Pembaharuan Google Algorithm Update 2022 Yang Wajib Diketahui

Google Algorithm Update 2022

Setiap tahun Google akan melakukan pembaharuan algoritma sehingga hal ini akan berdampak pada strategi SEO yang kita terapkan pada website. Lalu apa saja yang baru pada Google Algorithm Update 2022?

Algoritma Google setiap tahunnya akan diperbarui agar hasil penelusuran yang ditampilkan memberikan hasil pencariaan yang paling relevan, terpercaya, dan paling bermanfaat. Dengan rutin melakukan update setiap tahunnya, Google berhasil meningkatkan hasil pencarian yang berkualitas. Sehingga Google berhasil mengurangi hasil pencarian di Google Search yang tidak relevan lebih dari 40% selama 5 tahun terakhir.

Karena perubahan algoritma Google ini, seringkali banyak website akan terkena dampaknya sehingga perubahan strategi SEO harus diterapkan oleh pemilik website.

Pembaharuan Google Algorithm Update 2022

Lalu apa saja pembaharuan terjadi pada Google Algorithm Update 2022? Berikut ini adalah beberapa hal yang paling berdampak dan mulai dirasakan sejak tahun 2021.

1. Page Experience Update

Google telah memulai pembaharuan Page Experience yang Google mulai sejak Juni 2021 dan selesai pada 2 September 2021 yang lalu. Para pakar SEO dan internet marketer sudah mulai cemas menunggu update Page Experience sejak isunya pertama kali muncul pada bulan November tahun 2020.

Pembaharuan Page Experience dapat kita lihat di dalam laporan Google Search Console pada menu Google Search Console. Page Experience dirancang untuk dapat meningkatkan pengalaman yang dimiliki seseorang yang menggunakan mesin pencari Google. Penghitungan skor Page Experience akan berdasarkan:

  • Core Web Vitals: Serangkaian metrik yang berguna untuk mengukur kinerja halaman dari perspektif UX website.
  • Mobile usability: Halaman website tidak boleh memiliki kesalahan dalam penggunaan di platform seluler.
  • Security issues: Masalah keamanan pada website yang mendiskualifikasi semua halaman pada situs web dengan status keamanan yang baik.
  • HTTPS usage: Halaman web harus ditampilkan melalui HTTPS agar dapat memenuhi persyaratan status pengalaman halaman website yang memiliki keamanan yang baik.
  • Ad Experience: Website tidak boleh menggunakan teknik pemasangan iklan yang mengganggu untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang baik.

Baca Juga:

Sejak peluncuran awal Page Experience, Google telah mengklasifikasikan bahwa Safe Browsing bukanlah indikator yang menentukan peringkat halaman. Pada pembaruan tanggal 4 Agustus 2021, Google Search Central blog post menyatakan bahwa sistem Safe Browsing memainkan peran yang penting untuk menjaga keamanan pengguna Google Search dan akan terdapat tanda yang terus muncul di Search Console di bagian Page Experience report.

digital marketing agency

2. Update Google’s Link Spam

Update Google’s Link Spam

Google telah memperingatkan internet marketer tentang Link Spam Update pada bulan Juli 2021 akan memiliki pengaruh terhadap hasil pencarian Google Search. Google menyatakan bahwa akan meningkatkan kualitas hasil pencarian dengan melakukan pembaharuan algoritma yang akan melawan spam tautan yaitu Link Spam Update.

Website yang menggunakan spam tautan dalam berbagai bahasa akan melihat perubahan pada hasil pencarian di halaman penelusuran berdasarkan update algoritma terbaru.

Google menyarankan pakar SEO dan internet marketer untuk memastikan mereka mengikuti praktik terbaik untuk menggunakan internal link dan eksternal link sehingga menciptakan konten yang berkualitas tinggi dan lebih berfokus untuk peningkatan pengalaman pelanggan.

3. Summer Broad Core Update

Google mulai meluncurkan Google Algorithm Update 2022 pada bulan Juni tahun lalu dan banyak pakar SEO dan internet marketer terdampak. Beberapa pakar SEO berspekulasi bahwa pembaharuan ini memiliki dampak peningkatan hasil People Also Ask, yang mulai menargetkan hasil Search Image dalam beberapa cara dan bahkan bisa secara tidak sengaja dapat meningkatkan spam di hasil pencarian.

