Tips Meningkatkan Organic Growth untuk Bisnis

organic growth adalah

Rencana kerja yang diterapkan akan mempengaruhi perkembangan suatu bisnis. Maka setiap bisnis akan memiliki target untuk mencapai organic growth (pertumbuhan organik) yang besar.

Lalu apa yang dimaksud organic growth? Adakah tips meningkatkan ogranic growth untuk bisnis? Semua jawabannya ada pada rangkuman di bawah ini!

Apa Itu Organic Growth ?

Organic Growth merupakan pertumbuhan bisnis yang memanfaatkan semua sumber daya dari dalam perusahaan.

Dengan menggunakan strategi bisnis ini, perusahaan akan memaksimalkan sumber daya internal tanpa campur tangan dari pihak luar perusahaan.

Menurut Corporate Finance Institute, terdapat 3 prinsip organic growth.

  • Pengoptimalan penjualan dengan cara meningkatkan produksi kerja dan pelayanan.
  • Mengalokasikan dan mengatur anggaran dengan tepat supaya biaya produksi lebih efisien.
  • Melakukan pengembangan produk atau model baru untuk meningkatkan penjualan.

Ketiga prinsip diatas dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan organic growth dengan maksimal. Setiap bisnis harus menentukan satu prioritas utama mana dari 3 prinsip tersebut untuk dijalankan.

Contohnya perusahaan mengutamakan pengembangan produk baru. Lalu baru dilanjutkan dengan prinsip lainnya.

Cara Mengukur Organic Growth Untuk Bisnis

digital marketing agency

McKinsey Global Survey menyatakan bahwa ada 3 hal dasar yang mempengaruhi organic growth, yaitu :

  • Performing
  • Investing
  • Creating

3 faktor tersebut dapat menjadi tolak ukur dari pertumbuhan organiknya baik atau tidak.

Investopedia memiliki cara mengukur organic growth untuk bisnis. Yaitu dengan cara membandingkan yang sudah dilakukan oleh bisnis dengan pendapatan yang telah didapatkan.

Secara umum untuk menghitung pertumbuhan organik adalah dengan membandingkan revenue/bulan atau per 3 bulan.

Untuk kamu pemilik bisnis, maka wajib untuk rutin menghitung dan memantau pertumbuhan organik. Dikarenakan investor nantinya akan melihat aspek ini sebagai bahan pertimbangan ketika mereka ingin berinvestasi.

Ketika organic growth terus meningkat, maka bisnis dengan mudah menarik investor untuk berinvestasi di bisnismu.

Ciri-Ciri Organic Growth

Strategi pertumbuhan organik berusaha untuk memaksimalkan pertumbuhan perusahaan dari dalam.

Bisnis menghitung pertumbuhan pendapatan dalam periode triwulan ataupun tahunan. Untuk dijadikan sebagai metrik kinerja Organic Growth.

Pertumbuhan organik dapat dilakukan dengan cara berikut :

  • Kampanye peluncuran lini produk baru
  • Promosi,
  • Peningkatan Layanan pelanggan

Jenis pertumbuhan oraganik penting karena investor ingin mengetahui perkembangan perusahaan tempat mereka berinvestasi, dan mengetahui apakah perusahaan memiliki potensi untuk menghasilkan lebih dari tahun sebelumnya. Hasilnya adalah harga saham yang lebih tinggi atau pembagian dividen.

Di beberapa industri, khususnya ritel. Pertumbuhan organik diukur dengan pertumbuhan yang sebanding.

Data keuangan perusahaan di industri ritel sering digunakan untuk mengukur pertumbuhan total penjualan yang dihasilkan oleh toko yang didirikan perusahaan selama periode waktu tertentu. Biasanya seperempat tahun atau lebih lama.

Setelah itu membandingkannya dengan angka serupa pada periode yang sama di masa lalu. Pertumbuhan penjualan toko tidak termasuk pertumbuhan pendapatan dari pembukaan toko baru, akuisisi dan merger perusahaan.

Perusahaan ritel seperti Walmart, Carefour, dan toko ritel besar lainnya akan membukukan laporan triwulanan. Sehingga investor dan analis akan lebih mudah mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan organik perusahaan mereka.

Baca Juga :

Tips Meningkatkan Organic Growth Untuk Bisnis

tips meningkatkan organic growth

Sampai sekarang tidak ada rumusan yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan organik bisnis. Tapi masih ada faktor yang dapat dimaksimalkan oleh bisnis.

