Mengenal Google Business Profile dan Cara Optimalisasinya

google business profile adalah

Google Mengubah nama Google My Business menjadi Google Business Profile.

Sebelumnya, Google My Business menjadi salah satu tool yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menjangkau pelanggan lewat internet. Dengan fitur tersebut, pebisnis dapat memikat pelanggan dalam jumlah yang banyak lewat informasi-informasi bisnis yang mereka berikan.

Pengumuman perubahan nama ini tentunya sama sekali tidak mengejutkan. Pasalnya, ini bukanlah pertama kalinya platform tersebut melakukan rebranding.

Melansir dari Search Engine Journal, tool ini bernama Google+ Local sebelum berubah menjadi Google Places. Setelah itu, nama Google Places berubah menjadi Google My Business (GMB), dan kini berganti lagi menjadi Google Business Profile (GBP).

Apa Itu Google Business Profile?

Pada dasarnya, Google Business Profile sama saja dengan Google My Business. Yakni tool dari Google yang berguna untuk mengelola tampilan bisnis di halaman Google Search serta Google Maps.

Setiap Anda membuka suatu bisnis di halaman pencarian Google, pasti di samping kanan layar ada informasi-informasi mengenai bisnis tersebut, seperti informasi alamat, jam buka, telepon, dan lain-lain.

Nah, dengan Google Business Profile, Anda dapat mengisi informasi-informasi tersebut secara terperinci. Tujuannya adalah untuk memberitahukan kepada pelanggan mengenai informasi bisnis Anda saat mencarinya lewat Google.

Tidak hanya mengenai informasi-informasi yang telah Anda cantumkan, tool ini juga menyediakan kolom review atau ulasan langsung dari pelanggan.

Review atau ulasan memberikan dampak yang positif terhadap bisnis Anda. Sebab, review yang bagus akan semakin menarik pelanggan lainnya (User Generated Content).

Kenapa Google My Business Berubah Menjadi Google Business Profile?

Google Business Profile akan menjadi nama baru di masa mendatang untuk Google My Business. Google mengatakan alasan nama baru itu adalah untuk “menjaga semuanya tetap sederhana”.

Artinya, perubahan ini terjadi seiring dengan upaya untuk memudahkan pengelolaan profil bisnis dari aplikasi Google My Business dan langsung ke Google Search, atau Google Maps, baik melalui antarmuka web atau aplikasi seluler.

Google mengatakan bahwa pengalaman web Google My Business yang ada akan bertransisi terutama untuk mendukung bisnis yang lebih besar dengan banyak lokasi.

“Ke depannya, kami merekomendasikan usaha kecil untuk mengelola profil mereka langsung di Penelusuran atau Maps. Untuk mempermudah, ‘Google My Business’ diganti namanya menjadi ‘Google Business Profile,'” tulis Matt Madrigal, VP/GM Merchant Shopping, dalam pengumuman resmi.

Pada tahun 2022, Google akan menghentikan aplikasi Google My Business sepenuhnya. “Dan pada tahun 2022, kami akan menghentikan aplikasi Google My Business sehingga lebih banyak pebisnis dapat memanfaatkan pengalaman yang ditingkatkan di Penelusuran dan Maps,” tambah Madrigal.

Baca Juga :

Apa Fitur Baru Google Business Profile?

Pengumuman rebranding ini tentunya datang dengan beberapa fitur baru juga.

Dengan Google Business Profile, Anda tidak perlu lagi repot-repot login ke Google My Business untuk melakukan editing atau beriklan. Kini, Anda bisa mengklaim, mengedit profil bisnis, hingga melakukan verifikasi langsung melalui Google Search atau Google Maps.

Untuk melakukannya, cukup cari nama bisnis Anda di penelusuran Google atau di aplikasi Google Maps dan Anda akan melihat opsi untuk memverifikasi Profil Bisnis Anda atau menyelesaikan masalah lain, misalnya penangguhan.

