Mengenal Pay Per Click (PPC) dan Cara Membuatnya

pay per click adalah

Apakah Anda pernah mendengar istilah Pay Per Click atau PPC?

Mungkin Anda pernah melihat hasil pencarian Google dengan tanda Ads di depannya. Jika Anda belum tahu, iklan yang berada di mesin pencarian adalah salah satu bentuk PPC yang paling populer.

Ini memungkinkan pengiklan untuk menawar penempatan iklan di link sponsor mesin pencari ketika seseorang sedang mencari kata kunci yang berkaitan dengan penawaran bisnis mereka.

Dari berbagai jenis digital marketing, PPC adalah salah satu strategi internet marketing yang cukup banyak digunakan. Strategi marketing yang satu ini sangat cocok diterapkan di era digital, mengingat mayoritas masyarakat sudah terhubung dengan internet. Selain itu, model iklan ini juga lebih efektif, efisien, dan ekonomis daripada model iklan konvensional.

Pada dasarnya, PPC adalah cara tercepat untuk membeli kunjungan pelanggan ke situs Anda, daripada mencoba untuk mendapatkan kunjungan tersebut secara organik.

Di artikel berikut ini, kami akan membahas tentang apa itu PPC, manfaat menggunakannya, serta bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu PPC?

PPC (Pay Per Click) adalah salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens.

PPC menekankan pada metode kerja sama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan mendapatkan bayaran atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog.

Ini adalah jenis digital marketing di mana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan mereka diklik. Cara kerja PPC bisa digambarkan dengan membeli kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organik.

Misalnya, jika Anda mengajukan tawaran dengan menggunakan kata kunci tertentu, iklan Anda akan muncul di posisi paling atas pada halaman hasil pencarian search engine.

Setiap kali iklan tersebut diklik, link akan mengarahkan pengunjung ke landing page atau situs web, dan Anda akan dikenakan biaya. Pada dasarnya ini adalah bentuk pembelian kunjungan situs web yang telah ditargetkan, dan diharapkan akan menghasilkan konversi, baik itu pendaftaran atau penjualan.

Para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram juga menggunakan sistem periklanan ini.

Manfaat Menggunakan PPC

manfaat pay per click

Sebelum menggunakan iklan PPC, Anda perlu mengetahui manfaat dan alasan mengapa Anda harus menggunakan sistem periklanan yang satu ini.

Berikut adalah lima manfaat menggunakan iklan pay per click yang bisa Anda dapatkan :

1. Dapat Mengatur Target Audiens

Manfaat yang pertama adalah PPC memungkinkan Anda untuk mengatur berapa banyak audiens yang Anda targetkan untuk suatu iklan. Namun, Anda harus ingat bahwa semakin banyak audiens yang Anda targetkan, lebih banyak juga biaya yang harus Anda keluarkan.

Selain itu, Anda juga bisa mempersempit spesifikasi audiens tersebut. Misalnya, bisnis Anda adalah jilbab, maka Anda bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, yaitu para wanita berjilbab.

PPC juga memungkinkan Anda untuk menentukan target audiens berdasarkan lokasi sehingga Anda bisa fokus pada lokasi tertentu yang menjadi sasaran bisnis online Anda.

Baca Juga  :

2. Hasil Lebih Cepat

PPC adalah cara tercepat untuk membeli kunjungan pelanggan ke situs Anda. Berbeda dengan SEO organik yang membutuhkan waktu lama untuk dapat melihat hasilnya, dengan Pay Per Click Anda bisa memperoleh hasil dari iklan dalam waktu yang relatif cepat.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak jumlah pengunjung yang bisa dikonversi menjadi pelanggan potensial dalam waktu yang lebih singkat.

3. Dapat Disesuaikan dengan Anggaran Anda

Melihat sistem periklanan PPC, mungkin Anda mengira biayanya akan mahal. Namun, hal ini tidaklah benar.

Pay Per Click adalah sistem iklan online yang memungkinkan Anda mengatur biaya iklan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Bahkan Anda bisa membuat iklan PPC dengan biaya iklan ratusan ribu saja.

4. Algoritma Tidak Mempengaruhi PPC

Google selalu memperbarui algoritmanya yang mengubah sistem pemeringkatan di hasil pencarian.

Sama halnya dengan media sosial seperti Facebook dan Instagram yang mengubah algoritmanya berdasarkan minat dan aktivitas pengguna. Akibatnya, follower Anda bisa saja melewatkan postingan atau promosi penting dari Anda. Namun, hal ini berbeda dengan PPC.

Pay Per Click tidak terkena dampak dari algoritma organik. Dengan begitu, Anda postingan dan promosi penting Anda tetap bisa tersampaikan kepada target audiens tanpa perlu mengkhawatirkan algoritma.

5. Target Audiens Tidak Bisa Membedakan PPC dan Organik

Manfaat selanjutnya adalah target audiens Anda tidak akan bisa membedakan antara PPC dan kunjungan organik.

Kebanyakan orang mungkin tidak mau mengklik iklan PPC di Google, Facebook, atau Instagram. Memang benar sebagian orang mengabaikan iklan di platform-platform tersebut, tetapi bukan berarti semua orang mengabaikan PPC.

Menurut riset yang dilakukan WordStream, sebanyak 41 persen orang tidak bisa membedakan apakah itu feed organik atau iklan PPC.

Jadi tidak perlu khawatir tidak ada yang mengklik iklan PPC Anda. Platform-platform penyedia iklan memastikan iklan Anda akan sampai kepada target audiens yang spesifik.