Di bawah ini, Kami akan memberikan beberapa tips meningkatkan organic growth untuk bisnis. Sehingga Kamu dapat meningkatkan organic growth dengan lebih maksimal pada era digital.

1. Maksimalkan Usaha dan Semua Program Bisnis

Pertama bisnis kamu harus fokus untuk memaksimalkan usaha dan semua program bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan organik.

Para C-level (CEO, CMO, CFO, dan COO ) perusahaan harus lebih intent dan sejalan dalam memaksimalkan materi dari dalam perusahaan itu sendiri.

2. Menganalisis Data

Bisnis harus melakukan analisa data untuk mengetahui kondisi pasar dan konsumen dengan baik.

Setelah mendapatkan hasil analisis, data tersebut digunakan untuk riset pasar mempertimbangkan dalam pembuatan strategi dan rencana bisnis selanjutnya.

Untuk mendapatkan hasil organic growth yang maksimal. Caranya dengan memaksimalkan materi dan sumber daya yang ada.

Contohnya dengan memanfaatkan website perusahaan dan akun sosial media. Kedua saluran ini bisa menjadi wadah untuk menampung feedback dari konsumen.

3. Membangun Sumber Daya Dengan Lebih Kuat

Tips meningkatkan organic growth untuk bisnis selanjutnya adalah membangun sumber daya yang kuat. Bisnis harus memulai dengan berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan internal perusahaan. Terutama karyawannya untuk melakukan training rutin.

Dengan training rutin ini bisnis dapat membentuk karyawan yang memiliki daya saing terbaik untuk bisnis dan membuat bisnis dapat meningkatkan pertumbuhan organik dengan lebih maksimal.

Nah itulah tips meningkatkan organic growth untuk bisnis yang bisa kamu terapkan. Jadi kamu tidak lagi sembarangan dalam menggunakan sumber daya perusahaan. Semoga dengan menerapkan tips ini pertumbuhan organik bisnismu meningkat dengan signifikan.

Baca Juga :

Metode Pertumbuhan Pendapatan Yang Efektif Untuk Bisnis

metode organic growth

Selain kamu meningkatkan organic growth dari dalam, bisnis kamu juga harus menerapkan beberapa faktor untuk meningkatkan pendapatan dan jumlah pelanggan.

Jangkau lebih banyak pelanggan potensial baru

Menjangkau lebih banyak pelanggan baru adalah cara pertama untuk meningkatkan pendapatan bisnis secara efektif.

Pelanggan potensial adalah individu atau bisnis yang muncul melalui saluran tempat bisnis melakukan pemasaran, periklanan, jejaring sosial atau direkomendasikan oleh pelanggan lama.

Tingkatkan tingkat konversi pembelian

Tingkat konversi merupakan rasio pembelian pelanggan dengan jumlah total prospek yang dicapai bisnis.

Ketika tingkat konversi pembelian pelanggan semakin tinggi maka semakin banyak pendapatannya.

Tingkat konversi bisnis akan sangat bergantung pada keterampilan penutupan staf penjualan dan beberapa kebijakan yang menyertainya untuk memotivasi pelanggan membuat keputusan pembelian seperti layanan pelanggan yang baik dan garansi, pengiriman dan pemasangan gratis.

Tingkatkan nilai setiap pesanan pelanggan

Nilai pesanan rata-rata adalah jumlah rata-rata pelanggan saat melakukan pemesanan di bisnis.

Tujuan dari semua bisnis, tentu saja, adalah untuk membuat nilai pesanan rata-rata setinggi mungkin karena peningkatan nilai pesanan rata-rata akan membantu bisnis meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Selain itu, peningkatan nilai pesanan rata-rata akan membantu menghemat biaya pemasaran untuk bisnis.

Tingkatkan peluang pelanggan melakukan pembelian berulang

Pelanggan setia adalah sumber pendapatan terbesar bagi bisnis. Semakin sering pelanggan kembali untuk membeli, semakin banyak pendapatan bisnis akan tumbuh.

Pertama, untuk menarik pembelian berulang, bisnis perlu menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, membuat pelanggan merasa penting dan ingin bertahan dengan bisnis.

Selain itu, bisnis juga dapat menerapkan sejumlah metode layanan pelanggan dan pengingat seperti mengirim email pemasaran, memulai program loyalitas, mengumpulkan poin pelanggan atau menyimpan informasi pelanggan dan mengirim pesan, memberi selamat kepada pelanggan pada acara-acara khusus seperti ulang tahun, hari libur dan hari raya Idul fitri.

Selain meningkatkan organic growth, kamu juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.