6 Bentuk Partnership Marketing Untuk Sukseskan Campaign Bisnis Anda

partnership marketing adalah

Dalam membangun sebuah bisnis tentu memiliki berbagai strategi campaign marketing untuk mengembangkan bisnis tersebut. Salah satunya adalah partnership marketing. Partnership marketing merupakan bentuk kolaborasi dari dua perusahaan atau bisnis dalam sebuah kampanye.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk membuat sebuah kampanye dapat berjalan lebih efektif dan menghasilkan sales yang tinggi. Saat ini partnership marketing menjadi strategi yang menjanjikan untuk meningkatkan penjualan atau mencapai target KPI. Strategi ini memiliki beberapa bentuk. Berikut ini macam-macamnya.

Bentuk-Bentuk Partnership Marketing

Afiliasi

Affiliate marketing merupakan sebuah kerja sama yang yang dilakukan oleh sebuah media atau blogger dengan brand. Pada praktiknya, sebuah media akan membuat artikel atau menerbitkan rangkuman informasi dari sebuah produk kemudian artikel tersebut diberi link ke situs brand pada produk tersebut.

Tujuan strategi ini untuk meningkatkan awareness sebuah produk dan meningkatkan penjualan. Tak hanya artikel, terkadang affiliate dibuat dalam sebuah banner pada sebuah website media.

Strategi program afiliasi

  • Pahami target audiens
    Pahami apa yang menjadi kebutuhan calon pembeli produk yang Anda promosikan. Cari tahu pertanyaan apa yang sering mereka ajukan mengenai produk yang Anda promosikan.
  • Fokus pada niche tertentu
    Memilih blog yang memiliki niche atau tema yang sesuai dengan produk Anda.
  • Perhatikan SEO
    Pastikan blog atau website memperhatikan SEO agar lebih optimal dan mudah ditemukan pelanggan.
  • Review yang menarik
    Memberikan arahan pada pemilik blog atau website untuk mereview produk secara menarik.
  • Berikan Call to Action

Baca Juga:

Program Loyalti

Bentuk partnership marketing satu ini dapat meningkatkan loyalty pengguna. Biasanya pengguna bisa mendapatkan promo lebih besar atau produk gratis jika mendaftar melalui email atau membeli produk dalam jumlah tertentu. Produk gratis atau promo ini bisa didapatkan dari kerja sama dengan brand lain. Tujuannya adalah agar pengguna tergerak untuk melakukan pembelian lebih banyak demi mendapatkan promo tersebut.

Contoh-Contoh Program Loyalty adalah:

Membership loyalty

Membership loyalty dapat menarik pelanggan untuk lebih sering menggunakan produk atau layanan Anda. Misalnya bisa dibuat dalam bentuk kartu membership dengan tingkatan tertentu. Setiap anggota akan mendapatkan berbagai macam tawaran menarik, misalnya berupa diskon atau lainnya.

Program loyalty event terbatas

Program ini juga cukup efektif karena bisa dibuat secara general maupun personal. Untuk program event general misalnya diskon pada hari raya atau peringatan hari besar lainnya.

Program Cashback

Anda bisa mengadakan program cashback. Program ini mirip dengan poin yang didapat konsumen karena telah berlanggan. Namun, tak sedikit pelanggan yang lebih menyukai promo berupa uang asli dalam bentuk cashback.

Influencer

Influencer merupakan strategi yang menjanjikan. Hal tersebut karena mayoritas masyarakat pasti memiliki media sosial dan informasi di platform ini sangat mudah tersebar luas dan cepat.

Bekerja sama dengan influencer juga harus menyesuaikan dengan karakteristik produk dan keunikan brand. Contohnya perusahaan atau seorang yang memiliki bisnis makanan, maka ia dapat berkolaborasi dengan influencer mukbang atau yang sering membagikan aktivitas memasaknya.

