Apa Itu Perencanaan Penjualan dan Operasi

perencanaan penjualan dan operasi

Setiap perusahaan pasti memiliki berbagai metrik dan perencanaan untuk menetapkan proyeksi dan prakiraan strategi bisnis mereka. Salah satu yang cukup populer adalah membuat perencanaan penjualan dan operasi yang berguna untuk mengalokasikan sumber daya dengan tepat berdasarkan proyeksi penawaran dan permintaan.

Pada ulasan kali ini akan membahas apa itu perencanaan penjualan dan operasi dan bagaimana cara membuatnya yang dapat menjadi referensi untuk kembangkan perusahaan Anda. Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Perencanaan Penjualan dan Operasi?

Perencanaan penjualan dan operasi merupakan proyeksi penawaran dan permintaan untuk bisnis atau organisasi. Terkadang istilah ini dapat disebut dengan agregat, dan dikuratori tiap bulan oleh berbagai departemen dan pimpinan perusahaan.

Dalam proses perencanaan penjualan akan menganalisis proses rantai pasokan yang berdampak pada pemasaran, manajemen permintaan, produksi, penjualan, manajemen inventaris, dan pengenalan produk baru. Tujuannya adalah merencanakan operasi tunggal yang mengelola sumber daya untuk seluruh perusahaan.

Laporannya berupa memperkirakan permintaan rantai pasokan dan membuat rekomendasi untuk struktur yang mendukung kebutuhan customer dan tentu mempertahankan profitabilitas. Beberapa pimpinan departemen membuat rekomendasi yang telah dikompilasi menjadi sebuah laporan untuk eksekutif perusahaan yang akan ditinjau.

Perencanaan penjualan dan operasi paling umum terjadi pada organisasi besar yang membutuhkan perencanaan operasional khusus karena mereka memiliki cukup banyak karyawan, departemen, dan beberapa lokasi yang membutuhkan pengorganisasian.

Perusahaan kecil dapat membuat perencanaan penjualan dan operasi dalam jangka pendek dan panjang dengan menggunakan metrik lain yang membutuhkan lebih sedikit waktu dan sumber daya.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Perencanaan Penjualan dan Operasi?

Untuk membuatnya Anda perlu mengumpulkan dan menganalisis data yang cukup sering. Berikut ini langkah-langkahnya:

Meninjau Produk

Divisi penelitian dapat meninjau keberhasilan produk, pengembangan produk baru, dan aspek lain dari desain yang dapat mereka tingkatkan pada proses langkah pertama. Mereka akan menggunakan metrik pada penjualan dan biaya produksi untuk membantu menginformasikan arah mereka. Biasanya akan membuat laporan yang menyertakan dalam dokumen perencanaan penjualan dan operasi secara keseluruhan.

Menilai Permintaan

Untuk divisi penjualan, pemasaran, dan produksi akan bekerja sama untuk menentukan potensi permintaan produk. Pada bagian ini seorang karyawan akan menggunakan analitik melalui upaya pemasaran dan angka penjualan di masa lalu dan sekarang untuk memproyeksikan seberapa tinggi permintaan untuk bulan selanjutnya.

Mengevaluasi Pasokan

Anda atau seorang karyawa Anda akan mengevaluasi pasokan produk untuk bulan selanjutnya berdasarkan informasi yang diberika dari tim produksi dan permintaan. Pada kali ini akan meninjau untuk melihat stok produk saat ini dan membandingkannya dengan proyeksi penjualan untuk menentukan seberapa banyak produk tambahan yang akan perusahaan Anda buat dan simpan. Data ini akan disertakan dalam laporan perencanaan penjualan dan operasi.

