Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research

perbedaan marketing analysis dan marketing research

Apakah kamu menganggap bahwa Marketing Analysis Dengan Market Research sama? Padahal ada beberapa perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research yang harus Kamu ketahui.
Banyak orang menganggap bahwa marketing analisis sama dengan market research, padahal keduanya berbeda.

Dalam sebuah bisnis, kita harus memiliki seseorang yang bisa memantau pasar untuk membuat produk atau layanan yang lebih baik. Baik itu seorang atau tim market research ataupun marketing analisis.

Market research merupakan metode untuk mengatasi masalah suatu perusahaan tentang produk atau pasar. Caranya dengan mencari fakta berdasarkan data dan informasi, kemudian menarik kesimpulan. Ini dianggap sebagai metode penting dan langkah pertama dalam proses pemasaran.

Riset pasar digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang pasar. seperti preferensi konsumen, kebutuhan konsumen, trend pasar, metode terbaru dan kekhawatiran pelanggan.
Market Research tidak sama dengan Marketing Analysis. Marketing Analysis adalah sebuah studi ilmiah yang bersifat objektif dari proses pemasaran. Didalamnya terdapat proses analisis, pengumpulan data dan informasi, penggunaan informasi dan komunikasi.

Setelah itu data ini digunakan untuk membantu menajemen pemasaran untuk mengambil keputusan. Sehingga masalah pemasaran bisa teratasi dengan lebih baik. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel di bawah ini tentang Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research.

Baca Juga:

Tabel Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research Secara Umum

Berikut ini adalah tabel Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research dengan perbandingan arti, cakupan, hubungan dan tujuannya.

Dasar perbandingan Market Riset Marketing Analysis
Pengertian Adalah sebuah studi yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi statistik pasar tertentu. Marketing Analysis adalah studi, analisis, dan interpretasi yang sistematis dan objektif tentang isu-isu yang berkaitan dengan aktivitas pemasaran.
Cabang dari Marketing Analysis Sistem informasi pemasaran
Cakupan Terbatas Luas
Berhubungan dengan Riset pasar dan perilaku konsumen di pasar tertentu. mempelajari semua aspek pemasaran secara umum.
Tujuan Untuk menguji kelayakan produk atau layanan di pasar tertarget. Untuk membuat sebuah keputusan tepat dan akurat yang berhubungan dengan pemasaran.

 

Definisi Market Research

Market Research seperti namanya, adalah studi tentang target pasar. Dalam riset pasar terdapat tindakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang konsumen dan target pasar.
Riset pasar digunakan untuk melakukan analisis dan identifikasi:

  • Struktur pasar
  • Kebutuhan pelanggan
  • Selera pelanggan
  • Perilaku konsumen
  • Trend terbaru
  • Preferensi konsumen
  • Target pelanggan
  • Kompetitor

Pangsa pasar

Market Research membantu menentukan kelayakan produk baru di pasar target. Caranya dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk mengetahui keberhasilan dari pengujian produk tersebut.

Hal ini dapat dilakukan oleh perusahaan itu sendiri atau menggunakan lembaga eksternal. Beberapa langkah riset pasar adalah sebagai berikut.

  • Identifikasi masalah
  • Identifikasi pihak yang akan melakukan penelitian
  • Memilih strategi riset yang tepat untuk dipelajari
  • Mengumpulkan data dan informasi
  • Mengatur, menafsirkan dan menganalisis hasil
  • Membuat Laporan

Definisi Marketing Analysis

Sedangkan untuk marketing analisis adalah sebuah studi terencana dari proses pemasaran secara keseluruhan meliputi analisis, pengumpulan data dan informasi dan membuat laporan.
Analisis dilakukan untuk memberikan solusi tepat untuk mengatasi strategi pemasaran yang kurang efektif dalam sebuah perusahaan.

Penelitian memainkan peran penting dalam menentukan kebutuhan konsumen sesuai dengan keinginan mereka. Marketing Analysis melibatkan serangkaian kegiatan seperti:

  • Riset pasar dan pelanggan
  • Riset produk
  • Melakukan Riset Penilaian
  • Penelitian saluran distribusi
  • Melakukan Riset Promosi
  • Menjalankan Riset Penjualan
  • Menjalan Riset periklanan

Marketing Analysis akan memberikan informasi faktual kepada manajer pemasaran untuk digunakan saat pengambilan keputusan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dan proses Marketing Analysis.

