Penjelasan dan Contoh Strategi Pemasaran 4P

pemasaran 4p adalah

Dengan menetapkan strategi pemasaran 4P ini diharapkan produk yang kita miliki bisa dikenal luas masyarakat sehingga meningkatkan penjualan. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk membuat strategi pemasaran.

Strategi marketing 4P ini selain sering dipakai oleh perusahaan besar, perusahaan kecil seperti UKM ini juga harus mempunyai strategi marketing.

Apa Itu Pemasaran ?

Pemasaran yaitu kegiatan ekonomi yang menghubungkan antara proses produksi dengan konsumsi.

Sedangkan untuk manajemen pemasaran ini yaitu kegiatan dalam melakukan analisa, merencanakan, menerapkan serta pengawasan terhadap barang-barang, jasa dan gagasan agar bisa memberikan kepuasan pihak terkait.

Namun sebelum Anda menerapkan strategi pemasaran ini ada baiknya untuk menentukan segmentasi serta target market agar kita juga makin mudah dalam membuat strategi yang tepat.

Faktor Penentu Strategi Pemasaran

Saat Anda akan menentukan keputusan terhadap beberapa variabel seperti produk, harga, tempat serta distribusi.

Sehingga kita juga perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor lainnya diantaranya yaitu :

  • Faktor internal. Ini artinya beberapa faktor yang bisa berhubungan dengan internal perusahaan. Hal yang yang berkaitan dengan ini meliputi anggaran, tujuan perusahaan tambahan dan lain-lainnya.
  • Faktor eksternal. Faktor ini ada di luar perusahaan. Misalnya faktor distribusi, regulasi dan lain-lain.

Pengertian dan Contoh Strategi Pemasaran 4P Pada UKM

Strategi pemasaran terdapat beberapa jenis, dan salah satunya yaitu strategi pemasaran 4P atau dikenal juga dengan strategi marketing mix.
Strategi pemasaran 4P ini meliputi product (produk), price(harga), place (tempat) serta promotion (promosi) yang dipadukan supaya bisa menghasilkan respon yang diinginkan di pasar.

digital marketing agency

Baca Juga :

Contoh strategi pemasaran 4P pada product (produk)

Agar suatu perusahaan harus unggul dengan kompetitor lainnya maka harus diusahakan membuat produk yang berkualitas. Produk yang akan diluncurkan juga nantinya bisa bermanfaat. Sehingga harus memenuhi kemauan serta harapan konsumen.

Untuk variasi produknya bentuk fisik, kemasan serta garansi. Sebelum adanya pengembangan produk, kita juga harus melakukan analisa terkait dengan kelebihan pasar. Setelah itu bisa masuk ke tahap penentuan harga, melakukan distribusi serta promosi yang dilakukan.

Perusahaan juga harus bisa lakukan prediksi lama life-cycle produk. Selain itu juga bisa memprediksi resiko apa saja. Fase Life cycle produk ini fase pertumbuhan yang diikuti juga dengan kematangan sampai dengan penjualan produknya yang menurun.

Berdasarkan terhadap kepuasan konsumen jangka panjang, produk dibagi menjadi 4 diantaranya yaitu :

  1. Solutary product atau produk yang bermanfaat, misalnya ditergen tanpa SLS.
  2. Deficient product atau produk kurang sempurna misalnya obat-obatan dengan rasa yang baik
  3. Pleasing product atau produk yang terus menyenangkan misalnya pada rokok
  4. Desirable product atau produk yang diperlukan misalnya makanan bergizi.

UKM Mekar Sari (misalnya) membuat getuk goreng dengan kemasan merk Mekar Sari. Getuk goreng Sokaraja ini terbuat dari singkong dengan rasanya yang manis legit. Sebenarnya pengolahan getuk goreng Sokaraja ini mirip dengan getuk singkong biasa. Akan tetapi terdapat perbedaan cara mengolahnya.

Untuk bahan-bahannya sendiri tergolong murah serta mudah didapatkan. Hal ni juga didukung oleh daerah Banyumas sebagai penghasil gula jawa. Kemudian untuk bahan baku ketela pohonnya didatangkan langsung dari Wonosobo.

Terdapat beberapa variasi dalam pengolahan getuk goreng ini. Ada yang mengolah masih dengan mempertahankan cara tradisional, namun ada juga yang sudah menggunakan cara modern.

Meskipun pengolahan getuk goreng ini berbeda namun tetap mempertahankan mutu serta produksi pangan dengan baik agar rasanya tak mengecewakan.

