Panduan Cara Menggunakan Instagram Ads Terbaru Untuk Pemula

Panduan Cara Menggunakan Instagram Ads Terbaru Untuk Pemula

Beberapa tahun ke belakang ini, media sosial menjadi salah satu tempat andalan marketer untuk memasarkan produk bisnisnya. Begitu pula pada tahun 2022 ini, harapannya media sosial masih tetap menjadi jenis marketing technology yang dapat menarik jutaan pelanggan atau leads untuk suatu bisnis. Salah satunya fitur Instagram Ads adalah sebagai platform yang menarik banyak marketer untuk memulai strategi marketingnya di media sosial Instagram.

Selain fitur Ads, sebenarnya masih ada pilihan lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai jalan marketing Anda. Sebut saja penggunaan Instagram Shopping, Instagram Carousel, dan bahkan yang paling teranyar Instagram Reels untuk memuat video marketing.

Bila Anda baru saja memulai perjalanan marketing melalui media sosial Instagram dengan fitur Ads, maka melalui artikel ini, Anda akan selangkah lebih dekat untuk menyukseskan bisnis dengan peluang terbaik. Berikut ini kami susun panduan informatif semua hal yang perlu Anda ketahui dari fitur Instagram Ads.

Apa Itu Fitur Instagram Ads?

Secara definisi, fitur Instagram Ads adalah bentuk konten video atau gambar berbayar yang suatu bisnis online publikasikan di Instagram untuk mempromosikan produk bisnisnya. Fitur ini dapat berupa story atau feed post yang juga dapat Anda tautkan (linked) langsung ke akun brand Anda, ke URL situs bisnis, atau ke fitur pesan Direct Message Instagram.

Untuk membedakan dengan jenis story dan feed umum, biasanya konten iklan pada Instagram akan memiliki keterangan “Sponsored” di bawah nama akun Instagram bisnis. Dan karena Instagram masih satu kepemilikan dengan Meta (sebelumnya Facebook), maka fitur Instagram Ads juga dapat Anda kelola di Meta Ads Manager.

Instagram Ads adalah platform terbaik untuk visual storytelling dengan segala tools yang membuat Anda dapat menghasilkan ROI melalui berbagai format iklan terpadunya. Terlebih berdasarkan dari halaman situs Instagram Business, sekitar 90% pengguna Instagram akan berusaha terhubung dengan brand favoritnya dengan memfollow akun Instagram brand tersebut.

Dan sekitar 87% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka bersedia melakukan berbagai tahap bisnis digital marketing setelah melihat gambar sekilas atau cuplikan video produk di halaman beranda Instagram-nya. Hal ini mewakili klaim Instagram bahwa fitur Instagram Ads adalah bentuk penyajian konten Instagram dengan target ataupun retargeting ads untuk kebutuhan marketing yang meningkatkan engagement sekaligus memotivasi sifat konsumtif audience-nya.

Alasan Fitur Instagram Ads Adalah Pilihan Bagus Untuk Marketing

Alasan Fitur Instagram Ads Adalah Pilihan Bagus Untuk Marketing

Dengan pengembangan stabil profil brand dan postingan konten iklan yang tak ada habisnya, organic growth dan organic reach di Instagram bisa cukup sulit untuk Anda dapatkan. Bahkan pebisnis harus sabar karena hasil organic marketing melalui media sosial relatif lama.

digital marketing agency

Baca Juga:

Itulah sebabnya mengapa Instagram Ads adalah solusi bagus agar Anda dan proses bisnis dapat efektif mencapai demografi pembeli tertentu dan mengatasi kejenuhan pasar. Adapun beberapa keuntungan yang bisa Anda pertimbangkan saat Anda mencari paid media marketing melalui Instagram Ads.

1. Harga Fleksibel

Walaupun berbayar, Instagram tidak serta merta menetapkan harga untuk Anda memulai iklan. Anda lah yang membuat tawaran untuk penempatan iklan Anda sendiri.

Namun rata-rata, Anda perlu membayar antara Rp2.860 hingga Rp28.600 per klik (cost-per-click) pada Instagram campaign. Jika Anda lebih suka menjalankan iklan berdasarkan cost-per-mile (CPM) dan fokus pada impression, maka rata-rata Anda perlu sekitar Rp57.200-Rp114.400 per 1.000 pengunjung. Harga itu pun umumnya ditentukan oleh tiga faktor, yaitu:

  • Instagram akan memproses jumlah yang ingin Anda tawar untuk campaign.
  • Skor relevansi iklan Meta atau Instagram Anda dengan audience yang ingin Anda targetkan.
  • Perkiraan action rates atau seberapa besar kemungkinan Meta atau Instagram percaya bahwa audience akan mengambil tindakan terhadap iklan Anda.

