Perbedaan SEO dan SEM Serta Manfaatnya

perbedaan seo dan sem

SEO dan SEM tak asing lagi dalam dunia digital marketing. Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian. Untuk lebih detailnya berikut ini akan dijelaskan bagaimana perbedaan SEO dan SEM.

SEO atau search engine optimization merupakan proses optimasi pada website dengan segala aspeknya yang meliputi konten, sistem, dan lain sebagainya agar memiliki hasil pencarian utama di mesin telusur seperti Google.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung website dengan target audience yang potensial, SEO merupakan strategi yang tepat digunakan. Strategi SEO yang tepat akan membuat  website Anda teroptimasi masuk pada hasil pencarian pertama Google.

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) merupakan teknik marketing berbayar dengan cara mengiklankan website Anda untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari seperti Google.

Cara kerja SEM dengan memasang iklan yang menggunakan kata kunci. Sehingga ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda maka secara otomatis akan tampil melalui mesin pencari.

Baca Juga:

Jenis -Jenis SEO

jenis jenis seo

terdapat jenis jenis SEO antara lain

SEO On-Page

Beberapa cara mengoptimasi SEO On-page seperti memasukkan target keyword secara alami ke dalam judul, merapikan format URL, memasukkan heading tag, meta description dan lainnya, serta mengoptimalkan kecepatan dimuatnya halam website.

SEO Off-page

Untuk mengoptimasi SEO Off-page seperti membuat backlink yang berkualitas tinggi dan menempatkannya secara natural, dan menerapkan local SEO.

Optimasi SEO on Page

Gunakan Permalink Sederhana

Gunakan permalink sederhana. Hal tersebut bermanfaat agar memudahkan mesin pencari untuk mengenali topik pada website Anda. Idealnya permalink hanya membutuhkan fokus kata kunci saja.

Tambahkan Gambar atau Video

Konten yang hanya mengandung tulisan saja akan cukup membosankan dan akan melelahkan mata ketika membacanya. Jadi tambahkan gambar satu atau dua dalam konten website Anda.

Optimasi Gambar

Setelah menambahkan gambar atau video, jangan lupa untuk mengoptimasinya dengan cara memperkecil ukuran gambar kurang dari 100kb agar tidak mempengaruhi waktu loading website Anda. Kemudian berikan nama file dengan fokus kata kunci yang telah ditargetkan. Kemudian ubah alt text pada fokus kata kunci juga.

Buatlah Judul Konten yang Menarik

Buatlah judul konten yang menarik untuk membuat audience tertarik membaca konten yang pada website Anda. Agar lebih menarik, Anda dapat menambahkan angka di depan judul konten yang dibuat.

Manfaatkan Heading  dan Subheading

Konten yang Anda buat harus mengandung heading dan subheading. Heading dan subheading berfungsi untuk memecah artikel agar konten lebih mudah terbaca, dipahami, dan tidak membuat mata lelah.

Letakkan Fokus Kata Kunci pada 100 Kata Pertama

Agar lebih fokus dan to the point pada konten yang akan dibuat, sebaiknya Anda meletakkan fokus kata kunci pada paragraf pertama. Dengan catatan Anda membuat paragraf pertama dengan menarik dan jelas.

Optimalkan Internal Link

Internal link merupakan link yang mengarah ke konten lain di website Anda. Internal link akan memudahkan pembaca berpindah satu konten ke konten lainnya pada website Anda. Selain itu internal link dapat membantu mesin pencari Google untuk memahami konteks hubungan antar halaman dalam website.

Baca Juga:

 

Meningkatkan Kecepatan Website

dalam mengoptimasi SEO On-Page jangan lupa perhatikan kecepatan loading website saat pertama kali membuka. Pembaca tentu tak ingin membuang waktunya untuk menunggu website Anda. Maka dari itu usahakan tingkat loading website Anda cepat. Semakin banyak yang meninggalkan website Anda, semakin tinggi bounce ratenya juga.

Share ke Media Sosial

Tambahkan tombol berbagi ke media sosial. Walaupun tak berpengaruh pada SEO secara langsung, tapi media sosial membantu Anda untuk menjangkau target audience lebih luas lagi sehingga berpotensi website Anda memiliki pengunjung baru.

Buatlah Konten yang Solutif dan Menarik

Selain  faktor-faktor di atas yang dapat mempengaruhi SEO, ternyata konten yang menarik dan solutif juga menjadi salah satu indikator agar website Anda terdeteksi mesin pencari pada halaman utama.

Atur link menjadi Open in New Tab

Mengatur Open in New Tab dapat meningkatkan pengalaman pengunjung website Anda. Pengunjung pun tidak akan menekan tombol back berulang kali untuk kembali ke konten pertama. Membuka link di tab yang sama juga dikhawatirkan meningkatkan bounce rate.

Baca Juga:

Optimasi SEO Off-Page

Melakukan Link Building Page Authority dan Domain Authority

Cara optimasi SEO Off Page tak dapat dipisahkan dari link building. Google menggunakan algoritma bernama Page Rank untuk menilai kuantitas dan kualitas backlink pada website. Maka, terbukti bahwa ada hubungan antara jumlah backlink sebuah website terhadap performanya untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencarian.

Perhatikan Link Dofollow dan Nofollow

Mesin pencari Google hanya mendeteksi  yang bersifat dofollow. Link nofollow tidak memberikan pengaruh terhadap rank Page Authority. Kedua link tersebut memang memiliki fungsi yang berbeda maka dari itu Anda harus mengerti dan jeli mengetahui website Anda.

Menggunakan Anchor Text

Anchor text merupakan teks-teks yang berisi link yang dapat di-klik oleh pengunjung website. Anchor text sangat berpengaruh pada mesin pencarian Google. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakan inbound/outbound pada anchor text yang sama.

Posting Forum

Link posting forum merupakan platform gratis untuk meningkatkan traffic kunjungan website Anda. Di sini Anda dapat membangun website masing-masing pada diskusi forum.

Membangun Backlink dengan Traffic

Jika traffic sumber backlink semakin tinggi maka semakin besar pula kemungkinan untuk Anda mendapatkan traffic dari backlink tersebut. Hal tersebut karena kemungkinan pengunjung untuk  mengklik link website Anda semakin besar juga. Anda harus mendapatkan backlink dari website dengan PA yang bagus, berbagi link dofollow, dan memilih anchor text yang sesuai dan relevan dengan website Anda.

Baca Juga:

Manfaat SEO dan SEM

SEO

SEO mendatangkan traffic positif. Sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh Google. Mendatangkan data konsumen secara gratis. Data dari konsumen akan memudahkan Anda untuk memberikan informasi terkait brand atau produk dari bisnis Anda.

Meningkatkan brand awareness. Brand awareness merupakan kemampuan calon konsumen untuk mengenali dan mengingat merek Anda.

SEM

SEM dapat memastikan website Anda tampil di tempat yang tepat dan dapat menargetkan pengunjung sesuai target audience yang sesuai keinginan Anda.

Pengguna dapat dikontrol dan disesuaikan dengan biaya dan jangka waktu tertentu
Pencapaian target menjadi lebih mudah. Target yang relevan dan spesifik membuat produk atau website Anda mudah dipromosikan. Traffic pun meningkat dan berpotensi memberikan keuntungan yang berlipat.

Jika Anda masih bimbang dalam mengoptimalkan SEO dan SEM, Anda membutuhkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu bisnis Anda berkembang dengan mengoptimalkan SEO dan SEM pada bisnis Anda.

Beberapa strategi marketing lainya yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin tumbuh besar.