Manfaat Strategi NLP Marketing untuk Optimalkan Pemasaran di Era Marketing 5.0

NLP marketing adalah

Apakah Anda pernah mendengar istilah NLP (Natural Language Processing) marketing sebelumnya? Istilah ini tentunya sudah tak asing lagi untuk pebisnis maupun marketer yang bergelut di dunia marketing, terutama di era Marketing 5.0 seperti saat ini. NLP marketing bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan bila Anda menggunakannya secara maksimal. Apalagi menilik dari perkembangan teknologi maupun tren marketing yang kian canggih dari waktu ke waktu.

NLP sendiri menjadi bagian dari Next Tech, yakni salah satu aspek penting dalam Marketing 5.0. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, buku “Marketing 5.0: Technology for Humanity” karya Hermawan Kartajaya bersama Iwan Setiawan dan Philip Kotler memperkenalkan kita pada integrasi teknologi dan humanity. Di mana, era marketing ini menekankan pada pemanfaatan Next Tech untuk menciptakan New CX (customer experience) yang lebih efektif.

Next Tech merupakan teknologi yang bertujuan untuk meniru kemampuan manusia dalam melakukan strategi marketing. Nah, Next Tech ini meliputi Artificial Intelligence, NLP, augmented reality (AR), virtual reality (VR), IoT, dan blockchain. Kombinasi dari teknologi inilah yang mewujudkan terbentuknya marketing 5.0.

Lalu, apa itu NLP marketing dan bagaimana cara penerapannya sebagai strategi marketing yang tepat di era Marketing 5.0?

Apa Itu NLP Marketing?

Mengutip dari Marketingjournal, NLP adalah kelompok teknologi Artificial Intelligence yang mencakup pembelajaran mesin, pengenalan gambar dan sebagainya. Teknologi ini juga mampu membaca, menerjemahkan dan meringkas teks baik dalam bentuk visual atau audio dan mencari tahu artinya.

Sehingga, NLP marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi Natural Language Processing dalam prosesnya.

Menilik dari pengertiannya, NLP sebenarnya bukan hal baru lagi di dunia teknologi. Bahkan, mungkin secara tak sadar, Anda mungkin telah menggunakan teknologi ini dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah bagi Anda yang sering menggunakan mesin penerjemah seperti Google translate, berarti Anda telah menggunakan teknologi NLP.

Kelebihan dari NLP adalah mampu memahami bahasa manusia seperti kesalahan ejaan dan sebagainya. Hal ini memungkinkan mesin untuk mengetahui maksud dari user dan melakukan tugas sebaik mungkin. Sehingga, dengan adanya NLP, mesin dapat memahami bahasa manusia, bahkan dapat berpikir layaknya manusia.

digital marketing agency

Menengok dari kemampuan NLP tersebut, rasanya tak heran kalau marketing technology yang satu ini dapat memberikan kontribusi besar untuk dunia pemasaran, terutama digital marketing. Lantas, apa saja manfaat NLP marketing sebagai strategi pemasaran?

Manfaat NLP Marketing

manfaat NLP marketing

Sebagaimana pengertiannya, NLP merupakan salah satu teknologi AI yang dapat memungkinkan mesin untuk memahami maksud dari user. Dengan kelebihannya tersebut, maka NLP marketing dapat memberikan sejumlah manfaat seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Leads

Dewasa ini, Google menjadi andalan banyak orang untuk mencari berbagai informasi. Setidaknya 5.8 miliar pencarian terjadi setiap harinya. Hal ini tentu menguntungkan bagi pelaku pemasaran digital.

Ketika mencari informasi di Google, pengguna tentunya menginginkan jawaban yang cepat. Dengan adanya NLP, Anda bisa menggunakan bot untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat. Anda juga bisa mengumpulkan informasi tentang siapa saja yang mengunjungi situs Anda sekaligus meningkatkan prospek pengunjung.

Penggunaan bot ini juga mampu mengidentifikasi apakah leads siap membeli produk Anda. Sehingga Anda bisa melakukan lead nurturing pada mereka untuk melakukan tindakan pembelian dalam tahapan pemasaran yang Anda lakukan.

Baca Juga :

2. Dapat Berguna sebagai Analisis Sentimen

Dalam digital marketing, Anda perlu melakukan pengukuran untuk mengetahui seberapa baik performa marketing campaign yang Anda jalankan. Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk memilih strategi pemasaran yang tepat dan memberikan keuntungan yang maksimal bagi perkembangan dan pertumbuhan bisnis kedepannya.

Untuk mengetahui seberapa baik kampanye pemasaran yang telah Anda lakukan, salah satu caranya adalah dengan menganalisis perilaku konsumen dan sentimen konsumen terhadap brand Anda. Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkan NLP. Dengan NLP, Anda bisa mengetahui bagaimana konten yang baik dan mampu mendapatkan respon yang postif dari audiens.

