Perbedaan Marketing Technology dan Advertising Technology

marketing technology dan advertising technology

Jika Anda saat ini bekerja di bidang marketing, pastinya Anda pernah mendengar istilah marketing technology dan advertising technology. Namun, mayoritas orang masih bingung dan menganggap kedua istilah tersebut sama. Padahal ada perbedaan signifikan antara keduanya.

Jadi ketika Anda bekerja di bidang marketing, Anda harus mengetahui dengan jelas tentang perbedaan martech dan adtech. Sehingga dengan mengetahui perbedaannya, Anda dapat memilih platform dan layanan terbaik untuk menjalankan strategi marketing campaign yang bisnis Anda jalankan.

Perbedaan Marketing Technology dan Advertising Technology Berdasarkan Pengertiannya

Berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang perbedaan martech dan adtech berdasarkan pengertiannya.

Apa Itu Marketing Technology?

Saat orang berbicara tentang marketing technology, maka yang mereka maksudkan yaitu teknologi yang bermanfaat untuk menjalankan strategi marketing dengan lebih efektif. Marketing technology yang efektif berfungsi untuk membantu marketer dalam membangun, menjalankan, mengukur dan mengelola marketing campaign perusahaan.

Contoh dari marketing technology, yaitu :

Apa Itu Advertising Technology?

Dalam artian luas, advertising technology merupakan sistem yang berfungsi untuk menempatkan iklan tertarget dengan lebih efektif. Adtech berfungsi untuk membantu marketer memfasilitasi pengiriman pesan atau konten iklan langsung ke konsumen.

Biasanya, adtech ditujukan untuk sebuah agensi periklanan atau publisher besar. Contoh adtech yaitu :

  • Platform data management
  • Banner digital
  • Ad exchanges, networks, and servers
  • Tag management systems
  • Demand Side Platforms (DSPs) – ini memungkinkan pelanggan menawar inventaris iklan
  • Supply Side Platforms (SSPs) – ini memungkinkan penerbit menjual inventaris iklan

Baca Juga :

digital marketing agency

Perbedaan Marketing Technology dan Advertising Technology Secara Umum

Jika Anda masih bingung tentang perbedaan marketing technology dan advertising technology, dari pengertian yang di atas. Maka Anda bisa melihat beberapa perbedaan dari keduanya di bawah ini :

Berdasarkan Peran

Marketing technology merupakan istilah umum untuk semua perangkat yang berguna dalam strategi pemasaran digital. Martech mengacu pada semua strategi yang mungkin tim sales gunakan untuk mempromosikan dan mengoptimalkan digital marketing campaign perusahaan.

Sementara itu, advertising technology lebih mengacu pada teknik dan teknologi yang berguna untuk memasukkan kampanye iklan ke pasar. Adtech lebih berfokus pada pembuatan kampanye iklan yang lebih tertarget, lebih relevan dan lebih baik pada target pasar.

Ini artinya, advertising technology dapat mengidentifikasi pendekatan ke platform mana yang memiliki kinerja paling baik, mengumpulkan analitik dari hasil iklan yang telah berjalan, dan memastikan bahwa upaya paid marketing telah ditampilkan ke target yang tepat.

Sedangkan marketing technology, lebih ke meningkatkan dan menumbuhkan leads, menghasilkan konversi dan membangun relationship atau hubungan dengan customer yang sudah ada maupun customer baru. Elemen dalam marketing technology meliputi :

Berdasarkan Biaya Berlangganan

Untuk perbedaan dari penagihannya, perusahaan advertising technology akan menagih klien berdasarkan jumlah iklan yang klien beli. Sedangkan marketing technology biasanya menggunakan penagihan dasar SaaS (Software as a Service).

Yang artinya, perusahaan martech lebih cenderung menjual perangkat lunak secara berlangganan. Untuk pasar dari martech umumnya adalah langsung ke marketer. Sedangkan perusahaan advertising technology biasanya menjual produknya ke pasar dengan target pelanggan adalah biro iklan atau media/agensi.

Umumnya, marketing technology dikirimkan melalui cloud dan berbayar setiap bulan dengan metode penagihan langganan. Sehingga menjadikan biaya operasional lebih murah dan dapat perusahaan perkirakan.

Sedangkan advertising technology bisa mengenakan biaya penagihan berbeda berdasarkan metrik seperti CRM. Biasanya harga aditech berdasarkan pada pembelanjaan bulanan minimum yang telah menjadi kesepakatan bersama. Jadi biaya berlangganan akan berbeda tergantung dari jenis kampanye dan hasil yang perusahaan dapatkan.