Dari Search atau Maps juga dapat mengedit informasi yang dilihat orang saat mereka menelusuri bisnis Anda. Seperti alamat, jam buka, membuat postingan, menanggapi ulasan, dan banyak lagi.

Selama beberapa bulan ke depan, semua bisnis yang membuat Profil Bisnis di Google akan diizinkan untuk menyelesaikan penyiapannya langsung di Google Search dan Maps. Anda juga dapat melihat apakah profil Anda dapat dilihat oleh publik.

Menggunakan Google Business Profile Untuk Optimalkan Local SEO

Salah satu strategi Local SEO terbaik untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari (search engine result page) dan mendapatkan klien lokal adalah dengan mengklaim dan mengoptimalkan Google Business Profile.

Local SEO adalah proses pengoptimalan SEO untuk bisnis sehingga mendapatkan peringkat tertinggi pencarian lokal di mesin pencarian Google.

Sebagai user, mungkin Anda sering menemukan hal seperti ini saat mencari sesuatu di Google. Contohnya, saat Anda sedang mencari restoran terdekat. Dari pencarian tersebut, Google otomatis akan menampilkan hasil restoran yang lokasinya berada di dekat Anda.

Namun, mengklaim GBP Anda hanyalah langkah pertama. Anda harus mengoptimalkan, sering memeriksa, dan memperbarui profil bisnis Anda dengan informasi baru untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut Ipsos Research, berikut ini adalah kelebihan menggunakan GBP untuk Local SEO:

  • 2,7x lebih mungkin untuk dianggap lebih bereputasi.
  • Mendapat 7x lebih banyak klik.
  • 70% lebih mungkin untuk menarik kunjungan lokasi.
  • 50% lebih mungkin mengarah pada pembelian.

Cara Mengelola Google Business Profile

Setelah mengetahui apa saja fitur baru GBP, lantas bagaimana cara mengelolanya?

Bisnis Multi-Lokasi: Kelola Profil Anda dari Google Business Profile Manager

google business profile multi lokasi

Jika bisnis Anda memiliki beberapa lokasi atau Anda adalah agensi yang mengelola beberapa lokasi klien, cara terbaik untuk mengelola profil Anda adalah dengan masuk ke dasbor Business Profile Manager.

Business Profile Manager memberi Anda fleksibilitas paling besar untuk mengelola beberapa profil dalam satu dasbor.

Bisnis Lokasi Tunggal: Kelola Google Business Profile Langsung dari Penelusuran Atau Aplikasi Google Maps

google business profile search

Jika Anda memiliki bisnis lokal dengan hanya satu lokasi, cara termudah untuk mengelola Google Business Profile Anda adalah dari Google Search atau penelusuran Google.

Caranya cukup masukkan nama bisnis Anda dan panel edit akan muncul.

Anda juga dapat mengelola langsung dari Aplikasi Google Maps. Caranya, saat Anda masuk dengan alamat email Gmail yang Anda gunakan untuk mengelola Google Business Profile, Anda dapat mengetikkan nama bisnis di bilah pencarian dan panel edit akan muncul.

Setelah itu, Anda dapat mengedit informasi bisnis langsung dari Knowledge Panel dengan mengeklik tautan “Edit Your Business Information”. Dari sini, Anda dapat mengedit informasi dasar tentang profil bisnis Anda.

Anda juga dapat mengubah informasi tentang bisnis Anda, seperti kategori, deskripsi bisnis, tanggal buka, jam buka, dan lainnya. Selain itu, jika Anda melihat opsi “Update Your Customers” di Knowledge Panel, Anda dapat membuat postingan pembaruan langsung dari penelusuran.

Baca Juga :

Cara Mengoptimalkan Google Business Profile

Untuk mengoptimalkannya, Anda dapat mengedit beberapa fitur berikut ini :

Edit Profile

google business profile edit

Saat Anda mengklik bagian Edit Profile, Anda dapat mengedit info dasar, seperti About, Kontak, Lokasi, Jam, dan Lainnya.

