Cara Menentukan North Star Metrics dan Fungsinya

north star metric

Saat kita ingin mendalami dunia bisnis maka istilah yang perlu kita pahami salah satunya yaitu north star metrics. Parameter yang satu ini juga hampir mirip dengan growth hacking. NSM merupakan salah satu metrik yang penting dalam melakukan bisnis.

Dengan North star metrics ini, maka akan bisa membantu kamu dan karyawan sehingga bisa lebih memahami nilai dari suatu produk perusahaan. Lalu apa sih pengertian dari north star metrics ini? Simak ulasan yang ada di bawah ini.

Apa Itu North Star Metrics?

NSM yaitu parameter untuk menentukan kesuksesan jangka panjang dari suatu perusahaan. Pengertian North Star Metrics ini berdasarkan penjelasan dari laman Grow. Dengan menggunakan metrik ini maka bisa membantu untuk menangkap nilai inti terhadap produk ataupun jasa yang diterima pelanggan dari perusahaan.

Perusahaan kelas dunia yang pertama kali menggunakan NSM ini adalah perusahaan teknologi yang ada di Silicon Valey, Amerika Serikat. Metrik tersebut bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan pertumbuhan. NSM juga bisa memberikan solusi bagi perusahaan-perusahaan tersebut agar bisa mendapatkan angka customer retention yang tahan lama dan jangka panjang.

Jadi NSM ini secara tak langsung juga bisa membantu perusahaan agar bisa terus melakukan persaingan. Sehingga bisa menemukan solusi yang terbaik khususnya bagi resiko yang terjadi di masa depan.

Bagi setiap perusahaan, north star metrik ini tentunya akan berbeda-beda. Berikut ini penjelasan tentang fungsi pengunaan NSM oleh beberapa starup terkenal di dunia.

Airbnb ; NSMnya yaitu lamanya waktu customer dalam membooking apliksi
Facebook : NSM nya pada jumlah user yang aktif pada setiap harinya
Quora ; NSM nya pada jumlah pertanyaan yang telah terjawab
Whatsapp : NSM nya pada jumlah pesan yang dikirimkan oleh para penggunanya

Fungsi NSM bagi Perusahaan

Ketika kita terjun ke dunia bisnis, maka tidak boleh mengabaikan parameter north star metrics (NSM). Bagi tim produk perusahaan, metrik ini juga memiliki peranan yang penting.
Karena metrik ini dapat memberikan definisi terhadap hubungan antara masalah pelanggan dengan tim produk. Dan juga oleh tim bisnis yang ingin menghasilkan pendataan.

Adapun tiga fungsi utama NSM bagi perusahaan yaitu sebagai berikut:

  • Perusahaan akan mengetahui apa saja yang harus optimalkan.
  • Dengan menggunakan parameter ini maka akan bisa mengkomunikasikan mengenai dampak serta kemajuan nilai produk pada perusahaan. Jadi secara tak langsung akan memberikan banyak dukungan serta inisiatif produk strategis yang lebih cepat.
  • NSM juga berfungsi untuk mendorong perusahaan agar bisa menciptakan suatu produk,dimana produk tersebut bisa menguntungan bagi pelanggan

Baca Juga:

Cara Menentukan NSM

north star metric adalah

Jadi setelah kita memahami mengenai definisi serta fungsi dari NSM ini. Maka makin jelaslah bahwa north star metrics ini merupakan salah satu hal yang penting dan wajib untuk dipahami bagi tim bisnis dan produk.

Walaupun begitu untuk menentukannya juga bukan sesuatu hal yang mudah. Kamu dan perusahaan juga harus bisa memutuskan hal yang penting untuk keperluan bisnis. Namun bagi perusahaan untuk membahas hal penting ini ternyata cukup kompleks serta sulit untuk ditemukan.

Cara yang paling efisien agar bisa menentukan north star metrics adalah sebagai berikut.
Bagi masa depan bisnis ini apakah hal yang paling penting? Lakukan prioritas dan bentuk daftar khusus.