Analisis Keuangan

Dalam hal ini tim keuangan akan melakukan evaluasi terhadap penjualan dan biaya bulan sebelumnya untuk menginformasikan alokasi sumber daya pada departemen lain. Pada tahap ini data yang Anda butuhkan adalah menggunakan laporan perencanaan penjualan dan operasi bulan lalu denga data dari departemen lain untuk memperkirakan pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

Siapkan Elemen

Sebelum membuat laporan akhir, beberapa tingkat kepemimpinan perusahaan akan mengadakan rapat untuk meninjau seluruh informasi dan laporan yang telah tim buat. Mulai dari tim riset, pengembangan, produksi, dan pemasaran. Laporan dan metrik yang telah tersedia akan berguna untuk menentukan tindakan yang efektif untuk seluruh organisasi agar bergerak lebih maju.

Membuat Laporan

Terakhir, Anda atau karyawan Anda akan membuat laporan secara mendalam dan detail mengenai informasi yang mereka kumpulkan dari berbagai departemen dan mengambil kesimpulan yang mereka capai dalam rapat pimpinan. Kemudian akan membagikan laporan tersebut dengan eksekutif tingkat atas dan membuat keputusan sumber daya akhir untuk perusahaan.

Baca Juga:

Pentingnya Perencanaan Penjualan dan Operasi

perencanaan penjualan

Hal ini sangat penting karena berguna menginformasikan alokasi sumber daya yang penting dan menghubungkan berbagai elemen perusahaan. Perencanaan penjualan dan operasi akan membandingkan permintaan yang diproyeksikan dengan pasokan dan dapat meningkatkan profit perusahaan melalui manajemen sumber daya berbasis data.

Perusahaan juga akan menghasilkan laporan setiap bulan dengan frekuensi proses berulang yang berarti secara teratur mengevaluasi dan memperbarui sumber daya layanan dan biaya untuk memenuhi kebutuhan customer dan perusahaan.

Manfaat

Berikut ini beberapa manfaat yang perusahaan akan dapatkan ketika menerapkan perencanaan penjualan dan operasi.

Kolaborasi Terpadu

Dengan sistem ini akan membuat setiap karyawan di perusahaan menerima informasi yang sama. Sehingga dapat meningkatkan kerja sama dan perencanaan departemen.

Memahami Operasi Secara Holistik

Perencanaan ini akan memberi karyawan pandangan holistik tentang operasi perusahan. Karena perencanaan penjualan akan mengkolaborasikan informasi dan data dari berbagai departemen, sehingga orang-orang dapat memperoleh gambaran akurat mengenai keseluruhan operasi.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Perencanaan penjualan dan operasi bermanfaat untuk mengidentifikasi produk dengan penjualan tinggi dan strategi pemasaran yang lebih efektif dan dapat membantu karyawan mengetahui apa yang pelanggan butuhkan untuk memenuhi kebutuhan mereka agar lebih baik.

Meningkatkan Profit

Karena memiliki berbagai data dengan pemahaman yang jelas mengenai aspek-aspek perusahaan seperti mengalokasikan sumber daya maka sebagian perusahaan akan dapat meningkatkan keuntungannya.

Pendapatan Akan Lebih Tinggi

Manfaat lain adalah memastikan bahwa bisnis menggunakan sumber daya yang tepat sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi.

Meningkatkan Waktu Tunggu

Dengan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan dan tim pemasaran dan penjualan yang sangat selaras, perusahaaan mungkin melihat waktu tunggu yang lebih singkat dan penjualan yang lebih cepat.

Manajemen yang Lebih Baik

Saat manajer mengetahui bagaimana produk kerja tim mereka akan berdampak pada perusahaan secara keseluruhan, mereka dapat mengelola karyawan mereka mereka dengan lebih baik dan memberi mereka sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan untuk memenuhi tujuan dan tenggat waktu.

Itulah penjelasan mengenai perencanaan penjualan dan operasi lengkap dengan manfaat dan cara membuatnya. Untuk menerapkan strategi marketing Anda perlu memanfaatkan layanan digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam mengembanbangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketinginbound marketing360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga: