PPC Atau SEO, Mana yang Lebih Bagus untuk Branding?

ppc atau seo untuk branding

Strategi marketing menggunakan Pay Per Click (PPC) atau Search Engine Optimization (SEO) untuk branding bisnis menjadi yang paling diminati para marketer saat ini.

Hal ini karena semakin tinggi traffic website, maka makin sukses pula bisnis yang Anda jalankan. Oleh sebab itu, Anda harus mulai mempertimbangkan strategi digital marketing seperti PCC dan SEO yang tepat untuk bisnis Anda.

Pada dasarnya, kedua strategi ini sama-sama memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic dan mengkonversi pelanggan. Akan tetapi, metodologi yang dilakukan berbeda. Lantas, strategi mana yang lebih cocok untuk branding bisnis Anda?

Melalui artikel berikut ini, kami akan membahas seperti apa perbedaan PCC dan SEO, kelebihan dan kekurangannya, serta strategi mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Pengertian PPC dan SEO

PPC (Pay Per Click) adalah salah strategi marketing di mana pemasang iklan perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens.

PPC menekankan pada metode kerja sama periklanan di internet, yang berarti pemilik situs akan mendapatkan bayaran atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog. Cara kerja PPC bisa digambarkan dengan membeli kunjungan ke website Anda dan bukan mendapatkan traffic website secara organik.

Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi marketing untuk membantu kata kunci website yang Anda miliki berada di urutan teratas di hasil pencarian Google.

Optimasi ini membuat website bisnis yang Anda miliki akan menjangkau lebih banyak pengguna, termasuk calon pelanggan baru sehingga Anda dapat memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Kelebihan dan Kekurangan PPC vs SEO

Setelah mengetahui pengertian dari PPC dan SEO, maka Anda harus mengerti bagaimana kelebihan dan kekurangan dua strategi tersebut untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan PPC serta SEO:

Kelebihan dan Kekurangan PPC

kelebihan dan kekurangan-ppc

Pay Per Click adalah bentuk dari SEM (Search Engine Marketing) di mana pengiklan akan membayar setiap audiens mengklik iklan mereka pada sebuah platform tertentu. Misalnya, jika Anda mengajukan tawaran dengan menggunakan kata kunci tertentu, iklan Anda akan muncul di posisi paling atas pada halaman hasil pencarian search engine.

Setiap kali iklan tersebut diklik, link akan mengarahkan pengunjung ke landing page atau situs web, dan Anda akan dikenakan biaya. Pada dasarnya ini adalah bentuk pembelian kunjungan situs web yang bertujuan untuk menghasilkan konversi, baik itu pendaftaran atau penjualan. Para perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Instagram juga menggunakan sistem periklanan ini.

Baca Juga :

Menurut TheeDigital, PPC memungkinkan website mendapatkan traffic yang tinggi dengan cara yang lebih cepat. Namun, tidak semua bisnis bisa menerapkan PPC karena biayanya yang cenderung lebih mahal.

1. Kelebihan PPC :

  • Iklan PPC lebih terlihat oleh audiens karena muncul di atas peringkat organik
  • Mendapatkan hasil yang lebih cepat
  • Memudahkan dalam menentukan target audiens

2. Kekurangan PPC :

  • Harganya cenderung mahal
  • Margin keuntungan yang lebih rendah
  • Iklan PPC cenderung lebih mudah basi setelah beberapa saat

Kelebihan dan Kekurangan SEO

kelebihan dan kekurangan SEO

Search Engine Optimization adalah proses untuk meningkatkan visibilitas website agar bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Metode ini membawa efek jangka panjang dan berkelanjutan untuk suatu bisnisi.

Pada dasarnya, SEO berguna untuk mendapatkan traffic organik dari mesin pencarian. Semakin tinggi posisi peringkat website bisnis Anda, maka semakin besar juga kepercayaannya pelanggan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dengan menganalisis kata kunci SEO, Anda akan mengetahui apa saja yang sedang dibutuhkan pelanggan demi membantu meningkatkan kredibilitas, mempromosikan merek, meningkatkan branding, dan menjual lebih banyak produk. Jadi, itulah pentingnya SEO untuk bisnis Anda.

Namun, supaya strategi ini berhasil, Anda perlu cara mengoptimalkan website dengan benar. Misalnya, dengan memahami technical SEO, on-page dan off-page SEO, content marketing, dan masih banyak lagi.

1. Kelebihan SEO

2. Kekurangan SEO

  • Membutuhkan waktu yang lama untuk melihat hasilnya
  • Merupakan proses berkelanjutan sehingga harus melakukan optimasi secara berkala
  • Algoritma mesin pencarian sering berubah

PPC atau SEO?

ppc atau seo

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari PPC dan SEO, kini saatnya untuk mulai membandingkan kedua strategi tersebut. Namun, Anda perlu ingat bahwa untuk mencari tahu yang lebih baik antara PPC atau SEO tidaklah mudah karena tergantung dengan kebutuhan perusahaan dan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Oleh sebab itu, Anda bisa memilih menggunakan Pay Per Click atau Search Engine Optimization tergantung situasi mana yang lebih cocok. Berikut ini penjelasannya :

Gunakan PPC jika:

  • Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat
  • Baru merilis suatu produk
  • Mempromosikan penawaran yang sensitif terhadap waktu, misalnya diskon akhir tahun
  • Ingin mengarahkan audiens ke suatu landing page tertentu

Gunakan SEO jika :

Berdasarkan penjelasan tersebut, Anda tentunya sudah paham seperti apa kondisi bisnis yang tepat untuk menggunakan PPC atau SEO. Jika bisa menerapkan strategi ini dengan baik, ada beberapa keuntungan yang bisnis Anda dapatkan. Misalnya traffic website yang lebih tinggi, dapat mengetahui apa saja keyword dari PPC yang bisa bermanfaat untuk strategi SEO, dan audiens baru akan lebih mudah mengenal brand Anda.

Itulah penjelasan tentang strategi PPC dan SEO yang bisa Anda optimalkan sesuai dengan kondisi bisnis Anda saat ini. Semoga penjelasan tersebut membantu dalam menentukan pilihan yang tepat bagi brand Anda.

Selain menggunakan PPC dan SEO sebagai strategi pemasaran, Anda juga bisa menggunakan layanan digital marketing agency untuk membantu mengembangkan bisnis. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.

Baca Juga :