Adapun kandungan zat yang ada pada produk ini yaitu 61 kalori dengan rincian antara lain 1,25 gram lemak, 12.4 karbohidrat serta 0.14 protein.

Produk getuk goreng ini juga memberikan beberapa kelebihan diantaranya yaitu dalam proses pembuatannya tanpa disertai bahan pengawet.

Bungkusnya juga masih dengan menggunakan “besek” yaitu sejenis wadah dari tanaman bambu. Kesemuanya ini akan memberikan nilai lebih dari produk getuk goreng.

Baca Juga :

Contoh Strategi Pemasaran 4P

Contoh strategi pemasaran 4p : Price (harga)

Selanjutnya yaitu mengenai harga. Harga produk ini juga merupakan satu hal yang penting untuk dilakukan karena bisa mempengaruhi permintaan pasar.

Dengan melakukan penetapan harga ini maka tujuannya yaitu untuk mempertahankan serta memperbaiki market share, stabilitas harga, bisa mencapai laba maksimum dan lain-lain.

Kemudian faktor-faktor yang menentukan harga ini yaitu biaya, keuntungan, kompetitor serta perubahan kebutuhan pasar.

Bagi para pemilik produk, penetapan harga ini akan menghasilkan pendapatan serta profit. Kemudahan bagi konsumen dengan adanya harga ini juga berpengaruh terhadap kemampuan daya beli dan manfaat yang akan diperoleh.

UKM Mekarsari ini mencantumkan harga dari produk makanan getuk goreng.

Harga getuk goreng ini juga bervariasi. Dengan memberikan harga pada setiap outlet getuk gorengnya maka konsumen juga bisa mudah untuk mengetahuinya sekaligus untuk membandingkan dengan kompetitor lainnya.

Olah karena itulah UKM Mekar sari ini juga menerapkan harga yang sangat kompetitif.

Jikalau ingin menaikan harga tentunya juga harus tetap memperhatikan persepsi dari para konsumennya.

Contoh strategi pemasaran 4P : Place (tempat)

Place merupakan tempat konsumen bisa mendapatkan produknya. Tujuan dari strategi ini yaitu untuk menawarkan produk pada lokasi yang tepat serta target market yang sesuai.

UKM mekarsari ini juga memiliki tempat produksi yang ada di belakang outletnya. Jadi pemilik juga masih bisa melakukan pengecekkan secara langsung.
Produk getuk goreng juga dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh yang khas dari Sokaraja

UKM mekarsari juga memasarkannya lewat outlet-outlet yang ada di pinggir jalan raya besar serta rumah produksinya yang bisa dilihat secara langsung dalam pembuatan getuk goreng ini.

Konsumen juga bisa memakai trik serta mudah jika ingin menemukan produk getuk goreng ini.

Contoh strategi pemasaran 4P : Promotion (Promosi)

Tentunya meskipun produknya berkualitas namun tanpa adanya promosi maka produk tidak akan bisa terjual.
Tujuan dari promosi ini yaitu untuk menginformasikan masyarakat mengenai produk/bisnis yang anda lakukan. Anda juga bisa melakukan promosi melalui iklan, publikasi ataupun promosi penjualan.

Dalam rangka mengenalkan produk kepada masyarakat yang lebih luas lagi, promosi merupakan salah satu hal penting untuk dilakukan.

Adapun media yang digunakan diantaranya yaitu poster, selebaran, spanduk,bisa juga dengan memanfaatkan sosial media, dan iklan di radio.

Selain itu kegiatan promosi ini juga dipengaruhi oleh perencanaan strategi pemasaran perusahaan agar bisa mempertahankan pelanggan, minimal dalam jangka waktu yang pendek.

Baca Juga :

Beberapa promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan strategi pemasaran secara digital ini memang terlihat efektif.

Apalagi penjualannya yang terus meningkat setelah menggunakan strategi pemasaran secara digital. Beberapa metode pemasaran digital yang juga harus anda kuasai setidaknya SEM (Search Engine Marketing)Facebook Ads MarketingInstagram Ads Marketing atau 360 Digital Marketing

Kemudian untuk strategi pemasaran tersebut yaitu target. Target disini biasanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Namun Kita juga harus meningkatkan segmentasi konsumen serta bisa juga dengan meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal terhadap getuk goreng.

Mengingat produk getuk goreng tersebut merupakan salah satu makanan tradisional yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas sokaraja.

Itulah beberapa contoh yang kami berikan untuk menerapkan strategi pemasaran 4P. Semoga dengan contoh ini, kita bisa menjadi lebih paham bagaimana untuk menerapkan strategi pemasaran 4P pada produk yang kita jual.

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.