  • Mendefinisikan masalah, tujuan penelitian dan alternatif keputusan
  • Kembangkan rencana penelitian
  • Mengumpulkan informasi
  • Mengatur dan menganalisis informasi
  • Presentasi
  • Pengambilan keputusan

Baca Juga:

Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research Dari Lingkup Kerjanya

Marketing analysis dan market research keduanya berjalan bersama-sama untuk membangun sebuah bisnis. Tetapi keduanya memiliki perbedaan dari lingkup kerjanya.

1. Tugas dari marketing analysis

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa marketing analisis cakupanya lebih luas. Jika dibandingkan dengan market research. Sehingga tugas marketing analisis lebih luas.
Tugas dari marketing analisis seperti:

Kesimpulannya marketing analisis lebih bermanfaat untuk mengukur target bisnis untuk kedepannya.

2. Tugas dari market research

Berbeda dari marketing analisis, marketing research memiliki tugas yang lebih spesifik. Metode ini lebih dominan untuk melakukan penelitian kepada pasar, konsumen dan lainnya. Secara ringkas, market research memiliki tugas untuk menganalisis persona konsumen dan memahami konsumen. Sehingga calon konsumen kemungkinan menjadi lebih berminat membeli produk.

Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research Secara Umum

marketing analysis

Kesimpulan perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

Market Research berfokus pada studi tentang pasar secara keseluruhan dan perilaku konsumen di dalam pasar tertentu. Sedangkan Marketing Analysis, artinya studi yang direncanakan dengan menggunakan analisis yang rasional. Analisis ini kemudian diinterpretasi untuk membuat sebuah keputusan pemasaran.

Market Research adalah cabang Marketing Analysis, sedangkan Marketing Analysis adalah komponen sistem informasi pemasaran. Ruang lingkup dari Market Research lebih terbatas karena hanya mempelajari perilaku konsumen dan pasar tertarget. Sedangkan, Marketing Analysis cangkupannya tentang studi pemasaran secara keseluruhan. Seperti analisis tentang penetapan harga, periklanan, pembuatan kebijakan, pengemasan, dan pangsa pasar.

Riset market bersifat spesifik, yaitu memberikan riset dan pemahaman tentang pasar tertentu. Sebaliknya, Marketing Analysis bersifat generik, yaitu riset yang berguna untuk memecahkan berbagai masalah pemasaran.

Baca Juga:

Riset market dijalankan untuk mengecek kelayakan produk di pasar, sedangkan marketing analisis digunakan untuk membuat keputusan yang tepat dari kegiatan pemasaran dan digunakan untuk mengendalikan serta mempertahankan produk dan layanan di pasar.

Melibatkan mempelajari pasar dan perilaku pembeli di pasar tertentu pada Market Research. Berbeda dengan Marketing Analysis, riset ini mempelajari semua aspek pemasaran.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan di atas tentang perbedaan marketing analisis dan market riset. Marketing Analysis merupakan istilah yang lebih luas dari Market Research. Karena riset pasar merupakan bagian dari analisis pemasaran.

Keduanya menerapkan strategi kualitatif dan kauntitatif untuk mengumpulkan informasi dan data. Seperti informasi dari hasil survei, kuisioner, dan wawancara dari kelompok pelanggan tertarget.
Selain itu, studi sangat membantu bagi perusahaan baru merintis dan bisnis yang sudah berjalan untuk membuat keputusan yang efektif, seperti:

  • Menentukan target pelanggan produk atau layanan bisnis
  • Lokasi penjualan produk dan layanan
  • Titik penjualan
  • Saluran distribusi
  • Saluran iklan

 

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Perbedaan Marketing Analysis Dengan Market Research. Walaupun keduanya memiliki perbedaan, tetapi ketika kita menjalankan bisnis harus menggunakan keduanya. Sehingga bisnis atau perusahaan yang kita miliki bisa memiliki produk dan layanan yang sesuai dengan target pelanggan inginkan.

Untuk menerapkan marketing analysis Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.