2. Pertumbuhan Platform dan Brand Awareness

Instagram adalah salah satu channel marketing berbasis media sosial yang pertumbuhannya paling cepat sehingga Anda berpeluang besar untuk memperluas brand awareness melalui platform. Anda dapat membangun brand awareness dengan konten reguler yang Anda terbitkan melalui feeds, Stories, atau Reels yang dipadukan dengan fitur Ads.

Instagram Ads adalah strategi marketing yang membantu Anda dapat menampilkan konten di depan leads atau calon followers akun Instagram. Dengan membayar beberapa biaya untuk menjalankan iklan brand Anda, maka Anda sama saja sudah berinvestasi dalam membangun nama brand bisnis dan penawaran produk Anda.

3. Segmentasi Targeting Lebih Baik

Jika Anda ingin mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang cara beriklan di Instagram, maka Anda akan fokus pada segmentasi targeting. Karena platform ini satu kepemilikan dengan Meta, Anda dapat memanfaatkan pilihan targeting yang luar biasa dan akurat dari Meta untuk memastikan iklan Anda dilihat oleh audience yang tepat di Instagram.

Anda dapat menyesuaikan target audience Anda berdasarkan kriteria seperti lokasi, demografi, minat, preferensi, perilaku atau behaviour, dan lainnya. Anda juga dapat menargetkan audience yang telah menggunakan produk bisnis Anda dengan melacak traffic dari website bisnis Anda lalu mengimpor informasi itu ke Instagram.

4. Variasi Format Iklan

Instagram memiliki potensi jangkauan iklan ke lebih dari 849 juta pengguna. Hal ini membuat Instagram Ads adalah tools yang sangat powerful sehingga Anda pasti ingin mengiklankan bisnis semaksimal mungkin dengan menggunakan berbagai jenis format iklan di Instagram.
Anda bisa bebas memilih dan menentukan akan menampilkan iklan dalam format apa, baik dari Feed, Stories, atau Reels. Tak sampai disitu karena antara Feed dan Stories juga menyediakan pilihan bentuk dan jumlah iklan yang akan Anda pasang.

Jika memilih beriklan di Instagram Feeds, maka Anda bisa memilih untuk menampilkan carousel ad, image ad, video ad, collection ad, dan explore ad. Sedangkan pilihan beriklan melalui Instagram Stories dan Reels lebih sedikit karena umumnya Anda hanya bisa mengunggah satu desain foto/video iklan untuk setiap kali posting. Bahkan pada Reels Anda hanya bisa menggunggah iklan berupa video.

Baca Juga:

5. Pengaturan Iklan Mudah

Instagram Ads adalah platform promosi yang mana Anda dapat membuat, menyusun, dan mengunggah konten iklan dengan mudah. Cukup dengan memilih salah satu atau beberapa foto/video promosi Anda dan sesuaikan dengan target audience. Tentu saja berguna agar Anda bisa mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Anda perlu memulai dengan menghubungkan halaman Facebook bisnis Anda ke akun Instagram bisnis Anda. Setelah itu, buat dan atur iklan Anda di dalam dasbor Meta Business Manager. Anda juga bisa lacak hasil impresi iklan Anda dengan menginstal Meta pixel and conversion goals dan melihat performa bisnis Anda dalam Meta Business Manager. Untuk detail selengkapnya seputar cara memulai iklan di Instagram Ads, Anda bisa baca penjelasan di bawah ini.

Cara Beriklan Di Instagram Secara Efektif

Cara Beriklan Di Instagram Secara Efektif

Kini, Anda telah memiliki pengetahuan dasar seputar Instagram Ads, bukan? Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memulai beriklan di Instagram Ads sekarang.

1. Setting Halaman Meta Business

Langkah pertama untuk beriklan di Instagram Ads adalah memiliki akun Instagram business atau Instagram creator. Sebab, Anda tidak dapat memposting iklan secara langsung dari akun Instagram.

Jika Anda belum memiliki akun Instagram Business via Meta Ads Manager, maka kunjungi halaman Meta Ads Manager untuk Instagram Ads di sini lalu tekan tombol bertuliskan “Create an Ad”.

Setelah itu, Anda tinggal ikuti langkah-langkah pengisian data akun Meta Ads Manager.

2. Tentukan Tujuan Iklan

Setelah berhasil membuat akun ads manager, perlu Anda perhatikan untuk menentukan dan menerapkan tujuan bisnis Anda memulai Instagram Ads. Maksudnya, tentukan tujuan Anda dan buat iklan yang memenuhi tujuan itu.

