9 Cara Meningkatkan Traffic Website Dengan Efektif Untuk Perusahaan

meningkatkan traffic website

Mengetahui cara meningkatkan traffic website akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan jumlah pesanan atau penjualan pada halaman website. Jika Kamu tidak tahu cara meningkatkan traffic website secara efektif, baca artikel di bawah ini untuk menemukan jawaban paling detail.

Apa Itu Traffic Website?

Traffic Website adalah seorang pengguna yang masuk ke sebuah situs atau website melalui URL yang ditampilkan di browser. Setiap pengguna dihitung sebagai 1 lalu lintas dan setiap lalu lintas dapat mendatangkan banyak kunjungan yang berbeda tergantung pada aktivitas pengguna di sebuah halaman website.

Bagaimana Cara Menghitung Traffic Website?

Traffic dihitung ketika seseorang pengunjung mengunjungi sebuah halaman situs atau website, pengguna website umumnya berasal dari 5 sumber traffic sebagai berikut :

Setelah kamu mengetahui darimana saja sumber lalu lintas sebuah website, berikut adalah beberapa cara meningkatkan traffic website paling efektif.

9 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Efektif

1. Mengoptimalkan konten yang bermanfaat

Sifat pengguna ketika mengakses website apapun adalah mencari informasi. Oleh karena itu, untuk menarik trafik website sebanyak mungkin, kita harus membuat konten yang bermanfaat dan memuaskan keinginan pengguna.

Selain konten yang terkait dengan kata kunci utama tentang produk dan layanan yang kita miliki. Kita juga harus memperluas kata kunci untuk membuat artikel dengan konten yang lebih bermanfaat untuk pembaca. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan website kita miliki di Internet.

Baca Juga :

2. Optimasi SEO

Setelah membuat konten yang bermanfaat, SEO adalah proses bagi Kamu untuk mengirimkan konten tersebut agar dapat ditemukan di mesin pencari dan bisa dengan mudah ditemukan pengguna internet.

SEO akan membantu sebuah website atau artikel untuk memiliki posisi yang tertinggi di mesin pencari. Sehingga pelanggan akan lebih mudah menemukan konten yang Kamu bagikan melalui mesin pencari seperti Google. Selain membuat konten bermanfaat, ada beberapa tips untuk mengoptimalkan SEO website sebagai berikut :

  • Membuat konten yang informatif dan bermanfaat.
  • Menggunakan judul yang menarik, ringkas, yang terbaik dan menggunakkan judul terdiri dari 60 – 70 karakter.
  • Mengoptimalkan deskripsi artikel untuk merangsang rasa ingin tahu para pengguna internet di mesin pencari. Deskripsi artikel sebaiknya dibuat hanya terdiri dari 20 sampai 180 karakter dan kata kunci yang muncul di awal deskripsi.
  • Di dalam artikel, harus ada daftar isi, tajuk utama dibuat dengan font tebal, ringkas dan jelas seluruh artikel yang dibuat.
  • Gunakan gambar deskriptif yang sesuai dengan konten .
  • Manfaatkan tautan internal.

Tautan internal adalah tautan yang mengarah ke artikel atau halaman lain dari di situs web yang sama. Jadi jika kamu ingin pengunjung menghabiskan banyak waktu untuk mengunjungi web Kamu miliki. Kamu harus memanfaatkan tautan internal dalam artikel dengan baik. Pada artikel utama, letakkan link tautan ke artikel terkait lainnya sehingga pengguna dapat membaca dari satu artikel ke artikel lainnya dan mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat. Pelajari: Menggunakan Clickbait Untuk Menaikan Awareness

3. Indeks URL dengan Google

Google memiliki bot yang akan mengunjungi website mu dan mengevaluasi URL untuk melihat apakah isi halaman website tersebut sudah seuai dengan standar algoritma google atau belum. Jika sesuai, maka google akan mengizinkan link tautan website muncul di hasil pencarian google.

Jadi jika situs web tidak memiliki pengunjung, itu mungkin karena Kamu belum mengindeks halaman website tersebut ke Google.

Kamu perlu memeriksa dan mengoptimalkan link tautan halaman website agar situs web dapat berperingkat lebih baik dan membawa lebih banyak traffic.

