Apa Itu Organic Marketing dan Bagaimana Strategi Penerapannya

apa itu organic marketing

Dalam dunia marketing tentu terdapat beberapa strategi yang perlu dipelajari oleh pemilik bisnis. Salah satunya menerapkan organic marketing untuk mempertahankan digital presence mereka. Strategi organic marketing memiliki kelebihan mampu meningkatkan angka traffic dan engagement rate perusahaan dengan cepat.

Nah apa itu organic marketing? organic marketing merupakan strategi pemasaran alami yang berfungsi untuk mengarahkan traffic situs, menghasilkan prospek, dan meningkatkan rasio konversi. Ini merupakan strategi agar perusahaan tidak menghabiskan uang secara langsung untuk keperluan iklan atau paid marketing.

Kampanye ini melibatkan taktik yang cukup hemat biaya dan dapat menghasilkan keuntungan bagi bisnis dari waktu ke waktu. Strategi ini paling sering ditemukan sebagai konten di berbagai platform media sosial. Tujuan utama strategi ini adalah membangun hubungan emosional dengan target audiens perusahaan.

Seorang marketing harus sebisa mungkin dapat menciptakan kampanye yang murah agar mendapatkan kepercayaan audiens dan membangun hubungan bisnis jangka panjang. Dapat dikatakan strategi ini berfokus pada fase awareness dalam sales funnel perusahaan.

Strategi Penerapan Organic Marketing

 

Organic marketing merupakan kampanye pemasaran dengan minim biaya. Beberapa perusahaan dapat meluncurkan strategi-strategi untuk keperluan bisnis jangka panjang. Berikut ini terdapat sejumlah strategi organic marketing yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Ciptakan Value Driven Content

Untuk menerapkan strategi ini, Anda perlu memahami semua keperluan dan tantangan para audiens. Tak hanya itu, Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan. Hal tersebut sangat penting karena dapat menyediakan berbagai informasi penting terkait aspirasi mereka mengenai kelebihan dan kelemahan konten yang kita miliki. Tetap untuk selalu periksa kebutuhan dan tantangan secara berkala.

Baca Juga:

Meluncurkan Konten Evergreen

Salah satu strategi organic marketing yang bisa Anda lakukan adalah meluncurkan konten evergreen. Jenis konten ini termasuk efektif karena dapat dioptimalkan dengan perusahaan bila suatu waktu dibutuhkan. Konten evergreen juga ramah SEO yang sangat berguna untuk keperluan pemasaran jangka panjang. Jangan lupa untuk tetap update secara berkala untuk menyesuaikan tren.

Buatlah Konten yang Mobile Friendly

Tak dipungkiri lagi bahwa masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu mereka pada layar smartphone mereka. Maka dari itu buatlah konten yang memiliki format sesuai untuk pengguna smartphone atau mobile friendly. Terdapat beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan saat mengoptimalkan konten untuk layar smartphone Anda.

  • Desain konten yang responsif dan interaktif
  • Kecepatan memuat halaman
  • Tombol-tombol lebih besar
  • Gambar telah dikompres
  • Formulir pengisian data diri otomatis
  • Sistem pendeteksi lokasi audiens
  • Kemampuan untuk check-out dan check in konten sebagai tamu

Jangan Lupa Memanfaatkan Platform Media Sosial Secara Maksimal

Anda juga harus memaksimalkan keberadaan media sosial saat ini. Hal ini bisa menjadi strategi organic marketing yang dapat Anda terapkan. Media sosial saat ini merupakan saluran bagi bisnis untuk meningkatkan akuisisi pelanggan dan melibatkan pengikut mereka.

Maka dari itu konsistensi mengupload konten sangat penting pada media sosial resmi perusahaan. Di sini Anda bisa meminta audiens untuk meninggalkan komentar, menjawab pertanyaan dan membagikan ulang konten untuk meningkatkan engagement rate. Pada intinya, tunjukkan minat Anda akan kebutuhan pelanggan. Dengan cara ini audiens akan dengan mudah terlibat dalam konten.