Saran lama dari Google tentang pembaharuan algoritma inti adalah bahwa tidak ada yang benar-benar Anda lakukan untuk memulihkan atau mempersiapkan pembaharuan algoritma ini. Selain secara konsisten mengetahui informasi update algoritma Google.

Pakar SEO juga menyarankan internet marketer untuk meningkatkan kualitas konten. Tujuannya adalah untuk membantu Anda dapat pulih dari dampak pembaharuan algoritma Google daripada memperbaiki masalah teknis.

Baca Juga:

4. Update Product Reviews

Di bulan April 2021, Google telah merilis pembaharuan yang bertujuan untuk menghargai ulasan produk yang lebih mendalam dan berkualitas dengan visibilitas yang lebih besar di hasil penelusuran.
Pembaharuan mulai Google lakukan pada tanggal 8 April 2021 untuk menargetkan website yang berisi sedikit konten dan hanya terdapat banyak produk.

Peluncuran pertama hanya akan mempengaruhi ulasan pada konten berbahasa Inggris. Ulasan yang terbaik pada sebuah website akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian. Google merekomendasikan agar pembuat konten untuk membuat ulasan produk, seperti:

  • Menunjukan produk secara fisik, cara penggunaan, memberikan konten yang unik.
  • Ulasan dari pengetahuan para ahli atau pakar tentang produk.
  • Memberikan pengukuran dalam bentuk kuantitatif dalam berbagai kategori.
  • Memberikan ulasan tentang perbedaan dengan produk pesaing.
  • Menjelaskan produk mana yang lebih baik untuk konsumen gunakan daripada produk lain.
  • Membahas kelebihan dan kekurangan produk tertentu, berdasarkan pengalaman.
  • Memberikan penjelasan tentang suatu produk berganti dari model pertama dengan model terbaru (brand refresh) sehingga dapat membantu pengguna untuk mempertimbangkan produk mana yang akan mereka beli.
  • Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan tentang kinerja dari produk yang Anda ulas. Contoh motor yang Anda jual memiliki berbagai fitur keamanan dan keselamatan dan lebih hemat bahan bakar. Alhasil ulasan tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
  • Menjelaskan bagaimana produk dirancang dan pengaruhnya selain yang telah pabrikan produk sebutkan.

5. Google Algorithm Update 2022 Memperkenalkan MUM

Google Algorith Update 2022 Memperkenalkan MUM

Google Algorithm Update 2022 memperkenalkan MUM. MUM dalam update algoritma terbaru Google 2022 sangat berpengaruh dalam hasil pencarian. Multitask Unified Model (MUM) menggunakan teknologi AI untuk membantu hasil pencarian menyelesaikan tugasnya dengan lebih kompleks. Pada awal pengumuman, Google mencoba penggunaan MUM dengan menggunakan 75 bahasa berbeda dan teruji 1000 kali lebih baik daripada BERT.

MUM akan lebih memahami informasi yang berasal dari teks dan gambar, Google memiliki rencana untuk memperluas kemampuan MUM untuk audio dan video. Teknologi MUM pada Google Search dalam prosesnya telah memahami query untuk informasi dan menjadi cara baru untuk menemukan dan menjelajahi sebuah topik tertentu.

MUM akan memberikan algoritma Google pemahaman yang lebih detail tentang kueri penelusuran, relevansi konten, dan kualitas konten. MUM adalah teknologi yang harus kita pahami dan perhatikan, karena teknologi ini akan meningkatkan standar hasil pencarian berdasarkan utilitas, relevansi dan kualitas konten.

Cara Mempersiapkan Google Algorithm Update 2022

Sebenarnya tidak ada yang perlu Anda persiapkan untuk menghadapi Google Algorithm Update 2022. Dengan syarat, website yang saat ini Anda kelola sudah sesuai dengan standar SEO pada tahun-tahun sebelumnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyadari adanya fitur baru yang akan membuat hasil SERP (Search Engine Result Pages) berubah. Sebuah website akan tetap aman dari update algoritma jika kita mengetahui konteks aman dalam menerapkan strategi SEO yang tepat.

Kita juga harus memastikan website yang kita kelola memiliki kinerja situs yang terbaik dan memiliki konten yang relevan serta bermanfaat untuk pembaca.

Baca Juga:

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.