Sehingga untuk kedepannya, Anda bisa memiliki ukuran yang jelas terhadap pembuatan konten. Hal ini karena teknologi NLP ini ibarat alat pendengar sosial yang memungkinkan Anda menemukan petunjuk terkait bahasa positif, negatif atau netral.

NLP akan memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tentang brand Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk mengevaluasi kekurangan, atau mempertahankan citra positif dari brand yang Anda miliki.

3. Membantu Menentukan Target Pasar

Dewasa ini, data konsumen dapat Anda manfaatkan untuk merumuskan strategi pemasaran maupun strategi business development. Teknologi saat ini tidak hanya menyimpan data tulisan saja namun juga data suara serta ucapan. Begitu pula dengan kemampuan penelusuran suara NLP yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu menentukan target pasar.

Nantinya, NLP mampu mengambil kata kunci tertentu dari audio, kemudian Anda bisa mengidentifikasi konten dan iklan mana yang sesuai dengan target pasar Anda.

4. Optimasi Peringkat SEO

contoh penerapan NLP marketing

Semua orang tentunya tidak akan mencari informasi dengan kata kunci (keyword)  yang sama, bukan? Sebab, setiap orang  memiliki preferensi sendiri mengenai kata kunci yang ingin mereka cari.

Jika Anda menggunakan website atau blog sebagai media marketing, maka Anda perlu mengkombinasikan kata kunci yang tepat dan melakukan optimasi SEO. Sehingga Google bisa paham bahwa konten di website merupakan jawaban yang pengguna butuhkan.

Dengan menggunakan teknologi NLP, Anda bisa mengidentifikasi berbagai variasi kata kunci yang relevan. Hal ini bisa membantu Anda mengoptimalkan konten marketing, sehingga bisa mengoptimasi ranking website Anda di mesin pencari.

Baca Juga :

5. Pembuatan Konten yang Relevan dan Berkualitas

Pembuatan konten yang berkualitas menjadi salah satu kunci utama dalam digital marketing campaign. Dengan konten yang berkualitas dan bersifat edukatif (educational), maka Anda berpotensi mendapatkan lebih banyak rasio klik (CTR), meningkatkan traffic website, dan mengurangi bounce rate.

Namun, selain pembuatan konten, Anda juga perlu melakukan evaluasi konten dan melakukan analisis kompetitor. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa konten Anda lebih baik daripada kompetitor lainnya. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan NLP marketing dengan maksimal.

NLP dapat membantu Anda dalam pembuatan konten, di mana Anda bisa melihat apakah konten sudah cukup atau masih memiliki kekurangan. Anda juga bisa memanfaatkan NLP untuk mencari tahu apa yang menjadi tren atau topik terhangat pada industri.

Kemudian Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten yang relevan dengan kondisi sekarang. Misalnya dengan melakukan newsjacking.

Contoh Penerapan NLP Marketing

Contoh penerapan NLP marketing ini bisa Anda lihat dari pembuatan konten marketing. Umumnya, marketer atau pemasar biasanya akan membuat konten dan mengoptimalkannya, terutama untuk mesin pencari seperti Google. Selama Anda memasukan kata kunci yang tepat, maka konten akan berpotensi memiliki indeks yang lebih baik di mesin pencari.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Google melakukan perubahan algoritma dan melakukan pembaruan. Search engine ini akan memastikan bahwa situs web hanya menerbitkan konten yang relevan bagi pengguna. Lalu, bagaimana cara NLP marketing membantu digital marketing strategy menjadi lebih efektif?

NLP akan memudahkan Anda memproses data dalam jumlah besar (big data) yang dikumpulkan dari Google, kunjungan situs web, hingga media sosial. Kemudian berbagai informasi tersebut digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran pada berbagai platform yang Anda gunakan.

Pada dasarnya, penggunaan NLP sebagai strategi marketing memang masih jarang diterapkan. Namun, jika Anda bisa mengembangkan teknologi ini dengan baik, maka NLP marketing akan memberikan banyak manfaat khususnya dalam dunia digital marketing.

Di sisi lain, di era Marketing 5.0 saat ini, para marketer memang dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Sebab, seiring dengan perubahan teknologi, maka perilaku dan kebiasaan konsumen pun akan ikut berubah. Dengan menggunakan marketing technology tools yang tepat, maka Anda dapat menciptakan customer experience yang lebih efektif dalam proses customer journey yang mereka lalui.

Hasilnya, Anda pun dapat meningkatkan angka kepuasan pelanggan hingga berpotensi untuk meningkatkan kepercayaan terhadap brand serta menjaring pelanggan setia.

Namun, meskipun memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan strategi pemasaran, marketer juga harus lebih kreatif dan inovatif. Sebab, konsep utama dari era Marketing 5.0 adalah peleburan antara teknologi dan humanity. Artinya, ini bukanlah tentang mengganti peran marketer dengan teknologi, melainkan menemukan cara di mana bisnis dapat memaksimalkan kombinasi antara keduanya dan memberikan lebih banyak manfaat dalam menciptakan customer experience.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.