dengan pengikut Anda secara real-time dan membangun koneksi dengan mereka. Hosting Space memberi audiens Anda kesempatan untuk terlibat dengan bisnis Anda.

Sebab sudah ada media untuk mengobrol secara streaming yang terkait dengan layanan pelanggan, forum tanya jawab langsung, feedback, dan banyak lagi.

  1. Mempermudah Produksi Event

Semenjak pandemi, kegiatan offline banyak beralih menjadi online dan justruk semakin popular dan familiar di masyarakat. Twitter Spaces memberikan kesempatan pada Anda untuk membuat acara dengan mudah dan murah, yang tentu saja bisa sangat menekan budget.

Anda cukup membayar Speaker yang capable, karena Twitter Spaces bisa diselenggarakan secara gratis.

Nah, kini Anda mengerti apa itu Twitter Spaces, bagaimana cara membuatnya, dan apa saja manfaatnya untuk bisnis. Mudah, bukan?

Baca juga: