Panduan Lengkap Menggunakan Instagram Analytics

panduan instagram analytics

Ingin menggunakan Instagram untuk marketing? Maka panduan menggunakan Instagram Analytics wajib kamu baca.

Ada berbagai jenis strategi pemasaran dalam digital marketing. Namun, saat ini salah satu contoh digital marketing yang paling populer adalah pemasaran melalui media sosial Instagram.

Instagram menjadi salah satu media sosial memiliki banyak pengunjung. Banyak sekali pengguna yang memanfaatkan Instagram sebagai media berjualan dan mencari popularitas. Untuk itu, penting hukumnya mempelajari Instagram analytics.

Tool yang satu ini bersifat tambahan yang bermanfaat dalam menambah insight dari penggunaan Instagram. Walaupun ada Instagram Insights. Namun, tool tambahan bisa mempermudah menambah kunjungan ke postingan dan profil Instagram.

Apa Itu Instagram Analytics?

Penjelasan Singkat Instagram AnalyticsTidak semua orang memahami mengenai Instagram analytics. Hal ini sangat wajar mengingat tool ini membutuhkan pengorbanan lebih untuk memahami dan mengaplikasikannya.

Pada dasarnya penggunaan tool ini mempelajari algoritma Instagram. Memahami pola perilaku pengguna Instagram dan memahami algoritma dapat membuat pengguna lebih mudah dalam strategi promosi dan meningkatkan kunjungan pada postingan dan profil Instagram.

Manfaat Penggunaan Instagram Analytics

Manfaat Penggunaan Instagram analytics

Setelah mengetahui penjelasan ringkas tentang Instagram analytics. Kita harus mengetahui manfaat penggunaan tools ini.

Pada dasarnya Instagram analytics memiliki sejumlah manfaat yang menarik. Manfaat tersebut antara lain:

1. Menentukan Target Pengunjung

Menentukan Target Pengunjung-Menggunakan-Instagram-analytics

Ketika kita membuat Instagram konten marketing, kita harus mengetahui siapa target dari konten tersebut.

Sehingga target audiens sangat menentukan konten apa yang harus kita buat.

Kita harus menyesuaikan konten berdasarkan minat dan kebutuhan dari calon konsumen.

Kita juga harus menentukan waktu terbaik untuk posting. Tentunya jam kunjungan penggunan muda dan pengguna dewasa akan berbeda. Hal tersebut bisa terjadi karena aktivitas yang berbeda. Untuk itu, target pengunjung sangatlah penting untuk diketahui.

Baca Juga :

2.  Efisiensi Waktu dan Tenaga

Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan bantuan tool, proses mengelola Instagram akan menjadi lebih mudah. Hal ini terjadi karena proses yang menjadi lebih simpel dan tidak membuang banyak waktu.

Jadi tools ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterbatasan waktu.

Selain waktu, tenaga yang terbuang juga menjadi lebih sedikit. Dengan begitu, fisik menjadi lebih prima dan kondisi tubuh bisa tetap terjaga. Hal ini juga semakin memungkinkan untuk dilakukan oleh setiap orang baik pria atau wanita.

3. Memantau Kinerja Pemasaran

memantau kinerja pemasaran

Kegunaan lain dari tool Instagram yaitu mampu memantau perkembangan Instagram pada suatu periode tertentu.

Kita dapat melihat peningkatan dan perkembangan akun Instagram setiap harinya.

Dalam pemantauan tersebut, pengguna Instagram pribadi harus mengganti tipe akunnya.

Jika akun Instagram masih IG pribadi, maka harus merubahnya ke akun Instagram bisnis.

Hal ini juga akan membuka fitur Instagram Insights. Tetapi merubah akun bisnis, kita tidak bisa menggunakan fitur private.

Rekomendasi Tools Instagram Analytics Terbaik

Rekomendasi Tools yang Tepat

Setelah mempelajari bagaimana pengertian dan manfaat dari Instagram analytics, selanjutnya adalah memilih tool yang tepat. Saat ini sudah banyak beredar tool untuk Instagram yang memiliki keunggulan masing-masing.

Di bawah ini ada beberapa tools Instagram Analytics terbaik. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba beberapa tool terlebih dahulu untuk menemukan mana yang paling cocok untuk digunakan.

1. Squarelovin

Squarelovin

Rekomendasi Tools Instagram Analytics terbaik pertama adalah Squarelovin. Tool yang satu ini memiliki sejumlah fitur yang menarik untuk digunakan.

Squarelovin juga dapat kita unduh dan install secara gratis. Sehingga tidak heran pengguna Instagram banyak menggunakan tools ini.

Squarelovin sendiri menghadirkan informasi yang cukup beragam untuk digunakan dalam menganalisa performa pada Instagram bisnis.

Squarelovin cocok untuk para pembuat konten dan toko online. Terutama untuk menganalisa akun Instagram-nya.

Walaupun gratis, tidak semua fitur Squarelovin bisa kita gunakan. Untuk menikmati versi penuhnya, bisa dengan berlangganan paket yang lebih profesional dengan harga mulai dari US$ 9,90/ Bulan.

Baca Juga :

2. Pixlee

Pixlee

Pilihan kedua untuk tools Instagram Analytics terbaik adalah Pixlee. Tools Instagram Analytics ini juga banyak digunakan brand besar.

Hal ini tentu membuat nama Pixlee menjadi semakin baik. Jika menggunakan tool ini, besar kemungkinan hasil analisanya tepat dan lengkap.

Kelebihan Pixlee adalah dapat memonitoring performa akun Instagram. Selain itu ada juga fitur dukungan lainnya yang menarik. Dengan satu tools kita dapat melakukan banyak hal.

Pixlee dapat kita gunakan untuk membuat rekap mingguan. Rekapan bisa langsung dibagikan kepada tim klien.

Di dalamnya tersimpan juga informasi pertumbuhan pengikut, pencarian tanda pagar, statistik pengunjung, dan juga data-data lain untuk membuat postingan yang semakin menarik.

Untuk versi demo Pixlee kita dapat menggunakannya gratis. Akan tetapi, untuk harga berlangganan secara penuh memang tergolong mahal.

Setelah demo Pixlee habis, per bulan biaya berlangganan menjadi $399.

3. Crowdfire

CrowdfireJika kamu mencari tools Instagram Analytics dengan harga terjangkau. Maka Crowdfire adalah pilihan tepat.

Paket berlangganan Crowdfire ini hanya $7,48 saja per bulan. Sebelum menyewa paket bulanan, kita dapat mencobanya terlebih dahulu secara gratis.

Crowdfire hadir untuk mengkurasi konten yang berkaitan dengan lini usaha yang dijalankan melalui koneksi internet. Aplikasi ini akan membagikan sejumlah rekomendasi artikel beserta gambar pendukung dengan tujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran.

Salah satu fitur yang menarik adalah pemilihan kategori performa Instagram berdasarkan rentang waktu. Pemilihan rentang waktu tersebut tergolong variatif dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sangat berguna saat melihat performa konten penjualan per musim tertentu.

4. Minter.io   

Minter.io

Salah satu tool Instagram yang memiliki banyak fitur mendalam adalah Minter.io. Di sini, pengguna bisa mendapatkan sejumlah data yang bersumber dari banyak variasi data relevan. Data tersebut dapat berguna sebagai upaya menentukan strategi pengelolaan akun Instagram.

Aplikasi ini sering digunakan untuk mengidentifikasi penggunaan filter pada konten agar lebih menarik. Hal ini membuat proses manajemen konten menjadi lebih mudah. Selain itu, kualitas postingan yang akan dibuat akan lebih bermutu dan mudah menjaring banyak pengunjung.

Kemampuan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur eksport data dengan format dokumen. Hal ini akan memudahkan pengguna Instagram dalam membuat arsip dan dokumen bisnis. Menariknya lagi, fitur ini bisa bekerja secara otomatis sesuai periode yang telah ditentukan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Instagram Analytics

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Instagram Analytics

Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, tentu saja fitur tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan. Boleh saja membeli semua fitur tersebut, tetapi pengeluaran tentu akan membengkak. Solusinya bisa dengan memilih fitur tertentu yang memang dibutuhkan.

Penggunaan tools memang menjadi alat bantu yang efektif. Akan tetapi, konten marketing yang bermutu dan potensi produk yang ditawarkan tetap menjadi kunci utama. Untuk itu, upaya memperbarui produk atau objek di dalam konten tetap harus dilaksanakan dengan baik.

Selain itu, penggunaan tools harus diiringi dengan upaya mempelajari tersebut. Untuk itu, diharuskan setiap pengguna mengerti betul fungsi dari tools yang digunakan. Jangan sampai fitur yang dimiliki hanya menjadi pajangan dan tidak bisa berfungsi secara optimal.

Demikianlah artikel singkat mengenai Instagram analytics. Semoga artikel ini bisa memberikan referensi baru terutama bagi para pengguna akun bisnis pada Instagram. Selamat mencoba!

Baca Juga :