Anda akan menemukan pilihan beberapa tujuan bisnis umum dari iklan Instagram, yaitu:

  • Menghasilkan leads (lead generation).
  • Lebih banyak traffic bisnis.
  • Keterlibatan (engagement audience Instagram).
  • Pemasangan aplikasi.
  • Lebih banyak views.
  • Brand awareness.
  • Penjualan (sales).

3. Beri Nama Ad Campaign

Setelah itu, Anda bisa langsung membuat iklan dengan pertama-tama menentukan nama promosi iklan bisnis Anda.

Beri nama campaign Anda dengan satu atau beberapa kata yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Cara ini akan membantu Anda menjaga promosi bisnis tetap sesuai dengan tujuan dan melacaknya secara efisien.

Anda juga dapat menggunakan berbagai tools tambahan untuk melacak performansi iklan Anda. Salah satu alatnya adalah Mentionlytics.

Tools ini memungkinkan Anda untuk mengakses insight yang terkait dengan iklan Anda dan membantu Anda menganalisis berapa kali brand Anda dicari atau disebutkan di platform.

4. Pilih Target Audience Anda

Menetapkan target audience adalah bagian penting dari Instagram ads management.

Jika Anda ingin kampanye iklan Anda berhasil, Anda harus menetapkan parameter atau kriteria yang jelas untuk audience Anda. Targeting Instagram Ads adalah salah satu tools paling ampuh yang akan Anda miliki dalam menjalankan iklan Instagram, jadi pastikan untuk menggunakannya.

Anda bisa pertimbangkan kriteria berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, demografi, minat (interest), pendapatan (income), perilaku (behaviour), bahasa, koneksi (connections), dan pola browsing saat menyiapkan targeting ads Anda.

Salah satu strategi hebat dalam menggunakan Instagram Ads adalah memanfaatkan data dari pengunjung website Anda untuk menyiapkan Instagram ad targeting yang lebih maksimal.
Anda cukup buka halaman Google Analytics Anda dan lihat tab audience. Anda akan menemukan banyak sekali informasi demografis audience bisnis Anda.

5. Menentukan Anggaran

Menentukan anggaran iklan adalah langkah penting dalam manajemen iklan Instagram. Tahap ini akan menentukan berapa lama iklan Anda akan berjalan.

Pertama, siapkan anggaran Instagram Anda berdasarkan tujuan iklan. Selain itu, pertimbangkan kebutuhan dan jenis kampanye promosi sebelum Anda memilih anggaran harian atau anggaran seumur hidup untuk iklan bisnis Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan traffic, maka Anda dapat memilih anggaran harian.

Tetapi jika tujuan Anda adalah untuk konversi dan penjualan, anggaran lifetime atau seumur hidup dan penganggaran bulanan adalah pilihan yang tepat.

Dalam anggaran harian, iklan Anda akan berjalan berdasarkan jumlah yang diberikan. Di sisi lain, jika Anda memilih anggaran seumur hidup, Anda memiliki pilihan untuk menjadwalkan iklan Instagram Anda setiap hari, mingguan, atau bulanan.

6. Pilih Format Iklan Dan Upload Iklan Anda

Untuk langkah terakhir, Anda tentukan apa format iklan Instagram Anda. Apakah itu Carousel Ad, Image Ad, Video Ad, Story Ad, Collection Ad, atau Explore Ad. Yang terpenting adalah pastikan jenis iklan sesuai dengan tujuan bisnis dan target audience Anda.

Setelah design iklan sudah jadi, unggah file iklan ke dasbor Instagram ads via Meta business. Kini, bisnis Anda sudah siap untuk lebih go public dan menghasilkan reach, impression, dan income untuk kebaikan bisnis Anda.

Itulah semua penjelasan yang ingin kami bagikan seputar fitur Instagram Ads dan praktik terbaiknya. Perlu Anda ingat bahwa Anda juga bisa menjalankan iklan secara digital melalui berbagai platform dan metode. Mulai dari Youtube Ads, Twitter, dan website.

Apabila perusahaan Anda belum punya tim support yang mendukung kebutuhan iklan melalui media sosial atau website, sebaiknya Anda gunakan jasa digital marketing agency. Anda bisa menerapkan strategi marketing seperti inbound marketing, growth hack marketing, data-driven marketing, dan 360 digital marketing. Keempatnya sangat efektif untuk mengembangkan bisnis dan segala aspeknya dengan pesat dan berprofit.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.