4. Membuat Backlink

Backlink adalah menautkan situs web yang kamu miliki ke website lainnya. Saat menempatkan backlink di situs yang lebih besar, Kamu dapat menarik pengunjung situs tersebut ke website yang kamu miliki. Karena itu, manfaatkan backlink dengan baik, pilih situs web yang memiliki reputasi baik untuk memiliki backlink ke halaman website sebanyak mungkin. Dengan demikian, traffic website juga akan meningkat secara signifikan.

5. Optimalkan Kecepatan Loading Halaman

Mengoptimalkan kecepatan loading halaman website tidak hanya mengurangi bounce rate tetapi juga menarik pengguna untuk betah berlama-lama di website yang kamu miliki.

Biasanya, pengguna hanya membutuhkan waktu hingga 5 detik untuk memutuskan apakah akan tetap berada di situs web atau tidak. Jika website kamu loadingnya lambat, itu tidak hanya memberikan pengalaman buruk kepada pengunjung. Tetapi juga menurunkan peringkat dan kualitas website di mesin pencari.

Dengan isi konten yang sama, pelanggan akan memilih untuk membaca dari situs dengan kecepatan loading yang lebih cepat. Jadi untuk meningkatkan traffic website, Kamu harus optimalkan kecepatan loading halaman agar lebih cepat dari kompetitor.

Cara termudah untuk meningkatkan kecepatan loading halaman website adalah dengan menyewa paket hosting web terbaik dan infrastruktur arsitek server yang baik.

Baca Juga :

cara meningkatkan traffic website

6. Bagikan Situs Web Ke Sosial Media

Membagikan situs web ke platform sosial media membuat halaman website mu dapat menarik traffic dari sosmed. Sosial media adalah platform dengan jumlah pengguna yang besar, jadi manfaatkan semua sosial media populer saat ini untuk berbagi konten website.

Beberapa tips bisa Kamu gunakan untuk memanfaatkan sosial media secara efektif untuk mengarahkan traffic ke situs website yang kamu miliki, caranya adalah sebagai berikut :

  • Masukkan tautan situs web ke setiap posting di facebook.
  • Bagikan konten web di halaman fanspage.
  • Lampirkan link website di deskripsi di youtube.
  • Bagikan situs web di akun Resmi Linkedin, instagram, twitter dan di sosmed lainnya.

7. Gunakan Email Marketing

Email juga merupakan saluran pemasaran yang sangat efektif dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan lalu lintas situs web. Setelah Kamu memiliki alamat email pelanggan, buat konten yang berguna untuk dikirim kepada mereka.

Kamu dapat mengirim artikel ringkasan konten atau artikel dengan menambahkan link tautan sehingga mereka dapat membaca artikel lengkap di situs web. Tergantung dari seberapa kreatif Kamu membuat email marketing untuk membuat pelanggan tertarik dengan konten yang dibagikan ke email sehingga mereka mau mengunjungi website mu.

8. Jalankan Iklan Berbayar

Menjalankan iklan berbayar adalah cara meningkatkan traffic website yang tercepat untuk meningkatkan jumlah orang yang mengetahui situs web. Jadi ini adalah cara paling cepat dan efektif untuk menambahkan jumlah pengunjung tapi kamu harus siap dengan anggaran pengeluaran untuk beriklan. Jadi, tergantung pada anggaran dan tujuan promosi bisnis mu, pilih saluran periklanan yang sesuai.

Baca Juga :

9. Manfaatkan Influencer

Industri Influencer saat ini berkembang dengan pesat dan ini bisa menjadi salah satu teknik pemasaran yang baik untuk sebuah bisnis. Suatu website bisnis dapat terhubung dengan influencer dalam beberapa cara, termasuk:

  • Tandai influencer di postingan media sosial jika karya, produk atau layanan website kamu berhubungan dengan konten mereka.
  • Minta influencer untuk wawancara, tanya Jawab atau podcast, lalu beri tag atau menandai akun media sosial website bisnismu setelah konten diposting. Sehingga influencer tersebut kemungkinan juga akan membagikan konten kamu kepada follower atau subscriber mereka.
  • Bayar influencer untuk menjalankan paid promote di akun media sosial mereka.

Artikel kali ini telah mengungkapkan rahasia untuk 9 cara meningkatkan traffic website yang efektif di tahun 2022. Semoga tips ini bermanfaat bagi para webmaster dalam proses meningkatkan perkembangan sebuah website bisnis.

Gunakan strategi yang bisa di gunakan oleh digital marketer growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing untuk meningkatkan trafik website menjadi lebih cepat dan medapatkan target audience yang tepat. Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency membatu perusahaan anda dalam mencapati tujuan ini.