Apa Itu Program Afiliasi dan Keuntungannya

apa itu program afiliasi

Tahukan Anda mengenai program afiliasi? beberapa orang mungkin sudah familiar dengan istilah ini. program ini bisa menjadi penghasilan pasif dengan sedikit modal saja. Program afiliasi merupakan program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi Anda saat berhasil membuat orang lain membeli suatu produk. Jumlah komisi tentu berbeda-beda tergantung pada kebijakan perusahaan yang Anda ikuti.

Terdapat tiga pihak yang terlibat langsung Tiga pihak tersebut adalah:

  • Pemilik produk: dapat berupa perusahaan, vendor, penjual dan lainnya. Para perusahaan yang biasanya mengeluarkan program afiliasi
  • Afiliator: orang yang mengikuti program afiliasi. Bertugas untuk memasarkan produk dari memiliki program afiliasi kepada calon konsumen
  • Konsumen:konsumen dapat membeli produk dari pemilik produk melalui afiliator

Jenis-Jenis Program Afiliasi

Terdapat tiga jenis program afiliasi untuk Anda ketahui:

Influencer

Merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat. Biasanya influencer memiliki jumlah followers yang loyal, para influencer dapat dengan mudah mengarahkan konsumen ke produk penjual melalui media dan platform lainnya. Contoh influencer seperti selebriti, content creator, atau pakar dalam bidang tertentu.

Blogger

Jenis afiliasi ini yang cukup populer dan unggul dalam meningkatkan konversi penjualan sebuah produk atau jasa. Biasanya blogger akan melakukan uji coba terhadap produk atau jasa dan menulis ulasan yang bertindak sebagai promosi. Blogger terkadang lebih dipercaya daripada influencer. Hal tersebut karena mereka dikenal memiliki pemahaman yang lebih mendalam pada sebuah produk atau jasa yang dipromosikan.

Baca Juga:

Media Massa

Meskipun media massa cukup memberikan dampak untuk mendatangkan calon pembeli dalam jumlah yang cukup besar tapi jenis ini terbilang jarang dipilih. Hal tersebut karena faktor biaya yang terbilang cukup besar daripada jenis afiliasi lainnya. Walaupun begitu, setara juga dengan mendatangkan keuntungan yang lebih. Media massa juga dapat mempromosikan produk dengan lebih efektif dan cepat. Hal tersebut karena jumlah saluran dan audiens lebih banyak.

Cara Kerja Program Afiliasi

Berikut ini cara kerja program afiliasi yang bisa Anda coba

Daftar Program Afiliasi

Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran dapat dilakukan di website perusahaan. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode ini bersifat unik pada setiap orang yang digunakan untuk konfirmasi jika konsumen membeli melalui afiliator tersebut.

Promosi Produk

Agar menghasilkan banyak komisi, Anda harus mempromosikan kode referal agar menarik banyak pengunjung untuk membeli. Promosi dapat Anda lakukan dengan berbagai cara:

Review Produk

Anda dapat menuliskan review produk. Tapi tetap harus memperhatikan kesesuain tema blog dengan produk afiliasi. Usahakan target audiens blog dan target audiens produk afiliasi sama agar promosi lebih efektif. Jabarkan pengalaman Anda menggunakan produk tersebut hingga menjelaskan kelebihan dan kelemahannya kemudian jangan lupa akhiri dengan CTA. Maka dari itu Anda harus memiliki blog.

Memasang Banner di Blog

Tak hanya menulis review, cara promosi efektif lainnya bisa juga dilakukan dengan memasang banner di blog. Banner yang terpasang di blog biasanya lebih efektif karena lebih dapat memancing perhatian pengunjung lebih cepat daripada promosi melalui teks. Usahakan tetap mengatur posisi banner pada website atau blog Anda agar tidak terkesan sangat spam dan pengunjung tidak nyaman. Salah satunya memasang banner di tempat strategis yaitu pada header atau sisi samping blog.