Jenis-Jenis Organic Marketing

strategi penerapan organic marketing

Terdapat beberapa jenis organic marketing yang perlu Anda ketahui. Tentu platform yang paling tepat tergantung pada target pasar dan produk atau layanannya.

Facebook

Facebook menawarkan berbagai kemudahan bagi pemilik bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka tanpa iklan berbayar dengan membuat halaman bisnis, bergabung dengan grup dengan orang lain yang berada di segmennya, membuat grup, membangun otoritas sebagai ahli bisnis, membeli dan menjual langsung di marketplace dan mengelola event tanpa mengeluarkan biaya. Anda dapat mendukungnya dengan iklan Facebook berbayar sehingga dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

Pinterest

Media ini membantu pengguna untuk mengumpulkan inspirasi mereka dalam postingan yang dapat dirujuk kembali di masa mendatang. Pinterest memiliki tingkat konversi tertinggi dari semua media sosial dan sangat bagus untuk bisnis yang visual seperti desain interior atau mode.

Baca Juga:

Instagram

Instagram menjadi platform populer anak muda saat ini. Media ini merupakan platform berbasis gambar yang dirancang untuk mengunggah konten cuplikan cepat atau instastory. Cara ini juga cukup efektif untuk digunakan brand dengan segmen tertentu dan dapat digunakan untuk membangun follower yang tertarik bisnis Anda.

LinkedIn

LinkedIn berguna untuk memperluas jaringan bisnis. Platorm ini biasanya lebih dominan menampilakan konten berbentuk panjang atau gaya berita yang memecahkan masalah secara rinci. Saat ini LinkedIn merupakan platform yang paling tepat untuk terhubung dengan para pebisnis dan berbagi konten B2B.

Youtube

Youtube saat ini menjadi mesin pencari paling kuat setelah Google. Platform ini menawarkan kesempatan untuk membagikan berbagai konten video yang berkaitan langsung dengan bisnis Anda dan membantu calon pelanggan untuk mengenal bisnis Anda secara pribadi sebelum mereka membuat keputusan pembelian. Ini sangat cocok untuk bisnis layanan berbasis pengetahuan seperti pelatihan.

Blog

Blog bisa menjadi situs web mandiri untuk mengarahkan pelanggan ke produk layanan Anda atau hanya sekedar menjadi bagian di situs web Anda. Konten-konten yang dibagikan dalam blog harus bisa memberikan informasi berguna tentang masalah yang sedang dihadapi konsumen. Atau juga bisa sebagai alternatif konten hiburan yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda. Konten yang berada di blog juga bagus untuk SEO karena dapat meningkatkan peringkat kata kunci.

Kelebihan Organic Marketing

Kini Anda mengerti bagaimana strategi-strategi yang diterapkan. Yuk intip apa saja kelebihan organic marketing dan manfaat apa yang saat perusahaan menggunakan strategi ini.

  • Efektif Untuk Meningkatkan Customer Loyalty
    Customer loyalty merupakan kesetiaan pelanggan dalam menikmati produk atau layanan yang digunakan. Hal ini akan meningkatkan pelanggan berulang yaitu orang-orang yang telah membeli dari Anda dua kali atau lebih.
  • Membangun Hubungan dengan Audiens Secara Efisien
    Dengan organic marketing Anda dapat membangun hubungan dengan audiens lebih efisien dan dekat. Anda jadi mengerti apa permasalahan mereka dan menciptakan solusi yang tepat untuknya.
  • Meningkatkan Ranking Konten di Google dengan Cepat
    Karena organic marketing berhubungan dengan SEO hal ini juga dapat meningkatkan ranking konten di Google dengan cepat. Hal ini juga dapat meningkatkan ulasan atas perusahaan.

Baca Juga:

 

Untuk meningkatkan organic marketing pada bisnis, Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang akan membantu Anda dapat merumuskan berbagai strategi organic marketing yang tepat agar sesuai dengan target audiens perusahaan. Selain itu, strategi organic marketing yang tepat dapat meningkatkan engagement bisnis Anda. Beberapa strategi marketing lain yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.