Tips-Tips Memilih Influencer

  • Sesuaikan dengan budget perusahaan
    Memilih seorang influencer harus menyesuaikan budget Anda. Jika terbatas, bekerja sama dengan influencer mikro adalah pilihan terbaik. Salah satu alasannya karena mereka lebih sering berinteraksi dengan follower secara intens. Tak jarang ada masukan tentang produk yang diberikan oleh beberapa follower. Anda pun dapat mengevaluasinya. Influencer mikro adalah influencer yang memiliki follower di bawah 10 ribu orang.
  • Memiliki reputasi baik
    Public figure yang memiliki reputasi baik akan memiliki personal branding yang terjaga. Hal tersebut akan membantu bisnis Anda membangun branding yang baik pula.
  • Intensitas update konten yang baik
    Jangan lupa untuk memperhatikan intensitas public figure dalam melakukan posting. Cermati kebiasaan influencer Anda dalam mengelola postingan sebelum memilihnya. Anda juga dapat memantau media sosial lebih raji. Tujuannya untuk mengetahui apa saja yang sedang trending dan siapa saja public figure yang sedang naik daun. Ketika menemukan momen yang sedang viral atau popule Anda bisa langsung bergerak cepat menjalin kerjasama dengan public figure tersebut.

Sponsorship

sponsorship

Bentuk partnership marketing ini memang bukan strategi yang baru tapi cukup untuk meningkatkan brand awareness. Bentuk kolaborasi partnership marketing ini menyesuaikan dengan kebutuhan dua perusahaan. Misalnya terdapat perusahan yang memberikan sponsor untuk program kerja dari brand atau perusahaan mensponsori acara yang diselenggarakan oleh brand.

Baca Juga:

Social Campaign

Merupakan kampanye sosial yang dapat menarik perhatian pelanggan karena dengan membeli sebuah produk, mereka bisa sekaligus beramal dan berkontribusi untuk menyelesaikan isu sosial tertentu.

Dengan mengadakan jenis partnership marketing, perusahaan akan dianggap peduli dengan isu sosial tertentu. Hal ini tentu saja akan meningkatkan loyalti dari seorang pengguna.

Distribusi

Metode ini bisa diubah menjadi kolaborasi bisnis yang menjanjikan. Contohnya, sebuah perusahaan yang memproduksi obat-obatan tertentu, kemudian melakukan kerja sama dengan sebuah platform kesehatan tertentu untuk menjual produknya. Hal tersebut dapat menguntungkan keduanya karena saling melengkapi satu sama lain.

Kelebihan Partnership Marketing

Keuntungan Lebih Banyak

Calon mitra dapat memberikan tambahan modal dalam bisnis perusahaan Anda. Mereka juga mungkin memiliki relasi yang lebih strategis sehingga hal ini dapat membantu Anda dalam menarik calon investor dan mendapatkan tambahan modal untuk menumbuhkan bisnis Anda. Mitra bisnis yang tepat dapat meningkatkan nilai jual Anda saat mengajukan pinjaman modal ke pihak lain.

Baca Juga:

Memberikan Pengalaman Baru

Bermitra dengan pihak lain memberikan Anda akses ke berbagai keahlian yang dapat berguna untuk meningkatkan beberapa bagian dari bisnis Anda. Mitra yang baik juga mungkin membawa pengetahuan dan pengalaman yang mungkin belum Anda miliki.
Misalnya Anda mungkin hebat dalam mengungkapkan ide-ide baru, tapi tak begitu hebat dalam menjual ide Anda. Anda mungkin ahli teknologi, tapi Anda sangat kesulitan dalam mebangun hubungan dengan audiens. Di sinilah mitra bisnis berperan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya.

Kesempatan Bisnis Lebih Luas

Keuntungan partnership marketing adalah memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk mengejar peluang bisnis yang lebih besar. Bahkan dapat menghilangkan kerugian dari biaya peluang (opportunity cost)

Itulah enam bentuk partnership marketing yang dapat Anda coba untuk bisnis Anda. Jika Anda masih bimbang, Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.