Forum Online

Forum online juga menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan bisnis afiliasi Anda. Promosi melalui forum online dapat Anda lakukan dengan menuliskan review singkat produk afiliasi. Bisa jadi dengan bergabung dengan suatu diskusi dan kemudian Anda menyisipkan link referral di komentar Anda. Tapi tetap ya perhatikan berbagai peraturan forum apakah boleh mempromosikan produk atau tidak.

Baca Juga:

Media Sosial

Hampir seluruh orang memiliki akun media sosial. Anda dapat membuat postingan di media sosial yang membahas produk afiliasi Anda. Mulai dengan review singkat hingga memposting ulang dari akun resmi pemilik produk. Disarankan Anda juga menerapkan strategi social media marketing agar promosi lebih efektif dan maksimal. Jangan lupa untuk tetap memasukkan CTA dalam postingan Anda. CTA dapat berupa caption di postingan untuk mengarahkan ke bio untuk link referral.

Mendapatkan Komisi

Anda akan mendapatkan komisi jika menggunakan kode referral dan Anda akan berbagi profit dengan pemilik produk. Terdapat tiga jenis komisi dari program afiliasi:

  • Per Penjualan
    Jenis ini biasanya yang paling umum diterapkan pada program afiliasi. Setelah konsumen membeli produk lewat link refferal, Anda akan mendapatkan komisi beberapa persen dari harga penjualan.
  • Per Lead
    Komisi ini agar terbayarkan apabila calon konsumen berhasil menyelesaikan suatu aktivitas yang telah ditentukan oleh pemilik produk. Biasanya berupa subscribe newsletter, membuat akun, mengisi form dan lainnya.
  • Per Klik
    Anda akan dibayar apabila terdapat orang yang mengklik link referral. Umumnya, link ini akan mengarahkan mereka ke website pemilik produk. Dapat dikatakan bahwa komisi per klik di dibayarkan berdasarkan peningkatan trafik website dari pemilik produk.

Keuntungan Program Afiliasi

keuntungan program afiliasi

Nah apa saja keuntungan program afiliasi? berikut ini beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan.

Memiliki Penghasilan Pasif dan Jam Kerja Fleksibel

Program afiliasi dapat membuat Anda memiliki penghasilan pasif. Hal tersebut karena promosi yang Anda lakukan di awal akan tetap berada di sana selamanya. Anda tak terikat kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam tertentu. Program afiliasi dapat dilakukan sewaktu-waktu dan fleksibel.

Membutuhkan Modal Kecil

Terdapat berbagai penyedia program afiliasi. Pertama yaitu perusahaan yang tak memberikan syarat wajib membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftar program afiliasi. Kedua, perusahaan yang mewajibkan membeli produknya agar dapat bergabung dengan afiliasi. Untuk jenis pertama, program tersebut dapat dikatakan gratis dan tak memerlukan modal.

Dapat Bergabung di Banyak Program Afiliasi

Anda bisa ikut program afiliasi dari perusahaan lainnya. Untuk menambah komisi, Anda bisa menambah atau mendaftar afiliasi dari perusahaan-perusahaan lain selama tak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan yang Anda ikuti.

Baca Juga:

Kerja Dimana Saja

Karena fleksibel, Anda bisa bekerja dari mana saja termasuk di rumah. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop atau smartphone. Afiliasi menjadi jenis pekerjaan yang sempurna untuk Anda yang kurang suka bekerja di kantoran.

Itulah penjelasan mengenai program afiliasi yang dapat memberikan Anda wawasan baru. Untuk Anda yang memiliki bisnis program ini tentu dapat menguntungkan bagi bisnis Anda. Tapi tentu saja harus dengan berbagai pertimbangan dan program strategi yang baik.

Anda dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency untuk membantu dalam merumuskan berbagai strategi dalam mengembangkan bisnis Anda lebih sukses. Beberapa strategi marketing yang bisa diimplementasikan adalah growth hack marketing, inbound marketing, 360 Digital Marketing, serta Data-driven marketing agar perusahaan semakin berkembang pesat.