1. Jam

Menurut Barometer Konsumen Google, 40% pencari bisnis ingin menemukan jam operasi untuk bisnis lokal. Itu berarti Anda harus menjaga jam Anda tetap terkini, terutama jam liburan. Memperbarui jam kerja Anda sangat mudah diubah melalui Google Search.

Ketika Anda memilih jam, Anda mendapatkan informasi lebih rinci yang bisa Anda perbarui. Anda tidak hanya dapat mengubah jam operasional, tapi juga dapat memilih opsi untuk:

  • Buka dengan jam utama.
  • Buka tanpa jam utama.
  • Tutup Sementara (Tunjukkan bahwa bisnis Anda akan dibuka kembali di masa mendatang).
  • Tutup Permanen (Tunjukkan bisnis Anda sudah tidak ada lagi).
  • Anda bahkan memiliki opsi untuk menambahkan lebih banyak jam.

2. Produk

Anda harus mencantumkan produk yang Anda tawarkan ke untuk menunjukkan bisnis Anda bergerak di bidang apa. Sangat mudah untuk membuat daftar produk. Klik tombol Mulai dan jawab pertanyaan sederhana seperti :

  • Nama Produk.
  • Kategori – Jika Anda belum menyiapkan kategori, Anda dapat membuatnya.
  • Harga atau Kisaran Harga.
  • Deskripsi Produk.
  • Foto.

Setelah Anda memasukkan semua informasi, cukup klik Publikasikan untuk menampilkan produk di Google Business Profile Anda.

3. Menambahkan foto

Pencari lokal senang melihat gambar. Menurut Google, bisnis dengan foto mendapatkan 42% lebih banyak permintaan petunjuk arah.

Maka dari itu, penting untuk mengunggah gambar bisnis Anda, seperti gedung, papan nama, produk, layanan, anggota tim, aktivitas yang dilakukan perusahaan Anda.

Promote

google business profile promote

Ketika Anda memiliki bisnis, Anda selalu dalam mode pemasaran dan memikirkan strategi promosi.

Klik tombol Promosikan dan Anda akan mendapatkan banyak pilihan untuk membantu mempromosikan bisnis Anda menggunakan fitur Google Business Profile. Di sini, Anda memiliki berbagai cara untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda.

Anda juga dapat mengklik tautan untuk mengetahui lebih lanjut tentang Google Ads, menambahkan foto, mendapatkan tautan singkat untuk meminta ulasan, dan membuat postingan.

Customers

google business profile customer

Bagian Customers memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan Anda dengan cara yang lebih mudah dari sebelumnya.

Dari bagian ini, Anda dapat melihat dan membalas ulasan yang Anda terima dari pelanggan dan klien, melihat dan menanggapi pesan (ingat untuk membalas dalam 24 jam), dan bahkan menjawab pertanyaan yang diajukan orang di bagian Tanya Jawab.

Fitur Pengeditan Lainnya

Jika fitur-fitur sebelumnya masih belum cukup, ada lebih banyak fitur pengeditan yang tersedia untuk Anda.

Di kotak gulir, Anda dapat mengedit lebih banyak informasi, seperti menambahkan gambar eksterior, melihat riwayat panggilan, serta menambahkan pos pembaruan dengan cepat dan mudah.

Perhatikan bahwa apa yang Anda lihat mungkin berbeda bergantung pada kategori Anda atau fitur apa yang telah Anda “aktifkan” di Google Business Profile Anda.

Itulah ulasan mengenai Google Business Profile serta cara optimalisasinya untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat, mengingat saat ini jenis strategi pemasaran dengan digital marketing memang sangat populer.

Pasalnya, menjangkau pelanggan lewat internet menjadi salah satu prioritas utama bagi para pebisnis. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk memahami Google Business Profile.

Baca Juga :