Bagaimana KPI serta Metrik yang digunakan dalam melakukan pengukuran faktor-faktor yang ada di puncak daftar? Kemudian dengan menggunakan metrik apa yang bisa untuk merangkum kesuksesan pada perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas?

Buatlah hierarki metrik yang parameter utamanya adalah NSM. Sebaiknya kamu juga jangan merasa terbebani bahwa harus memiliki NSM yang sempurna. Karena yang akan dicari yaitu metrik yang paling masuk akal untuk diterapkan pada bisnis. Kita juga mungkin saja harus mencobanya.

Bolehkah North Star Metrik Lebih dari Satu?

Kemudian yang jadi pertanyaan, bolehkah north star metric ini lebih dari satu? Walaupun north star metric ini seringnya hanya ada satu metrik saja. Akan tetapi satu metric tersebut tidak bisa kita gunakan untuk beberapa departemen. Sehingga ada baiknya pada setiap departemen tersebut juga mempunyai satu metrik sendiri agar bisa mendukung NSM pada perusahaan.

Hal ini juga akan menghasilkan NSM yang tepat. Sehingga dapat merepresentasikan hasil akhir yang diperoleh dari upaya yang dilakukan oleh setiap departemen, team serta karyawan pada perusahaan.
Contohnya, jika kita ingin mengetahui jumlah orang yang menggunakan aplikasi setiap hari. Maka kita harus melihat metrik lainnya.

Metrik lainnya seperti pendaftaran anggota baru, user retentions, pengembangan engagement dan akivasi pelanggan baru. Apabila kita memahami metrik yang saling berhubungan tersebut dan conversation rate pada bisnis. Maka kita juga akan menghasilkan insight yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan produk dan layanan.

Baca Juga:

Apabila NSM sudah teridentifikasi maka kita juga harus memahami tindakan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan agar bisa bergerak pada arah yang benar. Pada setiap departemen ini juga harus bisa melakukan identifikasi NSMnya sendiri. Agar bisa lebih fokus serta melakukan identifikasi pada metrik pendukung tambahan.

Walaupun kita sudah melakukan identifikasi serta melakukan pekerjaan untuk mencapai NSM. Akan tetapi kita juga harus melakukan tracking serta meningkatkan metrik yang lainnya.
Namun hal ini justru akan membantu kita agar bisa mencapai pertumbuhan. Serta bisa juga untuk membantu orang yang ada di perusahaan agar menjadi lebih fokus untuk melakukan kegiatan yang tepat sekaligus juga membuat keputusan yang tepat.

Apakah North Star Metric Ini Akan Berubah ?

Kita juga harus tahu bahwa North star metrics ini juga akan mengalami perubahan. Adanya perubahan tersebut juga disesuaikan dengan perkembangan perusahaan dan industri kita.
Misalnya Facebook. NSM yang dimiliki oleh Facebook pada awal berdirinya ini yaitu pengguna aktif bulanan. Namun seiring dengan perkembangan Facebook serta industri social media ini maka Facebook juga melakukan perubahan pada metric mereka.

Adapun untuk NSM yang baru pada Facebook ini yaitu pengguna aktif harian. Hal ini juga terjadi karena semakin berkembangnya industri social media serta adanya competitor Snapchat yang memulai tracking pengguna aktif per jam.

Dan dimasa datang, bisa saja Facebook juga mengubah NSM yang sekarang miliki dengan pengguna aktif per jam. Sehingga kita juga bisa melihat bahwa seiring dengan berkembangnya perusahaan serta industri. Maka kita juga harus siap untuk melakukan perubahan pada NSM yang sudah dimiliki agar bisa memenuhi tuntutan industri.

Dengan memilih North Star Metric yang tepat maka akan memberi fokus pada setiap individual, tim serta departemen perusahaan. Hal ini dilakukan agar bisa mencapai north star metrik yang sudah ditentukan.

Baca Juga:

Untuk menerapkan strategi marketing lain Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.