Tapi saat ini sudah banyak penyedia advertising technology yang menawarkan layanan biaya berlangganan tepat yang mirip dengan metode pembayaran marketing technology.

Berdasarkan Target

perbedaan martech dan adtech

Marketing seringkali melibatkan target ke kelompok audiens yang sangat spesifik. Marketer akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengidentifikasi, meneliti, membuat segmentasi dan memelihara target audiensnya.

Sedangkan advertiser lebih mengambil ke pendekatan yang lebih meluas. Karena melibatkan pengiriman iklan ke banyak kelompok prospek yang belum mereka kenal. Tentunya strategi marketing ini dapat menginformasikan advertiser, tetapi dari sudut pandang teknologi.

Advertising technology lebih tergantung pada pihak ketiga, sedangkan marketing technology bekerja dengan data yang dipersonalisasi. Ini artinya bukan Anda tidak bisa menargetkan dan mempersonalisasi adtech.

Jadi berdasarkan targetnya, adteh dapat membuat kampanye iklan dengan tujuan untuk mendapatkan audiens yang lebih umum dan lebih luas. Jadi penggunaan advertising technology adalah untuk untuk menjangkau konsumen yang belum menjadi pelanggan, karena masih memiliki sedikit informasi tentang produk dan layanan yang sebuah bisnis tawarkan.

Karena itu tools analitik sangat penting dalam menentukan keberhasilan aktivitas tim marketing, contohnya adalah rasio klik-tayang (CTR) dan jumlah penayangan (impression).

Sedangkan penggunaan martech umumnya lebih tertarget. Contohnya dalam pengiriman email drip yang hanya kepada orang yang pernah mendaftar form yang ada pada website bisnis atau pernah mendownload aset.

Sehingga Anda dapat yakin bahwa mereka yang telah melakukan hal tersebut, mereka ingin menerima pesan email dari bisnis Anda miliki.

Baca Juga :

Berdasarkan Pendekatan

Marketing technology lebih cenderung untuk fokus memelihara prospek di saluran seperti email, SEO, media sosial dan lainnya. Sedangkan advertising technology lebih ke media berbayar untuk membeli tempat (media buying) dan inventaris yang tepat untuk memajang konten iklan langsung ke audiens.

Berdasarkan Media

Advertising technology berarti media berbayar, yang di dalamnya terdiri dari :

  • Display ads
  • Sponsored social media posts
  • PPC

Sedangkan marketing technology, mencakup media yang tidak berbayar, seperti :

Ini merupakan area di mana ada kemungkinan terjadi persilangan, contohnya jika Anda menggunakan postingan di sosial media dan postingan berbayar di sosial media yang sama.

Berdasarkan Manajemen

Perbedaan marketing technology dan advertising technology lainnya adalah dari manajemennya. Martech biasanya dikendalikan langsung oleh tim marketing internal perusahaan. Karena segala aktivitasnya cenderung melibatkan interaksi langsung dengan basis pelanggan tertarget dari bisnis. Sedangkan adtech lebih cenderung berada di ruang lingkup agensi dari pihak ketiga.

Marketing Technology dan Advertising Technology, Mana yang Lebih Penting?

Setelah memahami perbedaan marketing technology dan advertising technology, kita tahu bahwa perbedaan keduanya adalah dari media berbayar dan tidak berbayar. Untuk menerapkan keduanya perlu disiplin ilmu yang tinggi untuk dapat meningkatkan jumlah konversi.

Jika Anda bertanya manakah yang lebih penting antara marketing technology dan advertising technology? Jawabannya keduanya sama penting. Karena itu kita harus menggunakan keduanya agar dapat menghadirkan peluang bagi bisnis untuk meningkatkan upaya pemasaran dengan lebih baik.

Selain itu kita juga dapat mengidentifikasi calon pelanggan baru yang paling menjanjikan dan dapat memperluas hubungan bisnis dengan pelanggan yang sudah ada. Dengan menjalankan keduanya, perusahaan dapat berbagi data antar platform sehingga memungkinkan marketer memiliki wawasan yang lebih luas tentang perjalanan pelanggan (customer journey).

Baca Juga :

inMarketing adalah Digital Transformation Consultant dan Digital Marketing Strategy yang fokus pada Leads Conversion, Data-Driven dan Digital Analytics. Kami membantu korporasi untuk tumbuh lebih cepat dengan Marketing Technology Strategy. Konsultasi dengan kami? Contact.