Jenis-Jenis Iklan Pay Per Click

jenis pay per click

Berikut beberapa jenis PPC yang sering muncul di dunia maya:

1. Search Advertising

Jenis PPC ini umumnya muncul pada SERP (Search Engine Result Page), baik pada mesin pencari Google ataupun Bing. PPC ini biasanya muncul dengan teks Iklan yang muncul di samping hasil pencarian.

Baca Juga :

2. Social Advertising

Tak jauh berbeda dengan search advertising, jenis PPC social advertising adalah iklan yang muncul pada media sosial. Tergantung pengaturannya, iklan jenis ini bisa tampil pada beranda, stories, dan lainnya.

3. Display Advertising

Alias Google Display Network, merupakan jenis PPC ini akan menampilkan iklan Anda dalam bentuk display ads. Iklan ini bisa berupa teks, maupun visual berupa gambar atau video.

4. Google Shopping

Jenis PPC ini menampilkan gambar produk beserta harganya di hasil pencarian Google. Jika Anda mengklik iklan tersebut, Anda akan diarahkan langsung ke lapak penjualnya di website e-commerce.

5. Remarketing

Jenis PPC ini hanya akan menampilkan iklan ke orang yang sebelumnya sudah mengunjungi website atau melakukan pembelian pada Anda. Remarketing ini menjadi jenis PPC yang cukup efektif karena menyasar orang-orang yang memang sudah tertarik sebelumnya.

Cara Membuat Iklan Pay Per Click

cara menggunakan ppc

Anda perlu tahu bahwa tidak hanya Google saja yang menyediakan iklan pay per click. Hampir semua platform media sosial juga menyediakan sistem iklan yang sama.

Mulai dari Facebook, Instagram, sampai Google pun sama-sama menerapkan sistem pay per click untuk iklan di platformnya. Mereka menyediakan fitur bagi para pemilik bisnis untuk memasang iklan di platform mereka.

Anda bisa menggunakan salah satu atau semua layanan iklan tersebut bersamaan. Jika target audiens Anda memang kebanyakan menggunakan semua platform tersebut, Anda bisa memanfaatkan semuanya. Namun, sesuaikan dengan kebutuhan Anda agar tidak membebani anggaran perusahaan.

Berikut adalah penjelasan bagaimana cara membuat iklan PPC pada ketiga platform tersebut :

1. Google Ads

Google Ads adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google.

Dengan menggunakan Google Ads, Anda bisa menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.

Google memang memiliki pasar terbesar daripada mesin pencarian lainnya. Di Indonesia sendiri, Google mendominasi pangsa pasar mesin pencari sebesar 97,09 persen. Sedangkan platform pesaing seperti Yahoo dan Bing hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar masing-masing 1,66 persen dan 0,77 persen di Indonesia.

Artinya iklan Anda kemungkinan besar akan menjangkau lebih banyak orang jika menggunakan pay per click dari Google.

Selain itu, siapa pun bisa memanfaatkan pay per click dari Google Ads karena cara membuatnya sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka Google Ads
  • Buat akun Google
  • Pilih goal yang sesuai dengan bisnis Anda
  • Tentukan jangkauan lokasi yang Anda targetkan
  • Atur kategori bisnis yang Anda kelola untuk memudahkan Google menentukan target audiens
  • Buat copy iklan
  • Tentukan budget yang Anda sediakan
  • Pilih metode pembayaran

Baca Juga :

2. Facebook Ads

Mengingat banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, Iklan pay per click dari Facebook Ads juga dapat Anda pertimbangkan.

Indonesia telah menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017. Artinya lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan aplikasi media sosial yang satu ini. Selain itu, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit per hari di jejaring sosial tersebut.

Banyaknya pengguna Facebook di Indonesia menjadikan platform ini efektif untuk menjangkau calon pelanggan Anda di dunia maya. Untuk dapat membuat pay per click di Facebook Ads, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka Facebook Ads
  • Pilih Pembuatan Iklan Terpadu
  • Tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai
  • Klik tujuan iklan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda
  • Pilih jenis iklan Facebook
  • Tulis nama iklan dan pilih tujuan traffic
  • Tampilkan promo
  • Tentukan target audience
  • Pilih penempatan
  • Atur berapa lama iklan Anda akan tampil
  • Pilih format iklan
  • Buat copy untuk iklan Anda
  • Pilih gambar, tulis judul, dan masukkan tautan
  • Lakukan pembayaran

3. Instagram Ads

Platform terakhir yang dapat Anda manfaatkan untuk beriklan adalah Instagram Ads.

Jika sudah familiar dengan pembuatan iklan di Facebook Ads, membuat iklan di Instagram tidak akan sulit bagi Anda. Sebab sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012, platform iklan keduanya bersatu di bawah Facebook Ads Manager.

Jadi langkah-langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan cara membuat Facebook Ads. Sama seperti syarat membuat Facebook Ads, Anda juga harus punya halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Instagram Ads :

  • Buka Facebook Ads
  • Pilih Pembuatan Iklan Terpadu
  • Tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai
  • Klik tujuan iklan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda
  • Pilih jenis iklan Facebook
  • Tulis nama iklan dan pilih tujuan traffic
  • Tampilkan promo
  • Pilih target audience, penempatan dan jadwal
  • Hubungkan dengan akun Instagram
  • Pilih format iklan
  • Buat copy untuk iklan Anda
  • Pilih gambar, tulis judul, dan masukkan tautan
  • Lakukan pembayaran

Pay per click menjadi salah satu model iklan yang cukup efektif dan efisien yang bisa Anda terapkan di bisnis Anda pada era digital ini. Terutama apabila calon pelanggan Anda adalah orang-orang yang sudah terhubung dengan internet dan sering menggunakan media sosial.

Selain memanfaatkan PPC sebagai sistem periklanan, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.